MSU wrote: Sat Jun 11, 2022 13:14
Kayaknya fuel cons ga beda banyak ya krn ni hybrid2an
Yg penasaran kl aki lithium-nya tewas & ga diganti apa bakal ada efek negatif...deg2an jg knp tu aki lithium ditaro di kabin
Batre lithium masa pakai akan lama kalau ditempatkan di suhu kamar, lebih dingin lebih bagus (dalam artian 18-22 derajat celcius).. Suhu kerja batre lithium 0-45 derajat. Kalau tewas plek sih kayanya nggak, paling efisiensi daya tampungnya berkurang. Kalau ada sel batre yg rusak kayanya akan error, kalau udah rusak sebenernya bisa diganti hanya selnya aja yg rusak. Harga batre di eparts suzuki 15jt, tapi isinya paling cuma susunan batre lithium panasonic.. Bawa ke tempat bengkel ebike juga bisa harusnya dibenerin. Batre sepeda aja 3-5jtan yg isi 11ampere tergantung pake baterai apa.. Samsung atau panasonic.
Hybridnya ertiga akan jalan kalau beberapa parameter tercapai (pintu tertutup rapat, kap mesin terkunci, baterai lithium min 3 bar, seatbelt dipakai, lampu rem & transmisi normal).. Salah satu ga terpenuhi hybrid ga jalan alias full mesin bensin yg kerja.
Agak kocak juga sih batre lithium ertiga 6a 12v harga 15jt... Sedangkan batre lithium NIU NQI sport (motor listrik) 26a 48v harga 12jt.. Kapasitas gede malah murah.. Wkwkwkwk...
Paling mobil hybrid akan cepet bermasalah bagian baterainya kalau mobil jarang dipake/garage queen. Batre lithium itu akan berumur lama kalau disimpan disuhu 0-40 derajat celcius dan jika tidak dipakai dalam waktu agak lama, baterai tidak boleh dalam keadaan penuh (baterai gak stabil).. Jadi harus disimpan dalam kondisi terisi sekitar 50% (maksimum 70%). Saat kondisi tidak terpakai lama harus dipantau untuk dicas lagi sampai sekitar 50% lagi kalau mau disimpan lama (baterai kondisi tersimpanpun energinya akan tetap berkurang loh tapi bukan berarti batrenya bocor). Baterai lithium biasanya akan drop efisiensinya dibawah 80% kalau sudah 1000-1500 cycle pengisian. Nah garansi baterai biasanya cover kalau kapasitas baterai udah drop dibawah 80% selama seumur garansi.. Jadi kalau masih 81% klaim ga memenuhi karena dianggap masih bagus.
*pendapat ini dari pemahaman saya ya yg saya baca dari beberapa sumber, karena saya tertarik untuk beli ebike (sepeda pedelec) atau motor listrik. Kendaraan listrik sensitifnya lebih berat ke suhu pemakaian/penyimpanan baterai & seberapa banyak baterai terisi.