Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
roreload wrote: Sat May 28, 2022 5:34
suhu" SM mau nanya soal oli mesin dan matic
untuk suzuki swift 2014 cocoknya pakai oli mesin apa yah?
selama ini selalu ikutin dari beres
KM sekarang sudah 97k
Kalo dari buku petunjuk sih SAE 5W -30 API SL
Cekokin kiu eit om, sy muter2 ketemunya paling enak itu juga.
Kalo mau yg ramah kantong, Aisin ato Valvoline. Aisin juara favorit SM klasemen 2022, Valvo saya coba sendiri ok kok.
Pemakaian dalkot enak 0W20, kalo gemar bejek2 sih 0W yg keraton ato 5W30 kerehore.
Oli matic mah bebas, SGO jg enak kok.
tq om info nya, kemarin akhirnya ke toda ganti oli mesin pake yg q8 G long kife 5w30 sama sekalian kuras oli matic pake Q8 auto Jk juga
so far sih emang jauh lebih enak di banding sgo sgo yg bertahun tahun dipakai
btw om,kalo dari 5w30 pindah ke 0w20 gpp kah?
pernah coba engine flush dari liqui moly? oli nya liqui bagus juga gak yah>
Klo mesin bersih atau varnish tipis, gak perlu engine flush.
Cukup dorong oli lama pakai mesran merah, beli di SPBU seliter - 2 liter cukup 30 rb an.
Ganti filter oli.
Pakai oli yg bagus rutin ajah.
Klo swift kan bensin yah. Cobain jg Q8 Special D1 5w30
(dexos 1 gen2)
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
roreload wrote: Sat May 28, 2022 5:34
suhu" SM mau nanya soal oli mesin dan matic
untuk suzuki swift 2014 cocoknya pakai oli mesin apa yah?
selama ini selalu ikutin dari beres
KM sekarang sudah 97k
Kalo dari buku petunjuk sih SAE 5W -30 API SL
Oli mesin 5W-30 mah buanyak pilihanya tinggal sesuaikan dengan budget aja dari mulai yg dibawah 100rb@liter sampai diatas 200rb@liter, tinggal rutin diganti aja tiap 5rb - 10rb km tergantung jenis olinya, kalo pake oli kaum2 BPJS kaya saya yaa tau diri aja ganti tiap 5rb km aja sama filternya. Kalo oli matik mending ikutin anjuran pabrik aja deh atau pakai oli yg sudah ada sertifikasi dari pabrikan yg buat gearbox, biar aman, setahu saya Suzuki punya spesifikasi oli matik sendiri Suzuki ATF 3317, soalnya kakak saya punya SX4 2011 dianjurkan pakai itu. Kalo ada merk diluar Ecstar yg nyantumin Suzuki 3317, sikat aja.
kemarin kuras oli matic pake Q8 auto jk pak,
skrg ud dipake seminggu emang lebih enak sih kondisi transmisi nya. jauh lebih halus di banding sgo punya. cuma hargaya lumayan aja kemarin kuras di toda perlu 8L seliter nya kena @185k
Selanjutnya cukup ganti per 30rb km ajah max.
Jadi more than 50% circulate fresh oil.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
f4n3d wrote: Sun Jun 05, 2022 13:45
Nanya om om sekalian
Sludge begini pake engine flush kena gak ?
Sempet baca disini bisa juga pake short trip oli diesel ?
Sebelum decide turun mesin separo
Kayanya kenal ini mesin
Serokin dlu aja mumpung lg dibuka.
Tp bisa bgtu yah..
Sy pake bukan oli keraton dlu2 hajar 10k or 1 thn.. hasilnya varnish doang..
Klo boleh tau, kebiasaan ganti olinya gmn om?
1nz-FE wkwkw ini saya beli bekas 1 taun lalu sejak beli saya 6 bulan sekali ganti oli pake unil opal 5-30 dexos 1gen2.
Kayaknya ini user sebelumnya. Kemarin ganti seal cover sekalian serokin dikit2 pake tangan. Rencananya mau bersihin ulang pake engin flush sambil di sikat trus bersamaan di vakum biar kesedot langsung rontokanya
yanuarra wrote: Sun Jun 05, 2022 3:51
Mantep skali ini respol.. happy pakenya.. dompet tydak kempes dan tydak mengganggu cash flow bulanan
Repsol gxr platinum di jasutra motor cuma 65rb, ini beneran ga yah harganya emang segitu? Murmercot bgt kalo emang beneran, boleh coba nih next ganti oli
Sy beli harga 275 apa 285 gitu klo ga salah..blm ongkir..tp beli di seller laen.. maklum dompet lg kempes jd cari oli yg tydak mengganggu cash flow bulanan jgn lupa yakinin diri aja klo dpt oli asli yahh...
Btw, bbrp kli sy lewatin jasutra, lokasi di cikarang. Klo ga salah deket GT cikarang utama. Tokonya gede. Dia majang neon box.. rame bener neon boxnya.. Ada neon box seiken genuine, dkk.. byk, warna warni
Masalah keaslian oli di jasutra kurang tau
Kalau kata om [mention]ngalih [/mention] , jangan lupa bismillah dan yang penting yakin om. [emoji2960]
f4n3d wrote: Sun Jun 05, 2022 13:45
Nanya om om sekalian
Sludge begini pake engine flush kena gak ?
Sempet baca disini bisa juga pake short trip oli diesel ?
Sebelum decide turun mesin separo
Kayanya kenal ini mesin
Serokin dlu aja mumpung lg dibuka.
Tp bisa bgtu yah..
Sy pake bukan oli keraton dlu2 hajar 10k or 1 thn.. hasilnya varnish doang..
Klo boleh tau, kebiasaan ganti olinya gmn om?
1nz-FE wkwkw ini saya beli bekas 1 taun lalu sejak beli saya 6 bulan sekali ganti oli pake unil opal 5-30 dexos 1gen2.
Kayaknya ini user sebelumnya. Kemarin ganti seal cover sekalian serokin dikit2 pake tangan. Rencananya mau bersihin ulang pake engin flush sambil di sikat trus bersamaan di vakum biar kesedot langsung rontokanya
Sblom d enjin flush, bagusnya buka tutup deksel dan oil pan, serok smua kerak2, bantu gosok2 pake carb cleaner yg foam jg bole (tp yg bagian noken as jgn d gosok2), trus jgn lupa oil pick up d oil pan ( yg ad saringan kopi) jg d copot dan bersihin, trakir baru deh kasi enjin flush
sh00t wrote: Sun Jun 05, 2022 6:03
Yang penting yakin dan gak perlu test lab om. Karena dengan test lab yang ada dicemberutin istri om. Masih mending dicemberutin daripada suruh tidur di mobil sama oli. Mendingan duitnya dikasih istri biar sumringah. [emoji1787]
Rule of thumb OCI (mesin bensin) dengan kondisi mesin normal dan stock engine,
- Oli eco price: max 5rb km or 6 bulan
- Oli non eco harga 140rb or up: max 7rb km or 9 bulan
Klo oli diesel, PTT 10w30 harga ekonomis aja merem pakai 9 bulan or 7rb km.
Klo lihat test lab nya, PTT jago bikin oli diesel tahan lama harga ekonomis
Smoga mesin awet dan tetap bersihh
om , mobil bensin standar, pakai oli diesel kayak PTT dynamic 10w30/5w30 gitu boleh om?aman kah?
Rule of thumb OCI (mesin bensin) dengan kondisi mesin normal dan stock engine,
- Oli eco price: max 5rb km or 6 bulan
- Oli non eco harga 140rb or up: max 7rb km or 9 bulan
Klo oli diesel, PTT 10w30 harga ekonomis aja merem pakai 9 bulan or 7rb km.
Klo lihat test lab nya, PTT jago bikin oli diesel tahan lama harga ekonomis
Smoga mesin awet dan tetap bersihh
om , mobil bensin standar, pakai oli diesel kayak PTT dynamic 10w30/5w30 gitu boleh om?aman kah?
Kemarin saya juga punya pertanyaan yg sama, katanya sih boleh soalnya ada sertifikasi ACEA A3/B4 kalo ga salah sama API SL buat yang 10W30, kalo yang 5W30 kurang tau deh, lagian juga lebih mihil hehe...
Rule of thumb OCI (mesin bensin) dengan kondisi mesin normal dan stock engine,
- Oli eco price: max 5rb km or 6 bulan
- Oli non eco harga 140rb or up: max 7rb km or 9 bulan
Klo oli diesel, PTT 10w30 harga ekonomis aja merem pakai 9 bulan or 7rb km.
Klo lihat test lab nya, PTT jago bikin oli diesel tahan lama harga ekonomis
Smoga mesin awet dan tetap bersihh
om , mobil bensin standar, pakai oli diesel kayak PTT dynamic 10w30/5w30 gitu boleh om?aman kah?
klo comply ke API Sx dan ACEA A3/B3, sah sah aja, bisa buat bensin juga.
tapi. oli tsb relatif lbh kentel dibanding oli yg spesifik khusus bensin (terutama di cold start).
jadi, klo mesinnya sensitif sama oli kentel (kaya honda), better beli oli khusus bensin.
Last edited by Suryaputra on Mon Jun 06, 2022 8:42, edited 1 time in total.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Kayanya kenal ini mesin
Serokin dlu aja mumpung lg dibuka.
Tp bisa bgtu yah..
Sy pake bukan oli keraton dlu2 hajar 10k or 1 thn.. hasilnya varnish doang..
Klo boleh tau, kebiasaan ganti olinya gmn om?
1nz-FE wkwkw ini saya beli bekas 1 taun lalu sejak beli saya 6 bulan sekali ganti oli pake unil opal 5-30 dexos 1gen2.
Kayaknya ini user sebelumnya. Kemarin ganti seal cover sekalian serokin dikit2 pake tangan. Rencananya mau bersihin ulang pake engin flush sambil di sikat trus bersamaan di vakum biar kesedot langsung rontokanya
Sblom d enjin flush, bagusnya buka tutup deksel dan oil pan, serok smua kerak2, bantu gosok2 pake carb cleaner yg foam jg bole (tp yg bagian noken as jgn d gosok2), trus jgn lupa oil pick up d oil pan ( yg ad saringan kopi) jg d copot dan bersihin, trakir baru deh kasi enjin flush
tq om info nya, kemarin akhirnya ke toda ganti oli mesin pake yg q8 G long kife 5w30 sama sekalian kuras oli matic pake Q8 auto Jk juga
so far sih emang jauh lebih enak di banding sgo sgo yg bertahun tahun dipakai
btw om,kalo dari 5w30 pindah ke 0w20 gpp kah?
pernah coba engine flush dari liqui moly? oli nya liqui bagus juga gak yah>
Ga masalah mah ganti2 gitu, ini mesin dr dulu juga benernya di spec 0w20 kok. Saya juga kadang selang seling antara 20 sm 30. Cuma kayanya SGO nya belum merata di taun2 awal, dulu di smrg ga mesti dapet, pas di sby selalu dapet.....makanya 5w30 SGO lebih jamak dipake.
Kalo oli rajin ganti sih ga perlu flush om, cara mekanik jadul kalo ngecek sih dari lubang tutup oli pas mesin nyala masih kuat ga nyedotnya. Kalo crankcase pressure masih normal (i.e., ga kehambat sludge) ga perlu flush.
f4n3d wrote: Sun Jun 05, 2022 13:45
Nanya om om sekalian
Sludge begini pake engine flush kena gak ?
Sempet baca disini bisa juga pake short trip oli diesel ?
Sebelum decide turun mesin separo
Kayanya kenal ini mesin
Serokin dlu aja mumpung lg dibuka.
Tp bisa bgtu yah..
Sy pake bukan oli keraton dlu2 hajar 10k or 1 thn.. hasilnya varnish doang..
Klo boleh tau, kebiasaan ganti olinya gmn om?
1nz-FE wkwkw ini saya beli bekas 1 taun lalu sejak beli saya 6 bulan sekali ganti oli pake unil opal 5-30 dexos 1gen2.
Kayaknya ini user sebelumnya. Kemarin ganti seal cover sekalian serokin dikit2 pake tangan. Rencananya mau bersihin ulang pake engin flush sambil di sikat trus bersamaan di vakum biar kesedot langsung rontokanya
Kalo diliat dari lubang oli dan tutupnya gmn penampakannya om? Sempat foto ga sblm dibuka
Sonzz wrote: Mon Jun 06, 2022 12:41
Besok rencana mau ganti oli
Rapenol 0w-16 udah masuk masa bakti nya, 10.000 KM
Skrg mau coha pakai Q8 0w-20 dulu, yg kemasan nya masih API SN
Kalau mau test lab ke Trakindo, ngomomgnya gimana yah?
Q8 Kemasan lama API SN yg produksi 2017/2018?
better pakai sampai 7rb km ajah, karena dah mepet shelf life.
itu sy pernah beli 2 thn lalu, produksi 2017, harganya 125rb seliter
Saya dulu dapat kontak sales cabang bandung dari Pak Omar
Omar Trakindo
+628111093009
Coba cerita aja domisili dmn, nanti dibridging ke sales lokasi terdekat
1. Bikin ID dulu dengan submit KTP ke sales ybs
2. Setelah dapat penawaran resmi nya, Transfer dana ke rekening PT
3. Ambil botol test lab oli di lokasi terdekat dan drop point di tempat yg sama
Last edited by Suryaputra on Mon Jun 06, 2022 14:00, edited 1 time in total.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
fajarrian wrote: Sat Jun 04, 2022 7:50
Akhirnya hijrah ke tq9000, selama 2 tahun belakangan ini selalu pake ptt botol emas (soalnya PTT sekarang udah ga kerehore lagi)
21C3D0D5-7768-43CF-9D4E-196FFB72DED2.jpeg
Wah ini ternyata yang kemaren pake splash merah ketemu di workshopnya mbah marmut
Sama nih setelah lebih dari 2 tahun pake ptt, akhirnya hijrah ke oli lain
A37EAFBB-6257-4D06-9B00-53D6B5533AC9.jpeg
Abis gantol lanjut muter2 sejauh 120++ km dengan beragam kondisi lalu lintas, mulai dari macet2an, cruising santai 90-110, sampai ngintilin anki 2.4G trus bejek gas lari sedapetnya Impresi awal oli ini enakkk, at least lebih enak dari ptt yg biasa di awal pemakaian ga begitu enak. Kalo ga salah inget, enaknya mirip2 kendall gt1 max 5w30 yg dulu pernah coba sekali. Kalo soal buat lari masih enak eneos sustina 5w30 tp pake si shell ini mesin lebih halus sepertinya.
Sebetulnya si ptt 0w30 ini enak, ini oci sampe 7300 masih oke by feeling. Waktu di drain dilihat sekilas ada penguapan sekitar 100-150 ml, ditambah sebelumnya udh top up sekitar 600 ml jadi kalo dihitung-hitung penguapannya ada sekitar 103 ml/1000 km
Sebelomnya ga pernah oci lebih dari 7000 km, ini udah lebih dari 7200 km malah gaspol dulu sebelom gantol
1719E463-72C8-43CE-AE8B-B8262DF4B8FE.jpeg
Sonzz wrote: Mon Jun 06, 2022 12:41
Besok rencana mau ganti oli
Rapenol 0w-16 udah masuk masa bakti nya, 10.000 KM
Skrg mau coha pakai Q8 0w-20 dulu, yg kemasan nya masih API SN
Kalau mau test lab ke Trakindo, ngomomgnya gimana yah?
Q8 Kemasan lama API SN yg produksi 2017/2018?
better pakai sampai 7rb km ajah, karena dah mepet shelf life.
itu sy pernah beli 2 thn lalu, produksi 2017, harganya 125rb seliter
Saya dulu dapat kontak sales cabang bandung dari Pak Omar
Omar Trakindo
+628111093009
Coba cerita aja domisili dmn, nanti dibridging ke sales lokasi terdekat
1. Bikin ID dulu dengan submit KTP ke sales ybs
2. Setelah dapat penawaran resmi nya, Transfer dana ke rekening PT
3. Ambil botol test lab oli di lokasi terdekat dan drop point di tempat yg sama
Berarti tinggal bilang ke Pak Omar kalau mau tes UOA oli ya om?
Sonzz wrote: Mon Jun 06, 2022 12:41
Besok rencana mau ganti oli
Rapenol 0w-16 udah masuk masa bakti nya, 10.000 KM
Skrg mau coha pakai Q8 0w-20 dulu, yg kemasan nya masih API SN
Kalau mau test lab ke Trakindo, ngomomgnya gimana yah?
Q8 Kemasan lama API SN yg produksi 2017/2018?
better pakai sampai 7rb km ajah, karena dah mepet shelf life.
itu sy pernah beli 2 thn lalu, produksi 2017, harganya 125rb seliter
Saya dulu dapat kontak sales cabang bandung dari Pak Omar
Omar Trakindo
+628111093009
Coba cerita aja domisili dmn, nanti dibridging ke sales lokasi terdekat
1. Bikin ID dulu dengan submit KTP ke sales ybs
2. Setelah dapat penawaran resmi nya, Transfer dana ke rekening PT
3. Ambil botol test lab oli di lokasi terdekat dan drop point di tempat yg sama
Berarti tinggal bilang ke Pak Omar kalau mau tes UOA oli ya om?
Test lab oli mesin ajah.
Nanti akan dihubungkan sama PIC sales masing2 area.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Cekokin kiu eit om, sy muter2 ketemunya paling enak itu juga.
Kalo mau yg ramah kantong, Aisin ato Valvoline. Aisin juara favorit SM klasemen 2022, Valvo saya coba sendiri ok kok.
Pemakaian dalkot enak 0W20, kalo gemar bejek2 sih 0W yg keraton ato 5W30 kerehore.
Oli matic mah bebas, SGO jg enak kok.
tq om info nya, kemarin akhirnya ke toda ganti oli mesin pake yg q8 G long kife 5w30 sama sekalian kuras oli matic pake Q8 auto Jk juga
so far sih emang jauh lebih enak di banding sgo sgo yg bertahun tahun dipakai
btw om,kalo dari 5w30 pindah ke 0w20 gpp kah?
pernah coba engine flush dari liqui moly? oli nya liqui bagus juga gak yah>
Klo mesin bersih atau varnish tipis, gak perlu engine flush.
Cukup dorong oli lama pakai mesran merah, beli di SPBU seliter - 2 liter cukup 30 rb an.
Ganti filter oli.
Pakai oli yg bagus rutin ajah.
Klo swift kan bensin yah. Cobain jg Q8 Special D1 5w30
(dexos 1 gen2)
Ok pak makasih infonya
kalau oli kayak liqui moly itu setara q8 yah? apa masih bagusan q8
mungkin next ane coba yg q8 d1 deh, yang skrg long life aja hasilnya ud diluar ekspektasi banget. gas jadi enteng banget rasanya
tq om info nya, kemarin akhirnya ke toda ganti oli mesin pake yg q8 G long kife 5w30 sama sekalian kuras oli matic pake Q8 auto Jk juga
so far sih emang jauh lebih enak di banding sgo sgo yg bertahun tahun dipakai
btw om,kalo dari 5w30 pindah ke 0w20 gpp kah?
pernah coba engine flush dari liqui moly? oli nya liqui bagus juga gak yah>
Ga masalah mah ganti2 gitu, ini mesin dr dulu juga benernya di spec 0w20 kok. Saya juga kadang selang seling antara 20 sm 30. Cuma kayanya SGO nya belum merata di taun2 awal, dulu di smrg ga mesti dapet, pas di sby selalu dapet.....makanya 5w30 SGO lebih jamak dipake.
Kalo oli rajin ganti sih ga perlu flush om, cara mekanik jadul kalo ngecek sih dari lubang tutup oli pas mesin nyala masih kuat ga nyedotnya. Kalo crankcase pressure masih normal (i.e., ga kehambat sludge) ga perlu flush.
Okay pak
nanti saya coba deh penasaran juga rasanya gimana kalau pake 0w20
Sonzz wrote: Mon Jun 06, 2022 12:41
Besok rencana mau ganti oli
Rapenol 0w-16 udah masuk masa bakti nya, 10.000 KM
Skrg mau coha pakai Q8 0w-20 dulu, yg kemasan nya masih API SN
Kalau mau test lab ke Trakindo, ngomomgnya gimana yah?
Sebenernya ga melulu di Trakindo.. Di PT Surveyor Indonesia juga bisa UOA.. Cuma sy ga tau sebaran lokasinya dmn aja.. yg sy pernah lihat lab nya di sentul..