Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
well wrote:Siap suhu, terima kasih sharingnya. Ditunggu hasil labnya..
Kalo saya melihat kemampuan drain interval oli Mid Saps / low SAPS, saya lebih seneng lgs melihat kadar Ca / Mg nya
oli ACEA C3 - 16 yg bagus2 rata2 kadar Ca nya sampe 1900 ppm yg mana itu setara oli TBN 8 - 9 mg KOH
ada yg kombinasi Ca & Mg spt Bardahl S9 / Amsoil Diesel 5W30 label biru
Yg jelas oli3 yg memenuhi std utk Low emission engine (ACEA Low SAPS / API CK-4) itu syarat Base oil nya lebih tinggi drpd oli2 era sebelumnya yg high SAPS, karena di mesin2 Euro 5 / 6 itu lebih panas (utk optimalisasi Exhs after treatment)
Dgn kadar sulphur BioSol skg yg rata2 600 - 900 ppm, oli TBN 9 udah bisa dipake long drain 10.000 km di light duty Diesel spt di mobil2 pribadi
asal Base oil nya bagus & durasi gak lebih dr 12 bulan
Izin bertanya rekomendasi oli untuk mesin turbo GDI yang kemampuan nya bagus tuk mencegah LSPI (super knocking). Baca dimana konon harus yang kadar Calcium nya rendah, namun pengurangan jumlah Ca berdampak pada masa pakai oli.
Nah gk mudeng nih karena di botol botol oli kan gk tercantum kadar ca / mag / zc nya. Maaf kalo oot.
well wrote:Siap suhu, terima kasih sharingnya. Ditunggu hasil labnya..
Kalo saya melihat kemampuan drain interval oli Mid Saps / low SAPS, saya lebih seneng lgs melihat kadar Ca / Mg nya
oli ACEA C3 - 16 yg bagus2 rata2 kadar Ca nya sampe 1900 ppm yg mana itu setara oli TBN 8 - 9 mg KOH
ada yg kombinasi Ca & Mg spt Bardahl S9 / Amsoil Diesel 5W30 label biru
Yg jelas oli3 yg memenuhi std utk Low emission engine (ACEA Low SAPS / API CK-4) itu syarat Base oil nya lebih tinggi drpd oli2 era sebelumnya yg high SAPS, karena di mesin2 Euro 5 / 6 itu lebih panas (utk optimalisasi Exhs after treatment)
Dgn kadar sulphur BioSol skg yg rata2 600 - 900 ppm, oli TBN 9 udah bisa dipake long drain 10.000 km di light duty Diesel spt di mobil2 pribadi
asal Base oil nya bagus & durasi gak lebih dr 12 bulan
om, mohon info yg lbh cepat membuat oli degradasi apakah secara kilometer atau secara waktu? maksudnya kekuatan oli anggap saja 12 bulan atau 10rb, apakah mobil yg jarang dipakai akan lbh cepat membuat oli turun kualitasnya dibanding dengan yg kilometernya jauh? atau sebaliknya
KSG88 wrote: Wed May 18, 2022 1:25
Izin bertanya rekomendasi oli untuk mesin turbo GDI yang kemampuan nya bagus tuk mencegah LSPI (super knocking). Baca dimana konon harus yang kadar Calcium nya rendah, namun pengurangan jumlah Ca berdampak pada masa pakai oli.
Nah gk mudeng nih karena di botol botol oli kan gk tercantum kadar ca / mag / zc nya. Maaf kalo oot.
Punten, mblnya apa mbah?
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
well wrote:Siap suhu, terima kasih sharingnya. Ditunggu hasil labnya..
Kalo saya melihat kemampuan drain interval oli Mid Saps / low SAPS, saya lebih seneng lgs melihat kadar Ca / Mg nya
oli ACEA C3 - 16 yg bagus2 rata2 kadar Ca nya sampe 1900 ppm yg mana itu setara oli TBN 8 - 9 mg KOH
ada yg kombinasi Ca & Mg spt Bardahl S9 / Amsoil Diesel 5W30 label biru
Yg jelas oli3 yg memenuhi std utk Low emission engine (ACEA Low SAPS / API CK-4) itu syarat Base oil nya lebih tinggi drpd oli2 era sebelumnya yg high SAPS, karena di mesin2 Euro 5 / 6 itu lebih panas (utk optimalisasi Exhs after treatment)
Dgn kadar sulphur BioSol skg yg rata2 600 - 900 ppm, oli TBN 9 udah bisa dipake long drain 10.000 km di light duty Diesel spt di mobil2 pribadi
asal Base oil nya bagus & durasi gak lebih dr 12 bulan
om, mohon info yg lbh cepat membuat oli degradasi apakah secara kilometer atau secara waktu? maksudnya kekuatan oli anggap saja 12 bulan atau 10rb, apakah mobil yg jarang dipakai akan lbh cepat membuat oli turun kualitasnya dibanding dengan yg kilometernya jauh? atau sebaliknya
kalo jarang dipake, manasin mesin bawa muter, jangan diam di tempat
Excessive idling bikin Fuel Dillution in oil
kalo mobil jarang jalan tapi mesin juga jarang bgt idup oli ya awet aja
Turboman wrote: Tue May 17, 2022 23:47
Kalo saya melihat kemampuan drain interval oli Mid Saps / low SAPS, saya lebih seneng lgs melihat kadar Ca / Mg nya
oli ACEA C3 - 16 yg bagus2 rata2 kadar Ca nya sampe 1900 ppm yg mana itu setara oli TBN 8 - 9 mg KOH
ada yg kombinasi Ca & Mg spt Bardahl S9 / Amsoil Diesel 5W30 label biru
Yg jelas oli3 yg memenuhi std utk Low emission engine (ACEA Low SAPS / API CK-4) itu syarat Base oil nya lebih tinggi drpd oli2 era sebelumnya yg high SAPS, karena di mesin2 Euro 5 / 6 itu lebih panas (utk optimalisasi Exhs after treatment)
Dgn kadar sulphur BioSol skg yg rata2 600 - 900 ppm, oli TBN 9 udah bisa dipake long drain 10.000 km di light duty Diesel spt di mobil2 pribadi
asal Base oil nya bagus & durasi gak lebih dr 12 bulan
om, mohon info yg lbh cepat membuat oli degradasi apakah secara kilometer atau secara waktu? maksudnya kekuatan oli anggap saja 12 bulan atau 10rb, apakah mobil yg jarang dipakai akan lbh cepat membuat oli turun kualitasnya dibanding dengan yg kilometernya jauh? atau sebaliknya
kalo jarang dipake, manasin mesin bawa muter, jangan diam di tempat
Excessive idling bikin Fuel Dillution in oil
kalo mobil jarang jalan tapi mesin juga jarang bgt idup oli ya awet aja
tadi baru ganti oli jazz GK sy, krn dipake udah berat bahkan kemaren ada 1x di WOT malah knocking (sekali doang sih kedengeran mungkin knock sensor langsung retard). krn tau oli baru jalan 2800 km/9 bulan jd sy mengesampingkan faktor oli dulu n sy cek busi (ok), air filter (lumayan tp bisa 3k lagi kayanya), bersihin map sensor, cek TB (ok). di tes jalan masih sama, ga seenteng biasanya. akhirnya tadi gantol deh ga jadi nunggu 12 bulan, udah ga enak, meskipun sayang nih ams ss koktel.
kondisi used oil hitam tp msh ada kuning2nya. tdk ada bau bensin, bau oli bekas aja, kayanya oksidasi aja krn agak sering warming up + excessive idling nunggu les anak.
surprisingly sebelum oli diganti kl panasin mesin dr knalpot msh keluar air sisa pembakaran lho. nah ilmu baru yg sy baca kl sering warming up air sisa pembakaran ini sebagian nyampur ke oli dan bersiklus yaitu ketika oli sdh panas dia akan menguap jd water vapor lagi yakni terdiri dr molekul oksigen dan hidrogen (clearly krn air adalah H2O), molekul oksigen tsb yg dgn dibarengi panas akan mempercepat oksidasi oli.
mobil jalan dikit gini pengen coba ngitung oci pake working hour tp hrs disiplin nyatet ya. ada apps nya ga ya utk mempermudah?
Omnibus wrote: Wed May 18, 2022 12:15
mau cerita aja sedikit,
tadi baru ganti oli jazz GK sy, krn dipake udah berat bahkan kemaren ada 1x di WOT malah knocking (sekali doang sih kedengeran mungkin knock sensor langsung retard). krn tau oli baru jalan 2800 km/9 bulan jd sy mengesampingkan faktor oli dulu n sy cek busi (ok), air filter (lumayan tp bisa 3k lagi kayanya), bersihin map sensor, cek TB (ok). di tes jalan masih sama, ga seenteng biasanya. akhirnya tadi gantol deh ga jadi nunggu 12 bulan, udah ga enak, meskipun sayang nih ams ss koktel.
kondisi used oil hitam tp msh ada kuning2nya. tdk ada bau bensin, bau oli bekas aja, kayanya oksidasi aja krn agak sering warming up + excessive idling nunggu les anak.
surprisingly sebelum oli diganti kl panasin mesin dr knalpot msh keluar air sisa pembakaran lho. nah ilmu baru yg sy baca kl sering warming up air sisa pembakaran ini sebagian nyampur ke oli dan bersiklus yaitu ketika oli sdh panas dia akan menguap jd water vapor lagi yakni terdiri dr molekul oksigen dan hidrogen (clearly krn air adalah H2O), molekul oksigen tsb yg dgn dibarengi panas akan mempercepat oksidasi oli.
mobil jalan dikit gini pengen coba ngitung oci pake working hour tp hrs disiplin nyatet ya. ada apps nya ga ya utk mempermudah?
Klo dr obd bs cek gak ya mbah?
Jd tiap gantol reset dl.
Rulesnya amsoil signature kan
1thn / 15rb miles / 700 work hours (severe conditions stock engine)
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Total Quartz 9000 0W-20 akhirnya dituang di 2ZR-FE gantiin Q8 0W-20 yang kena FD. Oli lama jalan 3700 KM / 7 bulan. Impresi awalnya ini jauh lebih senyap di putaran tengah dan lebih gampang dapet fuel cons irit entah kenapa. Tarikannya enteng dan halus tp ga seenteng waktu pake Q8, pas masih Q8 gasnya berasa galak kalo diinjak responsif banget. Not bad buat harga 500rb 5 liter, saya tuang 4.2 liter sisanya mau dimasukin Vario aja
DrivingPotato wrote: Wed May 18, 2022 12:52
Total Quartz 9000 0W-20 akhirnya dituang di 2ZR-FE gantiin Q8 0W-20 yang kena FD. Oli lama jalan 3700 KM / 7 bulan. Impresi awalnya ini jauh lebih senyap di putaran tengah dan lebih gampang dapet fuel cons irit entah kenapa. Tarikannya enteng dan halus tp ga seenteng waktu pake Q8, pas masih Q8 gasnya berasa galak kalo diinjak responsif banget. Not bad buat harga 500rb 5 liter, saya tuang 4.2 liter sisanya mau dimasukin Vario aja
pas banget itu sisa 800ml buat vario 110.
klo 125 kayanya 900ml mbah
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Omnibus wrote: Wed May 18, 2022 12:15
mau cerita aja sedikit,
tadi baru ganti oli jazz GK sy, krn dipake udah berat bahkan kemaren ada 1x di WOT malah knocking (sekali doang sih kedengeran mungkin knock sensor langsung retard). krn tau oli baru jalan 2800 km/9 bulan jd sy mengesampingkan faktor oli dulu n sy cek busi (ok), air filter (lumayan tp bisa 3k lagi kayanya), bersihin map sensor, cek TB (ok). di tes jalan masih sama, ga seenteng biasanya. akhirnya tadi gantol deh ga jadi nunggu 12 bulan, udah ga enak, meskipun sayang nih ams ss koktel.
kondisi used oil hitam tp msh ada kuning2nya. tdk ada bau bensin, bau oli bekas aja, kayanya oksidasi aja krn agak sering warming up + excessive idling nunggu les anak.
surprisingly sebelum oli diganti kl panasin mesin dr knalpot msh keluar air sisa pembakaran lho. nah ilmu baru yg sy baca kl sering warming up air sisa pembakaran ini sebagian nyampur ke oli dan bersiklus yaitu ketika oli sdh panas dia akan menguap jd water vapor lagi yakni terdiri dr molekul oksigen dan hidrogen (clearly krn air adalah H2O), molekul oksigen tsb yg dgn dibarengi panas akan mempercepat oksidasi oli.
mobil jalan dikit gini pengen coba ngitung oci pake working hour tp hrs disiplin nyatet ya. ada apps nya ga ya utk mempermudah?
Habis ganti oli, apakah sudah coba mbah? sudah enak lagi?
Omnibus wrote: Wed May 18, 2022 12:15
mau cerita aja sedikit,
tadi baru ganti oli jazz GK sy, krn dipake udah berat bahkan kemaren ada 1x di WOT malah knocking (sekali doang sih kedengeran mungkin knock sensor langsung retard). krn tau oli baru jalan 2800 km/9 bulan jd sy mengesampingkan faktor oli dulu n sy cek busi (ok), air filter (lumayan tp bisa 3k lagi kayanya), bersihin map sensor, cek TB (ok). di tes jalan masih sama, ga seenteng biasanya. akhirnya tadi gantol deh ga jadi nunggu 12 bulan, udah ga enak, meskipun sayang nih ams ss koktel.
kondisi used oil hitam tp msh ada kuning2nya. tdk ada bau bensin, bau oli bekas aja, kayanya oksidasi aja krn agak sering warming up + excessive idling nunggu les anak.
surprisingly sebelum oli diganti kl panasin mesin dr knalpot msh keluar air sisa pembakaran lho. nah ilmu baru yg sy baca kl sering warming up air sisa pembakaran ini sebagian nyampur ke oli dan bersiklus yaitu ketika oli sdh panas dia akan menguap jd water vapor lagi yakni terdiri dr molekul oksigen dan hidrogen (clearly krn air adalah H2O), molekul oksigen tsb yg dgn dibarengi panas akan mempercepat oksidasi oli.
mobil jalan dikit gini pengen coba ngitung oci pake working hour tp hrs disiplin nyatet ya. ada apps nya ga ya utk mempermudah?
makanya sminggu skali olahraga cipularangbahn mbah, satu rit jg ckup bdg -jkt- bdg, matiin ac, pake paddle shift all the way
trus kl lg nunggu anak les, jgn dibiarin idle, tp kaki panteng gas di 4000 rpm
Profith83 wrote: Wed May 18, 2022 15:01
Habis ganti oli, apakah sudah coba mbah? sudah enak lagi?
blom coba
DOHC wrote: Wed May 18, 2022 15:07
makanya sminggu skali olahraga cipularangbahn mbah, satu rit jg ckup bdg -jkt- bdg, matiin ac, pake paddle shift all the way
trus kl lg nunggu anak les, jgn dibiarin idle, tp kaki panteng gas di 4000 rpm
ga sekalian nyuruh angkat ban depannya masuk D. biar nambah sekalian odonya ngejar haerpi jij
btw kl kap mesin dibuka pas jd genset meski norak (kebetulan tempat les sepi) itu suhu anteng lho di 84-86°C.