Naa yg sy mau tanya, penyakit altis gen 3 apa aja ya? Juga durability, kemudahan perawatan (kususnya harga dan ketersediaan spare part). Kalo yg tipe V cvt, kira2 CVT nya apakah bandel? Atau mending tipe G manual aja ya..?
Makasih gans..
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Saya udah pernah bahas Altis saya di thread lain om, saya pindahin ke sini ya:
Tambahan:marvelio wrote:Hampir 7 tahun pelihara Altis generasi yang sama (prefacelift)
Kalo nyari sedan yang tahan tempur, Altis ini menurut saya kandidat paling pas. Look mahalnya masih dapet, bandelnya dapet, tenaganya oke menurut saya. Mobil saya udah 7 tahun tapi orang-orang selalu ngiranya ini mobil mewah kalo pas kinclong. Padahal ya sekarang harganya terjangkau. Yang terutama: Kualitasnya CBU Thailand ga bohong refine bgt.
+ Harga bekasnya murah banget
+ Mesin 2ZR-FE nya enak buat jalan di kota2 karena torsi bawahnya gede. Ngegas dikit2 aja kalo jalan di perkotaan. Jalan jauh pun kalo pas di 120 km/jam engine cuma running di 1200 an RPM. Kebantu sama CVT nya yg menurut saya bagus. Jadi ga berisik meraung-raung kalo pas ngebut.
+ 7 tahun belum pernah rewel sekalipun selain aki tekor
+ 6 tahun pake oli TM0 10W-40 butut aja nurut, tapi 2 tahun terakhir dah tobat ke jalan yg benar pake 5W-30 bahkan skrg 0W-20, tarikannya jadi oke banget. Singkatnya, om perawatan cuma ganti oli plus filter aja udah cukup, murah, ga neko2. Sebisa mungkin pakein 0W-20 deh om.
+ Kaki-kaki badak banget. Tahun ke 7 ini masalah cuma ada ada di bushing steering rack yg minta ganti, sisanya masih ori bawaan baru tanpa keluhan sedikitpun.
+ Irit utk ukuran sedan medium. BBM diisi Pertamax konsumsi dalam kota bisa 12 km/l. Pernah bawa Semarang - Jakarta via tol Trans Jawa dapat 16km/l full to full, di MID malah tampak lebih boros, 15 km/l.
+ Mobil ini rasanya solid banget, menyatu dari depan sampe belakang, buat nikung2 enak. Dari baru dapet ban Michelin Pilot Sport, skrg saya lanjutin pake Michelin Primacy 4, paling pas dan gigit. Nyetir enak, duduk di belakang pun nyaman banget.
- Handling quality khususnya steering cenderung bland, hambar, kurang sporty. Bahkan sejak awal steernya ini terhitung berat. Bertolak belakang sama chasisnya yang menurut saya solid tadi.
- Dashboard tegak, bikin visibility cenderung kerasa sempit.
- Bantingan kalo kena lubang / jalan keriting cukup keras, ga selayaknya sedan yg lembut. Tapi kalo polisi tidur, enak.
- Perlu hati2 kalau beli bekas karena mayoritas mobil bekas operasional institusi (bank, pemerintahan), apalagi kalo warnanya hitam. Cek apakah ada oil sludge, dll.
-Fitur emang ga banyak sih.
- Bumper depan ceper banget. Dah beberapa kali saya nyundul pembatas ban atau trotoar kalau pas parkir maju. Begitu pula wheelbasenya yg panjang. Kadang suka nyangkut di tengah kalo abis nanjak dari parkiran mall yg curam. Yg nyetir harus telaten ini.
Kemarin benerin steering rack ongkos + neko2 abis 500ribu. Murah sih kalo dipikir2 saya gapernah keluarin duit selain ganti oli + filter oli
Urusan sparepart, denger2 Altis ini salah satu Toyota yg part slow movingnya beberapa harus inden, gak kaya yang lainnya yang selalu ready. Iya, denger2, karena saya pun gapernah inden part, abis gapernah ada yang rusak. Filter Udara beli onlen, 60 ribu, dah itu aja.
Kalo dibilang aman sih ya manual jelas lebih aman daya tahannya bagus drpd cvt . Lebih responsif jg buat betot betot-an .mendoan88 wrote: Wed Jun 22, 2022 6:35 Naa yg sy mau tanya, penyakit altis gen 3 apa aja ya? Juga durability, kemudahan perawatan (kususnya harga dan ketersediaan spare part). Kalo yg tipe V cvt, kira2 CVT nya apakah bandel? Atau mending tipe G manual aja ya..?
Makasih gans..![]()
Betul om kalo dr segi kemewahan jelas tipe V. Yg G kurang greget. Makasih om sarannya.KielConstantine wrote: Thu Jun 23, 2022 11:43Kalo dibilang aman sih ya manual jelas lebih aman daya tahannya bagus drpd cvt . Lebih responsif jg buat betot betot-an .
Cuman dy type G doank manual ya .. kek kosongan tu mobil hahaaa . Altis type V lebih lengkap om . CVT awet kok yg penting interval oli cvt nya rutin aja diganti tiap 20rb km sekali sama pakenya yg apik aja ngegas alusss .. macam pulse & glide heheheheheee
Wah mantap om ulasannya. Makakasih banyak omDrivingPotato wrote: Thu Jun 23, 2022 8:42Saya udah pernah bahas Altis saya di thread lain om, saya pindahin ke sini ya:
marvelio wrote:
Kalo orang nanya durability Altis, saya akan selalu jawab:
At the end, it is a COROLLA. Corolla dah macem Avanza nya orang US sana.
Di Thailand aja jadi fleet taksi, mau apa lagi yang diragukan?
![]()
Iya om dengar2 reputasi cvt nissan buatan jatco kurang greget. Walau begitu mmg ada yg blg t32 itu nyaman. Baik om trimakasih masukannya.Syauqi wrote: Thu Jun 23, 2022 10:07
Kesimpulan saya, untuk lebih amannya pilih Altis saja. Walaupun altis gen itu yang pre-facelif fiturnya kerasa kopongan banget sih. Tapi saya yakin altis lebih bisa ngasih peace of mind drpd T32, asalkan kondisinya ok yah
paling kaki2 sm rack steering, kalo perawatan sm ketersediaan spare part ya cukup melimpah dan masih termasuk mudah ya. CVTnya sih lumayan bandel. kalo tipe G mending skip deh, selain populasi unit sekennya jarang, mending tipe V sekalian yg fiturnya lebih lengkap dibanding tipe G. sm yg mesti diperhatiin paling pastiin service recordnya lengkap, record ganti oli CVT nya lengkap sm hati2 sm odo puteran karena mobil ini banyak dipake jadi armada pt dan rentalmendoan88 wrote: Wed Jun 22, 2022 6:35 Halo gans, sy rencana mau beli seken xtrail t32 2014/15 atau altis gen 3 2014/15. Tp bbrp teman menyarankan utk ambil altis sj dibanding t32. Krn cvt kurang bandel, spare part mahal. Enaknya t32 krn suv jadi lbh tinggi aja. Sy sih mau suv/sedan ga masalah, cm pgn tampilan mobil yg prestige saja.
Naa yg sy mau tanya, penyakit altis gen 3 apa aja ya? Juga durability, kemudahan perawatan (kususnya harga dan ketersediaan spare part). Kalo yg tipe V cvt, kira2 CVT nya apakah bandel? Atau mending tipe G manual aja ya..?
Makasih gans..![]()
Wah mantap punya dua2nya. Si nyonya jg kmrn bercanda apa beli dua2nya, hehehe..baik om makasih infonya..Chris001 wrote: Thu Jun 23, 2022 13:52 Kebetulan punya 2"nya om.
Jadi kesimpulannya tergantung pemakaiannya sering dalem / luar kota
Hehehe iya om emang di harga segitu kayaknya paling prestige 2 itu sih om dibandingin lcgc" baru mending 2 itumendoan88 wrote:Wah mantap punya dua2nya. Si nyonya jg kmrn bercanda apa beli dua2nya, hehehe..baik om makasih infonya..Chris001 wrote: Thu Jun 23, 2022 13:52 Kebetulan punya 2"nya om.
Jadi kesimpulannya tergantung pemakaiannya sering dalem / luar kota
+1Chris001 wrote: Thu Jun 23, 2022 14:54
Hehehe iya om emang di harga segitu kayaknya paling prestige 2 itu sih om dibandingin lcgc" baru mending 2 itu
Atau kalau ga bermasalah sama bensin boleh up ke camry deh om sekalian pasti lebih nyaman cuman ya mesin 2.4 lebih boros
Gw lupa ada camryChris001 wrote: Thu Jun 23, 2022 14:54 Atau kalau ga bermasalah sama bensin boleh up ke camry deh om sekalian pasti lebih nyaman cuman ya mesin 2.4 lebih boros
regulasi baru kayanya camry gabisa deh pake pertaliteKielConstantine wrote: Fri Jun 24, 2022 12:03Gw lupa ada camryChris001 wrote: Thu Jun 23, 2022 14:54 Atau kalau ga bermasalah sama bensin boleh up ke camry deh om sekalian pasti lebih nyaman cuman ya mesin 2.4 lebih boros![]()
Kalo ini best value seh .. Automatic dy konvensional 6 speed . jadi lebih peace of mind …. Mesin 2.4 kg boros2 amat kok , 7 km/l masih dapet . Sama bisa colok pertalite![]()
tahun lalu hampir ngangkat XV40 type V tahun 2008, pelat B pajak tahunannya cuma 2,8 karena mobil ke-1, kalo dinego kyknya cepek bisa dilepas.krniawnhdr wrote: Thu Jun 30, 2022 2:06regulasi baru kayanya camry gabisa deh pake pertaliteKielConstantine wrote: Fri Jun 24, 2022 12:03Gw lupa ada camryChris001 wrote: Thu Jun 23, 2022 14:54 Atau kalau ga bermasalah sama bensin boleh up ke camry deh om sekalian pasti lebih nyaman cuman ya mesin 2.4 lebih boros![]()
Kalo ini best value seh .. Automatic dy konvensional 6 speed . jadi lebih peace of mind …. Mesin 2.4 kg boros2 amat kok , 7 km/l masih dapet . Sama bisa colok pertalite![]()
![]()
siap2 jual XV40 saya kalau regulasi baru bener-bener dirilis.
saya aja udah pakai nappa leather semua om..sama retrim si stirnya. heheAbdulHakim wrote: Thu Jun 30, 2022 2:28tahun lalu hampir ngangkat XV40 type V tahun 2008, pelat B pajak tahunannya cuma 2,8 karena mobil ke-1, kalo dinego kyknya cepek bisa dilepas.krniawnhdr wrote: Thu Jun 30, 2022 2:06regulasi baru kayanya camry gabisa deh pake pertaliteKielConstantine wrote: Fri Jun 24, 2022 12:03
Gw lupa ada camry![]()
Kalo ini best value seh .. Automatic dy konvensional 6 speed . jadi lebih peace of mind …. Mesin 2.4 kg boros2 amat kok , 7 km/l masih dapet . Sama bisa colok pertalite![]()
![]()
siap2 jual XV40 saya kalau regulasi baru bener-bener dirilis.
masih kepengen ampe skrg, desain exteriornya timeless gitu, sayangnya kondisi kursi driver rata-rata busanya udah bonyok dan kulitnya pecah-pecah.