kentbertlee wrote: Wed Apr 20, 2022 6:55
hi all, rencana pengen beli mobil baru, nah kebetulan mobil barunya cvt (all new brv).
setelah lihat2 review dan komentar2 di youtube(terutama pas wawancara bengkel khusus mobil matic) banyak yg bilang:
1. cvt lbh cepat rusak dan perbaikannya super mahal, bener ngak y?
2. mobil cvt walau sudah rutin ganti oli di km 100.000km rata2 putus/bermasalah sabuk bajanya, apa benar?
3. jadi agak ragu dengan mobil cvt tapi makin ke sini kelihatannya semua mobil mala jadi cvt semua. sampai avanza xenia aja jadi cvt, honda da semua cvt kayaknya ya, expander jg cvt, sisa suzuki saja spertinya. menurut kawan2 gmn?
4. mungkin d sini ada yg sudah pakai mobil cvt lbh dari 100.000km bisa berbagi pengalaman disini.
mohon pencerahannya ya all.. thanks be4
CVT in general lebih cepat rusak? jawabannya bisa iya bisa tidak. rule of thumb : semua benda mekanikal pasti akan memerlukan servis pada waktunya. be it manual atau automatic tradisional sekalipun. rusaknya kapan? ya mboh. tergantung banyak sekali hal.
tapi secara prinsip kerja emang berpotensi failure lebih cepat dibanding konvensional.
secara umum transmisi konvensional spt automatic dan manual (termasuk DCT dan AMT) itu punya mekanisme lock and release. komponen di dalamnya tidak dalam kondisi bergesekan / kontak terus menerus dan ketika masuk gir dia akan release clutch lalu lock ke gigi baru lock up lagi.
tapi hal ini tidak terjadi di CVT. operasi di CVT digerakkan oleh mekanisme pulley dan belt. walaupun CVT sekarang banyak dilengkapi dengan lock mechanism / stepped gear / sekuensial sehingga tidak selip terus menerus spt motor metik.
nah sebenernya apa yang bikin transmisi awet/tidak awet? panas. musuh utama transmisi (dan benda bergerak apapun) adalah panas. panas dari proses bergesekan, mekanisme lock and release / pindah gigi tsb, blom kita ngomongin panas dari mesin dan pengereman. sementara dia posisinya cooling aja harus ikut mesin. masalahnya di CVT pasti sangat panas krn terus-terusan bergesekan. sama dengan DCT dry yang walaupun dia ada mekanisme lock and release, tapi lock and release di DCT juga terjadi sangat cepat jadi antar clutch nya selalu melakukan gesekan dalam hitungan milidetik.
jadi apakah pemilik CVT "doomed" ? kartu mati pasti cepat rusak di atas 100 ribu kilo ? di sini biasa perdebatannya tapi yang bisa saya rest assure adalah CVT *generally* juga lebih awet daripada DSG-dry clutch.
beruntungnya CVT dibanding DSG-dry clutch adalah ia punya oli. oli CVT sangat berperan besar untuk melawan panas yang menyebabkan wear tersebut. atau minimal, prolong / memperpanjang umur komponen sebelum akhirnya break down. kalau mau tau seberapa besar peran fluid, ya liat aja gimana DSG-wet itu tingkat durabilitynya sejauh apa dibanding DSG-dry.
nah sama spt oli mesin dan oli-olian lain cairan ini juga perlu secara rutin di ganti yang masalahnya kebanyakan user tidak educated tentang ini cuma taunya ganti oli mesin aja selama pemakaian.
malah bengkel resmi juga tidak banyak mengedukasi tentang perlunya rutin ganti ATF / CVTF padahal mobil setiap hari disiksa di jalanan neraka jahanam +62. for the sake of "perawatan murah" sebagian ATPM tidak pernah memasukkan jadwal ganti CVTF rutin ke buku servis. sehingga user yang tdk aware ya akan bodo amat.
dah gitu nyetir kasar asal main pedal to the carpet tiap lampu merah di launch ya ancur lah itu lama lama transmisinya.
jadi kalau takut CVT kalah, preventive nya :
- rutinlah mengganti CVTF per 2 tahun, atau 20rb (ini panduan standar perawatan honda yang imho paling oke dibanding pabrikan dengan CVT lainnya). depends dari kondisi harian seperti apa. kalau ekstrem sering nanjak dan di daerah berdebu bisa lebih cepet. OEM fluid HCF-2 itu harganya cuma 300 rebu dikali 10x ganti pun, lebih murah jauh ketimbang harus OH CVT di 120 ribu kilometer.
- jangan keseringan nge-launch mobil. sesekali gak apa. tapi kalo tiap lampu merah di launch sih itu cari mati. mobil manual aja koplingnya bisa cepet abis kalo keseringan di launch.
- utamakan akselerasi yang smooth. ya ini berlaku buat segala jenis transmisi kok. gaspol di CVT juga tidak ada masalah kalo dari rolling. yang masalah tu kalo gaspol - lepas gas - gaspol lagi - lepas gas lagi - gaspol lagi. yang kayak gini sih service bill puluhan juta menanti.
intinya sih ngga perlu takut berlebihan dengan CVT. mobil CVT bukan barang baru. mobil CVT yang tembus 100rb saya yakin banyak. dan again cepat rusak atau tidaknya juga bergantung pada design pabrikannya. klo honda CVT sih relatif aman liat aja HRV keluaran awal msh pada berkeliaran masa iya itu gak ada yang 100rb kilo
kalau mau fair mah AT juga banyak yang overhaul di kilometer 100 ribuan. xpander 4AT dibilang lebih robust ya ngga juga itu MMKSI kasih jadwal ganti ATF di 100 ribu, 60-70ribu ada yang udah ngaco pindahnya sampe jebol juga ada.