Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
zonepublic wrote: Thu Jul 07, 2022 15:05
Jazz GE mau ganti oli untuk 0w-20 bagusan mana antara fastron gold,eneos,ptt,minta urutan ranknya dong atau ada opsi lain?
Oh ya sekalian mau bersihin injector dan ruang bakar enaknya pake aditif apa ya yg bagus?
Sekalian nanya coolant yg bagus buat jazz ge apa ya?berapa liter kalo flush?
Karena saya pecinta produk dalam negeri maka saya pilih fastron hehe...
Pilihan lain buanyak bgt, dari yg murmercrot kaya oli daihatsu, aisin, stp, oli kelas eco, sampai yang mihil kaya amsoil, ravenol, q8, liquimoly. Tinggal sesuaikan budget aja yg penting ga telat ganti oli + filter.
Temen2 disini banyak pakai merk redline, kalo saya pakai yang murah merk stp/bardahl.
Kalo saya sih pakai coolant toyota saya oplos yg 50/50 sama 30/70. Atau pakai prestone juga bagus tuh. Sekitar 4 - 5 liter buat menuhin sistem pendinginan. Kalo flush radiator tuh gimana sih maksudnya? Kalo flush/kuras sistem pendinginan pakai air suling aja/aquades, beberapa kali sampai bening lagi air yg keluar, abis itu isi air radiator dan tambahin di reservoir sampai tanda full.
Suryaputra wrote: Thu Jul 07, 2022 8:47
filter BBM solar ?
check sesuai kebutuhan aja tiap 10rb KM sekali
klo masih bersih dan gak mampet, ya gak usah ganti.
hahaha.
Wah kalo filsol udah dibuka jangan dipasang lagi om, karena kertas filternya rawan berubah bentuk dan seal jadi melar. Kalau rumah filter solar udah dibuka tetep harus diganti yang baru
Maka sebaiknya kasih patokan aja kalau memang pas coba ngecek di 10rb KM pemakaian masih bersih, pasang filsol yang baru dan cek selanjutnya di 15 atau 20rb KM pemakaian, tergantung kondisi ketika cek pertama.
Tapi jangan cek setelah pakai 10rb KM lalu dipasang lagi karena masih bersih, sepengalaman saya dan teman-teman pemakai diesel rawan masuk angin kalo dipasang lagi tapi kurang pas, kadang ada yg rumah filsol rembes juga.
CMIIW
Kalo di 2GD biasanya saya sih ganti per 10-15rb KM aja
Saya skrg pake ori Toyota tapi mfg Thai, 300rb an beli di bengkel kepercayaan
Kalo mau dipake super lama beli yg ori aja tuh di beres om
Banyak yg pada ganti nunggu indikator filsol nyala, aman2 aja. Kualitas part ori tetep gak bohong.
Saya skrg pake ori Toyota tapi mfg Thai, 300rb an beli di bengkel kepercayaan
Kalo mau dipake super lama beli yg ori aja tuh di beres om
Banyak yg pada ganti nunggu indikator filsol nyala, aman2 aja. Kualitas part ori tetep gak bohong.
Klo sesama beli di toko parts luaran, harga emg gak boong
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra wrote: Thu Jul 07, 2022 8:47
filter BBM solar ?
check sesuai kebutuhan aja tiap 10rb KM sekali
klo masih bersih dan gak mampet, ya gak usah ganti.
hahaha.
Wah kalo filsol udah dibuka jangan dipasang lagi om, karena kertas filternya rawan berubah bentuk dan seal jadi melar. Kalau rumah filter solar udah dibuka tetep harus diganti yang baru
Maka sebaiknya kasih patokan aja kalau memang pas coba ngecek di 10rb KM pemakaian masih bersih, pasang filsol yang baru dan cek selanjutnya di 15 atau 20rb KM pemakaian, tergantung kondisi ketika cek pertama.
Tapi jangan cek setelah pakai 10rb KM lalu dipasang lagi karena masih bersih, sepengalaman saya dan teman-teman pemakai diesel rawan masuk angin kalo dipasang lagi tapi kurang pas, kadang ada yg rumah filsol rembes juga.
CMIIW
Kalo di 2GD biasanya saya sih ganti per 10-15rb KM aja
15 rebu mah kecepetan kykny om kalo pake filsol 600 rebu nya toyota wkwk
kmrn ada yang post 40 rebu masih ga se hitam pekat itu
saya uda pake 18 rebu masih going strong. rencana ganti di 25-30 rebu aja
Pulang jumatan, ngelewatin toko oli
kepikiran ini oli shell astra premium 0w20 SN+ dexos1gen2 di pan sudah kena hajar 5 botol honda engine cleaner meskipun baru jalan 5ribuan km,
3 hari sebelumnya droptest tisu memang sudah keruh banget (coklat tua kehitaman), 2 minggu lalu dihajar lari 180-190 di tol salatiga - solo, weekend terakhir lalu buat macet2an ria nginep di jogja 3 hari + nonton prambanan jazz
mau cari oli embel2 "fullsyn" murah2an saja (kita bacanya : oli eco), rencana maksimal 3ribu km aja buat genapin jadwal servis rutin berikutnya
Ada :
eneos 0w20 sn asia 4L 410rb
eneos 5w30 sn asia 4L 450rb
fuchs titan syn sn+ 5w30 4L 300rb (promo, ngobrol langsung sama salesnya yang lagi maen ke toko oli tsb)
repsol gxr 5w30 sn 4L 360rb
setelah menimbang dompet yang tergerus minum pertamax, ambil fuchs titan aja, katanya german technology, merk jadul juga tapi disini kayak tenggelam kalah saing, filter ditawari aspira hitam 35rb atau ori honda biru 60rb, yah ambil honda biru aja
Diisi 3.8 liter udah nyaris penuh di R20A, sisanya bawa pulang
datasheet saya cari ga ketemu, adanya titan syn sn 5w30 lama (belom sn+)
impresi awal : yah mungkin efek placebo oli sebelumnya udah jelek dan lebih encer (0w20), ini fuchs titan idle berasa super halus dari getaran, kalo suara sama aja,
note :
di official store fuchs titan toko oren harganya 482rb 4L
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Present
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X
ariswp wrote: Fri Jul 08, 2022 11:13
Pulang jumatan, ngelewatin toko oli
kepikiran ini oli shell astra premium 0w20 SN+ dexos1gen2 di pan sudah kena hajar 5 botol honda engine cleaner meskipun baru jalan 5ribuan km,
3 hari sebelumnya droptest tisu memang sudah keruh banget (coklat tua kehitaman), 2 minggu lalu dihajar lari 180-190 di tol salatiga - solo, weekend terakhir lalu buat macet2an ria nginep di jogja 3 hari + nonton prambanan jazz
mau cari oli embel2 "fullsyn" murah2an saja (kita bacanya : oli eco), rencana maksimal 3ribu km aja buat genapin jadwal servis rutin berikutnya
Ada :
eneos 0w20 sn asia 4L 410rb
eneos 5w30 sn asia 4L 450rb
fuchs titan syn sn+ 5w30 4L 300rb (promo, ngobrol langsung sama salesnya yang lagi maen ke toko oli tsb)
repsol gxr 5w30 sn 4L 360rb
setelah menimbang dompet yang tergerus minum pertamax, ambil fuchs titan aja, katanya german technology, merk jadul juga tapi disini kayak tenggelam kalah saing, filter ditawari aspira hitam 35rb atau ori honda biru 60rb, yah ambil honda biru aja
Diisi 3.8 liter udah nyaris penuh di R20A, sisanya bawa pulang
datasheet saya cari ga ketemu, adanya titan syn sn 5w30 lama (belom sn+)
impresi awal : yah mungkin efek placebo oli sebelumnya udah jelek dan lebih encer (0w20), ini fuchs titan idle berasa super halus dari getaran, kalo suara sama aja,
note :
di official store fuchs titan toko oren harganya 482rb 4L
Wah untung bgt itu dapet harga promo, lebih murah dari repsol dkk yang sesama 5W-30. Saya juga lagi nunggu Q8 promo jadi 300 ribu nih sambil nunggu masa pakai si fastron ijo habis.
ariswp wrote: Fri Jul 08, 2022 11:13
Pulang jumatan, ngelewatin toko oli
kepikiran ini oli shell astra premium 0w20 SN+ dexos1gen2 di pan sudah kena hajar 5 botol honda engine cleaner meskipun baru jalan 5ribuan km,
3 hari sebelumnya droptest tisu memang sudah keruh banget (coklat tua kehitaman), 2 minggu lalu dihajar lari 180-190 di tol salatiga - solo, weekend terakhir lalu buat macet2an ria nginep di jogja 3 hari + nonton prambanan jazz
mau cari oli embel2 "fullsyn" murah2an saja (kita bacanya : oli eco), rencana maksimal 3ribu km aja buat genapin jadwal servis rutin berikutnya
Ada :
eneos 0w20 sn asia 4L 410rb
eneos 5w30 sn asia 4L 450rb
fuchs titan syn sn+ 5w30 4L 300rb (promo, ngobrol langsung sama salesnya yang lagi maen ke toko oli tsb)
repsol gxr 5w30 sn 4L 360rb
setelah menimbang dompet yang tergerus minum pertamax, ambil fuchs titan aja, katanya german technology, merk jadul juga tapi disini kayak tenggelam kalah saing, filter ditawari aspira hitam 35rb atau ori honda biru 60rb, yah ambil honda biru aja
Diisi 3.8 liter udah nyaris penuh di R20A, sisanya bawa pulang
datasheet saya cari ga ketemu, adanya titan syn sn 5w30 lama (belom sn+)
impresi awal : yah mungkin efek placebo oli sebelumnya udah jelek dan lebih encer (0w20), ini fuchs titan idle berasa super halus dari getaran, kalo suara sama aja,
note :
di official store fuchs titan toko oren harganya 482rb 4L
ariswp wrote: Fri Jul 08, 2022 11:13
Pulang jumatan, ngelewatin toko oli
kepikiran ini oli shell astra premium 0w20 SN+ dexos1gen2 di pan sudah kena hajar 5 botol honda engine cleaner meskipun baru jalan 5ribuan km,
3 hari sebelumnya droptest tisu memang sudah keruh banget (coklat tua kehitaman), 2 minggu lalu dihajar lari 180-190 di tol salatiga - solo, weekend terakhir lalu buat macet2an ria nginep di jogja 3 hari + nonton prambanan jazz
mau cari oli embel2 "fullsyn" murah2an saja (kita bacanya : oli eco), rencana maksimal 3ribu km aja buat genapin jadwal servis rutin berikutnya
Ada :
eneos 0w20 sn asia 4L 410rb
eneos 5w30 sn asia 4L 450rb
fuchs titan syn sn+ 5w30 4L 300rb (promo, ngobrol langsung sama salesnya yang lagi maen ke toko oli tsb)
repsol gxr 5w30 sn 4L 360rb
setelah menimbang dompet yang tergerus minum pertamax, ambil fuchs titan aja, katanya german technology, merk jadul juga tapi disini kayak tenggelam kalah saing, filter ditawari aspira hitam 35rb atau ori honda biru 60rb, yah ambil honda biru aja
Diisi 3.8 liter udah nyaris penuh di R20A, sisanya bawa pulang
datasheet saya cari ga ketemu, adanya titan syn sn 5w30 lama (belom sn+)
impresi awal : yah mungkin efek placebo oli sebelumnya udah jelek dan lebih encer (0w20), ini fuchs titan idle berasa super halus dari getaran, kalo suara sama aja,
note :
di official store fuchs titan toko oren harganya 482rb 4L
tokonya dimana om?
menarik jg promonya
b*di m*rni om, di plat AD jateng saya
Present
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
Izin sharing placebo Repsol GXR 5w30 + 100ml Mannol Ester di 2.300KM.
Dibawa JKT Bandung yg notabene nanjak bener2 enak nih ramuan. Mesin super duper halus raungan merdu ketika melibas tanjakan2 Cipularangbahn. Bensin Pertalite doang.
Ketika brenti macet idle mesin ga ada geter2nya. Pdhl engine mounting bawah+kanan blm ganti + knalpot sdh racing.
Sepertinya Mannol Ester cocok buat yg susah tidur merasa salah tuang oli nunggu interval selanjutnya buat ganti...
bensindanoli wrote: Sat Jul 09, 2022 23:31
Izin sharing placebo Repsol GXR 5w30 + 100ml Mannol Ester di 2.300KM.
Dibawa JKT Bandung yg notabene nanjak bener2 enak nih ramuan. Mesin super duper halus raungan merdu ketika melibas tanjakan2 Cipularangbahn. Bensin Pertalite doang.
Ketika brenti macet idle mesin ga ada geter2nya. Pdhl engine mounting bawah+kanan blm ganti + knalpot sdh racing.
Sepertinya Mannol Ester cocok buat yg susah tidur merasa salah tuang oli nunggu interval selanjutnya buat ganti...
Mannol ester gini "menambah" viskositas oli ga ya prinsipnya? (Selain ester fortified td)
Misal kita pake oli 0w20 bakal mendekati oli 5w30 setelah dituang
Atau bahkan awalnya pake oli 10w40 jadi berasa oli 15w50 setelah dituang
Present
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X
ariswp wrote: Sun Jul 10, 2022 4:12
Mannol ester gini "menambah" viskositas oli ga ya prinsipnya? (Selain ester fortified td)
Misal kita pake oli 0w20 bakal mendekati oli 5w30 setelah dituang
Atau bahkan awalnya pake oli 10w40 jadi berasa oli 15w50 setelah dituang
Klo bc bbrp artikel dan pds yg ada...
mannol ini sbg viscocity stabilizer di hi temp.
Biasanya pd oli kelas ekonomis, semakin lama dipakai visco akan turun..
Misal waktu baru tuang, visco di hi temp masih masuk range w20,
Tapi setelah lewat 5-6rb KM, visco bisa jadi turun ke w16 atau lighter (makin encer).
Nah ini fungsinya bisa jadi stabilize ke visco range awal.
Karena info di pdsnya dia bisa increase OCI.
Jadi bukan artinya lbh kentel,
Lbh kentel blm tentu lebih baik (apalagi klo mesin nya dirancang nelen oli w20 dan w16)
Tapi need to br proven juga via test lab.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Ams ss 5w 30 harganya @250k / lt udah gakuat kantong
Emang beneran enak sih tarikan mobil saya
Saran oli yg lbh murah tp rasa2nya sama kaya ams apa ya lur?
ariswp wrote:Mannol ester gini "menambah" viskositas oli ga ya prinsipnya? (Selain ester fortified td)
Misal kita pake oli 0w20 bakal mendekati oli 5w30 setelah dituang
Atau bahkan awalnya pake oli 10w40 jadi berasa oli 15w50 setelah dituang
ariswp wrote: Sun Jul 10, 2022 4:12
Mannol ester gini "menambah" viskositas oli ga ya prinsipnya? (Selain ester fortified td)
Misal kita pake oli 0w20 bakal mendekati oli 5w30 setelah dituang
Atau bahkan awalnya pake oli 10w40 jadi berasa oli 15w50 setelah dituang
Klo bc bbrp artikel dan pds yg ada...
mannol ini sbg viscocity stabilizer di hi temp.
Biasanya pd oli kelas ekonomis, semakin lama dipakai visco akan turun..
Misal waktu baru tuang, visco di hi temp masih masuk range w20,
Tapi setelah lewat 5-6rb KM, visco bisa jadi turun ke w16 atau lighter (makin encer).
Nah ini fungsinya bisa jadi stabilize ke visco range awal.
Karena info di pdsnya dia bisa increase OCI.
Jadi bukan artinya lbh kentel,
Lbh kentel blm tentu lebih baik (apalagi klo mesin nya dirancang nelen oli w20 dan w16)
Tapi need to br proven juga via test lab.
itu mah bunyi iklan tukang obat di trotoar
Ester ya karena bonding di metal sangat baik, dia membentuk lapisan film tipis di logam
2NRVE wrote: Sun Jul 10, 2022 6:03
Ams ss 5w 30 harganya @250k / lt udah gakuat kantong
Emang beneran enak sih tarikan mobil saya
Saran oli yg lbh murah tp rasa2nya sama kaya ams apa ya lur?