Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
ijin nanya...
almaz saya dr usia ratusan km lsg saya ganti oli liquimoly molygen (pas pergantian oli bawaan stlh dikuras masi terlihat sangat bagus warnanya)
tapi kmrn oli filter gak diganti.
skrg km di 6000 (5 6 bulan)
pertanyaannya: apakah perlu penggantian oli skrg? atau kapan baiknya ganti oli? mengingat konon mobil masa inreyen hasil gesekan di mesin bikin oli lbh cepet "kotor" dari biasanya.
melson wrote: Sat May 07, 2022 20:26
ijin nanya...
almaz saya dr usia ratusan km lsg saya ganti oli liquimoly molygen (pas pergantian oli bawaan stlh dikuras masi terlihat sangat bagus warnanya)
tapi kmrn oli filter gak diganti.
skrg km di 6000 (5 6 bulan)
pertanyaannya: apakah perlu penggantian oli skrg? atau kapan baiknya ganti oli? mengingat konon mobil masa inreyen hasil gesekan di mesin bikin oli lbh cepet "kotor" dari biasanya.
mohon pencerahannya
- Klo pk oli non-eco & Mesin turbo, ganti aja olinya per < 5rb km atau 6 bulan untuk kondisi di indo.
- Klo oli keraton di mesin turbo pakai selama 8rb km max / kurang dari 1 tahun.
Why? Mesin Turbo lbh panas dan ikut melumasi turbo bearing juga yg panas poll akibat dr gas exhaust yg panas.
Klo oli eco di mesin turbo? jangan deh
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
melson wrote: Sat May 07, 2022 20:26
ijin nanya...
almaz saya dr usia ratusan km lsg saya ganti oli liquimoly molygen (pas pergantian oli bawaan stlh dikuras masi terlihat sangat bagus warnanya)
tapi kmrn oli filter gak diganti.
skrg km di 6000 (5 6 bulan)
pertanyaannya: apakah perlu penggantian oli skrg? atau kapan baiknya ganti oli? mengingat konon mobil masa inreyen hasil gesekan di mesin bikin oli lbh cepet "kotor" dari biasanya.
mohon pencerahannya
- Klo pk oli non-eco & Mesin turbo, ganti aja olinya per < 5rb km atau 6 bulan untuk kondisi di indo.
- Klo oli keraton di mesin turbo pakai selama 8rb km max / kurang dari 1 tahun.
Why? Mesin Turbo lbh panas dan ikut melumasi turbo bearing juga yg panas poll akibat dr gas exhaust yg panas.
Klo oli eco di mesin turbo? jangan deh
Jd ini masih bs dipake 2rb km lagi? Atau better ganti om?
melson wrote: Sat May 07, 2022 20:26
ijin nanya...
almaz saya dr usia ratusan km lsg saya ganti oli liquimoly molygen (pas pergantian oli bawaan stlh dikuras masi terlihat sangat bagus warnanya)
tapi kmrn oli filter gak diganti.
skrg km di 6000 (5 6 bulan)
pertanyaannya: apakah perlu penggantian oli skrg? atau kapan baiknya ganti oli? mengingat konon mobil masa inreyen hasil gesekan di mesin bikin oli lbh cepet "kotor" dari biasanya.
mohon pencerahannya
- Klo pk oli non-eco & Mesin turbo, ganti aja olinya per < 5rb km atau 6 bulan untuk kondisi di indo.
- Klo oli keraton di mesin turbo pakai selama 8rb km max / kurang dari 1 tahun.
Why? Mesin Turbo lbh panas dan ikut melumasi turbo bearing juga yg panas poll akibat dr gas exhaust yg panas.
Klo oli eco di mesin turbo? jangan deh
Jd ini masih bs dipake 2rb km lagi? Atau better ganti om?
Klo oli merk ATPM / bengkel resmi, gantinya per 5rb KM saja.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
melson wrote: Sat May 07, 2022 20:26
ijin nanya...
almaz saya dr usia ratusan km lsg saya ganti oli liquimoly molygen (pas pergantian oli bawaan stlh dikuras masi terlihat sangat bagus warnanya)
tapi kmrn oli filter gak diganti.
skrg km di 6000 (5 6 bulan)
pertanyaannya: apakah perlu penggantian oli skrg? atau kapan baiknya ganti oli? mengingat konon mobil masa inreyen hasil gesekan di mesin bikin oli lbh cepet "kotor" dari biasanya.
mohon pencerahannya
- Klo pk oli non-eco & Mesin turbo, ganti aja olinya per < 5rb km atau 6 bulan untuk kondisi di indo.
- Klo oli keraton di mesin turbo pakai selama 8rb km max / kurang dari 1 tahun.
Why? Mesin Turbo lbh panas dan ikut melumasi turbo bearing juga yg panas poll akibat dr gas exhaust yg panas.
Klo oli eco di mesin turbo? jangan deh
Jd ini masih bs dipake 2rb km lagi? Atau better ganti om?
Lanjutkan saja sampe 10 rb juga gapapa, molygen bukan kaleng2
melson wrote: Sat May 07, 2022 20:26
ijin nanya...
almaz saya dr usia ratusan km lsg saya ganti oli liquimoly molygen (pas pergantian oli bawaan stlh dikuras masi terlihat sangat bagus warnanya)
tapi kmrn oli filter gak diganti.
skrg km di 6000 (5 6 bulan)
pertanyaannya: apakah perlu penggantian oli skrg? atau kapan baiknya ganti oli? mengingat konon mobil masa inreyen hasil gesekan di mesin bikin oli lbh cepet "kotor" dari biasanya.
mohon pencerahannya
- Klo pk oli non-eco & Mesin turbo, ganti aja olinya per < 5rb km atau 6 bulan untuk kondisi di indo.
- Klo oli keraton di mesin turbo pakai selama 8rb km max / kurang dari 1 tahun.
Why? Mesin Turbo lbh panas dan ikut melumasi turbo bearing juga yg panas poll akibat dr gas exhaust yg panas.
Klo oli eco di mesin turbo? jangan deh
Jd ini masih bs dipake 2rb km lagi? Atau better ganti om?
Molygen kan?? Oli darah alien Hajar sampe 8rb/2 bulan lagi gas
melson wrote: Sat May 07, 2022 20:26
ijin nanya...
almaz saya dr usia ratusan km lsg saya ganti oli liquimoly molygen (pas pergantian oli bawaan stlh dikuras masi terlihat sangat bagus warnanya)
tapi kmrn oli filter gak diganti.
skrg km di 6000 (5 6 bulan)
pertanyaannya: apakah perlu penggantian oli skrg? atau kapan baiknya ganti oli? mengingat konon mobil masa inreyen hasil gesekan di mesin bikin oli lbh cepet "kotor" dari biasanya.
mohon pencerahannya
kemaren oli filter gak di ganti......
Om, kalau bisa tiap kali ganti oli, filter oli ganti sekalian aja.... Murah koq filter oli..... Oli baru tp, filter oli sdh kotor y... Percuma aja.
Kalau untuk oli, apalagi molygen.... 8rb/8 bln gas om.
melson wrote:ijin nanya...
almaz saya dr usia ratusan km lsg saya ganti oli liquimoly molygen (pas pergantian oli bawaan stlh dikuras masi terlihat sangat bagus warnanya)
tapi kmrn oli filter gak diganti.
skrg km di 6000 (5 6 bulan)
pertanyaannya: apakah perlu penggantian oli skrg? atau kapan baiknya ganti oli? mengingat konon mobil masa inreyen hasil gesekan di mesin bikin oli lbh cepet "kotor" dari biasanya.
Salam kenal. Mohon pencerahannya, Saya pake Altis 2016 setahun paling 1000-1500km, pake jarak dekat - ke luar kota 1/2x saja. (Bdg-cirebon/bdg-jkt) pakai oli TMO 0w-20, enak juga larinya, hanya suara mesin idle agak lebih terdengar.
Pertanyaannya : jika ganti oli 1th 1x. Oli apa yg sebaiknya dipakai, merk-kekentalannya. Klo bisa harganya gak jauh dari 500k/4lt. Hatur tank you ..
br3wox wrote: Sat May 07, 2022 17:24
Susah juga ya cari data sheet GXR Platinum di gugel, tapi kalo liat dari range harganya, oli begini disiplin aja max 5000 km / 6 bulan.
Kalo Repsol emang rada pelit ngasih info di website. Tapi ane pernah nyoba email customer service yg di principal langsung u. minta product data sheet sama MSDS, dikasih kok sama mereka.
riz354 wrote: Mon May 09, 2022 9:15
Salam kenal. Mohon pencerahannya, Saya pake Altis 2016 setahun paling 1000-1500km, pake jarak dekat - ke luar kota 1/2x saja. (Bdg-cirebon/bdg-jkt) pakai oli TMO 0w-20, enak juga larinya, hanya suara mesin idle agak lebih terdengar.
Pertanyaannya : jika ganti oli 1th 1x. Oli apa yg sebaiknya dipakai, merk-kekentalannya. Klo bisa harganya gak jauh dari 500k/4lt. Hatur tank you ..
Saya juga pake Altis om tahun 2015 dan sama, jalannya dikit-dikit aja. Agak lebih banyak dari om lah setahun paling 2500-3000 km.
IMHO kalau mau interval ganti oli per 1 tahun, better naikin budgetnya ke sekitar 180an per liter om. Masih tetep lebih hemat kok drpd ganti per 6 bulan. Pertimbangannya karena budget 500k/4lt itu paling dapetnya Total Quartz 9000 0W-20, atau PTT botol item yg sepertinya belum kelas long drain utk dipakai setahun. Daripada budget dipepetin bawah terus didrain 1 tahun jadi muncul varnish kan sayang.
Saya sendiri di mesin 2ZR ini bulan September 2021 tuang Q8 Special D1 FE 0W-20 (dapet harga 175k/liter). Kualitasnya jauh lebih tinggi daripada TMO. Ride qualitynya ga bohong om, enteng banget dan kerasa licin mesinnya. Nah cuma challenge buat mobil garage queen spt kita ini kalau sering dipanasin doang resiko fuel dilution nya semakin besar, olinya kecampur bensin karena kebanyakan cold start dibanding jalannya, alhasil kemampuan pelumasannya berkurang dan skrg bunyinya agak lebih kasar. Bulan April kemarin oli saya udah bau bensin sampe sekarang belum jadi didrain karena rame lebaran. Gak kebayang kalau pake oli grade rendah pasti kena FD lebih kasar lagi.
Oh kalau mau cobain Shell Astra Premium yang 0W-20 di Shop and Drive harga 520rb/4liter Itu isinya sama persis dengan Helix Ultra 0W-20 yg di pasaran 1 juta utk 4 liternya. Assume good enough untuk long drain per 1 tahun. Saya pribadi so far puas pake Q8 itu di 2 mobil. Atau kalo ga masalah naik ke 5W-30, biasanya selisih harga lumayan dibanding yg 0W-20. Pokoknya kalo mau 1tahun jgn pake yg murah2 deh om, harga oli ga seberapa kalo jadi varnish/sludge biaya perbaikannya serem
Shell helix ultra 5w30 api sp / gf6a apa sudah ada yang pakai dimari?
Baru kali ini nemu, tapi harganya kok miring banget ya, speknya super lengkap udah api sp, gf6a, dexos1gen2, ford wss, even honda HTO-06, udah pureplus/gas to liquid yang pastinya diatas vhvi/grup III
Harga dibawah 500k/4L
Shell helix ultra 0w20 sn aja 800ribuan keatas (klo gak promo)
riz354 wrote: Mon May 09, 2022 9:15
Salam kenal. Mohon pencerahannya, Saya pake Altis 2016 setahun paling 1000-1500km, pake jarak dekat - ke luar kota 1/2x saja. (Bdg-cirebon/bdg-jkt) pakai oli TMO 0w-20, enak juga larinya, hanya suara mesin idle agak lebih terdengar.
Pertanyaannya : jika ganti oli 1th 1x. Oli apa yg sebaiknya dipakai, merk-kekentalannya. Klo bisa harganya gak jauh dari 500k/4lt. Hatur tank you ..
Saya juga pake Altis om tahun 2015 dan sama, jalannya dikit-dikit aja. Agak lebih banyak dari om lah setahun paling 2500-3000 km.
IMHO kalau mau interval ganti oli per 1 tahun, better naikin budgetnya ke sekitar 180an per liter om. Masih tetep lebih hemat kok drpd ganti per 6 bulan. Pertimbangannya karena budget 500k/4lt itu paling dapetnya Total Quartz 9000 0W-20, atau PTT botol item yg sepertinya belum kelas long drain utk dipakai setahun. Daripada budget dipepetin bawah terus didrain 1 tahun jadi muncul varnish kan sayang.
Saya sendiri di mesin 2ZR ini bulan September 2021 tuang Q8 Special D1 FE 0W-20 (dapet harga 175k/liter). Kualitasnya jauh lebih tinggi daripada TMO. Ride qualitynya ga bohong om, enteng banget dan kerasa licin mesinnya. Nah cuma challenge buat mobil garage queen spt kita ini kalau sering dipanasin doang resiko fuel dilution nya semakin besar, olinya kecampur bensin karena kebanyakan cold start dibanding jalannya, alhasil kemampuan pelumasannya berkurang dan skrg bunyinya agak lebih kasar. Bulan April kemarin oli saya udah bau bensin sampe sekarang belum jadi didrain karena rame lebaran. Gak kebayang kalau pake oli grade rendah pasti kena FD lebih kasar lagi.
Oh kalau mau cobain Shell Astra Premium yang 0W-20 di Shop and Drive harga 520rb/4liter Itu isinya sama persis dengan Helix Ultra 0W-20 yg di pasaran 1 juta utk 4 liternya. Assume good enough untuk long drain per 1 tahun. Saya pribadi so far puas pake Q8 itu di 2 mobil. Atau kalo ga masalah naik ke 5W-30, biasanya selisih harga lumayan dibanding yg 0W-20. Pokoknya kalo mau 1tahun jgn pake yg murah2 deh om, harga oli ga seberapa kalo jadi varnish/sludge biaya perbaikannya serem
Sip terimakasih banyak masukannya, selanjutnya saya belikan q8 0w20 atau 5w30 / merk-kualitas yang sekelasnya. Kebetulan sudah dapat toko oli yg saya percaya di Bandung, sekalian mau cari part aksesoris Altis...