KielConstantine wrote: Thu Jun 30, 2022 1:11
Kelemahan ladder frame emang begitu … nose dive ; bodyroll parah ; ngayun .. bisa sih di reduce w/ ganti shock + per aftermarket + ban bagusan . Tapi kaga bakal bisa ilangin banget tu karakteristik
Fortuner vrz/trd/gr mendingan lah dy setting suspensi ud rada firm dari pabrikan makanya berasa lebih keras bantingan & secara stability lebih enak … tapi lagi2 krn kodrat ladder frame ya masih berasa juga ngayun2 + nose dive
Apalagi yg mau ngejar bantingan empuk … bedeh makin menjadi2 .. macem anps tuh .
Cuman standart konsumen beda2 . Ada yg maunya empuk nyaman dan segala macem . Bilangnya gini: “masa gw ud kluar duit 600jt lebih , naek mobil keras berasa kek gerobak” . Jadi pemikirannya tuh
kluar duit makin gede mobil harus makin nyaman… biasanya sih modelan non car enthusiasts sama emak2 wkwkwkwk
Kalo maunya empuk, nyaman , enak tapi stabil ya larinya ke chasis monocoque macem santa-fe, cr-v, cx5, palisade, Lexus RX dan kawan2 … kalo itu baru deh sesuai.. kluar duit makin gede dapet mobil lebih nyaman lebih enak
betul om, kebetulan gw punya kedua jenis mobil itu. ya memang ada yg harus dikorbanin, gabisa dapet semua. mesti milih, mau yg enak disetir, handling oke, perawatan murah. tapi minim fitur, gak nyaman, walaupun sebenernya bisa di upgrade kaya yg om bilang, tapi tetep aja butuh biaya yg lumayan dan gabisa ngilanin karakterikstik bawannya, biasanya ya "lebih mendingan jauh" daripada standarnya, tapi tetep aja gabisa nyamain karakteristik mobil monokok, terutama kenyamanan di row 2 nya
atau mau yg nyaman, banyak fitur empuk, tapi minusnya driving feel sm handlingnya jadi biasa aja, tarikan biasa aja atau perawatan lebih mahal karena elektrikal dan teknologinya lebih banyak. ladder frame mah minusnya gitu dan tergantung biasa make mobil apa. kalo biasa make mobil kelas lcgc lmpv lsuv hatchback crossover atau sesama mobil ladder mah bakal berasa nyaman2 aja. tapi ya kalo biasa make mobil monokok kelas 450jt keatas kaya serena , voxy, cx5, crv ya gabakal berasa nyaman itu ladder. ada harga ada barang. keluar duit makin gede (termasuk perawatan) + rela ngorbanin salah 1 aspek misalkan driving feel or handling ya bakal dapet mobil yg lebih nyaman dan enak
dan cx5 gabisa dibilang empuk loh. gw pernah miara gen 1 selama 6 tahun dan gen 2 selama 3 tahun. dibanding crv, santa fe, palisade or lexus rx termasuk paling keras. tapi jangan lupa, cx5 itu paling fun to drive dibanding yg lain, kebetulan sekarang pake lexus rx, dan rasanya tetep enakkan cx5 gw dulu kalo bicara soal driving feel, walaupun ya diantara mobil monokok yg om sebutin cx5 paling gak nyaman buat row 2nya. kalo om mau bilang paling empuk ya lexus rx yg paling empuk diantara semua. tapi ya memang paling biasa driving feel dan handlingnya dibanding yg lain. kebetulan gw juga masih miara crv turbo pres 2019 dari baru, nyetirnya ya 11 12 sm crv, walaupun ya masih enakkan crv turbo dikit sih, tapi kalo soal kenyamanan jauh

(murni pengalaman pribadi). walaupun ya kalo dalam kondisi standar, mobil2 monokok yg om sebutin itu tetep lebih nyaman dibanding trio ladder (kebetulan cukup sering nyobain anps, pernah miara fortuner dan sekarang miara innova hehehe)