anindyo wrote: Mon Jun 20, 2022 17:17
kalau mau ga ribet, ya udah motor pertalite, mobil wajib pertamax minimal. Turunin pertamax nya tapi... 10rban.
Mobil kan barang mevvah to, kebutuhan tersier... (at least some years ago).. ya wajar operasionalnya ga murah.
Sisi positifnya, mobil apapun akan terasa mewah, karena mahal operasionalnya, ga cuma belinya
kyknya kalau tenor kredit mobil aja bisa 8 thn sekarang dengan DP seminimal mungkin, apa iya yang beli mobil orang mampu semua? ya liat aja utang kridit macetnya seberapa

blom kite ngomongin pikup dan taksi onlen, mau tarif taksi onlen naik? tar middle class budak promo urban makin ngamuk krn promo gojek makin dikit.
gimana ya social credit score kita ya gak jalan juga. ektp kan mimpinya mau seperti itu, tapi nyatanya ya gak jadi tetep harus fotokopi hahahaha.
mau ambil kredit mobil slip gaji aja bisa minta digedein biar di approve. harusnya sortiran awal tuh dari situ sblm ngomongin subsidi BBM : apa iya orangnya mampu dengan pendapatan sekian nyicil mobil harga sekian?
krn orang mampu beli mobil bagus tapi isi bbm jelek itu adalah konsekuensi dari trainwreck betapa "gampang" nya punya mobil di sini dan betapa mobil itu dianggap sebuah "pencapaian". kerja kalo blm bisa punya rumah, beli mobil, ya belum sukses. uda mirip "the american dream". akhirnya tanpa financial literacy yang baik, uang gaji habis buat bayar cicilan.
muncullah kekonyolan beli mobil 400jt bisa tapi bingung besok makan apa (serius, ada yang gini, orangtua temen saya sendiri). gak cm berlaku buat karyawan sih. yang berbisnis juga sering, baru dapet cuan agak banyak udah dibelanjain mobil mewah, bangun rumah mewah. nanti waktu bisnisnya rugi bingung bayar utang.
yakin deh kalo kepemilikan mobil bisa di breakdown, nanti masalah bbm lebih mudah cari jalan keluarnya krn permintaan untuk bbm murah itu ada akibat semua kemudahan ini juga.