ini termasuk kalo sdh remap nih, apalagi skrg throttle pedal itu sensitivity nya bisa diatur. makanya sy agak takut takut minjemin mobil yang sdh remap ke orang gak kenal apalagi yang bawa mobil macem siput pasti kaget bawanya.AbdulHakim wrote: Wed May 18, 2022 0:26
hehe.. ga hanya buat yang baru mbah, kejadian ini terjadi juga pada saya sendiri.
CRV Turbo kami itu by default ECON selalu dinyalain, nah kebetulan pas mudik lebaran kemarin, saya matiin karena lewat tol pengen tenaga instant-nya, nah pas udah nyampe tujuan, mobil perlu digeser posisi parkirnya ke posisi parkir yang teduh/beratap (dalam siang hari terik kondisi dalem mobil masih panas dan masih sedikit capek karena baru nyampe), nah posisi ECON-nya masih OFF, memory muscle kita tentu inget seberapa dalem musti nginjek gas-nya dan kebetulan untuk mundur "R" ini CRV agak kurang bertenaga, ndilalah saya tekan gasnya ternyata sedikit kebesaran ditambah lagi ECON nya masih OFF, kena lah itu samping mobil sama tiang![]()
pointnya: memory muscle, awas terhadap perubahan apapun yang ada di sistem mobil kita (contohnya ECON Off) dan fisik yang fatigue/capek meningkatkan resiko accident.
malah sy lebih secure kalo orangnya kaum kaki berat. krn throttle pedal biasanya level sensitivity kan bedanya cm di awal aja. klo udah full throttle ya gak ada bedanya.
sy pernah kok baca buku manual nya honda civic FB tombol econ tuh bedanya cm di sekitar 20% bukaan awal aja dilambatin
susahnya krn di indo fitur gini blm standar, di luaran sudah standar hampir smua mobil pake krn score assessment NCAP juga mewajibkan ada biar dapet full score 5 stars. yg ga ada dapetnya 2-3 stars. kan repot mau sebagus apapun rangkanya tp jadi jelek scr marketing krn skornya gak full.free2d wrote: Wed May 18, 2022 2:25 Dulu pas ke Honda liat new BRV, kepala bengkel advise ambil yang grade paling tinggi without Honda Sensing. Menurut dia orang2 blm biasa gadget gini bisa bahaya. Apalagi orang indo gak biasa pake seatbelt dan anak2 gak di child seat, bisa kaget terbang ke depan windscreen bahaya.
Depend driving style dan habit sendiri jg.
fitur gini cm berguna kalo ecosystem lainnya ngikut pake semua. klo 1 pake 1 gak ya miskomunikasi. yang 1 bego yang 1 pinter kan gak nyambung. yang pinter jadi keliatan bego malahan.
sementara dicopotin nanti biaya lagi. makanya jualan mobil di indo tuh susah. pajak berlapis, harga mahal, konsumennya rewel, cuan dikit. penyesuaian speknya rumit saya bayangin hrs bisa mimik oktan 90, servis harus murah, hrs tabrakanproof, hrs lambenetijinproof.
pdhl saya yakin mah HRV RS tanpa sensing pasti bisa masih di angka 45x jadinya worth cm beda dikit sama SE sensing. itu BRV aja sensing dan enggak beda 40jt.