Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Bibieight wrote: Mon Jun 27, 2022 5:42
Nah urusan power grid, terutama last mile power grid ini yang memang concern valid. Kalo di komplek perumahan, taruh satu gardu ngelayanin 200an rumah, nah kalo semua pasang listrik 7.7 kWh berarti dah ada 1.54 mW tambahan beban ke gardu itu kan. Belun kalo semua nyolok pada saat bersamaan apa ndak tambah pusing itu gardunya. Jadi mikir, kira2 udah ada belum ya protokol komunikasi antara gardu dengan charger, jadi bisa ngatur sendiri otomatis gantian, yang penting pagi2 dah keisi 80%.
PS : sudah pakai Ioniq 5 sebulan, wall charger belum datang, dan belum pernah sekalipun isi di SKPLU, karena ternyata charger bawaan cukup, saya setel di 10A charge semaleman bisa dapat 20-25%, jadi asal berangkat dari 55-60% kalo dicharge dari jam 9 malem pagi2 jam 6 pasti dah di 80%. Nah kalo SPKLU itu malah yang mutlak perlu dan harus 100% tersedia yang di rest area jalan tol sih, kalo perlu semua rest area harus ada SPKLU….
nikmatin aja om selama masih sepi makin rame makin gak nyaman saya bilang
jgn lupa dulu ada influencer juga ud ketawain di USA sendiri kabel listriknya itu banyak yang belom di ganti dari generasi awal ntar kalo semua charging bisa aja tuh kabel gak kuat short diatas
soalnya ternyata selama ini hybrid juga banyak yang kebakar salah satu concern saya sekuat apa itu kabel2x di dalem EV nahan listrik besar soalnya common problem mobil combustion kebakar itu bukan dari bensin atau mesin tapi selalu diawali sama electrical konslet terus nyamber kemana2x dan inget batrenya cuma 12 volt mobil listrik itu 200-800volt kalo dibilang mobil listrik resiko kebakar kecil liat aja ntar, sebenernya malah jauh lebih bahaya dari combustion
darrelund wrote: Mon Jun 27, 2022 4:26
sebenernya pemerintah udah ngasih insentif, itu BEV kan cuma perlu bayar pkb 10% dari harga mobil. makanya kona ev pajaknya cuma sejutaan padahal harga barunya ampir 700jt yg seharusnya minimal pajak aslinya diatas 10jt
klo dikasih insentif utk turunin harga sulit kyknya om, ngempanin fossil fuel aja udah kesusahan, apalagi klo harus ditambah utk BEV
klo utk harga mobilnya mah itu tergantung baterainya om, BEV kan hampir 50% harganya ada di baterai. klo baterainya semakin murah ya mobilnya tar makin murah juga
Oh iya bener om pajak tahunan murah si ya. Tp bakal lebih afdol lg kalo potong msrp macem diluar negeri ngelunjak itu namanya kalo disini
Tp kalo dihitung2 sama ngempanin bbm subsidi, jangka panjang kayaknya mending pemerintah ngasi subsidi BEV. Kan ga bakalan minum subsidized petrol lg.
BEV masalahne masih mahal oom, mau ngasih potong harga juga yg ada ya orang beduit doang yg beli. duitnya dah banyak ngapain dikasih diskon gede
mungkin klo udah ada BEV yg modelan innova dan harga dibawah 500, pemerintah baru mulai mikir utk ngasih diskon harga supaya push masyarakat untuk beralih
darrelund wrote: Mon Jun 27, 2022 5:54
bener juga ya om, power grid gampang collapse. dan e-fuel sendiri kan mesti elektrolisis utk dapet carbon murni, listrik gede lagi
tapi menurut oe sih gada alternatif 1 jalan utk masa depan. tapi BEV & e-fuel harusnya bisa saling melengkapi lah
gegara BEV, pembangkit listrik jadi kerja extra = more CO2, nah CO2 nya diambil sama e-fuel buat truk, kapal. pesawat & petrolhead
harusnya mobil listrik itu katanya penyelamat mobil COMBUSTION karena ngurangin konsumsi minyak bumi
tapi prakteknya karena gak bisa bersaing sehat akhirnya mereka mau musnahin combustion dengan berbagai macem alesan
bisa di bilang BEV itu produk terbanci dalam sejarah manusia banyak banget proteksinya, subsidi udah, insentif udah, dikasih gratis2x banyak tetep aja masih minta perlindungan dengan ngeban combustion
Nah urusan power grid, terutama last mile power grid ini yang memang concern valid. Kalo di komplek perumahan, taruh satu gardu ngelayanin 200an rumah, nah kalo semua pasang listrik 7.7 kWh berarti dah ada 1.54 mW tambahan beban ke gardu itu kan. Belun kalo semua nyolok pada saat bersamaan apa ndak tambah pusing itu gardunya. Jadi mikir, kira2 udah ada belum ya protokol komunikasi antara gardu dengan charger, jadi bisa ngatur sendiri otomatis gantian, yang penting pagi2 dah keisi 80%.
PS : sudah pakai Ioniq 5 sebulan, wall charger belum datang, dan belum pernah sekalipun isi di SKPLU, karena ternyata charger bawaan cukup, saya setel di 10A charge semaleman bisa dapat 20-25%, jadi asal berangkat dari 55-60% kalo dicharge dari jam 9 malem pagi2 jam 6 pasti dah di 80%. Nah kalo SPKLU itu malah yang mutlak perlu dan harus 100% tersedia yang di rest area jalan tol sih, kalo perlu semua rest area harus ada SPKLU….
di luar jangankan power grid, colokan yang umum aja barusan liat savagegeese ngepost di USA 3 dari 4 charger gak fungsi sampe nunggu sejam gak berhasil2.
klo masa depan mobil batre semua ya matek lah kita, pergi road trip chargernya bisa gak fungsi semua wkwkwkwkwk.
darrelund wrote: Mon Jun 27, 2022 4:14
e-fuel, hydrogen mah dari kemaren digadang sebagai alternatif BEV
padahal mah bikin e-fuel & hydrogen itu ga efisien dari sisi produksinya, energi yg dibutuhkan utk capture elemennya tinggi, klo hydrogen malah ditambah biaya logistik yg lebih mahal karena butuh penyimpanan khusus supaya ga meleduk. dan ada kemungkinan e-fuel bisa lebih mahal dari fossil fuel
liat aja tu hydrogen kebanggaan merk nippon fail di market, bikinnya susah
menurut oe sih paling bener ya beli BEV utk skrg, minimal utk sumber energi & transfernya masih bisa pakai infrastruktur yg skrg. tinggal bikin charging station saja
jgn salah om listrik itu masalahnya gak bisa di simpen di tabung butuh power grid besar emang kalo hidup cuma di kota doank listrik melimpah cuma dasarnya per mobil 7000watt di US ud banyak berita power gridnya colapse gak kuat ngisi mobil listrik padahal disana masih banyakan mobil combustion loh
di tambah charging stasion sendiri sering rusak
jgn liat energy transfer tapi flexiblenya
kalo dah jadi liquid tinggal pompa sebenernya kek EFUEL kan sama ja kek pengolahan minyak gak usah bikin supercharger dimana2x tinggal ganti isinya aja di pom bensin yang ud ada
kalo bagus ud dipake di kapal tangker sama kargo nyatanya malah jadinya diesel electric motor
Nah urusan power grid, terutama last mile power grid ini yang memang concern valid. Kalo di komplek perumahan, taruh satu gardu ngelayanin 200an rumah, nah kalo semua pasang listrik 7.7 kWh berarti dah ada 1.54 mW tambahan beban ke gardu itu kan. Belun kalo semua nyolok pada saat bersamaan apa ndak tambah pusing itu gardunya. Jadi mikir, kira2 udah ada belum ya protokol komunikasi antara gardu dengan charger, jadi bisa ngatur sendiri otomatis gantian, yang penting pagi2 dah keisi 80%.
PS : sudah pakai Ioniq 5 sebulan, wall charger belum datang, dan belum pernah sekalipun isi di SKPLU, karena ternyata charger bawaan cukup, saya setel di 10A charge semaleman bisa dapat 20-25%, jadi asal berangkat dari 55-60% kalo dicharge dari jam 9 malem pagi2 jam 6 pasti dah di 80%. Nah kalo SPKLU itu malah yang mutlak perlu dan harus 100% tersedia yang di rest area jalan tol sih, kalo perlu semua rest area harus ada SPKLU….
ga usah isi full om, sifat batre kalau main di 30%-80% life cyclenya jadi naik 2x lipat
isi full kalau emang rencana jarak jauh aja
Last edited by Salvanost on Mon Jun 27, 2022 9:23, edited 2 times in total.
Bibieight wrote: Mon Jun 27, 2022 5:42
Nah urusan power grid, terutama last mile power grid ini yang memang concern valid. Kalo di komplek perumahan, taruh satu gardu ngelayanin 200an rumah, nah kalo semua pasang listrik 7.7 kWh berarti dah ada 1.54 mW tambahan beban ke gardu itu kan. Belun kalo semua nyolok pada saat bersamaan apa ndak tambah pusing itu gardunya. Jadi mikir, kira2 udah ada belum ya protokol komunikasi antara gardu dengan charger, jadi bisa ngatur sendiri otomatis gantian, yang penting pagi2 dah keisi 80%.
PS : sudah pakai Ioniq 5 sebulan, wall charger belum datang, dan belum pernah sekalipun isi di SKPLU, karena ternyata charger bawaan cukup, saya setel di 10A charge semaleman bisa dapat 20-25%, jadi asal berangkat dari 55-60% kalo dicharge dari jam 9 malem pagi2 jam 6 pasti dah di 80%. Nah kalo SPKLU itu malah yang mutlak perlu dan harus 100% tersedia yang di rest area jalan tol sih, kalo perlu semua rest area harus ada SPKLU….
nikmatin aja om selama masih sepi makin rame makin gak nyaman saya bilang
jgn lupa dulu ada influencer juga ud ketawain di USA sendiri kabel listriknya itu banyak yang belom di ganti dari generasi awal ntar kalo semua charging bisa aja tuh kabel gak kuat short diatas
soalnya ternyata selama ini hybrid juga banyak yang kebakar salah satu concern saya sekuat apa itu kabel2x di dalem EV nahan listrik besar soalnya common problem mobil combustion kebakar itu bukan dari bensin atau mesin tapi selalu diawali sama electrical konslet terus nyamber kemana2x dan inget batrenya cuma 12 volt mobil listrik itu 200-800volt kalo dibilang mobil listrik resiko kebakar kecil liat aja ntar, sebenernya malah jauh lebih bahaya dari combustion
itu kabel2 lama dan banci bakalan kebakar semua kalau dibebanin 7000watt
kecuali powerwallnya tarik kabel baru, aman lah...
negara Eropa target 2050 udah ga ada mobil petrol lagi, penjualan mobil baru distop dari tahun 2035-2040 (masih lama santai ajaaa)
itu kabel2 lama dan banci bakalan kebakar semua kalau dibebanin 7000watt
kecuali powerwallnya tarik kabel baru, aman lah...
negara Eropa target 2050 udah ga ada mobil petrol lagi, penjualan mobil baru distop dari tahun 2035-2040 (masih lama santai ajaaa)
itu ngomongin kabel diatas tiang om in influencernya ud tua katanya selama dia tinggal di rumahnya itu kabel gak pernah di ganti
sama masalah kabel di dalem mobilnya juga ditambah belakangan saya ngecek ternyata hybrid itu banyak kebakar juga
kalo bandinging usia EV 10th hybrid 20th ICE 120thn
2035?? kalo liat kekacuan sekarang sih gw gak yakin
selamat menikmati mobil tenaga batubara
cuma bisa ngakak
orang2 itu terlalu fokus di batu bara
tapi lupa kelangkaan yang sekarang dihadapin itu kelangkaan gas, diesel dan bensin
padahal kalau listrik, selama ada aturan solar panel beban listrik bisa berkurang ASAL ga import gila2an
bisa tenaga air dan tenaga angin juga PLTN juga bisa tapi Putin kemarin2 narget PLTN Ukraina dan itu adalah hal yang sangat fatal
shock therapy buat ingatin ke semua negara kalau PLTN bisa jadi sandera perang
baterai + solar panel ada sweetspot di 2500/kwh
kalau listrik udah diatas 2500/kwh era solar panel pasti berjaya
Salvanost wrote: Mon Jun 27, 2022 11:21
orang2 itu terlalu fokus di batu bara
tapi lupa kelangkaan yang sekarang dihadapin itu kelangkaan gas, diesel dan bensin
padahal kalau listrik, selama ada aturan solar panel beban listrik bisa berkurang ASAL ga import gila2an
bisa tenaga air dan tenaga angin juga PLTN juga bisa tapi Putin kemarin2 narget PLTN Ukraina dan itu adalah hal yang sangat fatal
shock therapy buat ingatin ke semua negara kalau PLTN bisa jadi sandera perang
baterai + solar panel ada sweetspot di 2500/kwh
kalau listrik udah diatas 2500/kwh era solar panel pasti berjaya
solar FARM ud banyak yang gagal om, wind farm ahahaha kena salju malah gak bisa muter belom katanya baling2xnya pake berapa tahun musti ganti dan dibuang ujung2xnya lebih boros biaya, paling kuat sejauh ini gas, nuklir sama aer
sama satu lagi yang paling bersih dan kuat power plant impian matahari buatan atau fusion reactor yang developmentnya keliatannya agak kehambat
mereka kalo dah panik lari ke coal eropa taon kemaren ud kalang kabut lari ke coal mereka
di indonsia batubara mau di ganti bakar sabut kelapa malahan
coba om gini aja cabut listrik pln di rumah pure pake solar panel kuat gak??
ngomong mah enak pln masih suplly kalo beneran gak ada PLN lumpuh itu military vehicle us yang baru aja jatohnya hybrid DIESEL gak berani kan mereka full electric
kemaren juga bikin mobil pemadam di aku2x electric eh dia juga punya onboard diesel generator itu mah namanya hybrid gak brani juga kan buat emergency full electric
Salvanost wrote: Mon Jun 27, 2022 11:21
orang2 itu terlalu fokus di batu bara
tapi lupa kelangkaan yang sekarang dihadapin itu kelangkaan gas, diesel dan bensin
padahal kalau listrik, selama ada aturan solar panel beban listrik bisa berkurang ASAL ga import gila2an
bisa tenaga air dan tenaga angin juga PLTN juga bisa tapi Putin kemarin2 narget PLTN Ukraina dan itu adalah hal yang sangat fatal
shock therapy buat ingatin ke semua negara kalau PLTN bisa jadi sandera perang
baterai + solar panel ada sweetspot di 2500/kwh
kalau listrik udah diatas 2500/kwh era solar panel pasti berjaya
solar FARM ud banyak yang gagal om, wind farm ahahaha kena salju malah gak bisa muter belom katanya baling2xnya pake berapa tahun musti ganti dan dibuang ujung2xnya lebih boros biaya, paling kuat sejauh ini gas, nuklir sama aer
sama satu lagi yang paling bersih dan kuat power plant impian matahari buatan atau fusion reactor yang developmentnya keliatannya agak kehambat
mereka kalo dah panik lari ke coal eropa taon kemaren ud kalang kabut lari ke coal mereka
di indonsia batubara mau di ganti bakar sabut kelapa malahan
coba om gini aja cabut listrik pln di rumah pure pake solar panel kuat gak??
ngomong mah enak pln masih suplly kalo beneran gak ada PLN lumpuh itu military vehicle us yang baru aja jatohnya hybrid DIESEL gak berani kan mereka full electric
kemaren juga bikin mobil pemadam di aku2x electric eh dia juga punya onboard diesel generator itu mah namanya hybrid gak brani juga kan buat emergency full electric
ya ga kuat lah
ngapain harus keluar duit muahalll muahallllll
kalau BEPnya 10 tahun (harus ganti batre pula pas rusak )
bayar aja PLN perbulan beres
sama kaya sekarang bahas bahaya inflasi sama bahaya krisis ekonomi
tapi Indonesia masih aman2 aja tar tunggu krisis sama perkwh harga 3000rupiah deh baru bahas PLTS lagi
misal nih mau ngecash IONIQ 5 pake pure PLTS, perkiraan bakalan habis 220juta 10.000wp dengan baterai 50Kwh
ya kali cas mobil aja harus keluar duit 220juta
beda cerita kalau fans zombie apocalypse atau hiper inflation dimana negara sampai bangkrut
boleh lah jadiin investasi
Cuman iseng info baterei Ioniq 5 ada 30 modul. Per modul kalau ganti Rp 15 juta. Kalau rusak semua Rp450 juta.
Dan ternyata memang bagusnya diisi pelan2 gitu kaya hp ga boleh sering2 fast charging
Salvanost wrote:gua ada masalah sakit kepala dan serangan panik/cemas juga gara2 fokus ngurusin beginian 4 bulan doank (Maret, April, Mei, Juni)
beban pikirannya gede juga ternyata... kayanya kalau diterusin terus bisa semakin pendek umur
kebetulan bisa meditasi sih jadi masih aman lah... 15 menit hilang
tapi saran buat om2 semua jangan dipikirin mulu, ini kebetulan gua ada solusinya kalau sakit kepala dan panik/cemas bisa lewat meditasi
kalau ga ketemu solusinya kalau sakit kepala atau panik/cemas sih gawat banget apalagi kalau harus rutin minum obat
kenapa diurusin terus sampe bikin sakit kepala om? tapi btw thank you uda share share topic ginian jadi nambah ilmu hehehe, walaupun omnya sndiri pusing wkwk
nambahin wawasan tentang makro ekonomi, investasi, trus jadinya update sama kejadian dunia
saya orangnya paling males buka situs berita soalnya rada nge hard sell news nya kadang, bingung yang ga menarik aja judulnya dibikin biar click bait
Soalnya 4 tahun yg lalu hutang saya banyak
Terus mikir... kalau ekonomi makin kacau omset turun bakalan susah nih banyak hutang... apalagi ada potensi hutang membengkak 2x lipat dalam beberapa tahun
Makanya belajar aja urusan ekonomi begini cuma buat tau masih oke punya hutang gede apa ga...
Hidup dalam ketakutan itu emang jelek
Hutang mengecil tapi omset menurun juga
Sampai akhirnya bulan lalu hutang 0 sama usaha ada yang tutup.
Tapi dengan situasi kaya gini saya sih ga mau bakar duit buat naikin omset sama naikin hutang.
Salvanost wrote:gua ada masalah sakit kepala dan serangan panik/cemas juga gara2 fokus ngurusin beginian 4 bulan doank (Maret, April, Mei, Juni)
beban pikirannya gede juga ternyata... kayanya kalau diterusin terus bisa semakin pendek umur
kebetulan bisa meditasi sih jadi masih aman lah... 15 menit hilang
tapi saran buat om2 semua jangan dipikirin mulu, ini kebetulan gua ada solusinya kalau sakit kepala dan panik/cemas bisa lewat meditasi
kalau ga ketemu solusinya kalau sakit kepala atau panik/cemas sih gawat banget apalagi kalau harus rutin minum obat
kenapa diurusin terus sampe bikin sakit kepala om? tapi btw thank you uda share share topic ginian jadi nambah ilmu hehehe, walaupun omnya sndiri pusing wkwk
nambahin wawasan tentang makro ekonomi, investasi, trus jadinya update sama kejadian dunia
saya orangnya paling males buka situs berita soalnya rada nge hard sell news nya kadang, bingung yang ga menarik aja judulnya dibikin biar click bait
Soalnya 4 tahun yg lalu hutang saya banyak
Terus mikir... kalau ekonomi makin kacau omset turun bakalan susah nih banyak hutang... apalagi ada potensi hutang membengkak 2x lipat dalam beberapa tahun
Makanya belajar aja urusan ekonomi begini cuma buat tau masih oke punya hutang gede apa ga...
Hidup dalam ketakutan itu emang jelek
Hutang mengecil tapi omset menurun juga
Sampai akhirnya bulan lalu hutang 0 sama usaha ada yang tutup.
Tapi dengan situasi kaya gini saya sih ga mau bakar duit buat naikin omset sama naikin hutang.
Salvanost wrote: Mon Jun 27, 2022 12:28
ya ga kuat lah
ngapain harus keluar duit muahalll muahallllll
kalau BEPnya 10 tahun (harus ganti batre pula pas rusak )
bayar aja PLN perbulan beres
sama kaya sekarang bahas bahaya inflasi sama bahaya krisis ekonomi
tapi Indonesia masih aman2 aja tar tunggu krisis sama perkwh harga 3000rupiah deh baru bahas PLTS lagi
misal nih mau ngecash IONIQ 5 pake pure PLTS, perkiraan bakalan habis 220juta 10.000wp dengan baterai 50Kwh
ya kali cas mobil aja harus keluar duit 220juta
beda cerita kalau fans zombie apocalypse atau hiper inflation dimana negara sampai bangkrut
boleh lah jadiin investasi
hahaha saya ud invest om sebenernya pajero saya buat jaga2x itu sebenernya kalo ud kasus darurat diesel aja karena bbm alternatifnya dijual di supermarket dan masuk dalem daftar SEMBAKO
tapi..... ganti motor listrik 8 motor sama 3x ganti batre
kalo saya itung2x motor katanya 30.000usd per pcs x 8 sama batre katanya 20.000usd x 3 total 300.000 usd belom ongkos kerja
saya itung2x mobil bensin dengan mileage sama duit bensinnya masih sekitar 230.000usd itu itung fulltank 350km sekali isi 700rb loh
dikira masalah mobil listrik batre doank ternyata motor juga kadang bisa kaput alias jebol kayak vacuum cleaner
grimjow wrote: Mon Jun 27, 2022 12:44
Cuman iseng info baterei Ioniq 5 ada 30 modul. Per modul kalau ganti Rp 15 juta. Kalau rusak semua Rp450 juta.
Dan ternyata memang bagusnya diisi pelan2 gitu kaya hp ga boleh sering2 fast charging
gak boleh sering charging om kuncinya kalo mau awet charging cyclenya dihemat makanya kalo bisa beli sekalian rangenya paling panjang biar jarang di colok
Salvanost wrote: Mon Jun 27, 2022 12:51
Finland's annual producer inflation rises by 31.2% in May, the highest on record.
catatan ini kenaikan inflasi sebulan
contoh 5% naik 30% jadi 6.5%
belum perang buset... calon2 inflasi tahunan diatas 20% ini...
kebanyakan ijo2x kali om costnya jd bengek bukanya presentase ev paling banyak di mereka???
green tech ramah lingkungan tapi kantong kebakaran
ctopher7 wrote: Sat Jun 25, 2022 1:57
kenapa diurusin terus sampe bikin sakit kepala om? tapi btw thank you uda share share topic ginian jadi nambah ilmu hehehe, walaupun omnya sndiri pusing wkwk
nambahin wawasan tentang makro ekonomi, investasi, trus jadinya update sama kejadian dunia
saya orangnya paling males buka situs berita soalnya rada nge hard sell news nya kadang, bingung yang ga menarik aja judulnya dibikin biar click bait
Soalnya 4 tahun yg lalu hutang saya banyak
Terus mikir... kalau ekonomi makin kacau omset turun bakalan susah nih banyak hutang... apalagi ada potensi hutang membengkak 2x lipat dalam beberapa tahun
Makanya belajar aja urusan ekonomi begini cuma buat tau masih oke punya hutang gede apa ga...
Hidup dalam ketakutan itu emang jelek
Hutang mengecil tapi omset menurun juga
Sampai akhirnya bulan lalu hutang 0 sama usaha ada yang tutup.
Tapi dengan situasi kaya gini saya sih ga mau bakar duit buat naikin omset sama naikin hutang.
nah iya gans,dibawa relax aja,idup itu rejeki kadang jaya kadang terpuruk,
drpd stres pikirin yang kedepan blm pasti,
mending ngopi aja gans,
Screenshot_20220627-202637_Gallery.jpg
Des 2020 saya ga bisa minum kopi
Berantem sama sodara
Febuari 2021 langsung gencatan senjata supaya ga berantem lagi
Syukurlah 2022 Mei udah bisa minum kopi lagi
Ga bakalan om saya stress kalau ga bisa minum kopi gara2 maag yg disebabkan banyak pikiran
Kopi itu enak!!! Semoga saya bisa minum kopi sampai umur 80an
Salvanost wrote: Mon Jun 27, 2022 12:28
ya ga kuat lah
ngapain harus keluar duit muahalll muahallllll
kalau BEPnya 10 tahun (harus ganti batre pula pas rusak )
bayar aja PLN perbulan beres
sama kaya sekarang bahas bahaya inflasi sama bahaya krisis ekonomi
tapi Indonesia masih aman2 aja tar tunggu krisis sama perkwh harga 3000rupiah deh baru bahas PLTS lagi
misal nih mau ngecash IONIQ 5 pake pure PLTS, perkiraan bakalan habis 220juta 10.000wp dengan baterai 50Kwh
ya kali cas mobil aja harus keluar duit 220juta
beda cerita kalau fans zombie apocalypse atau hiper inflation dimana negara sampai bangkrut
boleh lah jadiin investasi
hahaha saya ud invest om sebenernya pajero saya buat jaga2x itu sebenernya kalo ud kasus darurat diesel aja karena bbm alternatifnya dijual di supermarket dan masuk dalem daftar SEMBAKO
tapi..... ganti motor listrik 8 motor sama 3x ganti batre
kalo saya itung2x motor katanya 30.000usd per pcs x 8 sama batre katanya 20.000usd x 3 total 300.000 usd belom ongkos kerja
saya itung2x mobil bensin dengan mileage sama duit bensinnya masih sekitar 230.000usd itu itung fulltank 350km sekali isi 700rb loh
dikira masalah mobil listrik batre doank ternyata motor juga kadang bisa kaput alias jebol kayak vacuum cleaner
grimjow wrote: Mon Jun 27, 2022 12:44
Cuman iseng info baterei Ioniq 5 ada 30 modul. Per modul kalau ganti Rp 15 juta. Kalau rusak semua Rp450 juta.
Dan ternyata memang bagusnya diisi pelan2 gitu kaya hp ga boleh sering2 fast charging
gak boleh sering charging om kuncinya kalo mau awet charging cyclenya dihemat makanya kalo bisa beli sekalian rangenya paling panjang biar jarang di colok
Salvanost wrote: Mon Jun 27, 2022 12:51
Finland's annual producer inflation rises by 31.2% in May, the highest on record.
catatan ini kenaikan inflasi sebulan
contoh 5% naik 30% jadi 6.5%
belum perang buset... calon2 inflasi tahunan diatas 20% ini...
kebanyakan ijo2x kali om costnya jd bengek bukanya presentase ev paling banyak di mereka???
green tech ramah lingkungan tapi kantong kebakaran
Ya mau ga mau kalau beli ioniq 5 atau EV lainnya dah pake 8 tahun jual aja
Tapi kayanya rugi kalau make 150.000km dijual
Tapi kalau ga gitu tar dipaksa ganti motor per 200.000km sama ganti batre per 400.000km (hebat juga tesla ya)
Ya semoga Indonesia jadi negara netral dan makmur...
Itu Timor Leste... kaya minyak padahal...
Ratusan triliun penduduk cuma 1,5juta aja bisa kelabakan gitu ekonominya
10 besar termiskin di dunia...
Salvanost wrote: Mon Jun 27, 2022 12:28
ya ga kuat lah
ngapain harus keluar duit muahalll muahallllll
kalau BEPnya 10 tahun (harus ganti batre pula pas rusak )
bayar aja PLN perbulan beres
sama kaya sekarang bahas bahaya inflasi sama bahaya krisis ekonomi
tapi Indonesia masih aman2 aja tar tunggu krisis sama perkwh harga 3000rupiah deh baru bahas PLTS lagi
misal nih mau ngecash IONIQ 5 pake pure PLTS, perkiraan bakalan habis 220juta 10.000wp dengan baterai 50Kwh
ya kali cas mobil aja harus keluar duit 220juta
beda cerita kalau fans zombie apocalypse atau hiper inflation dimana negara sampai bangkrut
boleh lah jadiin investasi
hahaha saya ud invest om sebenernya pajero saya buat jaga2x itu sebenernya kalo ud kasus darurat diesel aja karena bbm alternatifnya dijual di supermarket dan masuk dalem daftar SEMBAKO
tapi..... ganti motor listrik 8 motor sama 3x ganti batre
kalo saya itung2x motor katanya 30.000usd per pcs x 8 sama batre katanya 20.000usd x 3 total 300.000 usd belom ongkos kerja
saya itung2x mobil bensin dengan mileage sama duit bensinnya masih sekitar 230.000usd itu itung fulltank 350km sekali isi 700rb loh
dikira masalah mobil listrik batre doank ternyata motor juga kadang bisa kaput alias jebol kayak vacuum cleaner
grimjow wrote: Mon Jun 27, 2022 12:44
Cuman iseng info baterei Ioniq 5 ada 30 modul. Per modul kalau ganti Rp 15 juta. Kalau rusak semua Rp450 juta.
Dan ternyata memang bagusnya diisi pelan2 gitu kaya hp ga boleh sering2 fast charging
gak boleh sering charging om kuncinya kalo mau awet charging cyclenya dihemat makanya kalo bisa beli sekalian rangenya paling panjang biar jarang di colok
Salvanost wrote: Mon Jun 27, 2022 12:51
Finland's annual producer inflation rises by 31.2% in May, the highest on record.
catatan ini kenaikan inflasi sebulan
contoh 5% naik 30% jadi 6.5%
belum perang buset... calon2 inflasi tahunan diatas 20% ini...
kebanyakan ijo2x kali om costnya jd bengek bukanya presentase ev paling banyak di mereka???
green tech ramah lingkungan tapi kantong kebakaran
Ya mau ga mau kalau beli ioniq 5 atau EV lainnya dah pake 8 tahun jual aja
Tapi kayanya rugi kalau make 150.000km dijual
Tapi kalau ga gitu tar dipaksa ganti motor per 200.000km sama ganti batre per 400.000km (hebat juga tesla ya)
Ya semoga Indonesia jadi negara netral dan makmur...
Itu Timor Leste... kaya minyak padahal...
Ratusan triliun penduduk cuma 1,5juta aja bisa kelabakan gitu ekonominya
10 besar termiskin di dunia...
Feeling saya BEV ini RVnya akan anjlok diatas 5 thn. Orang2 uda pada tau diatas 5 thn ga akan lama lg gnt batere. Macem camry hybrid aja 2nd sama type V ga beda jauh harganya. Pdhl barunya beda lumayan banyak.
Soalnya 4 tahun yg lalu hutang saya banyak
Terus mikir... kalau ekonomi makin kacau omset turun bakalan susah nih banyak hutang... apalagi ada potensi hutang membengkak 2x lipat dalam beberapa tahun
Makanya belajar aja urusan ekonomi begini cuma buat tau masih oke punya hutang gede apa ga...
Hidup dalam ketakutan itu emang jelek
Hutang mengecil tapi omset menurun juga
Sampai akhirnya bulan lalu hutang 0 sama usaha ada yang tutup.
Tapi dengan situasi kaya gini saya sih ga mau bakar duit buat naikin omset sama naikin hutang.
nah iya gans,dibawa relax aja,idup itu rejeki kadang jaya kadang terpuruk,
drpd stres pikirin yang kedepan blm pasti,
mending ngopi aja gans,
Screenshot_20220627-202637_Gallery.jpg
Des 2020 saya ga bisa minum kopi
Berantem sama sodara
Febuari 2021 langsung gencatan senjata supaya ga berantem lagi
Syukurlah 2022 Mei udah bisa minum kopi lagi
Ga bakalan om saya stress kalau ga bisa minum kopi gara2 maag yg disebabkan banyak pikiran
Kopi itu enak!!! Semoga saya bisa minum kopi sampai umur 80an
wah iya kopi tuh bikin santai apalg ditemani roti gans,
bikin hidup sehat pikiran dan perasaan,
yah klo ane si gak berharap sampe 80 tahun gans,
ane udah kepala 4 lewat menjelang setangah abad,60 an juga uda syukur,
terlalu lama juga sedih jalanin hidup ini gans,
ky lagu ebet g adek,
perjalanan ini terasa menyakitkan,
btw,
ky lagu mbah shurip,
pagi ngopi siang ngopi sore ngopi malam ngopi,enak rasanya,
ngopi pagi gans,
Screenshot_20220628-054635_Gallery.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
nah iya gans,dibawa relax aja,idup itu rejeki kadang jaya kadang terpuruk,
drpd stres pikirin yang kedepan blm pasti,
mending ngopi aja gans,
Screenshot_20220627-202637_Gallery.jpg
Des 2020 saya ga bisa minum kopi
Berantem sama sodara
Febuari 2021 langsung gencatan senjata supaya ga berantem lagi
Syukurlah 2022 Mei udah bisa minum kopi lagi
Ga bakalan om saya stress kalau ga bisa minum kopi gara2 maag yg disebabkan banyak pikiran
Kopi itu enak!!! Semoga saya bisa minum kopi sampai umur 80an
wah iya kopi tuh bikin santai apalg ditemani roti gans,
bikin hidup sehat pikiran dan perasaan,
yah klo ane si gak berharap sampe 80 tahun gans,
ane udah kepala 4 lewat menjelang setangah abad,60 an juga uda syukur,
terlalu lama juga sedih jalanin hidup ini gans,
ky lagu ebet g adek,
perjalanan ini terasa menyakitkan,
btw,
ky lagu mbah shurip,
pagi ngopi siang ngopi sore ngopi malam ngopi,enak rasanya,
ngopi pagi gans,
Screenshot_20220628-054635_Gallery.jpg
mantep bener om vanosz, semoga sehat selalu ya..
kalo saya itu yg penting selalu bangun subuh, biar seharian itu berasa urusan lancar aja
orang-orang dulu itu bahkan sebelum subuh alias dini hari udah bangun, badannya sehat umur panjang
darrelund wrote: Mon Jun 27, 2022 4:14
e-fuel, hydrogen mah dari kemaren digadang sebagai alternatif BEV
padahal mah bikin e-fuel & hydrogen itu ga efisien dari sisi produksinya, energi yg dibutuhkan utk capture elemennya tinggi, klo hydrogen malah ditambah biaya logistik yg lebih mahal karena butuh penyimpanan khusus supaya ga meleduk. dan ada kemungkinan e-fuel bisa lebih mahal dari fossil fuel
liat aja tu hydrogen kebanggaan merk nippon fail di market, bikinnya susah
menurut oe sih paling bener ya beli BEV utk skrg, minimal utk sumber energi & transfernya masih bisa pakai infrastruktur yg skrg. tinggal bikin charging station saja
jgn salah om listrik itu masalahnya gak bisa di simpen di tabung butuh power grid besar emang kalo hidup cuma di kota doank listrik melimpah cuma dasarnya per mobil 7000watt di US ud banyak berita power gridnya colapse gak kuat ngisi mobil listrik padahal disana masih banyakan mobil combustion loh
di tambah charging stasion sendiri sering rusak
jgn liat energy transfer tapi flexiblenya
kalo dah jadi liquid tinggal pompa sebenernya kek EFUEL kan sama ja kek pengolahan minyak gak usah bikin supercharger dimana2x tinggal ganti isinya aja di pom bensin yang ud ada
kalo bagus ud dipake di kapal tangker sama kargo nyatanya malah jadinya diesel electric motor
Nah urusan power grid, terutama last mile power grid ini yang memang concern valid. Kalo di komplek perumahan, taruh satu gardu ngelayanin 200an rumah, nah kalo semua pasang listrik 7.7 kWh berarti dah ada 1.54 mW tambahan beban ke gardu itu kan. Belun kalo semua nyolok pada saat bersamaan apa ndak tambah pusing itu gardunya. Jadi mikir, kira2 udah ada belum ya protokol komunikasi antara gardu dengan charger, jadi bisa ngatur sendiri otomatis gantian, yang penting pagi2 dah keisi 80%.
PS : sudah pakai Ioniq 5 sebulan, wall charger belum datang, dan belum pernah sekalipun isi di SKPLU, karena ternyata charger bawaan cukup, saya setel di 10A charge semaleman bisa dapat 20-25%, jadi asal berangkat dari 55-60% kalo dicharge dari jam 9 malem pagi2 jam 6 pasti dah di 80%. Nah kalo SPKLU itu malah yang mutlak perlu dan harus 100% tersedia yang di rest area jalan tol sih, kalo perlu semua rest area harus ada SPKLU….
Skg aja banyak kasus gardu overload & kabel kebakar. Gara-gara infrastrukturnya ngga diupdate secara berkala mengikuti daya rumah-rumah yang naikin daya. Padahal umumnya pd naikin daya dari 1300 ke 2200 atau 3500 aja.
Secara infrastruktur hunian terutama sih itu yang perlu ubahan banyak dan masif
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
jgn salah om listrik itu masalahnya gak bisa di simpen di tabung butuh power grid besar emang kalo hidup cuma di kota doank listrik melimpah cuma dasarnya per mobil 7000watt di US ud banyak berita power gridnya colapse gak kuat ngisi mobil listrik padahal disana masih banyakan mobil combustion loh
di tambah charging stasion sendiri sering rusak
jgn liat energy transfer tapi flexiblenya
kalo dah jadi liquid tinggal pompa sebenernya kek EFUEL kan sama ja kek pengolahan minyak gak usah bikin supercharger dimana2x tinggal ganti isinya aja di pom bensin yang ud ada
kalo bagus ud dipake di kapal tangker sama kargo nyatanya malah jadinya diesel electric motor
Nah urusan power grid, terutama last mile power grid ini yang memang concern valid. Kalo di komplek perumahan, taruh satu gardu ngelayanin 200an rumah, nah kalo semua pasang listrik 7.7 kWh berarti dah ada 1.54 mW tambahan beban ke gardu itu kan. Belun kalo semua nyolok pada saat bersamaan apa ndak tambah pusing itu gardunya. Jadi mikir, kira2 udah ada belum ya protokol komunikasi antara gardu dengan charger, jadi bisa ngatur sendiri otomatis gantian, yang penting pagi2 dah keisi 80%.
PS : sudah pakai Ioniq 5 sebulan, wall charger belum datang, dan belum pernah sekalipun isi di SKPLU, karena ternyata charger bawaan cukup, saya setel di 10A charge semaleman bisa dapat 20-25%, jadi asal berangkat dari 55-60% kalo dicharge dari jam 9 malem pagi2 jam 6 pasti dah di 80%. Nah kalo SPKLU itu malah yang mutlak perlu dan harus 100% tersedia yang di rest area jalan tol sih, kalo perlu semua rest area harus ada SPKLU….
Skg aja banyak kasus gardu overload & kabel kebakar. Gara-gara infrastrukturnya ngga diupdate secara berkala mengikuti daya rumah-rumah yang naikin daya. Padahal umumnya pd naikin daya dari 1300 ke 2200 atau 3500 aja.
Secara infrastruktur hunian terutama sih itu yang perlu ubahan banyak dan masif
Urusan PLN lah
Walau gua yakin 1000% yg keluar duit ya pemilik meteran
Mau bayar berapa orang2???
Harga pabrik 8000 aja disuruh bayar 30.000an sama oknum PLN
Itupun kalau masih ga nakal
Kalau nakal dikasih kabek banci non SNI
6000 permeter yg lebih mudah terbakar