Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Paling oke di kelas segitu Amsoil ya Om. Apa ada alternatif laen? Kalo paling oke itu ya balik ke Amsoil lg. Thx advice nya ya Om [emoji16][emoji16]
Cobain jg PTT 0w20 supersyn api sp (tutup botol emas)
Harga sekelas amsoil oe w20.
Saya lagi coba di 1KR-VET, PTT Tutup Emas 0-20, minta beres sekalian servis berkala. Dari beres dikasih gratis 5-30 TMO sy angkut aja bawa pulang tuh TMO buat 2NR.
Btw kapasitas oli 1KR-VET 3.1 L keliatannya diisi 3.3 liter sampe lewat batas max dipstick
Udah jalan 500 an Km pake PTT ini, mesin loncer, ndut-ndut speed rendah ala 1KR-VET jadi ilang tak terasa, BBM tetap lanjut Pertabo. OCI rencana max 6 bulan, sekalian mau ganti oli cvt dengan lendir yang bagusan diatas lendir TMO pas usia pakai 12 bulan.
Barangkali ada yang ud coba Q8 atau Ams SS 0-20 di 1KR-VET boleh berbagi cerita tentang performa butt o meter nya? Kalau ada yang ud ganti oli cvt pake lendir bagusan mohon berbagi saran.
Sejak gerobak ibon 2019 Mesin 1TR cekokin PTT 0w20 tutup emas kmrn cb rasain olinya sultan AMS SS 0w20. Dr awal tuang ampe skrng rasanya kok lebih beda. Suara halus respon mesin toel2 gaz lngsng wuzz. Ibu negara sampe komen ni gerobak kok makin alus mesinnya......apa ini cm halusinasi sy sj bukannya
tompy25 wrote: Sun Apr 24, 2022 4:39
[
Sejak gerobak ibon 2019 Mesin 1TR cekokin PTT 0w20 tutup emas kmrn cb rasain olinya sultan AMS SS 0w20. Dr awal tuang ampe skrng rasanya kok lebih beda. Suara halus respon mesin toel2 gaz lngsng wuzz. Ibu negara sampe komen ni gerobak kok makin alus mesinnya......apa ini cm halusinasi sy sj bukannya
Scientific explanationnya krn,
Oli keraton itu visconya dr awal tuang sampai up to 1thn / 10rb km, visconya stabil.
Tetap di rentang yg tertulis
Beda sm kelas OE dan yg sekelas nya.
Itu klo lewat 5rb km, visconya dah mengencer masuk ke rentang yg lbh encer
Belum kena fuel dilution itu
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
sahabatq8 wrote: Thu Apr 21, 2022 16:30
Aman. Seperti yang om surya bilang, sekelas ini udah didesign untuk long drain jadi gak masalah. Terkecuali kalo ada indikasi fuel dilution, misalnya warna oli jadi warna biru/hijau berlebihan dan mesin suaranya jadi kasar. Tapi ini bukan sesuatu yang pasti terjadi, biasanya tergantung mobilnya juga sih, dan kalo udah kena diatas batas normal (kalo trakindo bilangnya>2.5%) oli apapun daya lumasnya akan sangat berkurang.
nah om Q8,boil ane VNT, ni gw pakek oli asal klub PSG , gw ngga ngarti apa gara2 fuel dilution atau emg gimn, cm ni oli warna hijau gitu , jalan 4,000km konsumsi BBM 1;10 sama mesin kasar dan berisik, gimana cara ngilangin fuel dilution???
ane iseng kmrn pakek 5w30, ni hrni mo gnti q8 7000,
apakah semua oli kalo fuel dilution pasti lgsg drop kualitas nya?
atau tergantung oli?
karena ane pagi2 ngga panasin boil, lgsg jalan aja tanpa di gas ampe keluar komplek
Olinya warna hijau ? In general kalo mobil olinya kena fuel dilution itu bisa karena sering idle ditempat(jadi genset) ato bisa juga injectornya bocor/bermasalah. Nah tapi kalo diesel kan gak dikasih pewarna yang kyk pertamax/pertalite. Coba cek coolant levelnya deh om, warnanya apa ya? Takutnya itu bocor bukan dari kena solar tapi kena coolant. Solar kalo kena di oli juga gak seberasa kalo kena bensin. Kalo penasaran itu fuel dilution ato bukan, oli bekasnya di tes lab aja om di trakindo mustinya ketahuan.
Sebenernya oli memang sudah di design untuk ada contact dengan bbm karena kalo sedikit sedikit sih normal dan kalo oli kelas long drain biasanya lebih tahan. Tapi kalo kecampur bbmnya banyak sampe sekian %, olinya jadi jauh lebih encer sehingga mau oli apapun ya daya lumasnya udah berkurang.
Vnt kalo mau halus sih pake Q8 T800 10w40
Justru ngga pernah idle om, pagi2 start 30detik lgsg cus, idle paling kena macet. Coolant udah check, aman om. Oli ny lupa foto lg, kl di rendam kertas, oli nya cokelat2 agak hijau tipis gitu, udah gnti q8 7000, impresi ny ok om.cm gara2 5w30 kmrn, kykny mesin jd kasar hadehhh.... 2kd kykny 5w40 ngga salah deh. Cm coba deh 10w30 q8 ny hehehehe,,....
Akhirnya ganti di 4000km shell lcgc 0w20 di datsun cross
Masi kerasa enak, cuma mau perjalanan jauh jd mending diganti aja dgn shell premium 0w20
Saya rasa shell lcgc 0w20 tahan dihajar ke 5000km-6000km
Oli yg bener2 worthed di harga 234rb/4ltr
Utk shell premium iseng foto sertifikasinya
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
trebla88 wrote: Sun Apr 24, 2022 10:38
Akhirnya ganti di 4000km shell lcgc 0w20 di datsun cross
Masi kerasa enak, cuma mau perjalanan jauh jd mending diganti aja dgn shell premium 0w20
Saya rasa shell lcgc 0w20 tahan dihajar ke 5000km-6000km
Oli yg bener2 worthed di harga 234rb/4ltr
Utk shell premium iseng foto sertifikasinya
Mantapp
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
2AZ-FE kalo mau selingkuh dari AMSowell SS 5-30 OCI biasa 6-8 bulan tanpa liat berapa KM, mau coba gebetan dari [mention]sahabatq8 [/mention] kira-kira cocok nya 5-30 yang mana ya? Kalo liat spek KiuEight 5-30’rada kentel.
br3wox wrote: Mon Apr 25, 2022 14:38
2AZ-FE kalo mau selingkuh dari AMSowell SS 5-30 OCI biasa 6-8 bulan tanpa liat berapa KM, mau coba gebetan dari @sahabatq8 kira-kira cocok nya 5-30 yang mana ya? Kalo liat spek KiuEight 5-30’rada kentel.
Mohon arahan untuk selingkuh sejenak ini
Q8 formula special G/D1
5w30
Dexos 1.
Start from 140rb an.
Di atas nya lg Q8 Formula Special D1 5w30
Dexos 1 Gen2 / api sp.
180 rb an seliter.
Last edited by Suryaputra on Mon Apr 25, 2022 16:47, edited 1 time in total.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
br3wox wrote: Mon Apr 25, 2022 14:38
2AZ-FE kalo mau selingkuh dari AMSowell SS 5-30 OCI biasa 6-8 bulan tanpa liat berapa KM, mau coba gebetan dari @sahabatq8 kira-kira cocok nya 5-30 yang mana ya? Kalo liat spek KiuEight 5-30’rada kentel.
Mohon arahan untuk selingkuh sejenak ini
Q8 formula special G/D1
5w30
Dexos 1.
Start from 140rb an.
kenapa sih ga pernah nyaranin yg long life mbah?
btw yg paling bagus sebenernya yg mana ya the best money can buy nya kyu-wait itu which one?
Q8 formula special G/D1 long life 5w30
Comply ke API SN dan Dexos 1.
Tapi long life
Start from 140rb an
Ini sekelas sm Ams SS jaman API SN tok.
Bedanya.., Q8 masih produksi model ini.
Mesin bensin jepang non turbo, bisa pakai ini.
_________
Upper level, ada Q8 Special D1 5w30
dexos 1 Gen2 / API SP.
Start from 180rb an seliter.
Sekelas sm Amsoil SS yg comply ke API SP dan Dexos 1 Gen2
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra wrote: Mon Apr 25, 2022 16:51
Q8 formula special G/D1 long life 5w30
Comply ke API SN dan Dexos 1.
Tapi long life
Start from 140rb an
Ini sekelas sm Ams SS jaman API SN tok.
Bedanya.., Q8 masih produksi model ini.
_________
Upper level, ada Q8 Special D1 5w30
dexos 1 Gen2 / API SP.
Start from 180rb an seliter.
Sekelas sm Amsoil SS yg comply ke API SP dan Dexos 1 Gen2
kl vx long life?
sy pernah liat ada yg 250rb seliter itu yg mana ya?
apa salah inget, itu ravenol kali ya
Suryaputra wrote:Q8 formula special G/D1 long life 5w30
Comply ke API SN dan Dexos 1.
Tapi long life
Start from 140rb an
Ini sekelas sm Ams SS jaman API SN tok.
Bedanya.., Q8 masih produksi model ini.
Mesin bensin jepang non turbo, bisa pakai ini.
_________
Upper level, ada Q8 Special D1 5w30
dexos 1 Gen2 / API SP.
Start from 180rb an seliter.
Sekelas sm Amsoil SS yg comply ke API SP dan Dexos 1 Gen2
Kalo mau selingkuh berarti 2AZ-FE harus merasakan lendir special D1 5-30 Dexos1 Gen 2 / API SP dong ya. Btw 5-30 nya AMS vs Q8 kalo di spek ini lebih kental Q8’kan ya mbah?
Suryaputra wrote: Mon Apr 25, 2022 16:51
Q8 formula special G/D1 long life 5w30
Comply ke API SN dan Dexos 1.
Tapi long life
Start from 140rb an
Ini sekelas sm Ams SS jaman API SN tok.
Bedanya.., Q8 masih produksi model ini.
_________
Upper level, ada Q8 Special D1 5w30
dexos 1 Gen2 / API SP.
Start from 180rb an seliter.
Sekelas sm Amsoil SS yg comply ke API SP dan Dexos 1 Gen2
kl vx long life?
sy pernah liat ada yg 250rb seliter itu yg mana ya?
apa salah inget, itu ravenol kali ya
br3wox wrote: Mon Apr 25, 2022 14:38
2AZ-FE kalo mau selingkuh dari AMSowell SS 5-30 OCI biasa 6-8 bulan tanpa liat berapa KM, mau coba gebetan dari @sahabatq8 kira-kira cocok nya 5-30 yang mana ya? Kalo liat spek KiuEight 5-30’rada kentel.
Mohon arahan untuk selingkuh sejenak ini
Kalo biasa pake AMS SS, pake aja G long life. Dulu saya pernah nyoba di 2gr fse sih jauh enakan G long life dari pada G/D1 walaupun sama sama kelas long drain. IMO kalo incer performa sih paling value for money si G long life. Kalo VX juga bagus, tapi dari segi harga lebih mahal lumayan.
Suryaputra wrote:Q8 formula special G/D1 long life 5w30
Comply ke API SN dan Dexos 1.
Tapi long life
Start from 140rb an
Ini sekelas sm Ams SS jaman API SN tok.
Bedanya.., Q8 masih produksi model ini.
Mesin bensin jepang non turbo, bisa pakai ini.
_________
Upper level, ada Q8 Special D1 5w30
dexos 1 Gen2 / API SP.
Start from 180rb an seliter.
Sekelas sm Amsoil SS yg comply ke API SP dan Dexos 1 Gen2
Kalo mau selingkuh berarti 2AZ-FE harus merasakan lendir special D1 5-30 Dexos1 Gen 2 / API SP dong ya. Btw 5-30 nya AMS vs Q8 kalo di spek ini lebih kental Q8’kan ya mbah?
Harusnya diurut dulu Q8 selingkuhannya ya :
1. 5-30 Formula special G/D1 Long life 180rb an
2. 5-30 Formula Special D1 220 rb an
3. 5-30 Formula VX long life 250 rb an
Selingkuhnya 2AZ-FE paripurna ini untuk 3x OCI tiap 6-8 bulan. Udah 2x Oci terakhir AMS SS 5-30 di 6 bulan pas di 4000 an Km dan 8 bulan pas di 5000 an Km. Biar old engine gizi harus MAX
br3wox wrote: Mon Apr 25, 2022 14:38
2AZ-FE kalo mau selingkuh dari AMSowell SS 5-30 OCI biasa 6-8 bulan tanpa liat berapa KM, mau coba gebetan dari @sahabatq8 kira-kira cocok nya 5-30 yang mana ya? Kalo liat spek KiuEight 5-30’rada kentel.
Mohon arahan untuk selingkuh sejenak ini
Kalo biasa pake AMS SS, pake aja G long life. Dulu saya pernah nyoba di 2gr fse sih jauh enakan G long life dari pada G/D1 walaupun sama sama kelas long drain. IMO kalo incer performa sih paling value for money si G long life. Kalo VX juga bagus, tapi dari segi harga lebih mahal lumayan.
IMG_0401.jpg
Kalo dari spec mana yang paling “kental” ?
Matur suwun
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by br3wox on Mon Apr 25, 2022 17:30, edited 4 times in total.
kl mau ala2 sultan hedon berarti kl ga "special G long life" atau vx long life. tp yg vx-LL itu spec vw long drain biasanya euro spec lbh kentel, tinggal bandingin v100 n hths nya aja.
Omnibus wrote: Mon Apr 25, 2022 17:31
namanya mirip2 banget.
kl mau ala2 sultan hedon berarti kl ga "special G long life" atau vx long life. tp yg vx-LL itu spec vw long drain biasanya euro spec lbh kentel, tinggal bandingin v100 n hths nya aja.
Ho oh
emg v100 nya tipikal oli diesel dan eropah,
Q8 G long life itu dexos 2, Buat bensin dan diesel.
Q8 formula D1 5w30 itu dexos 1 gen2,
Khusus bensin atau bensin turbo jepang atau GM group.
I personally prefer this buat mesin bensin, klo alokasi budget sama di rentang amsoil SS 5w30.
Specnya mirip2.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Pagi om mau tanya?
Apakah wajar kalau kondisi hujan deres seperti semalem jln dr bintaro ke ciawi, konsumsi bbm berasa jd lebih rich....jd berasa harus nekan gas lebih dalam terus....
Kalau cerah normal lg..... Atau feel saya aja yg salah.
Suwun
Kondisi mesin :
Dari terakhir tune up sdh jln 8 rb km
Oli eco ptt
1). API SN 0w20 eco jalan 5000 km pertama
2). Api SP 0w20 eco br jln 3000 km
3). Tekanan ban tiap awal bulan di setting di 37 rata depan belakang, dan di bulan berikutnya almost depan di 33.7 belakang 34.3
4). Bbm pertalite
5). Km ongoing 190 rb km - 1kr de
Omnibus wrote: Mon Apr 25, 2022 17:31
namanya mirip2 banget.
kl mau ala2 sultan hedon berarti kl ga "special G long life" atau vx long life. tp yg vx-LL itu spec vw long drain biasanya euro spec lbh kentel, tinggal bandingin v100 n hths nya aja.
Ho oh
emg v100 nya tipikal oli diesel dan eropah,
Q8 G long life itu dexos 2, Buat bensin dan diesel.
Q8 formula D1 5w30 itu dexos 1 gen2,
Khusus bensin atau bensin turbo jepang atau GM group.
I personally prefer this buat mesin bensin, klo alokasi budget sama di rentang amsoil SS 5w30.
Specnya mirip2.
Mobil 1 EP Nascar gak masuk kandidat buat selingkuh dr Ams SS mbah? API msh SN+ sih, Q8 D1/G2 & Ams SS msg2 sdh pd SP.
Pernah dibahas dulu kan yah bareng mbah omni, kesimpulan spec lebih tinggi malah banding Ams SS (kl gak salah ingat).
Cuman napa kurang Favorit yah alias jarang yg pakai & review banding duo keraton diatas, padahal oli buat mobil balap ini hahahah... harga juga deket2 ke Ams SS.
doko86 wrote: Tue Apr 26, 2022 0:34
Pagi om mau tanya?
Apakah wajar kalau kondisi hujan deres seperti semalem jln dr bintaro ke ciawi, konsumsi bbm berasa jd lebih rich....jd berasa harus nekan gas lebih dalam terus....
Kalau cerah normal lg..... Atau feel saya aja yg salah.
Suwun
Kondisi mesin :
Dari terakhir tune up sdh jln 8 rb km
Oli eco ptt
1). API SN 0w20 eco jalan 5000 km pertama
2). Api SP 0w20 eco br jln 3000 km
3). Tekanan ban tiap awal bulan di setting di 37 rata depan belakang, dan di bulan berikutnya almost depan di 33.7 belakang 34.3
4). Bbm pertalite
5). Km ongoing 190 rb km - 1kr de
Salam dr sesama pemakai 1KR-GTE inline 6 diskon 50%
Kl d kita orang malah kebalikan, pas magrib atau mendung adem, uenakkk bener, toel gas sikit mobil ud lompat, FC yg kl panas terik cuman 1:10an bsa mendadak lgs improve jauh
Spek mobil sbb
1. Oli asinan 0-20
2. Oli metik asinan vi
3. Bbm pertalit
4. Odo 50rb saja
5. Busi denso nikel bawaan
6. ISC, TPS ama MAP +IAT bersih
benzz89 wrote: Tue Apr 26, 2022 1:02Mobil 1 EP Nascar gak masuk kandidat buat selingkuh dr Ams SS mbah? API msh SN+ sih, Q8 D1/G2 & Ams SS msg2 sdh pd SP.
Pernah dibahas dulu kan yah bareng mbah omni, kesimpulan spec lebih tinggi malah banding Ams SS (kl gak salah ingat).
Cuman napa kurang Favorit yah alias jarang yg pakai & review banding duo keraton diatas, padahal oli buat mobil balap ini hahahah... harga juga deket2 ke Ams SS.
Menurut saya, psikologis harga konsumen itu masih under 200k per liter om, sehingga diasumsikan "best bang for the buck" item dan enak buat didiskusikan.
doko86 wrote: Tue Apr 26, 2022 0:34
Pagi om mau tanya?
Apakah wajar kalau kondisi hujan deres seperti semalem jln dr bintaro ke ciawi, konsumsi bbm berasa jd lebih rich....jd berasa harus nekan gas lebih dalam terus....
Kalau cerah normal lg..... Atau feel saya aja yg salah.
Suwun
Kondisi mesin :
Dari terakhir tune up sdh jln 8 rb km
Oli eco ptt
1). API SN 0w20 eco jalan 5000 km pertama
2). Api SP 0w20 eco br jln 3000 km
3). Tekanan ban tiap awal bulan di setting di 37 rata depan belakang, dan di bulan berikutnya almost depan di 33.7 belakang 34.3
4). Bbm pertalite
5). Km ongoing 190 rb km - 1kr de
bintaro - ciawi nanjak jalanannya om. ditambah aliran air hujan yg turun, melawan arah laju mobil. drag nya pasti lumayan.
apalagi kl ada angin kencang, arahnya head wind pula.
apalagi om abis makan banyak jd beban tambah berat.
komplit deh. haha
br3wox wrote: Mon Apr 25, 2022 17:30
Kalo dari spec mana yang paling “kental” ?
Matur suwun
Paling kentel ke paling encer
G long life (12.3) > VX long life (11.6) > Special D1 (11.2)
Suryaputra wrote:
Omnibus wrote: Mon Apr 25, 2022 17:31
namanya mirip2 banget.
kl mau ala2 sultan hedon berarti kl ga "special G long life" atau vx long life. tp yg vx-LL itu spec vw long drain biasanya euro spec lbh kentel, tinggal bandingin v100 n hths nya aja.
Ho oh
emg v100 nya tipikal oli diesel dan eropah,
Q8 G long life itu dexos 2, Buat bensin dan diesel.
Q8 formula D1 5w30 itu dexos 1 gen2,
Khusus bensin atau bensin turbo jepang atau GM group.
I personally prefer this buat mesin bensin, klo alokasi budget sama di rentang amsoil SS 5w30.
Specnya mirip2.
Ams ss 5-30 itu 10,3 ya berarti nanti sy selingkuh si Special D1 aja deh ya 11,2. Harga mirip-mirip kentel dikit gpp itung-itung variasi…
Kalo mau turun budget dengan konsekuensi tarikan bawah rada lemot tapi high rev mantap berarti lari ke G Long Life, sy cenderung ke driver santai dengan rute pendek kalo daily < 6 Km Rumah - Kantor dan kalo jauh2 roadtrip max speed 120 km/h.
Nanti hasil selingkuhnya saya report, disini kebetulan OCI 6 bulan AMs jatohnya di akhir mei 2022.
Sekalin share disini di 2AZ-FE sy pake AMS minim penguapan , selama ini gak pernah top up oli.