ariswp wrote: Wed Jun 08, 2022 3:35
Habis baca postingan om Surya akan oli GTL yg tendensinya gampang nguap jadi galau juga sama kondisi SHU 0w20 yg sekarang lagi jalan 6700an km
Nyalain mesin 5 menit, matikan nunggu 1 menit cek dipstik alhamdulilah masih aman (foto terlampir), hanya berkurang sedikit dari top level
Penguapan berarti langsung bersinggungan dengan NOACK test yah?
Sempat browsing2 mengenai test ini buat SHU, dapetnya di blog jerman
Komparasi banyak merk oli 0w20 dengan berbagai parameter pengujian berikut hasilnya
Yah meskipun SHU Profesional 0w20 di blog jerman tadi beda spek dengan SHU 0w20 SN+ tapi dengan basis sama2 GTL harusnya cukup valid lah mengetahui karakteristik GTL penguapan 0w20 si kerang secara umum
Pengujian dan pengetesan lengkap ada di link berikut :
https://www.ato24.de/en/blog/comparison ... gine-oils/
NOACK testnya di tergolong paling bagus sih bareng Motul, dibanding merk2 lain, paling tinggi NOACKnya si liqui moly
klo NOACK metode ASTM d5800
ini sample dipanasin up to 250C selama 60 menit
klo yg sy post based on youtube,
itu sampai 400C lebih
wkwkwkw
jadi mensimulasikan accelerated penguapan dalam kondisi extreme, dan sudah teroksidasi karena durasi pemakaian.
longer drain = more Oxygen = oksidasi makin gede
ya sebetulnya gak usah galau.
setelah lewat 5rb Km, pantau aja terus kondisi oli di level dipstick.
karena klo bicara penguapan, balik lg ke kondisi radiator dan fan nya.
klo radiator dan fan rusak, even pk oli kelas spa bintang-5 jg pasti rusak oli nya lbh cepet
dalam kondisi normal usage dan normal drain, harusnya SHU udah bagus ya dgn harga segitu.
apalagi SHU 5w30nya terbaru, seliter 130rb an di cakra
wkwkwkwk.