Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Saya mengendarai Civic FB 1.8 sudah sekitar 3 bulan dan alhamdulilah aman tanpa masalah sedikitpun . Namun, memang ke 4 bannya sudah sangat tipis.
Berencana akan mengganti ban, teman saya menyarankan untuk mengganti ban bagus dimana roda bergerak (ban depan civic fwd) sementara belakang diberi ban biasa saja karena ban belakang pasif.
Saya penasaran karena saya sebagai orang awam minim pengetahuan. Apakah menurut teman dan suhu logika itu benar? Terima kasih
bristol406 wrote: Thu Jun 23, 2022 12:32
Selamat malam teman SM,
Saya newbie di SM, salam kenal.
Saya mengendarai Civic FB 1.8 sudah sekitar 3 bulan dan alhamdulilah aman tanpa masalah sedikitpun . Namun, memang ke 4 bannya sudah sangat tipis.
Berencana akan mengganti ban, teman saya menyarankan untuk mengganti ban bagus dimana roda bergerak (ban depan civic fwd) sementara belakang diberi ban biasa saja karena ban belakang pasif.
Saya penasaran karena saya sebagai orang awam minim pengetahuan. Apakah menurut teman dan suhu logika itu benar? Terima kasih
Supaya ban habisnya rata maka pada saat kilometer 15 rb -20 rb sekali harus di rotasi. Kalau ban belakang beli yg biasa, otomatis nanti pada saat rotasi akan jd ban depan.
bristol406 wrote: Thu Jun 23, 2022 12:32
Selamat malam teman SM,
Saya newbie di SM, salam kenal.
Saya mengendarai Civic FB 1.8 sudah sekitar 3 bulan dan alhamdulilah aman tanpa masalah sedikitpun . Namun, memang ke 4 bannya sudah sangat tipis.
Berencana akan mengganti ban, teman saya menyarankan untuk mengganti ban bagus dimana roda bergerak (ban depan civic fwd) sementara belakang diberi ban biasa saja karena ban belakang pasif.
Saya penasaran karena saya sebagai orang awam minim pengetahuan. Apakah menurut teman dan suhu logika itu benar? Terima kasih
Ban belakang walaupun pasif juga sebagai penyeimbang ban depan. Kalau depan bagus belakang biasa ya pas cornering ekornya gak bisa ngimbangin nanti. Ban biasa saya asumsikan ban simetris ya.. Ban simetris itu rata2 memang senyap dan ekonomis awet tapi kemampuan belah air di jalan basah & gripnya ke jalan ga begitu bagus.
Mending ganti dengan ban yg sama ke4 bannya. Pilih ban simetris, asimetris atau directional seragam semua bannya. Jangan belang, misal 2 depan asimetris 2 belakang directional.. Performa, nyaman & senyapnya gak akan maksimal.
Saya penasaran karena saya sebagai orang awam minim pengetahuan. Apakah menurut teman dan suhu logika itu benar? Terima kasih
berarti, merk dan/atau tipe ban depan dengan belakang berbeda?
kalau anda awam, saran saya jangan mau dibikin pusing mikirin ban depan belakang, diseragamkan saja keempatnya beli yang ukurannya sesuai dengan standar mobil.
+1 sama om wicaksono. Mau FWD ato RWD, sebaiknya ganti ban yang sama depan belakang. Kalo dana kepepet sih bisa aja ganti 2 dulu, ntar baru yg belakang (u. FWD), tapi tetap pake jenis yg sama. Ane barusan kayak gini, eh malah ban terlanjur kepake gak di jual di toko di kota ane. Terpaksa buat ganti 2 nya lagi harus pesen onlen dr Jkt.
Yang penggerak AWD malah harus ganti 4 sisi ban di waktu yg sama, gak bisa 2 dulu. Kalo gak langsung 4 diganti, sistem AWD yg bakal cepet rusak krn mendeteksi & mengkompensasi traksi yg gak imbang antara ban lama dgn ban baru sepanjang waktu, jadinya cepet rusak
Numpang sharing sikit pengalaman nubie soal ganti2 ban sepasang beda kualitet jauh dpan blakang
Dl perna konfigurasi blakang rada grippy (yokohama c drive 2) depan ampas (dunlop sp 300 bawaan lipindut) yg ud agak tipis dan grepes.. lari d tol pas ujan2 iseng hajar genangan ga pake ngerem tau2 bagian depan mobil mendadak ngebuang ampe sikit lg hajar beton, cuman waktu itu berasa mobil masi lebi bsa d kontrol
Skali lg d mobil yg berbeda, kali ini ban depan grippy (toyo nano energy 3 bawaan masda cbu), blakang ban merk kapsen (sila gugel buatan mana), kjadian highway bukan di indo, cuaca lg ujan deres pake banget, kontur agak menikung kaya di exit tol alsut cuman ini lebi gede lg, kec cuman 60 kph tau2 mendadak berasa geter2 dan sepersekian detik mobil ud melintir nyaris 180 drajat, masi untung saat itu dikasi kesempatan utk idup krn mobil2 d blakang pd sempet ngindarin ampe ad yg naek ke gravel
Sjak saat itu kl ganti ban usahain sama merk dan kl ampe beda2 merk harus yg agak mendingan grip nya, atauu kl ampe ban eco2an, pas 50 % tread ud d ganti
Supaya ban habisnya rata maka pada saat kilometer 15 rb -20 rb sekali harus di rotasi. Kalau ban belakang beli yg biasa, otomatis nanti pada saat rotasi akan jd ban depan.
DOHC wrote: Thu Jun 23, 2022 15:43
Numpang sharing sikit pengalaman nubie soal ganti2 ban sepasang beda kualitet jauh dpan blakang
Dl perna konfigurasi blakang rada grippy (yokohama c drive 2) depan ampas (dunlop sp 300 bawaan lipindut) yg ud agak tipis dan grepes.. lari d tol pas ujan2 iseng hajar genangan ga pake ngerem tau2 bagian depan mobil mendadak ngebuang ampe sikit lg hajar beton, cuman waktu itu berasa mobil masi lebi bsa d kontrol
Skali lg d mobil yg berbeda, kali ini ban depan grippy (toyo nano energy 3 bawaan masda cbu), blakang ban merk kapsen (sila gugel buatan mana), kjadian highway bukan di indo, cuaca lg ujan deres pake banget, kontur agak menikung kaya di exit tol alsut cuman ini lebi gede lg, kec cuman 60 kph tau2 mendadak berasa geter2 dan sepersekian detik mobil ud melintir nyaris 180 drajat, masi untung saat itu dikasi kesempatan utk idup krn mobil2 d blakang pd sempet ngindarin ampe ad yg naek ke gravel
Sjak saat itu kl ganti ban usahain sama merk dan kl ampe beda2 merk harus yg agak mendingan grip nya, atauu kl ampe ban eco2an, pas 50 % tread ud d ganti
qushay20019 wrote: Thu Jun 23, 2022 15:26
+1 sama om wicaksono. Mau FWD ato RWD, sebaiknya ganti ban yang sama depan belakang. Kalo dana kepepet sih bisa aja ganti 2 dulu, ntar baru yg belakang (u. FWD), tapi tetap pake jenis yg sama. Ane barusan kayak gini, eh malah ban terlanjur kepake gak di jual di toko di kota ane. Terpaksa buat ganti 2 nya lagi harus pesen onlen dr Jkt.
Yang penggerak AWD malah harus ganti 4 sisi ban di waktu yg sama, gak bisa 2 dulu. Kalo gak langsung 4 diganti, sistem AWD yg bakal cepet rusak krn mendeteksi & mengkompensasi traksi yg gak imbang antara ban lama dgn ban baru sepanjang waktu, jadinya cepet rusak
Saya penasaran karena saya sebagai orang awam minim pengetahuan. Apakah menurut teman dan suhu logika itu benar? Terima kasih
berarti, merk dan/atau tipe ban depan dengan belakang berbeda?
kalau anda awam, saran saya jangan mau dibikin pusing mikirin ban depan belakang, diseragamkan saja keempatnya beli yang ukurannya sesuai dengan standar mobil.
Ban belakang walaupun pasif juga sebagai penyeimbang ban depan. Kalau depan bagus belakang biasa ya pas cornering ekornya gak bisa ngimbangin nanti. Ban biasa saya asumsikan ban simetris ya.. Ban simetris itu rata2 memang senyap dan ekonomis awet tapi kemampuan belah air di jalan basah & gripnya ke jalan ga begitu bagus.
Mending ganti dengan ban yg sama ke4 bannya. Pilih ban simetris, asimetris atau directional seragam semua bannya. Jangan belang, misal 2 depan asimetris 2 belakang directional.. Performa, nyaman & senyapnya gak akan maksimal.
Makasih om atas semua saran dan masukannya. Saya putuskan untuk ganti ke 4 ban dengan ban yang sama .
Menurut om lebih baik saya ambil Bridgestone T005a atau Re003 ?
Btw saya barusan buka kompasdotcom ketemu artikel ini, yang logikanya berbeda dari teman saya:
"Tetapi kalau yang tiga sudah tipis, ya kenapa juga tidak ganti minimal dua sekaligus yang baru, dan pemasangannya tetap yang baru ditaruh di belakang," ucap Zulpata.
Pemakaian ban baru di bagian belakang bukan tanpa alasan. Hal tersebut dimaksudkan untuk mencegah oversteer ketika mengemudi.
“Peranan ban belakang sangat besar sekali, lebih susah dikendalikan ketika oversteer. Kalau ban depan kan masih bisa dikontrol lewat setir. Tanpa melihat penggeraknya, tetap sama ban yang diganti yaitu ban belakang,”
On Vehicle Test Manager PT Gajah Tunggal Tbk, Zulpata Zainal
bristol406 wrote: Thu Jun 23, 2022 12:32
Selamat malam teman SM,
Saya newbie di SM, salam kenal.
Saya mengendarai Civic FB 1.8 sudah sekitar 3 bulan dan alhamdulilah aman tanpa masalah sedikitpun . Namun, memang ke 4 bannya sudah sangat tipis.
Berencana akan mengganti ban, teman saya menyarankan untuk mengganti ban bagus dimana roda bergerak (ban depan civic fwd) sementara belakang diberi ban biasa saja karena ban belakang pasif.
Saya penasaran karena saya sebagai orang awam minim pengetahuan. Apakah menurut teman dan suhu logika itu benar? Terima kasih
dengan asumsi safe driving (urban speed, 40-60 km/h), jika hanya ganti 2 ban, yang bagus pasang di belakang. ban yang belakang pasang ke depan.
krn roda depan kalau slip (rare occassion kalau gak sering nyetir kenceng), masih ada setir buat gerakin. sementara bagian belakang mobil fwd itu loose paling kalau slip cm bergantung sama tekanan rem.
rear wheel drive pun malah lebih krusial untuk pasang ban yang bagus di belakang dulu.
bristol406 wrote: Thu Jun 23, 2022 12:32
Selamat malam teman SM,
Saya newbie di SM, salam kenal.
Saya mengendarai Civic FB 1.8 sudah sekitar 3 bulan dan alhamdulilah aman tanpa masalah sedikitpun . Namun, memang ke 4 bannya sudah sangat tipis.
Berencana akan mengganti ban, teman saya menyarankan untuk mengganti ban bagus dimana roda bergerak (ban depan civic fwd) sementara belakang diberi ban biasa saja karena ban belakang pasif.
Saya penasaran karena saya sebagai orang awam minim pengetahuan. Apakah menurut teman dan suhu logika itu benar? Terima kasih
Kl menurut nubie sih baiknya 4 4 nya dipasang ban yang seragam meskipun ban nya yang mediocre sekalipun. Biar performa n ride qualitynya bisa maksimal.
Ga lucu entar kalo misal depan masih ada grip, belakangnya malah ngebuang or depannya compound empuk tp blkgnya compound keras kaya batu
Kl menurut nubie sih baiknya 4 4 nya dipasang ban yang seragam meskipun ban nya yang mediocre sekalipun. Biar performa n ride qualitynya bisa maksimal.
Ga lucu entar kalo misal depan masih ada grip, belakangnya malah ngebuang or depannya compound empuk tp blkgnya compound keras kaya batu
dengan asumsi safe driving (urban speed, 40-60 km/h), jika hanya ganti 2 ban, yang bagus pasang di belakang. ban yang belakang pasang ke depan.
krn roda depan kalau slip (rare occassion kalau gak sering nyetir kenceng), masih ada setir buat gerakin. sementara bagian belakang mobil fwd itu loose paling kalau slip cm bergantung sama tekanan rem.
rear wheel drive pun malah lebih krusial untuk pasang ban yang bagus di belakang dulu.
tp sebisa mungkin pasang 4-4nya sama persis sih.
Ini kemarin saya googling ketemu artikel di kompasdotcom, menurut orangnya gajah tunggal:
"Tetapi kalau yang tiga sudah tipis, ya kenapa juga tidak ganti minimal dua sekaligus yang baru, dan pemasangannya tetap yang baru ditaruh di belakang," ucap Zulpata.
Pemakaian ban baru di bagian belakang bukan tanpa alasan. Hal tersebut dimaksudkan untuk mencegah oversteer ketika mengemudi.
“Peranan ban belakang sangat besar sekali, lebih susah dikendalikan ketika oversteer. Kalau ban depan kan masih bisa dikontrol lewat setir. Tanpa melihat penggeraknya, tetap sama ban yang diganti yaitu ban belakang,”
3mul wrote: Sat Jun 25, 2022 4:26
Barangkali masih ada yg penasaran ban baru better pasang di depan atau di belakang https://youtu.be/gSz7cm6MwH0
yep, understeer itu jarang terjadi kalau urban speed. biasa kalau mobil fwd + push to the limit baru ketauan understeer. asal tau diri ban depan rada tipis gak gaspol rempol mulu mahh ga akan kenapa2.
bristol406 wrote: Thu Jun 23, 2022 12:32
Selamat malam teman SM,
Saya newbie di SM, salam kenal.
Saya mengendarai Civic FB 1.8 sudah sekitar 3 bulan dan alhamdulilah aman tanpa masalah sedikitpun . Namun, memang ke 4 bannya sudah sangat tipis.
Berencana akan mengganti ban, teman saya menyarankan untuk mengganti ban bagus dimana roda bergerak (ban depan civic fwd) sementara belakang diberi ban biasa saja karena ban belakang pasif.
Saya penasaran karena saya sebagai orang awam minim pengetahuan. Apakah menurut teman dan suhu logika itu benar? Terima kasih
Civic?
Pakai rekomen warga SM Michelin Primacy 4
Pilihan lbh terjangkau
- Good Year triplemax 2
- Dunlop LM705
Pakai seragam.
Tiap 10rb KM rotasi ban dari depan ke belakang dan sebaliknya.
Jadi habisnya rata.