Tetap Diesel atau ganti Bensin
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 325
- Joined: Sun Jun 06, 2010 6:49
Tetap Diesel atau ganti Bensin
Hallo,
Ingin mengetahui reaksi para pecinta otomotif sehubungan dengan naiknya harga BBM terutama diesel , apakah akan tetap bertahan memakai mobil dieselnya ? atau ganti mobil bensin ?
sebenarnya tergantung kebutuhan dan medan yang sering dilalui sih ya,..
Ingin mengetahui reaksi para pecinta otomotif sehubungan dengan naiknya harga BBM terutama diesel , apakah akan tetap bertahan memakai mobil dieselnya ? atau ganti mobil bensin ?
sebenarnya tergantung kebutuhan dan medan yang sering dilalui sih ya,..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 621
- Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39
Re: Tetap Diesel atau ganti Bensin
Lha wong prakteknya kebijakan ini masih belom jelas, ya keep dulu aja mobil masing2
Saya tinggal di daerah yg termasuk percepatan kebijakan subsidi tepat, sudah daftar satu mobil dan berhak (dapet qr code) aja ketika isi bbm subsidi masih bebas, tidak dimintain qr code
Punya diesel ya keep dulu aja, punya bensin juga keep dulu aja,
Ntar 2024 selesai baru deh mulai bisa ditakar seberapa ngaruhnya (belom lagi perkembangan faktor eksternal misal perang masih lama atau udah damai, harga minyak mentah masi tinggj, mulai turun atau malah makin menjulang)
Saya tinggal di daerah yg termasuk percepatan kebijakan subsidi tepat, sudah daftar satu mobil dan berhak (dapet qr code) aja ketika isi bbm subsidi masih bebas, tidak dimintain qr code
Punya diesel ya keep dulu aja, punya bensin juga keep dulu aja,
Ntar 2024 selesai baru deh mulai bisa ditakar seberapa ngaruhnya (belom lagi perkembangan faktor eksternal misal perang masih lama atau udah damai, harga minyak mentah masi tinggj, mulai turun atau malah makin menjulang)
Present
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 795
- Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54
Re: Tetap Diesel atau ganti Bensin
dr seblm keluar wacana pembatasan bbm subsidi udh pke dex/dexlite sih... krn dlu jarang pake smpe isi solar sebulan blm tntu 1x, sm pikir udh bs beli mobil 4xx jt masa iya msh cari subsidian
ya emg scr duit lmyn berasa klo g bole biosol.. krn prnah jg isi solbus wktu tau pkenya bakal bwt rute dalkot macet parah
cmn ya bnernya pke dex pun msh relatif masuk itungannya.. kapal darat 1:10an dalkot macet 1:15 rute lukot, power jg ada terus (full std)
dlu prnh bw ipah bensin matic bwt daily.. jd udh agak kebal liat biaya bensin agak tinggi.. malah mending skrg pke kapal darat diinjek mobilnya yg lari, bkn meteran bbmnya
tp dex skrg udh g senyentak 2th lalu tarikannya.. gtw knp
ya emg scr duit lmyn berasa klo g bole biosol.. krn prnah jg isi solbus wktu tau pkenya bakal bwt rute dalkot macet parah
cmn ya bnernya pke dex pun msh relatif masuk itungannya.. kapal darat 1:10an dalkot macet 1:15 rute lukot, power jg ada terus (full std)
dlu prnh bw ipah bensin matic bwt daily.. jd udh agak kebal liat biaya bensin agak tinggi.. malah mending skrg pke kapal darat diinjek mobilnya yg lari, bkn meteran bbmnya

tp dex skrg udh g senyentak 2th lalu tarikannya.. gtw knp

-
- SM Specialist
- Posts: 16676
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Tetap Diesel atau ganti Bensin
ini mah ngomong faktor kebiasaan.
kalau buat orang yang ngisi bbm biasa 200 ribu udah penuh, ngisi 600 ribu penuh ya kaget.
walau saya yakin sih penduduk SM ya kaya kaya dong, punya diesel cumi cumi 600 juta belinya kayak kacang goreng tiap keluar baru ada aja yang SPK. kalau sdh mampu SPK di atas 600 juta, nyicil 3 tahun pun cicilannya tidak mungkin di bawah 5 juta. tidak mungkin gaji UMR nyicil mobil 600 juta, ya kan?
ya gak ngerti kalau masih anak kuliah dibeliin mobil sama orang tuanya. tapi kan balik lagi kalau dilarang subsidi, masa orang tuanya gak mau tambah wang jajan buat ngisi bbm? kalau ada orang tua kayak gitu sih minta ganti LCGC atau vario aja
skrg tinggal cost dan benefitnya apa. jual old diesel car lalu beli mobil 1500cc ke bawah (yang naikan dan larinya belom tentu seenak gajah diesel kita) krn bbm diesel mahal, apakah benefitnya lebih banyak dibanding kita "ngalah" isi yang mahal? krn kalau itung itungan saya sih masih lebih make sense kalau disimpen.
anggaplah jual rugi 20-30juta, sementara kita isi bbm sampe taun depan jg belom tentu 30juta juga to?
kan katanya gajah diesel irit walau di gaspol, seminggu gak tentu isi fulltank 600 ribu juga 
kemaren saya jg kepikir mau beli mobil buat daily krn liat pertabo udah 16200 pake daily saya ya lumayan sakit juga, tapi toh di kalkulator saya tetep lebih make sense saya pake mobil yang ada drpd keluarin ratusan juta buat beli mobil baru lagi. kan sayang. bayar pajak tahunan lagi, bayar service lagi. terus harus bermacet-macet dengan mobil yang mungkin mengamankan uang bensin tp tidak bikin hati bahagia kalo dibejek alias aliran siksa diri hanya demi ngirit isi yang subsidi.... masih membebani negara pula.
kalau buat orang yang ngisi bbm biasa 200 ribu udah penuh, ngisi 600 ribu penuh ya kaget.
walau saya yakin sih penduduk SM ya kaya kaya dong, punya diesel cumi cumi 600 juta belinya kayak kacang goreng tiap keluar baru ada aja yang SPK. kalau sdh mampu SPK di atas 600 juta, nyicil 3 tahun pun cicilannya tidak mungkin di bawah 5 juta. tidak mungkin gaji UMR nyicil mobil 600 juta, ya kan?
ya gak ngerti kalau masih anak kuliah dibeliin mobil sama orang tuanya. tapi kan balik lagi kalau dilarang subsidi, masa orang tuanya gak mau tambah wang jajan buat ngisi bbm? kalau ada orang tua kayak gitu sih minta ganti LCGC atau vario aja

skrg tinggal cost dan benefitnya apa. jual old diesel car lalu beli mobil 1500cc ke bawah (yang naikan dan larinya belom tentu seenak gajah diesel kita) krn bbm diesel mahal, apakah benefitnya lebih banyak dibanding kita "ngalah" isi yang mahal? krn kalau itung itungan saya sih masih lebih make sense kalau disimpen.
anggaplah jual rugi 20-30juta, sementara kita isi bbm sampe taun depan jg belom tentu 30juta juga to?


kemaren saya jg kepikir mau beli mobil buat daily krn liat pertabo udah 16200 pake daily saya ya lumayan sakit juga, tapi toh di kalkulator saya tetep lebih make sense saya pake mobil yang ada drpd keluarin ratusan juta buat beli mobil baru lagi. kan sayang. bayar pajak tahunan lagi, bayar service lagi. terus harus bermacet-macet dengan mobil yang mungkin mengamankan uang bensin tp tidak bikin hati bahagia kalo dibejek alias aliran siksa diri hanya demi ngirit isi yang subsidi.... masih membebani negara pula.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1222
- Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: w205 money pit
Re: Tetap Diesel atau ganti Bensin
sejak akomodir euro4, cn nya turun om stau saya jadi 51. dulu 53doge wrote:dr seblm keluar wacana pembatasan bbm subsidi udh pke dex/dexlite sih... krn dlu jarang pake smpe isi solar sebulan blm tntu 1x, sm pikir udh bs beli mobil 4xx jt masa iya msh cari subsidian
ya emg scr duit lmyn berasa klo g bole biosol.. krn prnah jg isi solbus wktu tau pkenya bakal bwt rute dalkot macet parah
cmn ya bnernya pke dex pun msh relatif masuk itungannya.. kapal darat 1:10an dalkot macet 1:15 rute lukot, power jg ada terus (full std)
dlu prnh bw ipah bensin matic bwt daily.. jd udh agak kebal liat biaya bensin agak tinggi.. malah mending skrg pke kapal darat diinjek mobilnya yg lari, bkn meteran bbmnya![]()
tp dex skrg udh g senyentak 2th lalu tarikannya.. gtw knp
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 773
- Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Voxy
Re: Tetap Diesel atau ganti Bensin
Untungnya saya dari isi mingguan 300 ke 450 ga gitu kaget. Daripada paksa pertalite, nanti jangka panjang kena ini itu, dan kebetulan mobil utama,mobil keluarga, ribet pake pertalite kalau ada masalah di tengah jalan bawa anak istri. Jadi ya da hajar pertamax trus. Paling mulai mikir invest di solar panel untuk jangka panjang, bisa meringankan biaya listrik. Siapa tau ke 5 tahun ke depan ev jadi hal yang lumrah.ChZ wrote: Fri Jul 15, 2022 4:01 ini mah ngomong faktor kebiasaan.
kalau buat orang yang ngisi bbm biasa 200 ribu udah penuh, ngisi 600 ribu penuh ya kaget.
walau saya yakin sih penduduk SM ya kaya kaya dong, punya diesel cumi cumi 600 juta belinya kayak kacang goreng tiap keluar baru ada aja yang SPK. kalau sdh mampu SPK di atas 600 juta, nyicil 3 tahun pun cicilannya tidak mungkin di bawah 5 juta. tidak mungkin gaji UMR nyicil mobil 600 juta, ya kan?
ya gak ngerti kalau masih anak kuliah dibeliin mobil sama orang tuanya. tapi kan balik lagi kalau dilarang subsidi, masa orang tuanya gak mau tambah wang jajan buat ngisi bbm? kalau ada orang tua kayak gitu sih minta ganti LCGC atau vario aja![]()
skrg tinggal cost dan benefitnya apa. jual old diesel car lalu beli mobil 1500cc ke bawah (yang naikan dan larinya belom tentu seenak gajah diesel kita) krn bbm diesel mahal, apakah benefitnya lebih banyak dibanding kita "ngalah" isi yang mahal? krn kalau itung itungan saya sih masih lebih make sense kalau disimpen.
anggaplah jual rugi 20-30juta, sementara kita isi bbm sampe taun depan jg belom tentu 30juta juga to?kan katanya gajah diesel irit walau di gaspol, seminggu gak tentu isi fulltank 600 ribu juga
kemaren saya jg kepikir mau beli mobil buat daily krn liat pertabo udah 16200 pake daily saya ya lumayan sakit juga, tapi toh di kalkulator saya tetep lebih make sense saya pake mobil yang ada drpd keluarin ratusan juta buat beli mobil baru lagi. kan sayang. bayar pajak tahunan lagi, bayar service lagi. terus harus bermacet-macet dengan mobil yang mungkin mengamankan uang bensin tp tidak bikin hati bahagia kalo dibejek alias aliran siksa diri hanya demi ngirit isi yang subsidi.... masih membebani negara pula.
Nah itu, kalau jual mobil pertama rugi di harga jualnya. kedua kalau normal harian pp 50km per hari, pake pertamax aja saya cuma beda 600rb per bulan. dikali 12 bulan ya beda 7.2 juta. Kalau kita nambah lcgc baru, pajak tahunan aja udah 2-3 jutaan, belum ganti oli setahun 2x sekitar @500rb. Belum kalau service berkala ini itu anggep tambahlagi 1 juta per tahun. toh penghematan cuma beda 2 juta, itupun belum hitung progresif lagi loh. Ujung2nya sama aja. Cuma kalau ya memang butuh mobil ke 2, ya masih boleh. Mobil yang boros taro buat orang rumah (anter jemput dan rute pendek), suami nya pake yang lcgc irit bensin buat kerja. Toh naik mobil walaupun 1:10 pake pertamax, akan tetep lebih murah costnya dibanding ojol.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 178
- Joined: Tue May 17, 2016 4:16
Re: Tetap Diesel atau ganti Bensin
saya sih keep. sempet kepikir mau ganti bensin kemarin (antara creta atau HRV) tapi wait and see dulu aja lah, mana tau harga bbm turun. sekalian tunggu diskon akhir taun. santai aja, yg menjerit BBM mahal gak cuma di negara kita, negara lain juga.
subsidi dihapus, ya udah paling saya isinya dexlite. mobil bensin jg udah ada yaris. paling nanti buat sehari2 pake yaris aja. fortunernya biar dipake bini, toh bini jg gak jauh2 sehari2 jalannya.
subsidi dihapus, ya udah paling saya isinya dexlite. mobil bensin jg udah ada yaris. paling nanti buat sehari2 pake yaris aja. fortunernya biar dipake bini, toh bini jg gak jauh2 sehari2 jalannya.
-
- SM Specialist
- Posts: 16676
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Tetap Diesel atau ganti Bensin
betul mbah, balik lagi seperti bahasan di thread pembatasan bbm subsidi : kebanyakan manusia di +62 cuma siap beli mobilnya ga siap dengan maintenance dll nya. makanya bensin naik, subsidi dibatasi, langsung bingung. lah wong gaji bulanan habis buat bayar cicilan.timbermaniac123 wrote: Fri Jul 15, 2022 5:54
Untungnya saya dari isi mingguan 300 ke 450 ga gitu kaget. Daripada paksa pertalite, nanti jangka panjang kena ini itu, dan kebetulan mobil utama,mobil keluarga, ribet pake pertalite kalau ada masalah di tengah jalan bawa anak istri. Jadi ya da hajar pertamax trus. Paling mulai mikir invest di solar panel untuk jangka panjang, bisa meringankan biaya listrik. Siapa tau ke 5 tahun ke depan ev jadi hal yang lumrah.
Nah itu, kalau jual mobil pertama rugi di harga jualnya. kedua kalau normal harian pp 50km per hari, pake pertamax aja saya cuma beda 600rb per bulan. dikali 12 bulan ya beda 7.2 juta. Kalau kita nambah lcgc baru, pajak tahunan aja udah 2-3 jutaan, belum ganti oli setahun 2x sekitar @500rb. Belum kalau service berkala ini itu anggep tambahlagi 1 juta per tahun. toh penghematan cuma beda 2 juta, itupun belum hitung progresif lagi loh. Ujung2nya sama aja. Cuma kalau ya memang butuh mobil ke 2, ya masih boleh. Mobil yang boros taro buat orang rumah (anter jemput dan rute pendek), suami nya pake yang lcgc irit bensin buat kerja. Toh naik mobil walaupun 1:10 pake pertamax, akan tetep lebih murah costnya dibanding ojol.
kalau orang yang mentally siap, apalah arti running cost naik toh masih angkanya ratusan ribu juga dikalikan sebulan ngisi 2-3x masih 2 jutaan blom sampe 5 juta perbulan. mobilnya gak Land Cruiser semua kan yang sekali ngisi bisa 2 juta kalo full tank pertadex

emang udah musti berdamai aja kondisi lagi begini. jangan ambil financial decision yang impulsif yg untung sekarang tapi ke depannya malah bikin ilang duit makin banyak

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- SM Specialist
- Posts: 4780
- Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
- Location: Kota Bogor
- Daily Vehicle: ANF 2019
Re: Tetap Diesel atau ganti Bensin
Ya bener, tergantung kebutuhan dan jenis mobil nya juga omKnalpot wrote: Thu Jul 14, 2022 12:18 Hallo,
Ingin mengetahui reaksi para pecinta otomotif sehubungan dengan naiknya harga BBM terutama diesel , apakah akan tetap bertahan memakai mobil dieselnya ? atau ganti mobil bensin ?
sebenarnya tergantung kebutuhan dan medan yang sering dilalui sih ya,..
Kebetulan saat ini saya ada 2 jenis hehehe diesel + bensin..sementara aman hehehe
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11779
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Tetap Diesel atau ganti Bensin
mau bensin naik tetep yg main ke mall banyak
apa belom berasa ya? berarti saking banyaknya layer strata ekonomi dan jml penduduk yg ga terdampak juga msh banyak. betul2 resilient ya org indonesia.
apa belom berasa ya? berarti saking banyaknya layer strata ekonomi dan jml penduduk yg ga terdampak juga msh banyak. betul2 resilient ya org indonesia.

-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Tetap Diesel atau ganti Bensin
kl yg ai perhatiin sehh, mall skrg ud reachable banget buat smua lapisan masyarakat , termasuk yg ekonomi bawah yah karena mreka2 ini ud beda ama jaman dulu, skrg ud lebi "berduit" dari kartu2 sakti atau tunjangan2 dari pemerintah skrg, beda ama jaman dlu, boro2 nge mall, ntar malem makan apa aj masi binggungOmnibus wrote: Fri Jul 15, 2022 10:55 mau bensin naik tetep yg main ke mall banyak
apa belom berasa ya? berarti saking banyaknya layer strata ekonomi dan jml penduduk yg ga terdampak juga msh banyak. betul2 resilient ya org indonesia.![]()
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11779
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Tetap Diesel atau ganti Bensin
neruga ....DOHC wrote: Fri Jul 15, 2022 10:58kl yg ai perhatiin sehh, mall skrg ud reachable banget buat smua lapisan masyarakat , termasuk yg ekonomi bawah yah karena mreka2 ini ud beda ama jaman dulu, skrg ud lebi "berduit" dari kartu2 sakti atau tunjangan2 dari pemerintah skrg, beda ama jaman dlu, boro2 nge mall, ntar malem makan apa aj masi binggungOmnibus wrote: Fri Jul 15, 2022 10:55 mau bensin naik tetep yg main ke mall banyak
apa belom berasa ya? berarti saking banyaknya layer strata ekonomi dan jml penduduk yg ga terdampak juga msh banyak. betul2 resilient ya org indonesia.![]()


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3908
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Tetap Diesel atau ganti Bensin
Saya salah satu yg jual diesel ganti bensin lg alesannya karena saya ga demen mobilnya trus uda bakalan ga bisa isi biosol, entah jd apa nggak aturannya tp tetep aja emang ga doyan diejel gajah gini. Beli waktu awal karena pertimbangan cost of ownershipnya murah tp setelah pake sih mirip2 aja lah sama bensin.
Jd balik lg ke om TS, kalo emang waktu awal beli demi bisa isi biosol atau uda bosen atau emang waktunya ganti ya mending jual skrng sblm aturannya jalan. Tp kalo masih demen ma mobilnya mah pake aja, setuju ma yg laen kalo dijual jg mau gnt mobil yg selevel pasti nambah puluhan-ratusan jt bisa bwat isi bbm brp tahun itu.
tp kok skrng sayang ya makan gituan, makin tua takut penyakit sama berasa berdosa kalo makan AYCE. Padahal dulu demen banget sampe kolesterol naek 
Jd balik lg ke om TS, kalo emang waktu awal beli demi bisa isi biosol atau uda bosen atau emang waktunya ganti ya mending jual skrng sblm aturannya jalan. Tp kalo masih demen ma mobilnya mah pake aja, setuju ma yg laen kalo dijual jg mau gnt mobil yg selevel pasti nambah puluhan-ratusan jt bisa bwat isi bbm brp tahun itu.
GyukakuOmnibus wrote: Fri Jul 15, 2022 11:16neruga ....DOHC wrote: Fri Jul 15, 2022 10:58kl yg ai perhatiin sehh, mall skrg ud reachable banget buat smua lapisan masyarakat , termasuk yg ekonomi bawah yah karena mreka2 ini ud beda ama jaman dulu, skrg ud lebi "berduit" dari kartu2 sakti atau tunjangan2 dari pemerintah skrg, beda ama jaman dlu, boro2 nge mall, ntar malem makan apa aj masi binggungOmnibus wrote: Fri Jul 15, 2022 10:55 mau bensin naik tetep yg main ke mall banyak
apa belom berasa ya? berarti saking banyaknya layer strata ekonomi dan jml penduduk yg ga terdampak juga msh banyak. betul2 resilient ya org indonesia.![]()
tunjangan2 pemerintah macam solar siso yg dimanfaatkan dgn maksimal ya mbah. sisa uangnya bisa buat makan gyu kaku.
![]()


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 773
- Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Voxy
Re: Tetap Diesel atau ganti Bensin
Akhirnya ganti apa om yang cost nya bisa mirip2 pemakaian solar ? Nah iya bener juga ya, amit2 kalau peraturannya jadi berlaku, ntar yang jual mobil diesel bakal banjir pasarnya.kendibocor wrote: Fri Jul 15, 2022 11:24 Saya salah satu yg jual diesel ganti bensin lg alesannya karena saya ga demen mobilnya trus uda bakalan ga bisa isi biosol, entah jd apa nggak aturannya tp tetep aja emang ga doyan diejel gajah gini. Beli waktu awal karena pertimbangan cost of ownershipnya murah tp setelah pake sih mirip2 aja lah sama bensin.
Jd balik lg ke om TS, kalo emang waktu awal beli demi bisa isi biosol atau uda bosen atau emang waktunya ganti ya mending jual skrng sblm aturannya jalan. Tp kalo masih demen ma mobilnya mah pake aja, setuju ma yg laen kalo dijual jg mau gnt mobil yg selevel pasti nambah puluhan-ratusan jt bisa bwat isi bbm brp tahun itu.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3908
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Tetap Diesel atau ganti Bensin
Nggak nyari yg costnya mirip sih om, nyari yg demen aja mumpung kebeli. Blm terlalu mikirin cost karena free service jg 3 thn. Paling mikirin biaya service masuk thn ke empat.timbermaniac123 wrote: Fri Jul 15, 2022 11:37Akhirnya ganti apa om yang cost nya bisa mirip2 pemakaian solar ? Nah iya bener juga ya, amit2 kalau peraturannya jadi berlaku, ntar yang jual mobil diesel bakal banjir pasarnya.kendibocor wrote: Fri Jul 15, 2022 11:24 Saya salah satu yg jual diesel ganti bensin lg alesannya karena saya ga demen mobilnya trus uda bakalan ga bisa isi biosol, entah jd apa nggak aturannya tp tetep aja emang ga doyan diejel gajah gini. Beli waktu awal karena pertimbangan cost of ownershipnya murah tp setelah pake sih mirip2 aja lah sama bensin.
Jd balik lg ke om TS, kalo emang waktu awal beli demi bisa isi biosol atau uda bosen atau emang waktunya ganti ya mending jual skrng sblm aturannya jalan. Tp kalo masih demen ma mobilnya mah pake aja, setuju ma yg laen kalo dijual jg mau gnt mobil yg selevel pasti nambah puluhan-ratusan jt bisa bwat isi bbm brp tahun itu.
Kalo biosol beneran dilarang feeling ane bakalan jatoh si harganya. Yg beli diejel gajah demi bisa isi bbm murah kayak ane harusnya mayoritas ya. Kemaren di olx sempet liat 2gd 2017 ada yg jual 370 apa 380 ya. Pedagang masih pd nahan barang di 400an. Ya tp kita liat aja bisa tahan harga segitu sampe kapan kalo beneran ketok palu biosol dilarang.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Tetap Diesel atau ganti Bensin
contoh nya di kantor kita orang mbah, itu OB ampe supir aj ud ber anak istri, tp hedon nya melebihi kita orang, hape baru, gonta ganti vape, jajan makan ngopi dsb hedon bener, padahal gaji nya aj dbawah UMR lmayan jauh , perna iseng ta tanya, anak ud ada kartu pinter buat skolah (yg kadang duid buat beli alat2 sekolah d korupsi ama bapa emak nya jg) , sakit berobat ada bpjs ke puskesmas gretong bahkan bsa d rujuk ke rs kl sakit nya agak berat, hamil dan beranak gratis.. yah pantesan aj bsa ngehedon gt, wong tanggungan nya cetek... ngarti kan skrg kmana lari nya duid para pembayar pajekOmnibus wrote: Fri Jul 15, 2022 11:16neruga ....DOHC wrote: Fri Jul 15, 2022 10:58kl yg ai perhatiin sehh, mall skrg ud reachable banget buat smua lapisan masyarakat , termasuk yg ekonomi bawah yah karena mreka2 ini ud beda ama jaman dulu, skrg ud lebi "berduit" dari kartu2 sakti atau tunjangan2 dari pemerintah skrg, beda ama jaman dlu, boro2 nge mall, ntar malem makan apa aj masi binggungOmnibus wrote: Fri Jul 15, 2022 10:55 mau bensin naik tetep yg main ke mall banyak
apa belom berasa ya? berarti saking banyaknya layer strata ekonomi dan jml penduduk yg ga terdampak juga msh banyak. betul2 resilient ya org indonesia.![]()
tunjangan2 pemerintah macam solar siso yg dimanfaatkan dgn maksimal ya mbah. sisa uangnya bisa buat makan gyu kaku.
![]()


numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11779
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Tetap Diesel atau ganti Bensin
ngarti banget mbah .... nganu larinya jadi asep cumi2 kan mbah? geber2 dizel remapan pake solar siso? ngatain org yg pulse n glide aliran siksa diriDOHC wrote: Fri Jul 15, 2022 12:07contoh nya di kantor kita orang mbah, itu OB ampe supir aj ud ber anak istri, tp hedon nya melebihi kita orang, hape baru, gonta ganti vape, jajan makan ngopi dsb hedon bener, padahal gaji nya aj dbawah UMR lmayan jauh , perna iseng ta tanya, anak ud ada kartu pinter buat skolah (yg kadang duid buat beli alat2 sekolah d korupsi ama bapa emak nya jg) , sakit berobat ada bpjs ke puskesmas gretong bahkan bsa d rujuk ke rs kl sakit nya agak berat, hamil dan beranak gratis.. yah pantesan aj bsa ngehedon gt, wong tanggungan nya cetek... ngarti kan skrg kmana lari nya duid para pembayar pajekOmnibus wrote: Fri Jul 15, 2022 11:16neruga ....DOHC wrote: Fri Jul 15, 2022 10:58
kl yg ai perhatiin sehh, mall skrg ud reachable banget buat smua lapisan masyarakat , termasuk yg ekonomi bawah yah karena mreka2 ini ud beda ama jaman dulu, skrg ud lebi "berduit" dari kartu2 sakti atau tunjangan2 dari pemerintah skrg, beda ama jaman dlu, boro2 nge mall, ntar malem makan apa aj masi binggungtunjangan2 pemerintah macam solar siso yg dimanfaatkan dgn maksimal ya mbah. sisa uangnya bisa buat makan gyu kaku.
![]()
![]()
![]()
...

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 325
- Joined: Sun Jun 06, 2010 6:49
Re: Tetap Diesel atau ganti Bensin
Di indo itu unik sih ya, mungkin yang akan nahan harga diesel gajah adalah anggapan bahwa perbedaan kelasnya itu..kendibocor wrote: Fri Jul 15, 2022 11:45
Nggak nyari yg costnya mirip sih om, nyari yg demen aja mumpung kebeli. Blm terlalu mikirin cost karena free service jg 3 thn. Paling mikirin biaya service masuk thn ke empat.
Kalo biosol beneran dilarang feeling ane bakalan jatoh si harganya. Yg beli diejel gajah demi bisa isi bbm murah kayak ane harusnya mayoritas ya. Kemaren di olx sempet liat 2gd 2017 ada yg jual 370 apa 380 ya. Pedagang masih pd nahan barang di 400an. Ya tp kita liat aja bisa tahan harga segitu sampe kapan kalo beneran ketok palu biosol dilarang.
prediksi saya seturun2nya gak akan lebih rendah dari
harga lmpv/Lsuv macem xpander rush dkk.. apalagi kalau harga pertamax nanti mendekati atau sama dengan bbm diesel.
saya perhatikan di kita leveling harga mobil itu lebih ke gengsi kelasnya.. contoh Prado yg bolot dan boros aja nahan harganya secondnya ampunn..
Sy make diesel karena memang butuh torsi sih, karena sering jalan jauh dan loadnya banyakan.. sementara lanjut keep aja.. paling harian ganti pake satunya yg bensin cc kecil..

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3908
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Tetap Diesel atau ganti Bensin
Yg pasti kalo mo jual ga akan segampang skrng masukin iklan pagi, sore bisa langsung laku. Demand pasti turun. Harga oaling koreksi 10-30 jt kali.Knalpot wrote: Fri Jul 15, 2022 15:44
Di indo itu unik sih ya, mungkin yang akan nahan harga diesel gajah adalah anggapan bahwa perbedaan kelasnya itu..
prediksi saya seturun2nya gak akan lebih rendah dari
harga lmpv/Lsuv macem xpander rush dkk.. apalagi kalau harga pertamax nanti mendekati atau sama dengan bbm diesel.
saya perhatikan di kita leveling harga mobil itu lebih ke gengsi kelasnya.. contoh Prado yg bolot dan boros aja nahan harganya secondnya ampunn..
Sy make diesel karena memang butuh torsi sih, karena sering jalan jauh dan loadnya banyakan.. sementara lanjut keep aja.. paling harian ganti pake satunya yg bensin cc kecil..![]()
Masalahnya skrng servis mahal masih ketutup harga bbm yg murah. Makanya pd bilang ngirit. Nanti kalo bbm mahal, service mahal ya teriak jg kalo orng yg "maksa" mau punya.
Kalo servis di beres ga murah loh, seinget saya jasa servisnya aja 70rb km 1,6 apa 1,8. Yg ditotal sama lendir2 bisa 3-4jt. Bisa teriak jg itu om.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3209
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
Re: Tetap Diesel atau ganti Bensin
klo bensin n a ya enak disel
klo bensin turbo boleh lah tuker bensin
klo bensin turbo boleh lah tuker bensin
engine roaring!
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 15
- Joined: Sun Jul 10, 2022 20:03
Re: Tetap Diesel atau ganti Bensin
Saya akan keep mobil diesel, kebetulan piara diesel & bensin.
Bbm sy isi liat antrian, kalau subsidi ga antri sy isi subsidi, dan kalau antri beli non subsidi.
Kalaupun sdh fix dilarang isi subsidi, sy males mikir biaya bbm, toh jg ga habisin anggaran rumah tangga.
Dan belum tentu pula setelah 2024, aturan tetap berlaku.
Toh ganti pemimpin bisa jg ganti kebijakan lg.
Kalai sy sih , Punya mobil di nikmatin aja, kalau sy masih mikir tetek bengek bbm, mungkin sy blm kapasitasnya momong mobil & baru bisa realisasi motor.
Beda cerita kalau mobil sdh jd tulang punggung cari nafkah (online, rental & sejenis)
Bbm sy isi liat antrian, kalau subsidi ga antri sy isi subsidi, dan kalau antri beli non subsidi.
Kalaupun sdh fix dilarang isi subsidi, sy males mikir biaya bbm, toh jg ga habisin anggaran rumah tangga.
Dan belum tentu pula setelah 2024, aturan tetap berlaku.
Toh ganti pemimpin bisa jg ganti kebijakan lg.
Kalai sy sih , Punya mobil di nikmatin aja, kalau sy masih mikir tetek bengek bbm, mungkin sy blm kapasitasnya momong mobil & baru bisa realisasi motor.
Beda cerita kalau mobil sdh jd tulang punggung cari nafkah (online, rental & sejenis)
-
- SM Specialist
- Posts: 16676
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Tetap Diesel atau ganti Bensin
mbah omni suka jleb kalo ngomongOmnibus wrote: Fri Jul 15, 2022 12:40
ngarti banget mbah .... nganu larinya jadi asep cumi2 kan mbah? geber2 dizel remapan pake solar siso? ngatain org yg pulse n glide aliran siksa diri
...![]()

padahal buat ane siksa diri itu ya punya mobil gak dimaksimalin, ngisi bensin mahal masih itungan. itu baru siksa diri yang sebenernya.
pulse n glide mah kesadaran diri aj biar mengurangi carbon footprint pake mobil benzene

lurkot 5 jam lewat transjawabahn lari 160 terus menerus ekor ekoran ama gajah diesel yang cape bukan mobilnya, yang cape yang nyetir. akhirnya kasih jalan aj turunin speed sen kiri.
agreed mbah kl kita keluarin kalkulator sebenernya mau pake sub/nonsub make sense kok selisihnya ga bikin bankrupt juga.MichaelTHK wrote: Fri Jul 15, 2022 20:20
Kalai sy sih , Punya mobil di nikmatin aja, kalau sy masih mikir tetek bengek bbm, mungkin sy blm kapasitasnya momong mobil & baru bisa realisasi motor.
Beda cerita kalau mobil sdh jd tulang punggung cari nafkah (online, rental & sejenis)

betul krn kalau mobil sdh jadi armada rental dan online otomatis dia berkontribusi ke penerimaan pajak negara krn bentuk usaha. jd yang begini masih layak isi bbm subsidi. kl rental sepi akibat hrs isi bbm nonsub terus ongkosnya mahal kan penerimaan ppn juga berkurang

Last edited by ChZ on Sat Jul 16, 2022 2:47, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 611
- Joined: Fri Aug 15, 2008 15:36
Re: Tetap Diesel atau ganti Bensin
Padahal taxpayer-nya beli nasi goreng gerobakan ... Kesel ga sihDOHC wrote: Fri Jul 15, 2022 12:07contoh nya di kantor kita orang mbah, itu OB ampe supir aj ud ber anak istri, tp hedon nya melebihi kita orang, hape baru, gonta ganti vape, jajan makan ngopi dsb hedon bener, padahal gaji nya aj dbawah UMR lmayan jauh , perna iseng ta tanya, anak ud ada kartu pinter buat skolah (yg kadang duid buat beli alat2 sekolah d korupsi ama bapa emak nya jg) , sakit berobat ada bpjs ke puskesmas gretong bahkan bsa d rujuk ke rs kl sakit nya agak berat, hamil dan beranak gratis.. yah pantesan aj bsa ngehedon gt, wong tanggungan nya cetek... ngarti kan skrg kmana lari nya duid para pembayar pajekOmnibus wrote: Fri Jul 15, 2022 11:16neruga ....DOHC wrote: Fri Jul 15, 2022 10:58
kl yg ai perhatiin sehh, mall skrg ud reachable banget buat smua lapisan masyarakat , termasuk yg ekonomi bawah yah karena mreka2 ini ud beda ama jaman dulu, skrg ud lebi "berduit" dari kartu2 sakti atau tunjangan2 dari pemerintah skrg, beda ama jaman dlu, boro2 nge mall, ntar malem makan apa aj masi binggungtunjangan2 pemerintah macam solar siso yg dimanfaatkan dgn maksimal ya mbah. sisa uangnya bisa buat makan gyu kaku.
![]()
![]()
![]()

Calya A/T 2017 (2022-now)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Tetap Diesel atau ganti Bensin
Taxpayer nya bawa bekel nasi sisa smalemalexdonovan wrote: Sat Jul 16, 2022 2:45Padahal taxpayer-nya beli nasi goreng gerobakan ... Kesel ga sihDOHC wrote: Fri Jul 15, 2022 12:07contoh nya di kantor kita orang mbah, itu OB ampe supir aj ud ber anak istri, tp hedon nya melebihi kita orang, hape baru, gonta ganti vape, jajan makan ngopi dsb hedon bener, padahal gaji nya aj dbawah UMR lmayan jauh , perna iseng ta tanya, anak ud ada kartu pinter buat skolah (yg kadang duid buat beli alat2 sekolah d korupsi ama bapa emak nya jg) , sakit berobat ada bpjs ke puskesmas gretong bahkan bsa d rujuk ke rs kl sakit nya agak berat, hamil dan beranak gratis.. yah pantesan aj bsa ngehedon gt, wong tanggungan nya cetek... ngarti kan skrg kmana lari nya duid para pembayar pajekOmnibus wrote: Fri Jul 15, 2022 11:16
neruga ....tunjangan2 pemerintah macam solar siso yg dimanfaatkan dgn maksimal ya mbah. sisa uangnya bisa buat makan gyu kaku.
![]()
![]()
![]()
![]()

numpang lewat aja....


-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 61
- Joined: Tue Jan 09, 2018 12:23
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: VW_Polo
Re: Tetap Diesel atau ganti Bensin
Baru aja Service rutin 90k kmrn, tau2 harga part nya udh naek loh 30%kendibocor wrote: Fri Jul 15, 2022 16:03Yg pasti kalo mo jual ga akan segampang skrng masukin iklan pagi, sore bisa langsung laku. Demand pasti turun. Harga oaling koreksi 10-30 jt kali.Knalpot wrote: Fri Jul 15, 2022 15:44
Di indo itu unik sih ya, mungkin yang akan nahan harga diesel gajah adalah anggapan bahwa perbedaan kelasnya itu..
prediksi saya seturun2nya gak akan lebih rendah dari
harga lmpv/Lsuv macem xpander rush dkk.. apalagi kalau harga pertamax nanti mendekati atau sama dengan bbm diesel.
saya perhatikan di kita leveling harga mobil itu lebih ke gengsi kelasnya.. contoh Prado yg bolot dan boros aja nahan harganya secondnya ampunn..
Sy make diesel karena memang butuh torsi sih, karena sering jalan jauh dan loadnya banyakan.. sementara lanjut keep aja.. paling harian ganti pake satunya yg bensin cc kecil..![]()
Masalahnya skrng servis mahal masih ketutup harga bbm yg murah. Makanya pd bilang ngirit. Nanti kalo bbm mahal, service mahal ya teriak jg kalo orng yg "maksa" mau punya.
Kalo servis di beres ga murah loh, seinget saya jasa servisnya aja 70rb km 1,6 apa 1,8. Yg ditotal sama lendir2 bisa 3-4jt. Bisa teriak jg itu om.
