M21RRR wrote: Sun Jul 10, 2022 13:13
oh iya baru kepikiran kemarin ada juga yg saran datsun cross pernah kepikiran itu juga sih karena pastinya irit kan terus gaya juga crossover ala ala tapi ya gitu selebihnya belum tau gimananya. kalo ini ikut dibandingkan sama 4 pilihan diatas tadi gimana ya agan agan?
PhotoGrid_Plus_1657571060657.jpg
Ini ex-unit Saya, udah puas banget pake T30 Xtrail. 15 tahun pake dari baru, udah ngerti seluk beluk dan masalahnya. Sampe akhir kepemilikan, gak pernah ada cerita overheat, mogok, nyusahin.. blass gak ada. Pokoknya rawatan ama cairan semua rutin.
Dibilang irit? Gak irit. Dibilang boros? Ternyata innova bensin lebih boros dan tidak asik disetirnya. Xtrail lebih asik, borosnya sebanding.
Nih tak kasih tau...
Bensin 60L seminggu sekitar 450rb x4minggu
Berarti udah 2juta per bulan bensin, asumsi jalan seminggu 150-200km PP kerja dan jalan-jalan dalkot.
Per 10.000km servis rutin (6-12bln)
Oli 4liter harga 80-100rb an
Filteroli 50rb an
Ini servis paling minim.
Sekali kluar servis kalo lagi santuy 700rb sampe 1juta lah ama tambahan ini itu dikit. Kalo lagi pengen beberes lainnya (minyak rem, flush AT, ganti parts tidak mendesak misal kampas rem, bushing² kaki) bisa 2-3jt
Ban 700-1jt untuk ukuran standar kayak Rush...
215/65R16 atau 235/60R16
Kira-kira maintenance segitu cukup dan mampu ndak? Belum jajan dan dandanin mobil sesuai selera ya...
Ini kelas SUV crv, xtrail, escape, pasti segini... Paling unda-undi mana yg lebih murah mahal aja partsnya.
Kemarin laku di 87juta, last year, facelift. Dasbor lebih cakep, mekanikal dan elektrikal disempurnakan dari versi pre-faceliftnya. Rawatan mudah, ke spesialis nissan terus... Fast moving slow moving sesuai kelas mobilnya, dan gak mahal2 amat.
PR harga segitu secara mekanikal dan elektrikal ada saya hitung gak sampe 5-9jt benerinnya. Ini kalau mau ganti assy ya... assy oem/ori grade. Kalo KW/copotan bisa lebih murah lagi. Dan saya berani jamin dalam waktu 1 tahun, apa-apa yang jadi PR pasti masih aman karena sebelumnya sudah saya repair/rebuild/recondition mekanikalnya. Tinggal nanti kalo udah rusak lagi, berarti umurnya betulan habis karena dah ga bisa diperbaiki lagi, musti ganti assy.
Dibawah harga itu, tinggal dijumlahin aja jadi segitu, tp bedanya kluar duit buat beres2 dan jangan lupa pusingnya kena masalah dan waktu untuk dandan. Belom lagi makan ati kalo ga beres-beres...
Kalo ampe 20jt buat dandan sih... Kalo saya big NO ya... Karena males juga makan ati nya.. belum lagi waktu produktif saya terbuang.
Dijual karena butuh space gede 3row di gambar dibawah ini...
Enak xtrail kemana-mana lah hahahaha. Tapi alhamdulillah ni mobil dapet harga agak mahal, tapi sampe hari ini gak ada maintenance sama sekali. Kecuali ganti cairan yang lagi dipengenin. Kalo bukan suka mobil mah, bodo amat buta budeg gak ganti apa2 juga gak kerasa ada yang perlu diberesin... Ehehe...
PhotoGrid_Plus_1653592406032.jpg
Terakhir ganti styling R18 ban tebel. Pake ban AT lama2 dengung brisik gak ada obat. Barunya ban AT sih enak, 10-15ribu km kemudian mulai tuh.. brisik!! Hahahaha
Dan tak kasih tau ya... Ban tebel gini, harganya wow. Kalikan 4pcs ketaker lho duitnya... Ehehe. Saya tipikal beli ban langsung 4pcs, rotasi ban rutin dan rata jadi habisnya bareng.
Kalo kata temen yang pernah punya CRV RD 2nd gen... Enakan xtrail, mudah xtrail, badak xtrail kaki2nya...
Kalo boleh milih ya.
Rush, pilihan paling aman, versinya banyak, fiturnya mirip2. Tapi kembali lagi, enakan avanza naikannya. Tongkrongan cakep emang. Bisa di modif ala JDM Dai Be-Go / Rush SWB japan market.
Kembali lagi, cost maintenance otomatis lebih banyak dari avanza. Paling sederhana ban lebih besar ukurannya mengikuti juga harganya.
Kecuali suka model dan bentuk, go for it.
Datgo CVT Cross
IMG_20220201_102658_530.jpg
IMG_20220201_102701_058.jpg
IMG_20220201_102653_756.jpg
Cari unit terbaik aja deh. Coba testdrive dulu... Saya sih suka tampangnya, dia fitur terlengkap di masanya... Tapi... Krn sudah pernah naik march facelift... Terasa sekali "jelek" nya dasbor. Meski secara fitur dan elektrikal lebih oke dan worth dibanding march 1.2 tapi untuk urusan desain dan kenyamanan sebaiknya coba dulu... Kalo cocok dan nyaman... Terusin..
Kadang ada ex-dealer yg mau dijual. Barangnya terbatas, 400unit terakhir yang gak laku, katanya dikirim ke Aussie untuk operational unit Nissan sana...
Panther,
Daripada yang touring, lagi2 cuman menang tinggi. Ban nya lebih gede artinya uang maintenance lebih banyak, lebih gambot = bbm efisiensi berkurang. Limbung tinggi.
Mending ambil LS aja... Sukur2 dapet yang feslip. Cakep, apalagi yg warna coklat. Fiturnya sama persis.
Ada yang bikin LS berkonde juga kok... Cakep sih...
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.