Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
ariswp wrote: Wed May 11, 2022 8:40
Sudah lewat jauh sih komparasi variable valve gini,
Sudah dilewati era n/a direct injection (ex : skyactiv, earthdream), sudah dilewati era turbo direct injection dengan segala pertimbangan yg harus diraih (tidak hanya power saja) : efisiensi, emisi, dll
ujung2nya komentator skrg ya "mending remap inivi disil mitic" hehe
skrg obrolan tentang pnp, ganti camshaft, cam gear, lightweight pulley, papas head biar mobil kenceng juga udah gak relevan...
yang ada sekarang beli inivi disil mitic di remap aja bosss....
tapi percayalah mbah
bagi kalangan DIYers yg hobi oprek beneran, tangan berlumuran oli, kuku item2 , tp ga ad background enjinering samsek
enjin2 bensin N/A tetap relevan di hati
oprek sikit2, fine tune sikit2... itu ga ad yg ngalahin sensasi nya
bahkan utk inofa disel metik skalipun (lagian vibrator bau gini apa enak nya sehh )
Omnibus wrote: Wed May 11, 2022 6:13
menurut sy udah lama berlalu era kompetisi vvt (variable valve timing) diantara pabrikan mobil. selain krn sdh tercapai maximum theoretical limit mesin2 NA yg segitu2 aja tanpa bantuan turbo, juga krn emission regulation jd kurva power vs co2 emission nya sdh di angka optimum. msh bisa ditingkatin lg tp sdh harus ganti material engine yg mana cost bakal jd mahal dan jauh lbh murah dipakein turbo, which is the trend that's happening now.
poin ini
kita orang malah mikir nya, kl gt sebenernya emblem vtec turbo itu, vitek nya sebenernya ngibul donk mbah
toh apanya yg mo di atur lg klep nya, kan pengganti nya ud ad si keong, tinggal di stel aj mo di boost brapa, rpm brapa
jadi vitek turbo = DOHC biasa yg dipakein turbo
turbo bensin msh dipasangin vvt system nya mbah, merk lain jg gitu.
justru yg ga pake itu si dizel, kd n gd enjin kaga pake vvti mbah.
Omnibus wrote: Wed May 11, 2022 6:13
menurut sy udah lama berlalu era kompetisi vvt (variable valve timing) diantara pabrikan mobil. selain krn sdh tercapai maximum theoretical limit mesin2 NA yg segitu2 aja tanpa bantuan turbo, juga krn emission regulation jd kurva power vs co2 emission nya sdh di angka optimum. msh bisa ditingkatin lg tp sdh harus ganti material engine yg mana cost bakal jd mahal dan jauh lbh murah dipakein turbo, which is the trend that's happening now.
poin ini
kita orang malah mikir nya, kl gt sebenernya emblem vtec turbo itu, vitek nya sebenernya ngibul donk mbah
toh apanya yg mo di atur lg klep nya, kan pengganti nya ud ad si keong, tinggal di stel aj mo di boost brapa, rpm brapa
jadi vitek turbo = DOHC biasa yg dipakein turbo
turbo bensin msh dipasangin vvt system nya mbah, merk lain jg gitu.
justru yg ga pake itu si dizel, kd n gd enjin kaga pake vvti mbah.
btw ini 2022 msh ngobrolin topik 2004
kl gt knapa pajero sport baru yg 4N15 tp pake mivec mbah ??
ariswp wrote: Wed May 11, 2022 8:40
Sudah lewat jauh sih komparasi variable valve gini,
Sudah dilewati era n/a direct injection (ex : skyactiv, earthdream), sudah dilewati era turbo direct injection dengan segala pertimbangan yg harus diraih (tidak hanya power saja) : efisiensi, emisi, dll
ujung2nya komentator skrg ya "mending remap inivi disil mitic" hehe
skrg obrolan tentang pnp, ganti camshaft, cam gear, lightweight pulley, papas head biar mobil kenceng juga udah gak relevan...
yang ada sekarang beli inivi disil mitic di remap aja bosss....
ChZ wrote: Thu May 12, 2022 4:10
ahond pny turbo bengsin yang early macem Civic gen 10 ma CRV gen 5 blom ada VVTnya mbah.
di akord baru ada di ex nya. civic gen 11 ma HRV jg uda ada di ex nya.
kode enjinnya jg beda, L15BE yang baru
berarti teknologi yg risetnya lama dan makan biaya ga sedikit bisa begitu saja dilupakan ya ketika ada something new lagi. sama spt dulu penemu karburator pasti seneng bgt pas eureka moment, akhirnya diafkir setelah fuel injection dipakai luas. sama dgn eureka moment fuel injection bakal terlupakan pas semua sdh EV.
ChZ wrote: Thu May 12, 2022 4:10
ahond pny turbo bengsin yang early macem Civic gen 10 ma CRV gen 5 blom ada VVTnya mbah.
di akord baru ada di ex nya. civic gen 11 ma HRV jg uda ada di ex nya.
kode enjinnya jg beda, L15BE yang baru
berarti teknologi yg risetnya lama dan makan biaya ga sedikit bisa begitu saja dilupakan ya ketika ada something new lagi. sama spt dulu penemu karburator pasti seneng bgt pas eureka moment, akhirnya diafkir setelah fuel injection dipakai luas. sama dgn eureka moment fuel injection bakal terlupakan pas semua sdh EV.
... dan kita tambah tua
Tenangg
Slama asemregezers kaya kita2 orang masi ad, teknologi2 jadul kaya gt bakal tetap ga d lupakan koq
ChZ wrote: Thu May 12, 2022 4:10
ahond pny turbo bengsin yang early macem Civic gen 10 ma CRV gen 5 blom ada VVTnya mbah.
di akord baru ada di ex nya. civic gen 11 ma HRV jg uda ada di ex nya.
kode enjinnya jg beda, L15BE yang baru
berarti teknologi yg risetnya lama dan makan biaya ga sedikit bisa begitu saja dilupakan ya ketika ada something new lagi. sama spt dulu penemu karburator pasti seneng bgt pas eureka moment, akhirnya diafkir setelah fuel injection dipakai luas. sama dgn eureka moment fuel injection bakal terlupakan pas semua sdh EV.
... dan kita tambah tua
Tenangg
Slama asemregezers kaya kita2 orang masi ad, teknologi2 jadul kaya gt bakal tetap ga d lupakan koq
sampe seal vtec solenoid nya bocor trus spare part nya udah ga tersedia, baru deh asemregezer balik kanan ya mbah
Omnibus wrote: Thu May 12, 2022 5:53
berarti teknologi yg risetnya lama dan makan biaya ga sedikit bisa begitu saja dilupakan ya ketika ada something new lagi. sama spt dulu penemu karburator pasti seneng bgt pas eureka moment, akhirnya diafkir setelah fuel injection dipakai luas. sama dgn eureka moment fuel injection bakal terlupakan pas semua sdh EV.
... dan kita tambah tua
tinggal sampe dimana teknologinya jadi too much to handle mobil diesel commonrail aja sekarang udah banyak banget masalahnya krn maksa ngikutin regulasi emisi yg makin ketat. indo msh enak gak terlalu ketat.
pdhl yang lebih tinggi kontribusi ngotorin bumi nya gak pernah disuruh ban mesin combustion. misalnya pesawat anteng2 aja pake jet engine gak ada hybrid2an apalagi listrik tapi nyumbang polusinya lebih gede jauh
ChZ wrote: Thu May 12, 2022 8:29
tinggal sampe dimana teknologinya jadi too much to handle mobil diesel commonrail aja sekarang udah banyak banget masalahnya krn maksa ngikutin regulasi emisi yg makin ketat. indo msh enak gak terlalu ketat.
pdhl yang lebih tinggi kontribusi ngotorin bumi nya gak pernah disuruh ban mesin combustion. misalnya pesawat anteng2 aja pake jet engine
itu tangker sama sama kapal kontainer juga anteng2x aja buat angkut material batre bolak balik iya sih kapal sekarang kebanyakan electric tapi diesel
b0ku wrote: Thu May 12, 2022 8:31
itu tangker sama sama kapal kontainer juga anteng2x aja buat angkut material batre bolak balik iya sih kapal sekarang kebanyakan electric tapi diesel
cm ngurusin 16% penyumbang polusi tp hebohnya gak karuan nyuruh pindah ke electric sampe ketatin regulasi sana-sini
itu fitra eri jg bilang gak ada gunanya punya 2 EV ngapain cuma bisa buat kota kota
ariswp wrote: Wed May 11, 2022 8:40
Sudah lewat jauh sih komparasi variable valve gini,
Sudah dilewati era n/a direct injection (ex : skyactiv, earthdream), sudah dilewati era turbo direct injection dengan segala pertimbangan yg harus diraih (tidak hanya power saja) : efisiensi, emisi, dll
ujung2nya komentator skrg ya "mending remap inivi disil mitic" hehe
skrg obrolan tentang pnp, ganti camshaft, cam gear, lightweight pulley, papas head biar mobil kenceng juga udah gak relevan...
yang ada sekarang beli inivi disil mitic di remap aja bosss....
Masih ada TUSSbol mbahh ....
mesin skyactip jadi ngacir ga ya klo dimasukin ke program tuning itu
darrelund wrote: Thu May 12, 2022 10:13
kenapa ga H22 aja um, biar ada rasa JTCC nya. mayan klo dikorek bisa 300hp+
tapi keren juga ya mesin jadul cem H series ini, walo pas JTCC kena de-stroke jadi 2000 tapi tetep bisa 300hp+
penasaran spec internal & tuningannya kek gimana
saya lupa waktu ngeroasting tuh prelude dia ud ngomong mau ganti h series lupa H22 apa H23 yang pasti pasti bakalan dia swap cuma kalo saya bilang keliatannya dia bakalan bikin tuh prelude kayak std dengan improvement aja
kalo dah jadi paling ntar dijual bisa 800jt
emang susah liat honda nganggur apalagi 2 pintu gatel otaknya pengen swap engine kadang liat accord presige aja gatel pengen ngeswap saya agak2x paham sih sama kegatelannya si om fitra