Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16
Report test lab
PTT 15W40 API CK-4 mineral
Kij kaps Dies 2001
2400 cc dan volume oli 4,5 L sajah
Jarak 8000 km
Durasi 9,5 bulan
Kondisi pemakaian mobil, 90% lebih =
- Dal Kot jarak dekat3
- Stop & Go
- Jalanan padat / macet
BBM = Full BioSol + additip solar
TBN akhir = 6,3 mg KOH
V100 = masih di zona SAE 40
Kesimpulan = Bisa dipake 10.000 km / 11 bulan di Diesel 2400 cc dgn vol oli 4,5 L
PTT 15W40 API CK-4 mineral
Kij kaps Dies 2001
2400 cc dan volume oli 4,5 L sajah
Jarak 8000 km
Durasi 9,5 bulan
Kondisi pemakaian mobil, 90% lebih =
- Dal Kot jarak dekat3
- Stop & Go
- Jalanan padat / macet
BBM = Full BioSol + additip solar
TBN akhir = 6,3 mg KOH
V100 = masih di zona SAE 40
Kesimpulan = Bisa dipake 10.000 km / 11 bulan di Diesel 2400 cc dgn vol oli 4,5 L
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2554
- Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16
Lumayan jg ya tbnnya buat kelas murmer. Particle countnya gimana mbah?Turboman wrote: Tue Jun 28, 2022 10:06 Report test lab
PTT 15W40 API CK-4 mineral
Kij kaps Dies 2001
2400 cc dan volume oli 4,5 L sajah
Jarak 8000 km
Durasi 9,5 bulan
Kondisi pemakaian mobil, 90% lebih =
- Dal Kot jarak dekat3
- Stop & Go
- Jalanan padat / macet
BBM = Full BioSol + additip solar
TBN akhir = 6,3 mg KOH
V100 = masih di zona SAE 40
Kesimpulan = Bisa dipake 10.000 km / 11 bulan di Diesel 2400 cc dgn vol oli 4,5 L
Screenshot_2022-06-28-16-54-03-194_com.whatsapp.jpgIMG_20220628_151846_1_HHT.jpg
IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12571
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16
Emang PTT nih jagoan nya mesin Diesel 


Best Valuee buat entry class nya.
Best Valuee buat entry class nya.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1619
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16
Wow sudah API SN di oli entrylevel, jumawa sekali biasanya oli diesel mentok API SLTurboman wrote: Tue Jun 28, 2022 10:06 Report test lab
PTT 15W40 API CK-4 mineral
Kij kaps Dies 2001
2400 cc dan volume oli 4,5 L sajah
Jarak 8000 km
Durasi 9,5 bulan
Kondisi pemakaian mobil, 90% lebih =
- Dal Kot jarak dekat3
- Stop & Go
- Jalanan padat / macet
BBM = Full BioSol + additip solar
TBN akhir = 6,3 mg KOH
V100 = masih di zona SAE 40
Kesimpulan = Bisa dipake 10.000 km / 11 bulan di Diesel 2400 cc dgn vol oli 4,5 L
Screenshot_2022-06-28-16-54-03-194_com.whatsapp.jpgIMG_20220628_151846_1_HHT.jpg
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 439
- Joined: Sun Nov 25, 2012 16:19
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16
Lho kok hasilnya lebih bagus ini dibanding oli keraton amrik? Oli keraton amrik jalan 6500km, bbm pertadex, hasil akhirnya miripTurboman wrote: Tue Jun 28, 2022 10:06 Report test lab
PTT 15W40 API CK-4 mineral
Kij kaps Dies 2001
2400 cc dan volume oli 4,5 L sajah
Jarak 8000 km
Durasi 9,5 bulan
Kondisi pemakaian mobil, 90% lebih =
- Dal Kot jarak dekat3
- Stop & Go
- Jalanan padat / macet
BBM = Full BioSol + additip solar
TBN akhir = 6,3 mg KOH
V100 = masih di zona SAE 40
Kesimpulan = Bisa dipake 10.000 km / 11 bulan di Diesel 2400 cc dgn vol oli 4,5 L
Screenshot_2022-06-28-16-54-03-194_com.whatsapp.jpgIMG_20220628_151846_1_HHT.jpg

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2554
- Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16
Mobilnya beda, susah menarik kesimpulan. Kalo mau tes aja di mobil yang sama.gaspol wrote: Tue Jun 28, 2022 11:09Lho kok hasilnya lebih bagus ini dibanding oli keraton amrik? Oli keraton amrik jalan 6500km, bbm pertadex, hasil akhirnya miripTurboman wrote: Tue Jun 28, 2022 10:06 Report test lab
PTT 15W40 API CK-4 mineral
Kij kaps Dies 2001
2400 cc dan volume oli 4,5 L sajah
Jarak 8000 km
Durasi 9,5 bulan
Kondisi pemakaian mobil, 90% lebih =
- Dal Kot jarak dekat3
- Stop & Go
- Jalanan padat / macet
BBM = Full BioSol + additip solar
TBN akhir = 6,3 mg KOH
V100 = masih di zona SAE 40
Kesimpulan = Bisa dipake 10.000 km / 11 bulan di Diesel 2400 cc dgn vol oli 4,5 L
Screenshot_2022-06-28-16-54-03-194_com.whatsapp.jpgIMG_20220628_151846_1_HHT.jpg![]()
IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12571
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16
Iya benersahabatq8 wrote: Tue Jun 28, 2022 11:20Mobilnya beda, susah menarik kesimpulan. Kalo mau tes aja di mobil yang sama.gaspol wrote: Tue Jun 28, 2022 11:09Lho kok hasilnya lebih bagus ini dibanding oli keraton amrik? Oli keraton amrik jalan 6500km, bbm pertadex, hasil akhirnya miripTurboman wrote: Tue Jun 28, 2022 10:06 Report test lab
PTT 15W40 API CK-4 mineral
Kij kaps Dies 2001
2400 cc dan volume oli 4,5 L sajah
Jarak 8000 km
Durasi 9,5 bulan
Kondisi pemakaian mobil, 90% lebih =
- Dal Kot jarak dekat3
- Stop & Go
- Jalanan padat / macet
BBM = Full BioSol + additip solar
TBN akhir = 6,3 mg KOH
V100 = masih di zona SAE 40
Kesimpulan = Bisa dipake 10.000 km / 11 bulan di Diesel 2400 cc dgn vol oli 4,5 L
Screenshot_2022-06-28-16-54-03-194_com.whatsapp.jpgIMG_20220628_151846_1_HHT.jpg![]()
Beli aja oli entry yg masuk spec, pakai 7rb KM
Trus test lab dehh.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27647
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16
kl oli eko eko yg lmayan LSPI nya malah si asinan 0-20 mbahChZ wrote: Tue Jun 28, 2022 3:36nahh pdhl ane di siarpi turbo mbah. ga cm vvt malah GDI turbo pulaDOHC wrote: Mon Jun 27, 2022 10:00 si ptt eko emg bkin suara mesin ga tralu brizik, padahal kekentelan 0-20
cuman kl di mobil2 kita orang, cocok nya utk yg non ber vvti, vitek ataupun ber vvt , kaya misalnya di agya
tp kl di mobil2 sistem klep hidrolik, entah knapa jadi ga enak pake ini oli![]()
![]()
agak susah compare krn kemaren ganti oli skalian remap
agak waswas ama LSPI krn yakin lendir eko begini ga ad anti LSPI nya. pake pas kemaren goceng. tp udah sikat ke luar kota ampe jakarta segala jg aman sehh waktu itu lari larian sampe 160-170 ama ertiga ma gajah diesel sepanjang jalan. better dr honda gold 0w20 di hirev kasar bngt.
itu kita orang pake terus di inofa ama hrv kita orang dl, minim banget glitik nya padahal di WOT (beda waktu pake si ptt eko, ampun2 tarikan jd super lelet dan glitik mulu kl di WOT) , cuman si asinan 0-20 ini ga cocok kl dipake di agya kita orang, kl mesin belom panas tuh suara piston slap nya bkin ngilu kuping , tp aneh nya waktu pake ptt eko malah gapapa si agya
lucu emang oli eko eko an ini, ga bsa pukul rata satu merek bakal cocok ke smua mobil.. kl yg kita orang cobain hasil nya bsa beda di satu mobil ke mobil laen
cuman ribet nya ya itu, kl nyetok oli jadi nya ga bsa satu merek
numpang lewat aja....


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12571
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16
MbahDOHC wrote: Tue Jun 28, 2022 11:47kl oli eko eko yg lmayan LSPI nya malah si asinan 0-20 mbahChZ wrote: Tue Jun 28, 2022 3:36nahh pdhl ane di siarpi turbo mbah. ga cm vvt malah GDI turbo pulaDOHC wrote: Mon Jun 27, 2022 10:00 si ptt eko emg bkin suara mesin ga tralu brizik, padahal kekentelan 0-20
cuman kl di mobil2 kita orang, cocok nya utk yg non ber vvti, vitek ataupun ber vvt , kaya misalnya di agya
tp kl di mobil2 sistem klep hidrolik, entah knapa jadi ga enak pake ini oli![]()
![]()
agak susah compare krn kemaren ganti oli skalian remap
agak waswas ama LSPI krn yakin lendir eko begini ga ad anti LSPI nya. pake pas kemaren goceng. tp udah sikat ke luar kota ampe jakarta segala jg aman sehh waktu itu lari larian sampe 160-170 ama ertiga ma gajah diesel sepanjang jalan. better dr honda gold 0w20 di hirev kasar bngt.
itu kita orang pake terus di inofa ama hrv kita orang dl, minim banget glitik nya padahal di WOT (beda waktu pake si ptt eko, ampun2 tarikan jd super lelet dan glitik mulu kl di WOT) , cuman si asinan 0-20 ini ga cocok kl dipake di agya kita orang, kl mesin belom panas tuh suara piston slap nya bkin ngilu kuping , tp aneh nya waktu pake ptt eko malah gapapa si agya
lucu emang oli eko eko an ini, ga bsa pukul rata satu merek bakal cocok ke smua mobil.. kl yg kita orang cobain hasil nya bsa beda di satu mobil ke mobil laen
cuman ribet nya ya itu, kl nyetok oli jadi nya ga bsa satu merek
Cobain TQ9000 0w20 deh
Harga sub 100k di lubricants & co
@tokoijo
Apalagi skrg dah formula baru.
Yg SN/GF5 aja asik di L15Z
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27647
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16
TQ9000 ud perna mbah tp yg 5-30Suryaputra wrote: Tue Jun 28, 2022 11:50MbahDOHC wrote: Tue Jun 28, 2022 11:47kl oli eko eko yg lmayan LSPI nya malah si asinan 0-20 mbahChZ wrote: Tue Jun 28, 2022 3:36
nahh pdhl ane di siarpi turbo mbah. ga cm vvt malah GDI turbo pulaagak susah compare krn kemaren ganti oli skalian remap
agak waswas ama LSPI krn yakin lendir eko begini ga ad anti LSPI nya. pake pas kemaren goceng. tp udah sikat ke luar kota ampe jakarta segala jg aman sehh waktu itu lari larian sampe 160-170 ama ertiga ma gajah diesel sepanjang jalan. better dr honda gold 0w20 di hirev kasar bngt.
itu kita orang pake terus di inofa ama hrv kita orang dl, minim banget glitik nya padahal di WOT (beda waktu pake si ptt eko, ampun2 tarikan jd super lelet dan glitik mulu kl di WOT) , cuman si asinan 0-20 ini ga cocok kl dipake di agya kita orang, kl mesin belom panas tuh suara piston slap nya bkin ngilu kuping , tp aneh nya waktu pake ptt eko malah gapapa si agya
lucu emang oli eko eko an ini, ga bsa pukul rata satu merek bakal cocok ke smua mobil.. kl yg kita orang cobain hasil nya bsa beda di satu mobil ke mobil laen
cuman ribet nya ya itu, kl nyetok oli jadi nya ga bsa satu merek
Cobain TQ9000 0w20 deh
Harga sub 100k di lubricants & co
@tokoijo
Apalagi skrg dah formula baru.
Yg SN/GF5 aja asik di L15Z
kl utk tarikan sehh mantep enak utk kelas eko eko
cuman yg bkin agak kurang nyaman tuh kl ud kena macet2an panas terik siang, itu enjin suka glitik dan kl di blayer2 gas nya, sesekali ada suara tok tok kaya besi beradu dari arah kolong mesin (ini ud ta coba di inofa ama hrv dulu) , padahal itu tingkatan 5-30 loh
makanya belom brani utk coba lg tu merk
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 439
- Joined: Sun Nov 25, 2012 16:19
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16
Lho gimana om? Kan sudah ada hasil lab nya tuh..kesimpulan nya bisa dipakai sampai 10rb / 11 bulan which is sudah bagus di range harga nya.sahabatq8 wrote: Tue Jun 28, 2022 11:20Mobilnya beda, susah menarik kesimpulan. Kalo mau tes aja di mobil yang sama.gaspol wrote: Tue Jun 28, 2022 11:09Lho kok hasilnya lebih bagus ini dibanding oli keraton amrik? Oli keraton amrik jalan 6500km, bbm pertadex, hasil akhirnya miripTurboman wrote: Tue Jun 28, 2022 10:06 Report test lab
PTT 15W40 API CK-4 mineral
Kij kaps Dies 2001
2400 cc dan volume oli 4,5 L sajah
Jarak 8000 km
Durasi 9,5 bulan
Kondisi pemakaian mobil, 90% lebih =
- Dal Kot jarak dekat3
- Stop & Go
- Jalanan padat / macet
BBM = Full BioSol + additip solar
TBN akhir = 6,3 mg KOH
V100 = masih di zona SAE 40
Kesimpulan = Bisa dipake 10.000 km / 11 bulan di Diesel 2400 cc dgn vol oli 4,5 L
Screenshot_2022-06-28-16-54-03-194_com.whatsapp.jpgIMG_20220628_151846_1_HHT.jpg![]()
Kalo alasan mobilnya beda, berarti hasil uji lab yang selama ini beredar di forum ini gak bisa jadi gambaran dan ga bisa ditarik kesimpulan akan kualitas oli tersebut dong ya?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 176
- Joined: Sun May 01, 2016 7:00
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16
Hahaha alasan konyol banget, perasaan yg digembor2in selalu hasil test lab test lab, giliran ada oli murmer hasilnya bagus dibilang suruh coba dimobil sama..gaspol wrote: Tue Jun 28, 2022 14:40Lho gimana om? Kan sudah ada hasil lab nya tuh..kesimpulan nya bisa dipakai sampai 10rb / 11 bulan which is sudah bagus di range harga nya.
Kalo alasan mobilnya beda, berarti hasil uji lab yang selama ini beredar di forum ini gak bisa jadi gambaran dan ga bisa ditarik kesimpulan akan kualitas oli tersebut dong ya?
Membaca hasil test lab tersebut, ya bener kan, kalo emang cari oli yg keliatan bagus di UOA mah ngapain beli oli keraton? beli aja HDEO semi syn udah pasti cukup kalo cuman mau baca test lab..
Beli oli mahal utk passenger car kan itu gak lebih dari cari refinement doang, jadi useless juga krn balik lagi emang sugesti doang.. kalo mau gleser licinnn jadi enteng mah remap aja mana ada bedanya rasa oli..
Mau uoa bagus? beli aja ptt 10w30/ hdeo semi syn lainnya yg buat truk..
Mau cari halus? nah ini tricky, harus cobain semua, dr pengalaman oli2 keraton biasa aja jg alus2nya..
balik lagi back to sugesti wakakakakakak
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2554
- Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16
Ada bagusnya oli yang beda di tes di mobil yang sama atau oli si amrik di tes di mobil yang beda. Agak suprised juga sih soalnya masa iya oli "sultan" cuma segitu performanya, jadi menurut saya sih anomaly.gaspol wrote: Tue Jun 28, 2022 14:40Lho gimana om? Kan sudah ada hasil lab nya tuh..kesimpulan nya bisa dipakai sampai 10rb / 11 bulan which is sudah bagus di range harga nya.
Kalo alasan mobilnya beda, berarti hasil uji lab yang selama ini beredar di forum ini gak bisa jadi gambaran dan ga bisa ditarik kesimpulan akan kualitas oli tersebut dong ya?
Kalo mbah turbo tes di 2kdnya kan mobilnya constant, bbm constant, jadi paling tidak lebih banyak variable yang terkontrol.
Pada umumnya semakin banyak variable yang bisa di kontrol ya semakin valid suatu hasil pengetesan.
IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 439
- Joined: Sun Nov 25, 2012 16:19
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16
Lho kan sudah pernah saya bilang hasil uji tsb sudah mengguncang banyak orang..keluarkan uang banyak untuk beli oli keraton, tapi performa nya gak jauh beda dgn yg “kelas” non keraton bahkan yang harga setengah nyasahabatq8 wrote: Tue Jun 28, 2022 15:04Ada bagusnya oli yang beda di tes di mobil yang sama atau oli si amrik di tes di mobil yang beda. Agak suprised juga sih soalnya masa iya oli "sultan" cuma segitu performanya, jadi menurut saya sih anomaly.gaspol wrote: Tue Jun 28, 2022 14:40Lho gimana om? Kan sudah ada hasil lab nya tuh..kesimpulan nya bisa dipakai sampai 10rb / 11 bulan which is sudah bagus di range harga nya.sahabatq8 wrote: Tue Jun 28, 2022 11:20
Mobilnya beda, susah menarik kesimpulan. Kalo mau tes aja di mobil yang sama.
Kalo alasan mobilnya beda, berarti hasil uji lab yang selama ini beredar di forum ini gak bisa jadi gambaran dan ga bisa ditarik kesimpulan akan kualitas oli tersebut dong ya?
Kalo mbah turbo tes di 2kdnya kan mobilnya constant, bbm constant, jadi paling tidak lebih banyak variable yang terkontrol.
Pada umumnya semakin banyak variable yang bisa di kontrol ya semakin valid suatu hasil pengetesan.

bedanya kami bisa menerima guncangan tersebut, beda dengan disini yg seakan tidak bisa menerima guncangan bahwa oli sultan performa nya cuma segitu dan malah mencari alasan gak valid, anomali, beda mobil, dll salahin aja tuh tempat uji lab kalo sekiranya gak valid atau ada anomali kenapa keluarin hasilnya jelek

Sengaja memang baru2 ini aja saya angkat ke forum ini agar dapat di diskusikan (saya lampirkan uji lab) dan mau tunjukkan gak selamanya oli keraton dianggap terbaik, sekaligus mengangkat keresahan kawan2 yang ingin bertanya / diskusi namun selalu diarahkan ke oli keraton amriki atau timteng.
Bisa di jelaskan anomali yang dimaksud seperti apa om?
Untuk mobil, Mobil kami sekiranya juga konstan (walau bukan 2kd), bbm juga konstan malah pakai pertadex (gak kebayang kalo diisi biosolar mungkin hasilnya lebih buruk), rute yg dilewati juga relatif sama, driver nya pun sama. Kurleb perlakuan mobil kami gak ada bedanya dengan mbah turbo

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 439
- Joined: Sun Nov 25, 2012 16:19
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16
Maka itu saya bingung juga disini pada pake uji lab, ikutan sharing uji lab di tempat yang sama dengan kawan2 disini malah seakan akan gak dipercaya..gak valid..anomaliSinclaire wrote: Tue Jun 28, 2022 14:55Hahaha alasan konyol banget, perasaan yg digembor2in selalu hasil test lab test lab, giliran ada oli murmer hasilnya bagus dibilang suruh coba dimobil sama..gaspol wrote: Tue Jun 28, 2022 14:40Lho gimana om? Kan sudah ada hasil lab nya tuh..kesimpulan nya bisa dipakai sampai 10rb / 11 bulan which is sudah bagus di range harga nya.sahabatq8 wrote: Tue Jun 28, 2022 11:20
Mobilnya beda, susah menarik kesimpulan. Kalo mau tes aja di mobil yang sama.
Kalo alasan mobilnya beda, berarti hasil uji lab yang selama ini beredar di forum ini gak bisa jadi gambaran dan ga bisa ditarik kesimpulan akan kualitas oli tersebut dong ya?
Membaca hasil test lab tersebut, ya bener kan, kalo emang cari oli yg keliatan bagus di UOA mah ngapain beli oli keraton? beli aja HDEO semi syn udah pasti cukup kalo cuman mau baca test lab..
Beli oli mahal utk passenger car kan itu gak lebih dari cari refinement doang, jadi useless juga krn balik lagi emang sugesti doang.. kalo mau gleser licinnn jadi enteng mah remap aja mana ada bedanya rasa oli..
Mau uoa bagus? beli aja ptt 10w30/ hdeo semi syn lainnya yg buat truk..
Mau cari halus? nah ini tricky, harus cobain semua, dr pengalaman oli2 keraton biasa aja jg alus2nya..
balik lagi back to sugesti wakakakakakak

Back to sugesti..beli oli 250rb per liter ya harus enak n halus, harus gleser, kalo perlu jadi lebih kenceng.

kalo rasa, dan performa real di mesin apalagi di test lab hasilnya ternyata sama aja dgn yg 100 ribuan kan gondok mampus jadinya, apalagi kalo oil pan nya bagong kek 2gd
![Yes / No [emo-yesno]](./images/smilies/2017-yesno.gif)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2554
- Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16
Di mobil om selain oli si amrik pernah tes apa lagi?gaspol wrote: Tue Jun 28, 2022 17:25Lho kan sudah pernah saya bilang hasil uji tsb sudah mengguncang banyak orang..keluarkan uang banyak untuk beli oli keraton, tapi performa nya gak jauh beda dgn yg “kelas” non keraton bahkan yang harga setengah nyasahabatq8 wrote: Tue Jun 28, 2022 15:04Ada bagusnya oli yang beda di tes di mobil yang sama atau oli si amrik di tes di mobil yang beda. Agak suprised juga sih soalnya masa iya oli "sultan" cuma segitu performanya, jadi menurut saya sih anomaly.gaspol wrote: Tue Jun 28, 2022 14:40
Lho gimana om? Kan sudah ada hasil lab nya tuh..kesimpulan nya bisa dipakai sampai 10rb / 11 bulan which is sudah bagus di range harga nya.
Kalo alasan mobilnya beda, berarti hasil uji lab yang selama ini beredar di forum ini gak bisa jadi gambaran dan ga bisa ditarik kesimpulan akan kualitas oli tersebut dong ya?
Kalo mbah turbo tes di 2kdnya kan mobilnya constant, bbm constant, jadi paling tidak lebih banyak variable yang terkontrol.
Pada umumnya semakin banyak variable yang bisa di kontrol ya semakin valid suatu hasil pengetesan.![]()
bedanya kami bisa menerima guncangan tersebut, beda dengan disini yg seakan tidak bisa menerima guncangan bahwa oli sultan performa nya cuma segitu dan malah mencari alasan gak valid, anomali, beda mobil, dll salahin aja tuh tempat uji lab kalo sekiranya gak valid atau ada anomali kenapa keluarin hasilnya jelek![]()
Sengaja memang baru2 ini aja saya angkat ke forum ini agar dapat di diskusikan (saya lampirkan uji lab) dan mau tunjukkan gak selamanya oli keraton dianggap terbaik, sekaligus mengangkat keresahan kawan2 yang ingin bertanya / diskusi namun selalu diarahkan ke oli keraton amriki atau timteng.
Bisa di jelaskan anomali yang dimaksud seperti apa om?
Untuk mobil, Mobil kami sekiranya juga konstan (walau bukan 2kd), bbm juga konstan malah pakai pertadex (gak kebayang kalo diisi biosolar mungkin hasilnya lebih buruk), rute yg dilewati juga relatif sama, driver nya pun sama. Kurleb perlakuan mobil kami gak ada bedanya dengan mbah turbo![]()
Saya sih gak tau percis kualitasnya sebrapa (belom pernah pake maupun tes lab) tapi kalo liat uoa di bitog tbnnya sih gak separah itu ya 6500km doang sisa 4 kalo ga salah? Biasanya paling turun 2 poin tbnnya.
Anomaly bisa aja bukan oli asli misalnya
IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12571
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16
I seeDOHC wrote: Tue Jun 28, 2022 11:58TQ9000 ud perna mbah tp yg 5-30Suryaputra wrote: Tue Jun 28, 2022 11:50MbahDOHC wrote: Tue Jun 28, 2022 11:47
kl oli eko eko yg lmayan LSPI nya malah si asinan 0-20 mbah
itu kita orang pake terus di inofa ama hrv kita orang dl, minim banget glitik nya padahal di WOT (beda waktu pake si ptt eko, ampun2 tarikan jd super lelet dan glitik mulu kl di WOT) , cuman si asinan 0-20 ini ga cocok kl dipake di agya kita orang, kl mesin belom panas tuh suara piston slap nya bkin ngilu kuping , tp aneh nya waktu pake ptt eko malah gapapa si agya
lucu emang oli eko eko an ini, ga bsa pukul rata satu merek bakal cocok ke smua mobil.. kl yg kita orang cobain hasil nya bsa beda di satu mobil ke mobil laen
cuman ribet nya ya itu, kl nyetok oli jadi nya ga bsa satu merek
Cobain TQ9000 0w20 deh
Harga sub 100k di lubricants & co
@tokoijo
Apalagi skrg dah formula baru.
Yg SN/GF5 aja asik di L15Z
kl utk tarikan sehh mantep enak utk kelas eko eko
cuman yg bkin agak kurang nyaman tuh kl ud kena macet2an panas terik siang, itu enjin suka glitik dan kl di blayer2 gas nya, sesekali ada suara tok tok kaya besi beradu dari arah kolong mesin (ini ud ta coba di inofa ama hrv dulu) , padahal itu tingkatan 5-30 loh
makanya belom brani utk coba lg tu merk

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16
Hmmm opsi menarik nih untuk pengunaan fleet, harga msh termasuk OK pula.Turboman wrote: Tue Jun 28, 2022 10:06 Report test lab
PTT 15W40 API CK-4 mineral
Kij kaps Dies 2001
2400 cc dan volume oli 4,5 L sajah
Jarak 8000 km
Durasi 9,5 bulan
Kondisi pemakaian mobil, 90% lebih =
- Dal Kot jarak dekat3
- Stop & Go
- Jalanan padat / macet
BBM = Full BioSol + additip solar
TBN akhir = 6,3 mg KOH
V100 = masih di zona SAE 40
Kesimpulan = Bisa dipake 10.000 km / 11 bulan di Diesel 2400 cc dgn vol oli 4,5 L
Screenshot_2022-06-28-16-54-03-194_com.whatsapp.jpgIMG_20220628_151846_1_HHT.jpg
Pernah bandingin/uji coba Fastron Diesel 15w-40, shell rimula R4x, Q8 T750 atau Mobil Delvac MX di mesin 2L yg sama kah Om?
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 737
- Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16
Kalau saya beli oli promo2 bli2 toped yg penting asli , pakein pertaturbo/pertalite campur, ganti per 7000 km
Unilopal 0w20 88rb/ltr
Shell astra premium 0w20 120rb/ltr
Ptt supersyntethic 0w20 90rb/ltr
Kixx g1 5w/30 65rb/ltr
Stok oli diesel numpuk [hilux keburu dijual oli dieselnya masi numpuk]
Kendall dxa 10w30 3.75ltr 272rb
Q8 exel diesel 5w40 133rb/ltr
Dah aman tentram sih,tapi jadinya numpuk di gudang tiap beli oli promo

Unilopal 0w20 88rb/ltr
Shell astra premium 0w20 120rb/ltr
Ptt supersyntethic 0w20 90rb/ltr
Kixx g1 5w/30 65rb/ltr
Stok oli diesel numpuk [hilux keburu dijual oli dieselnya masi numpuk]

Kendall dxa 10w30 3.75ltr 272rb
Q8 exel diesel 5w40 133rb/ltr
Dah aman tentram sih,tapi jadinya numpuk di gudang tiap beli oli promo

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2554
- Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16
Jual online aja om, mumpung expired masih lama. Nanti kalo udah deket takutnya susah.trebla88 wrote: Wed Jun 29, 2022 2:04 Kalau saya beli oli promo2 bli2 toped yg penting asli , pakein pertaturbo/pertalite campur, ganti per 7000 km
Unilopal 0w20 88rb/ltr
Shell astra premium 0w20 120rb/ltr
Ptt supersyntethic 0w20 90rb/ltr
Kixx g1 5w/30 65rb/ltr
Stok oli diesel numpuk [hilux keburu dijual oli dieselnya masi numpuk]
Kendall dxa 10w30 3.75ltr 272rb
Q8 exel diesel 5w40 133rb/ltr
Dah aman tentram sih,tapi jadinya numpuk di gudang tiap beli oli promo
![]()
IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1619
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16
Yah jangan gitu dong om... nanti temen2 yang udah pada pakai oli diesel "premium" yang harganya diatas 150rb-an pada pindah ke oli diesel rakyat jelata yg harga 60 - 70rb-an gimana? nanti harganya digoreng-goreng dinaikin lagi gara2 banyak dipakai di mobil2 diesel "mahal", ujung2nya kita nanti pake meditran lagi. Biarin aja mereka yang udah pakai oli diesel mahal, hitung-hitung bagi rejeki ke prusahaannya, nanti kalo oli mahal ga ada yang beli, mereka ga jualan lagi dong, cabut dari Indonesia, balik ke negaranya.gaspol wrote: Tue Jun 28, 2022 17:25Lho kan sudah pernah saya bilang hasil uji tsb sudah mengguncang banyak orang..keluarkan uang banyak untuk beli oli keraton, tapi performa nya gak jauh beda dgn yg “kelas” non keraton bahkan yang harga setengah nyasahabatq8 wrote: Tue Jun 28, 2022 15:04Ada bagusnya oli yang beda di tes di mobil yang sama atau oli si amrik di tes di mobil yang beda. Agak suprised juga sih soalnya masa iya oli "sultan" cuma segitu performanya, jadi menurut saya sih anomaly.gaspol wrote: Tue Jun 28, 2022 14:40
Lho gimana om? Kan sudah ada hasil lab nya tuh..kesimpulan nya bisa dipakai sampai 10rb / 11 bulan which is sudah bagus di range harga nya.
Kalo alasan mobilnya beda, berarti hasil uji lab yang selama ini beredar di forum ini gak bisa jadi gambaran dan ga bisa ditarik kesimpulan akan kualitas oli tersebut dong ya?
Kalo mbah turbo tes di 2kdnya kan mobilnya constant, bbm constant, jadi paling tidak lebih banyak variable yang terkontrol.
Pada umumnya semakin banyak variable yang bisa di kontrol ya semakin valid suatu hasil pengetesan.![]()
bedanya kami bisa menerima guncangan tersebut, beda dengan disini yg seakan tidak bisa menerima guncangan bahwa oli sultan performa nya cuma segitu dan malah mencari alasan gak valid, anomali, beda mobil, dll salahin aja tuh tempat uji lab kalo sekiranya gak valid atau ada anomali kenapa keluarin hasilnya jelek![]()
Sengaja memang baru2 ini aja saya angkat ke forum ini agar dapat di diskusikan (saya lampirkan uji lab) dan mau tunjukkan gak selamanya oli keraton dianggap terbaik, sekaligus mengangkat keresahan kawan2 yang ingin bertanya / diskusi namun selalu diarahkan ke oli keraton amriki atau timteng.
Bisa di jelaskan anomali yang dimaksud seperti apa om?
Untuk mobil, Mobil kami sekiranya juga konstan (walau bukan 2kd), bbm juga konstan malah pakai pertadex (gak kebayang kalo diisi biosolar mungkin hasilnya lebih buruk), rute yg dilewati juga relatif sama, driver nya pun sama. Kurleb perlakuan mobil kami gak ada bedanya dengan mbah turbo![]()
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12571
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16
t105erd wrote: Wed Jun 29, 2022 2:32Yah jangan gitu dong om... nanti temen2 yang udah pada pakai oli diesel "premium" yang harganya diatas 150rb-an pada pindah ke oli diesel rakyat jelata yg harga 60 - 70rb-an gimana? nanti harganya digoreng-goreng dinaikin lagi gara2 banyak dipakai di mobil2 diesel "mahal", ujung2nya kita nanti pake meditran lagi. Biarin aja mereka yang udah pakai oli diesel mahal, hitung-hitung bagi rejeki ke prusahaannya, nanti kalo oli mahal ga ada yang beli, mereka ga jualan lagi dong, cabut dari Indonesia, balik ke negaranya.gaspol wrote: Tue Jun 28, 2022 17:25Lho kan sudah pernah saya bilang hasil uji tsb sudah mengguncang banyak orang..keluarkan uang banyak untuk beli oli keraton, tapi performa nya gak jauh beda dgn yg “kelas” non keraton bahkan yang harga setengah nyasahabatq8 wrote: Tue Jun 28, 2022 15:04
Ada bagusnya oli yang beda di tes di mobil yang sama atau oli si amrik di tes di mobil yang beda. Agak suprised juga sih soalnya masa iya oli "sultan" cuma segitu performanya, jadi menurut saya sih anomaly.
Kalo mbah turbo tes di 2kdnya kan mobilnya constant, bbm constant, jadi paling tidak lebih banyak variable yang terkontrol.
Pada umumnya semakin banyak variable yang bisa di kontrol ya semakin valid suatu hasil pengetesan.![]()
bedanya kami bisa menerima guncangan tersebut, beda dengan disini yg seakan tidak bisa menerima guncangan bahwa oli sultan performa nya cuma segitu dan malah mencari alasan gak valid, anomali, beda mobil, dll salahin aja tuh tempat uji lab kalo sekiranya gak valid atau ada anomali kenapa keluarin hasilnya jelek![]()
Sengaja memang baru2 ini aja saya angkat ke forum ini agar dapat di diskusikan (saya lampirkan uji lab) dan mau tunjukkan gak selamanya oli keraton dianggap terbaik, sekaligus mengangkat keresahan kawan2 yang ingin bertanya / diskusi namun selalu diarahkan ke oli keraton amriki atau timteng.
Bisa di jelaskan anomali yang dimaksud seperti apa om?
Untuk mobil, Mobil kami sekiranya juga konstan (walau bukan 2kd), bbm juga konstan malah pakai pertadex (gak kebayang kalo diisi biosolar mungkin hasilnya lebih buruk), rute yg dilewati juga relatif sama, driver nya pun sama. Kurleb perlakuan mobil kami gak ada bedanya dengan mbah turbo![]()


Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 737
- Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16
Ribet pengiriman olisahabatq8 wrote: Wed Jun 29, 2022 2:25Jual online aja om, mumpung expired masih lama. Nanti kalo udah deket takutnya susah.trebla88 wrote: Wed Jun 29, 2022 2:04 Kalau saya beli oli promo2 bli2 toped yg penting asli , pakein pertaturbo/pertalite campur, ganti per 7000 km
Unilopal 0w20 88rb/ltr
Shell astra premium 0w20 120rb/ltr
Ptt supersyntethic 0w20 90rb/ltr
Kixx g1 5w/30 65rb/ltr
Stok oli diesel numpuk [hilux keburu dijual oli dieselnya masi numpuk]
Kendall dxa 10w30 3.75ltr 272rb
Q8 exel diesel 5w40 133rb/ltr
Dah aman tentram sih,tapi jadinya numpuk di gudang tiap beli oli promo
![]()
Takut tumpah/pecah di jalan
Kcuali cod satu kota

Nanti pelan2 dipake paling yg oli diesel buat bersihin grand livina
Rata2 beli tahun 2020 itu smua olinya
Jadi harusnya masih aman sih
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2554
- Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16
Jadi inget dulu si unyil kalo ga salah yang resellernya suka di complain karena bocor. Botolnya tipis bgt mau gimana lagi wkkwkwktrebla88 wrote: Wed Jun 29, 2022 2:43Ribet pengiriman olisahabatq8 wrote: Wed Jun 29, 2022 2:25Jual online aja om, mumpung expired masih lama. Nanti kalo udah deket takutnya susah.trebla88 wrote: Wed Jun 29, 2022 2:04 Kalau saya beli oli promo2 bli2 toped yg penting asli , pakein pertaturbo/pertalite campur, ganti per 7000 km
Unilopal 0w20 88rb/ltr
Shell astra premium 0w20 120rb/ltr
Ptt supersyntethic 0w20 90rb/ltr
Kixx g1 5w/30 65rb/ltr
Stok oli diesel numpuk [hilux keburu dijual oli dieselnya masi numpuk]
Kendall dxa 10w30 3.75ltr 272rb
Q8 exel diesel 5w40 133rb/ltr
Dah aman tentram sih,tapi jadinya numpuk di gudang tiap beli oli promo
![]()
Takut tumpah/pecah di jalan
Kcuali cod satu kota![]()
Nanti pelan2 dipake paling yg oli diesel buat bersihin grand livina
Rata2 beli tahun 2020 itu smua olinya
Jadi harusnya masih aman sih
IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/
-
- SM Specialist
- Posts: 16683
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16
tp maren cek lagi video lama ane iseng ngetes 0-100 nya CRV, di yang pake ptt eko ada kedengeran suara klepnya kasar bgtDOHC wrote: Tue Jun 28, 2022 11:47 kl oli eko eko yg lmayan LSPI nya malah si asinan 0-20 mbah
itu kita orang pake terus di inofa ama hrv kita orang dl, minim banget glitik nya padahal di WOT (beda waktu pake si ptt eko, ampun2 tarikan jd super lelet dan glitik mulu kl di WOT) , cuman si asinan 0-20 ini ga cocok kl dipake di agya kita orang, kl mesin belom panas tuh suara piston slap nya bkin ngilu kuping , tp aneh nya waktu pake ptt eko malah gapapa si agya
lucu emang oli eko eko an ini, ga bsa pukul rata satu merek bakal cocok ke smua mobil.. kl yg kita orang cobain hasil nya bsa beda di satu mobil ke mobil laen
cuman ribet nya ya itu, kl nyetok oli jadi nya ga bsa satu merek

maren test remapan + FK elite 0w20 ga ad suara klepnya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7