(tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 270
- Joined: Tue May 26, 2009 13:52
Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?
menurut pengalaman pakai CVT sejak zaman city i-dsi.
selama oli matic nya ganti rutin 20rb, sejauh ini pakai CVT lom pernah ada problem seperti yg horror2 di berita.
Namun kondisi mobil selalu standard (bensin premium, pertamax campur2)
Menurut saya pribadi, modif-modif atau remap pasti pengaruh pada keawetan mesin dan transmisi.
karena dari principle mobil sudah set margin aman pada mechanical untuk power yg dihasilkan.
namun barnag tetap ada usia nya (pst berasa penurunan performance), serapi apapun di rawat.
selama oli matic nya ganti rutin 20rb, sejauh ini pakai CVT lom pernah ada problem seperti yg horror2 di berita.
Namun kondisi mobil selalu standard (bensin premium, pertamax campur2)
Menurut saya pribadi, modif-modif atau remap pasti pengaruh pada keawetan mesin dan transmisi.
karena dari principle mobil sudah set margin aman pada mechanical untuk power yg dihasilkan.
namun barnag tetap ada usia nya (pst berasa penurunan performance), serapi apapun di rawat.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 79
- Joined: Sat Jun 27, 2015 13:55
Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?
mau tanya dunk, kan mobil cvt itu yg jadi masalah sabuk bajanya suatu saat bakal putus.. saat terjadi itu kan yg menjadikan biaya mahal merembet kemana2. nah yg mau d tanyakan..biasanya dari bengkel resmi menyarankan pergantian sabuk baja itu d KM brapa y? mungkin ada yg sudah pernah ganti disini bisa berbagi pengalamannya. terima kasih.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11581
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?
sabuk baja itu ga bisa diganti di bengkel resmi. selain krn SOP mrk cuma ganti unit gearbox assy segelondong, juga krn sabuk baja ga dijual spare part barunya.kentbertlee wrote: ↑Mon May 23, 2022 10:08 mau tanya dunk, kan mobil cvt itu yg jadi masalah sabuk bajanya suatu saat bakal putus.. saat terjadi itu kan yg menjadikan biaya mahal merembet kemana2. nah yg mau d tanyakan..biasanya dari bengkel resmi menyarankan pergantian sabuk baja itu d KM brapa y? mungkin ada yg sudah pernah ganti disini bisa berbagi pengalamannya. terima kasih.
ga ada schedule penggantian sabuk baja di KM berapa krn dianggap bukan preventive maintenance item. sabuk itu, diluar manufacturing defect, cuma akan fail krn 3 hal:
1. misuse/abuse. penggunaan diluar designed spec khususnya torque limit spt mesinnya di upgrade lbh kenceng dan pemakaian diluar kenormalan (launch control, angkut beban berlebih, overheat, dll)
2. fatigue failure. ini menyangkut faktor umur pakai, beban berulang2, getaran, dsb. makanya di cvt kl kedetect adanya excessive shudder bakal ngeflag DTC krn kl dibiarkan ga lama bakal putus itu belt.
3. ganti oli telat. krn cvt itu gesekan konstan antara belt dan pulley jd olinya hrs dijaga bersih dgn rajin ganti oli cvt tiap max 20k km.
kl harus putus paling diganti dgn parts dr junk yard (atau copotan, atau kampakan, atau klaiman asuransi, whatever you wanna call it). tp part ini krn dipasangkan dgn pulley yg berbeda dr lahirnya belum tentu sehalus aslinya krn wear nya ga matching.
bonus footage: tonton 30 detik pertama, then skip ke menit 10:28
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 79
- Joined: Sat Jun 27, 2015 13:55
Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?
wah thanks atas informasinya, jadi kalau kita sudah mencapai misal 250ribu Km kan da mayan tuh pemakaiannya.. sebaiknya kita ke bengkel ganti sabuk baja sendiri y?Omnibus wrote: ↑Mon May 23, 2022 13:13sabuk baja itu ga bisa diganti di bengkel resmi. selain krn SOP mrk cuma ganti unit gearbox assy segelondong, juga krn sabuk baja ga dijual spare part barunya.kentbertlee wrote: ↑Mon May 23, 2022 10:08 mau tanya dunk, kan mobil cvt itu yg jadi masalah sabuk bajanya suatu saat bakal putus.. saat terjadi itu kan yg menjadikan biaya mahal merembet kemana2. nah yg mau d tanyakan..biasanya dari bengkel resmi menyarankan pergantian sabuk baja itu d KM brapa y? mungkin ada yg sudah pernah ganti disini bisa berbagi pengalamannya. terima kasih.
ga ada schedule penggantian sabuk baja di KM berapa krn dianggap bukan preventive maintenance item. sabuk itu, diluar manufacturing defect, cuma akan fail krn 3 hal:
1. misuse/abuse. penggunaan diluar designed spec khususnya torque limit spt mesinnya di upgrade lbh kenceng dan pemakaian diluar kenormalan (launch control, angkut beban berlebih, overheat, dll)
2. fatigue failure. ini menyangkut faktor umur pakai, beban berulang2, getaran, dsb. makanya di cvt kl kedetect adanya excessive shudder bakal ngeflag DTC krn kl dibiarkan ga lama bakal putus itu belt.
3. ganti oli telat. krn cvt itu gesekan konstan antara belt dan pulley jd olinya hrs dijaga bersih dgn rajin ganti oli cvt tiap max 20k km.
kl harus putus paling diganti dgn parts dr junk yard (atau copotan, atau kampakan, atau klaiman asuransi, whatever you wanna call it). tp part ini krn dipasangkan dgn pulley yg berbeda dr lahirnya belum tentu sehalus aslinya krn wear nya ga matching.
bonus footage: tonton 30 detik pertama, then skip ke menit 10:28
wah videonya mantap hahaha ada sabuk baja banyak bgt ya ( kata orangnya " jangan mau kita dibodohi" ) hahaha
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11581
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?
hehehe mantep kan di videonya ada banyak itu sabuk.kentbertlee wrote: ↑Tue May 24, 2022 4:23wah thanks atas informasinya, jadi kalau kita sudah mencapai misal 250ribu Km kan da mayan tuh pemakaiannya.. sebaiknya kita ke bengkel ganti sabuk baja sendiri y?Omnibus wrote: ↑Mon May 23, 2022 13:13sabuk baja itu ga bisa diganti di bengkel resmi. selain krn SOP mrk cuma ganti unit gearbox assy segelondong, juga krn sabuk baja ga dijual spare part barunya.kentbertlee wrote: ↑Mon May 23, 2022 10:08 mau tanya dunk, kan mobil cvt itu yg jadi masalah sabuk bajanya suatu saat bakal putus.. saat terjadi itu kan yg menjadikan biaya mahal merembet kemana2. nah yg mau d tanyakan..biasanya dari bengkel resmi menyarankan pergantian sabuk baja itu d KM brapa y? mungkin ada yg sudah pernah ganti disini bisa berbagi pengalamannya. terima kasih.
ga ada schedule penggantian sabuk baja di KM berapa krn dianggap bukan preventive maintenance item. sabuk itu, diluar manufacturing defect, cuma akan fail krn 3 hal:
1. misuse/abuse. penggunaan diluar designed spec khususnya torque limit spt mesinnya di upgrade lbh kenceng dan pemakaian diluar kenormalan (launch control, angkut beban berlebih, overheat, dll)
2. fatigue failure. ini menyangkut faktor umur pakai, beban berulang2, getaran, dsb. makanya di cvt kl kedetect adanya excessive shudder bakal ngeflag DTC krn kl dibiarkan ga lama bakal putus itu belt.
3. ganti oli telat. krn cvt itu gesekan konstan antara belt dan pulley jd olinya hrs dijaga bersih dgn rajin ganti oli cvt tiap max 20k km.
kl harus putus paling diganti dgn parts dr junk yard (atau copotan, atau kampakan, atau klaiman asuransi, whatever you wanna call it). tp part ini krn dipasangkan dgn pulley yg berbeda dr lahirnya belum tentu sehalus aslinya krn wear nya ga matching.
bonus footage: tonton 30 detik pertama, then skip ke menit 10:28
wah videonya mantap hahaha ada sabuk baja banyak bgt ya ( kata orangnya " jangan mau kita dibodohi" ) hahaha
kl odo sdh 250rb km mau diganti sama part copotan begitu spt yg di video? nah masalahnya spt sy bilang sebelumnya, pulley yg menjadi pasangan hidup sabuk yg lama kan sdh aus juga, pasti ga akan matching sama sabuk yg dr part copotan itu, katakanlah msh baru dipake 40k km. si pulley yg lama kemungkinan sdh gentong, nanti jd slip atau mobil jalannya ndul ndulan (kl dipanteng rpm konstan). yg perfect itu sabuk dan pulley nya diganti bersamaan dgn barang baru. masalahnya ga ada yg jual. mungkin suatu saat merk heiker ngeluarin
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11461
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 79
- Joined: Sat Jun 27, 2015 13:55
Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?
owh i see, ya semoga kedepan ada yang jual 1 set ya, soalnya kan klo dilihat sekarang hampir semua mobil cvt pada waktunya heheheOmnibus wrote: ↑Tue May 24, 2022 7:16hehehe mantep kan di videonya ada banyak itu sabuk.kentbertlee wrote: ↑Tue May 24, 2022 4:23wah thanks atas informasinya, jadi kalau kita sudah mencapai misal 250ribu Km kan da mayan tuh pemakaiannya.. sebaiknya kita ke bengkel ganti sabuk baja sendiri y?Omnibus wrote: ↑Mon May 23, 2022 13:13
sabuk baja itu ga bisa diganti di bengkel resmi. selain krn SOP mrk cuma ganti unit gearbox assy segelondong, juga krn sabuk baja ga dijual spare part barunya.
ga ada schedule penggantian sabuk baja di KM berapa krn dianggap bukan preventive maintenance item. sabuk itu, diluar manufacturing defect, cuma akan fail krn 3 hal:
1. misuse/abuse. penggunaan diluar designed spec khususnya torque limit spt mesinnya di upgrade lbh kenceng dan pemakaian diluar kenormalan (launch control, angkut beban berlebih, overheat, dll)
2. fatigue failure. ini menyangkut faktor umur pakai, beban berulang2, getaran, dsb. makanya di cvt kl kedetect adanya excessive shudder bakal ngeflag DTC krn kl dibiarkan ga lama bakal putus itu belt.
3. ganti oli telat. krn cvt itu gesekan konstan antara belt dan pulley jd olinya hrs dijaga bersih dgn rajin ganti oli cvt tiap max 20k km.
kl harus putus paling diganti dgn parts dr junk yard (atau copotan, atau kampakan, atau klaiman asuransi, whatever you wanna call it). tp part ini krn dipasangkan dgn pulley yg berbeda dr lahirnya belum tentu sehalus aslinya krn wear nya ga matching.
bonus footage: tonton 30 detik pertama, then skip ke menit 10:28
wah videonya mantap hahaha ada sabuk baja banyak bgt ya ( kata orangnya " jangan mau kita dibodohi" ) hahaha
kl odo sdh 250rb km mau diganti sama part copotan begitu spt yg di video? nah masalahnya spt sy bilang sebelumnya, pulley yg menjadi pasangan hidup sabuk yg lama kan sdh aus juga, pasti ga akan matching sama sabuk yg dr part copotan itu, katakanlah msh baru dipake 40k km. si pulley yg lama kemungkinan sdh gentong, nanti jd slip atau mobil jalannya ndul ndulan (kl dipanteng rpm konstan). yg perfect itu sabuk dan pulley nya diganti bersamaan dgn barang baru. masalahnya ga ada yg jual. mungkin suatu saat merk heiker ngeluarin
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 542
- Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
- Location: jakarta
Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?
Nissan yg dlu jual part resmi nya 1 set assy cvt, kayanya belakangan ini mereka dah resmi jual belt n pulley nya juga jadi ada parts baru resmi tuh.
Honda kayanya masih set assy ya, jd klo mo betul2in ekonomis ya kampakan gitu, tp di tokped saya sering lihat ada yg jual belt cvt honda mobilio baru, ga tahu resmi apa ngga.
Toyota cvt nya ga kliatan part2nya malah, apa jarang banget yg rusak atau gmn ga ngerti
Daihatsu cvt saya yakin ke depannya bakal diissue part pretelan cvt resmi nya, penjualan avanza veloz xenia raize rocky kan kl ditotal gede banget rasanya mereka jg ga mau sia2in pasar parts ini
Honda kayanya masih set assy ya, jd klo mo betul2in ekonomis ya kampakan gitu, tp di tokped saya sering lihat ada yg jual belt cvt honda mobilio baru, ga tahu resmi apa ngga.
Toyota cvt nya ga kliatan part2nya malah, apa jarang banget yg rusak atau gmn ga ngerti
Daihatsu cvt saya yakin ke depannya bakal diissue part pretelan cvt resmi nya, penjualan avanza veloz xenia raize rocky kan kl ditotal gede banget rasanya mereka jg ga mau sia2in pasar parts ini
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
Choose yours
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11581
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?
wkwkwk dijualnya bundling sama tools2 hedon ya mbah.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10469
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?
Mantaps sharing nya om, kukira CVT mobil dah kaya CVT motor metik, parta bila beli eceran terpisah2 and banyak KW2nyaOmnibus wrote: ↑Mon May 23, 2022 13:13sabuk baja itu ga bisa diganti di bengkel resmi. selain krn SOP mrk cuma ganti unit gearbox assy segelondong, juga krn sabuk baja ga dijual spare part barunya.kentbertlee wrote: ↑Mon May 23, 2022 10:08 mau tanya dunk, kan mobil cvt itu yg jadi masalah sabuk bajanya suatu saat bakal putus.. saat terjadi itu kan yg menjadikan biaya mahal merembet kemana2. nah yg mau d tanyakan..biasanya dari bengkel resmi menyarankan pergantian sabuk baja itu d KM brapa y? mungkin ada yg sudah pernah ganti disini bisa berbagi pengalamannya. terima kasih.
ga ada schedule penggantian sabuk baja di KM berapa krn dianggap bukan preventive maintenance item. sabuk itu, diluar manufacturing defect, cuma akan fail krn 3 hal:
1. misuse/abuse. penggunaan diluar designed spec khususnya torque limit spt mesinnya di upgrade lbh kenceng dan pemakaian diluar kenormalan (launch control, angkut beban berlebih, overheat, dll)
2. fatigue failure. ini menyangkut faktor umur pakai, beban berulang2, getaran, dsb. makanya di cvt kl kedetect adanya excessive shudder bakal ngeflag DTC krn kl dibiarkan ga lama bakal putus itu belt.
3. ganti oli telat. krn cvt itu gesekan konstan antara belt dan pulley jd olinya hrs dijaga bersih dgn rajin ganti oli cvt tiap max 20k km.
kl harus putus paling diganti dgn parts dr junk yard (atau copotan, atau kampakan, atau klaiman asuransi, whatever you wanna call it). tp part ini krn dipasangkan dgn pulley yg berbeda dr lahirnya belum tentu sehalus aslinya krn wear nya ga matching.
bonus footage: tonton 30 detik pertama, then skip ke menit 10:28
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11581
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?
kebetulan ketemu video itu mbahak4ng wrote: ↑Tue May 24, 2022 10:22Mantaps sharing nya om, kukira CVT mobil dah kaya CVT motor metik, parta bila beli eceran terpisah2 and banyak KW2nyaOmnibus wrote: ↑Mon May 23, 2022 13:13sabuk baja itu ga bisa diganti di bengkel resmi. selain krn SOP mrk cuma ganti unit gearbox assy segelondong, juga krn sabuk baja ga dijual spare part barunya.kentbertlee wrote: ↑Mon May 23, 2022 10:08 mau tanya dunk, kan mobil cvt itu yg jadi masalah sabuk bajanya suatu saat bakal putus.. saat terjadi itu kan yg menjadikan biaya mahal merembet kemana2. nah yg mau d tanyakan..biasanya dari bengkel resmi menyarankan pergantian sabuk baja itu d KM brapa y? mungkin ada yg sudah pernah ganti disini bisa berbagi pengalamannya. terima kasih.
ga ada schedule penggantian sabuk baja di KM berapa krn dianggap bukan preventive maintenance item. sabuk itu, diluar manufacturing defect, cuma akan fail krn 3 hal:
1. misuse/abuse. penggunaan diluar designed spec khususnya torque limit spt mesinnya di upgrade lbh kenceng dan pemakaian diluar kenormalan (launch control, angkut beban berlebih, overheat, dll)
2. fatigue failure. ini menyangkut faktor umur pakai, beban berulang2, getaran, dsb. makanya di cvt kl kedetect adanya excessive shudder bakal ngeflag DTC krn kl dibiarkan ga lama bakal putus itu belt.
3. ganti oli telat. krn cvt itu gesekan konstan antara belt dan pulley jd olinya hrs dijaga bersih dgn rajin ganti oli cvt tiap max 20k km.
kl harus putus paling diganti dgn parts dr junk yard (atau copotan, atau kampakan, atau klaiman asuransi, whatever you wanna call it). tp part ini krn dipasangkan dgn pulley yg berbeda dr lahirnya belum tentu sehalus aslinya krn wear nya ga matching.
bonus footage: tonton 30 detik pertama, then skip ke menit 10:28
belt cvt juga tiap merk beda2 bentuk dan ukurannya. n sepertinya makin modern makin hebat teknik buatannya. kl sekilas lihat sdh mayan improve dibanding jaman dulu gen awal cvt.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11261
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?
Jika semua sdh cvt.
Bisa jadi parts cvt juga akan bertebaran in the future.
Bisa jadi parts cvt juga akan bertebaran in the future.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 45
- Joined: Thu May 26, 2022 0:52
- Location: Yogyakarta
- Daily Vehicle: Voxy
Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?
Sebenernya jgn takut² amat lah ama CVTSuryaputra wrote: ↑Wed May 25, 2022 1:44 Jika semua sdh cvt.
Bisa jadi parts cvt juga akan bertebaran in the future.
Wong d masa depan kita pasti harus berdamai dg CVT
Skrg aja xpander / veloz jg udah CVT
Tinggal tunggu waktu aja sampe smua akan CVT pada waktunya
.
Kalo takut akan durable CVT.ya 1-1nya hal yg bisa kita lakukan pake oli CVT cap keraton
Pakelah mas amsoli
Rutin ganti di 15k kalo perlu
Paling pake 5 taun klo daily car d KM 100rb
Saya yakin masih jalan la
Abis itu jual.tuker boil baru
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1149
- Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20
Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?
ya takut amat sih sama mobil cvt,
klo rusak tinggal benerin,
ane aja pake mobil cvt hampir selalu jarum sepet nyender pojok kanan bawah,
kalo ketemu kawan ane pindahin manual redlin,ngerem pun manual,
kmrn wara wiri brp hari jakarta tangerang sama sahabat pena yang nyetir selalu gaspol trs lari 160,klo sahabat pena sih kurang nekats malah selalu nasehatin sudah tua umur hampir gocap bukan masa sekolah lagi,
ane pikir biar ajalah kena e telang,
skrg lagi diam sih mobilnya,
klo serba takut berarti mental belum kerasss dlm menjalani bahtera hidup,
sing utama hepi gans,
idup hanya 1x rasakan nikmat dhuniawi biar masuk sorgahwi,
klo rusak tinggal benerin,
ane aja pake mobil cvt hampir selalu jarum sepet nyender pojok kanan bawah,
kalo ketemu kawan ane pindahin manual redlin,ngerem pun manual,
kmrn wara wiri brp hari jakarta tangerang sama sahabat pena yang nyetir selalu gaspol trs lari 160,klo sahabat pena sih kurang nekats malah selalu nasehatin sudah tua umur hampir gocap bukan masa sekolah lagi,
ane pikir biar ajalah kena e telang,
skrg lagi diam sih mobilnya,
klo serba takut berarti mental belum kerasss dlm menjalani bahtera hidup,
sing utama hepi gans,
idup hanya 1x rasakan nikmat dhuniawi biar masuk sorgahwi,
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 172
- Joined: Sun Dec 08, 2019 5:50
- Location: In the middle of nowhere
- Daily Vehicle: Yamaha 2DP
Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?
yg pasti kalo medan yg sering dilalui banyakan naik turun kek di batu, lembang, puncak, dll apalagi dgn muatan full mah mending jgn cvt, geared at ato mt aja sekalian. krn cvt ga didesain buat heavy duty operation. just my 2 cents
2013 Toyota 1TR-FE V AT
2017 Yamaha 2DP
2019 Honda K81
2017 Yamaha 2DP
2019 Honda K81
-
- SM Specialist
- Posts: 16249
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?
asal coolingnya bgs sebenernya ga masalah sih. apalagi kalau ada sequential mode nya kan jadi gak terlalu sering ngoper-oper bisa ngelock 1 posisi aja macem matic biasa.
AT jg beberapa zonk pendinginannya.
MT juga bisa gosong clutchnya malahan.
transmisi apapun jenisnya kan secara prinsip kerja sebenarnya hanya slip-lock-release aja. dalam proses ini panas yang jadi musuh utama.
enak lagi CVT beberapa uda lebih pinter daripada AT. kadang pake AT malah suka gear hunting lagi butuh momentum dia malah pindah gigi krn bbrp automatic didesain untuk economy, oper di rpm tinggi itu selalu dihindari.
CVT rusakan masa lalu lah, dari 10 thn terakhir kita udah sering liat mobil ber-CVT warawiri bahkan yg katanya rusakan macem jatco nissan aja byk yang masih exist di jalanan. HRV 1.5 malah kacang goreng odonya gondrong2 jg aman aman bae.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 541
- Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40
Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?
Btw ane pernah lihat analysis bule d yutube, dia bongkar cvt jatco Nissa Rogue(Xtrail), berdasarkan analisis dia (di videoin semua bongkar and analisis nya) rantainya putus itu bukan karena rantainya gak kuat, tp d jatco cvt, yg gak kuat itu bearing2nya yg pecah bisa jadi karena fluid yg jelek atau kualitas bearing yg buruk. Jd rantai putus itu bukan karena rantainya gak kuat, tp bearing pecah sehingga rantai lepas dan akhirnya berserakan kena gulung pulley.kentbertlee wrote: ↑Mon May 23, 2022 10:08 mau tanya dunk, kan mobil cvt itu yg jadi masalah sabuk bajanya suatu saat bakal putus.. saat terjadi itu kan yg menjadikan biaya mahal merembet kemana2. nah yg mau d tanyakan..biasanya dari bengkel resmi menyarankan pergantian sabuk baja itu d KM brapa y? mungkin ada yg sudah pernah ganti disini bisa berbagi pengalamannya. terima kasih.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?
Setuju, pengalaman pernah ke taman safari puncak naik MT, itu kopling kerja keras jg sih, berasa soalnya pas udah akhir2 menjelang tour kelilingnya itu selesai itu kopling mulai geter2 pas start awal.ChZ wrote: ↑Fri May 27, 2022 3:24asal coolingnya bgs sebenernya ga masalah sih. apalagi kalau ada sequential mode nya kan jadi gak terlalu sering ngoper-oper bisa ngelock 1 posisi aja macem matic biasa.
AT jg beberapa zonk pendinginannya.
MT juga bisa gosong clutchnya malahan.
transmisi apapun jenisnya kan secara prinsip kerja sebenarnya hanya slip-lock-release aja. dalam proses ini panas yang jadi musuh utama.
enak lagi CVT beberapa uda lebih pinter daripada AT. kadang pake AT malah suka gear hunting lagi butuh momentum dia malah pindah gigi krn bbrp automatic didesain untuk economy, oper di rpm tinggi itu selalu dihindari.
CVT rusakan masa lalu lah, dari 10 thn terakhir kita udah sering liat mobil ber-CVT warawiri bahkan yg katanya rusakan macem jatco nissan aja byk yang masih exist di jalanan. HRV 1.5 malah kacang goreng odonya gondrong2 jg aman aman bae.
Yakin itu karena panas sih mbah, soalnya kontur kebanyakan nanjak. Maju dikit berenti ngasih makan binatang, maju lg dikit berenti lg, gitu terus selama hampir 2 jam kan
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11261
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?
Which CVT is most reliable?
https://mysweetindulgence.com/other/who ... liable_CVT
https://carfromjapan.com/article/car-ma ... ions-last/
https://eagletransrowlett.com/cvt-transmissions/
Honda emang CVT nya proven badak dan reliable (selama lendirnya bener).
apalagi klo dah pakai langsung; buat daily, apalagi nanjak2, dan penggunaan moderat (bukan resing) emang paling enak.
no gear hunting/ pindah2 gigi
PLUS nya lagi; Karena girboksnya lebih simpel, Ganti lendirnya juga gak seribet matic konvensional, udh mirip ganti olmes ajah.
Ngetap dan ngisi langsung sekian liter (sesuai kapasitas di manual book).
https://mysweetindulgence.com/other/who ... liable_CVT
https://carfromjapan.com/article/car-ma ... ions-last/
https://eagletransrowlett.com/cvt-transmissions/
Honda emang CVT nya proven badak dan reliable (selama lendirnya bener).
apalagi klo dah pakai langsung; buat daily, apalagi nanjak2, dan penggunaan moderat (bukan resing) emang paling enak.
no gear hunting/ pindah2 gigi
PLUS nya lagi; Karena girboksnya lebih simpel, Ganti lendirnya juga gak seribet matic konvensional, udh mirip ganti olmes ajah.
Ngetap dan ngisi langsung sekian liter (sesuai kapasitas di manual book).
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 79
- Joined: Sat Jun 27, 2015 13:55
Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?
thank you atas infonya ga... jadi banyak tau nih dari thread ini, semoga berguna lagi untuk yang lain ya .ac235287 wrote: ↑Fri May 27, 2022 3:38Btw ane pernah lihat analysis bule d yutube, dia bongkar cvt jatco Nissa Rogue(Xtrail), berdasarkan analisis dia (di videoin semua bongkar and analisis nya) rantainya putus itu bukan karena rantainya gak kuat, tp d jatco cvt, yg gak kuat itu bearing2nya yg pecah bisa jadi karena fluid yg jelek atau kualitas bearing yg buruk. Jd rantai putus itu bukan karena rantainya gak kuat, tp bearing pecah sehingga rantai lepas dan akhirnya berserakan kena gulung pulley.kentbertlee wrote: ↑Mon May 23, 2022 10:08 mau tanya dunk, kan mobil cvt itu yg jadi masalah sabuk bajanya suatu saat bakal putus.. saat terjadi itu kan yg menjadikan biaya mahal merembet kemana2. nah yg mau d tanyakan..biasanya dari bengkel resmi menyarankan pergantian sabuk baja itu d KM brapa y? mungkin ada yg sudah pernah ganti disini bisa berbagi pengalamannya. terima kasih.
-
- SM Specialist
- Posts: 16249
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?
iya mbah, pdhl cerita kopling gosong mahh ga usah ngomong CVT atau matic, manual aja klo dipaksa beban penuh terus juga KO koplingnyaevanbngdor wrote: ↑Fri May 27, 2022 3:39
Setuju, pengalaman pernah ke taman safari puncak naik MT, itu kopling kerja keras jg sih, berasa soalnya pas udah akhir2 menjelang tour kelilingnya itu selesai itu kopling mulai geter2 pas start awal.
Yakin itu karena panas sih mbah, soalnya kontur kebanyakan nanjak. Maju dikit berenti ngasih makan binatang, maju lg dikit berenti lg, gitu terus selama hampir 2 jam kan
kaya orang jaman dulu aja takut transmisi matic kenapa-napa perawatan mahal dll, pdhl sekarang mahh avanza metik aja laku juga.
barusan jg browsing forum civicX ada koq yang pake civic FK CVT tune sampe 300whp daily tp masih sesekali dibawa trackday tanpa cvtf cooler di usa sono.Suryaputra wrote: ↑Fri May 27, 2022 4:06 Which CVT is most reliable?
https://mysweetindulgence.com/other/who ... liable_CVT
https://carfromjapan.com/article/car-ma ... ions-last/
https://eagletransrowlett.com/cvt-transmissions/
Honda emang CVT nya proven badak dan reliable (selama lendirnya bener).
apalagi klo dah pakai langsung; buat daily, apalagi nanjak2, dan penggunaan moderat (bukan resing) emang paling enak.
no gear hunting/ pindah2 gigi
PLUS nya lagi; Karena girboksnya lebih simpel, Ganti lendirnya juga gak seribet matic konvensional, udh mirip ganti olmes ajah.
Ngetap dan ngisi langsung sekian liter (sesuai kapasitas di manual book).
dan kyknya di usa maupun indo civic tuned jarang yang koit CVTnya. malah enjinnya nyerah dulu lbh banyak
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1149
- Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20
Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?
ciyus nih gans,Suryaputra wrote: ↑Fri May 27, 2022 4:06 Which CVT is most reliable?
https://mysweetindulgence.com/other/who ... liable_CVT
https://carfromjapan.com/article/car-ma ... ions-last/
https://eagletransrowlett.com/cvt-transmissions/
Honda emang CVT nya proven badak dan reliable (selama lendirnya bener).
apalagi klo dah pakai langsung; buat daily, apalagi nanjak2, dan penggunaan moderat (bukan resing) emang paling enak.
no gear hunting/ pindah2 gigi
PLUS nya lagi; Karena girboksnya lebih simpel, Ganti lendirnya juga gak seribet matic konvensional, udh mirip ganti olmes ajah.
Ngetap dan ngisi langsung sekian liter (sesuai kapasitas di manual book).
ane ada kepikiran beli hrv turbo nih gans,enak nih honda kan vtak kik in yo jago di rpm 4000an sampe redline,
ni prempuan senang liat hrv baru dijalan,
kmrn ane mau jual truk gak boleh ktnya mau pake mobil bagus,
eh skrg ngomong beli hrv jual truk dah,
prempuan tuh selalu egois ya,
ya ane bilang tar dulu urus satu mobil taun depan nanti liat gimana dah,
dikira duit bisa cetak sendiri x ya,
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 90
- Joined: Fri Nov 05, 2010 23:54
Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?
googling di youtube D-CVT punya new Avanza dan Xenia, malah ketemu video ini. Kok di video ini disebutkan kalau puley yang kecil bikin cepet rusak CVT.
tapi ga tau juga sih, video ini bener apa ga
sama sama masih belajar, ane juga ga kenal awak di youtube tersebut
tapi ga tau juga sih, video ini bener apa ga
sama sama masih belajar, ane juga ga kenal awak di youtube tersebut
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11261
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?
Ya klo khawatir, beli aja honda.sanfip77 wrote: ↑Sat May 28, 2022 7:18 googling di youtube D-CVT punya new Avanza dan Xenia, malah ketemu video ini. Kok di video ini disebutkan kalau puley yang kecil bikin cepet rusak CVT.
tapi ga tau juga sih, video ini bener apa ga
sama sama masih belajar, ane juga ga kenal awak di youtube tersebut
Jaminan mutu cvt nya
Pengalaman in house built sejak thn 2002 dr jaman jazz gd3
Dan diakui dunia jg
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2797
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?
Mantap memang honda .. cvt aja bisa dibikin racing.. tapi coba dia bikin in house dual clutch .. trus pakein ke civic type R. Bakal lebih seru lagiSuryaputra wrote: ↑Sat May 28, 2022 8:39 Ya klo khawatir, beli aja honda.
Jaminan mutu cvt nya
Pengalaman in house built sejak thn 2002 dr jaman jazz gd3
Dan diakui dunia jg
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure