Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
DOHC wrote: Sun Apr 17, 2022 16:38
atau kl skalian turun kelas ke denso nikel, aman ga seh mbah ?? itung2 tiap ceban km ganti, ama biar tiap gantol, busi nya fresh terus gt ..
soalnya dl perna nanya ke montir beres, malah dibilang ga bole lah, nanti bsa rusak coil dsb dsb
mengingatkan nagabonar adegan turun pangkat dari mayor ke sersan mayor....
asli lah itu, harganya pasaran, yg beli jg mayan banyak.
udah lah telen aja mbah kuar sapeceng tiap noban km. drpd jij ganti ke pertamak, pilih mana. atau ganti pake denso TT, lbh mahal.
atau kl skalian turun kelas ke denso nikel, aman ga seh mbah ?? itung2 tiap ceban km ganti, ama biar tiap gantol, busi nya fresh terus gt ..
soalnya dl perna nanya ke montir beres, malah dibilang ga bole lah, nanti bsa rusak coil dsb dsb
Mbah, ai dulu pake seperti ini; https://tokopedia.link/FadqMV1njpb
Di innova lama, sanpe mobil dijual ga pernah ganti busi lagi. Awet bener tuh busi dan ge perlu atur2 celah elektrode. Yg ai pake dulu kemasannya plastik cuma tak cari2 di toko onlen ga nemu lagi.
harganya lmayan jg ya mbah utk kelas busi platinum, tp nanti ai coba tampung deh
atau kl skalian turun kelas ke denso nikel, aman ga seh mbah ?? itung2 tiap ceban km ganti, ama biar tiap gantol, busi nya fresh terus gt ..
soalnya dl perna nanya ke montir beres, malah dibilang ga bole lah, nanti bsa rusak coil dsb dsb
gpp kok asal diameter ulir, panjang ulir, n electrode protrusion nya sama. heat range juga.
soalnya kl bicara lead baca sendiri kan yg diserang nickel nya. jd percuma pake iridium-nickel kecuali yg TT krn itu pake tonjolan platinum kan. bisa lbh tahan.
cobain aja mbah busi copper-nickel nya. paling jelek ceban tewas. atau malah kaya di GK ai dulu, siceng tewas
mbah
barusan ai abis gugel2 ttg jenis busi , kl yg ai rangkum :
nikel itu conductivity dan heat dissipation nya the best, tp krn surface area electrode nya jg yg paling luas, maka nikel itu yg paling perlu voltage lebi besar
kl iridium, menang durability ama voltage requirement lebi kecil drpd platinum, apalagi nikel
kl platinum, ini tengah2 antara iridium dan nikel
cuman all in all, kl mo nyari durability, wajip yg twin tip either platinum atau iridium... kl yg cuman single tip doank alias stengah2 yah sama aja boong in terms of durability
nahh, pertanyaan nya, mengenai voltage requirement, berarti busi nikel bikin coil lebi kerja extra keras donk ktimbang waktu make busi iridium (thus resulting in earlier premature death utk coil nya ktimbang kl pake busi iridium/ platinum).. bener ga mbah ?
atau kl skalian turun kelas ke denso nikel, aman ga seh mbah ?? itung2 tiap ceban km ganti, ama biar tiap gantol, busi nya fresh terus gt ..
soalnya dl perna nanya ke montir beres, malah dibilang ga bole lah, nanti bsa rusak coil dsb dsb
gpp kok asal diameter ulir, panjang ulir, n electrode protrusion nya sama. heat range juga.
soalnya kl bicara lead baca sendiri kan yg diserang nickel nya. jd percuma pake iridium-nickel kecuali yg TT krn itu pake tonjolan platinum kan. bisa lbh tahan.
cobain aja mbah busi copper-nickel nya. paling jelek ceban tewas. atau malah kaya di GK ai dulu, siceng tewas
mbah
barusan ai abis gugel2 ttg jenis busi , kl yg ai rangkum :
nikel itu conductivity dan heat dissipation nya the best, tp krn surface area electrode nya jg yg paling luas, maka nikel itu yg paling perlu voltage lebi besar
kl iridium, menang durability ama voltage requirement lebi kecil drpd platinum, apalagi nikel
kl platinum, ini tengah2 antara iridium dan nikel
cuman all in all, kl mo nyari durability, wajip yg twin tip either platinum atau iridium... kl yg cuman single tip doank alias stengah2 yah sama aja boong in terms of durability
nahh, pertanyaan nya, mengenai voltage requirement, berarti busi nikel bikin coil lebi kerja extra keras donk ktimbang waktu make busi iridium (thus resulting in earlier premature death utk coil nya ktimbang kl pake busi iridium/ platinum).. bener ga mbah ?
waduh ntar gw cuap2 malu sendiri jadinya nih kaya kemaren.
fakta yg ditulis itu udah bener yg ttg conductivity tp kesimpulan yg diambil salah. ai lurusin dikit ya, yg jij bilang busi nikel itu yg bahannya nikel itu elektroda negatifnya (samping) sementara elektroda positif (tengah) itu bahannya copper. yg jij pertanyakan electroda positifnya kan? jd yg high conductivity itu si copper nya (electroda tengah) n dia ga masalah sebesar itu diameternya kan, sedari jaman jebot udah begitu.
nah skrg ttg platinum n iridium kl dibikin sebesar itu diameternya, ini yg ga bisa, coil nya kurang gede utk keluarin api yg diperlukan. krn conductivity platinum n iridium lbh rendah drpd copper. makanya dibikin kecil kurleb 0.4mm utk iridium vs 2.5mm copper.
jd beban ke coil kurang lebih sama mbah. buktinya jazz ai mau pake copper-nickel atau iridium-nickel ga jebol tuh coil nya.
coil itu cuma bisa jebol krn 3 hal:
1. businya kelewat kotor sampai carbon nya nyambungin elektroda negatif dan positif lewat insulator itu yg penuh dgn carbon. jadinya: korslet (short circuit) si coil nya, tepatnya pada bagian secondary circuitnya.
2. kabel di atas coil (yg 2 pin, 3 pin, atau 4 pin) itu korslet, kabel positifnya ketemu sama ground. coilnya jebol, tepatnya pada bagian primary circuitnya dan ini bisa juga ecu nya ikutan kena.
3. coil yg dilepas dr busi dan mesinnya di starter (kabel input dicolokin ke coil tp ga dikasih busi di ujung keluaran coilnya). ini bakal jebolin coil krn energy yg dihasilkan ga bisa dibuang keluar, jd hantem ke diri sendiri. makanya kl ngetes coil itu hrs dikasih air gap dan negatif spt video dibawah ini.
skip ke 2:45. itu alat ujungnya ada kabel yg ditempel ke body ground. jd voltage yg dihasilkan coil loncatin air gap ke ujung satunya yg polaritynya negatif, jd mirip busi.
kl ga ada alat itu atau ga dikasih busi trus dinyalain gitu mesinnya, ya bakal jebol.
contrary to popular belief, busi aus yg gap nya udah out of spec ga akan bikin coil jebol. selama electrodanya msh utuh ya. krn sama aja kaya dia pake alat di video barusan. cuma air gap nya gede jd apinya kecil dan ga fokus, bisa misfiring.
waduh ntar gw cuap2 malu sendiri jadinya nih kaya kemaren.
fakta yg ditulis itu udah bener yg ttg conductivity tp kesimpulan yg diambil salah. ai lurusin dikit ya, yg jij bilang busi nikel itu yg bahannya nikel itu elektroda negatifnya (samping) sementara elektroda positif (tengah) itu bahannya copper. yg jij pertanyakan electroda positifnya kan? jd yg high conductivity itu si copper nya (electroda tengah) n dia ga masalah sebesar itu diameternya kan, sedari jaman jebot udah begitu.
nah skrg ttg platinum n iridium kl dibikin sebesar itu diameternya, ini yg ga bisa, coil nya kurang gede utk keluarin api yg diperlukan. krn conductivity platinum n iridium lbh rendah drpd copper. makanya dibikin kecil kurleb 0.4mm utk iridium vs 2.5mm copper.
jd beban ke coil kurang lebih sama mbah. buktinya jazz ai mau pake copper-nickel atau iridium-nickel ga jebol tuh coil nya.
coil itu cuma bisa jebol krn 3 hal:
1. businya kelewat kotor sampai carbon nya nyambungin elektroda negatif dan positif lewat insulator itu yg penuh dgn carbon. jadinya: korslet (short circuit) si coil nya, tepatnya pada bagian secondary circuitnya.
2. kabel di atas coil (yg 2 pin, 3 pin, atau 4 pin) itu korslet, kabel positifnya ketemu sama ground. coilnya jebol, tepatnya pada bagian primary circuitnya dan ini bisa juga ecu nya ikutan kena.
3. coil yg dilepas dr busi dan mesinnya di starter (kabel input dicolokin ke coil tp ga dikasih busi di ujung keluaran coilnya). ini bakal jebolin coil krn energy yg dihasilkan ga bisa dibuang keluar, jd hantem ke diri sendiri. makanya kl ngetes coil itu hrs dikasih air gap dan negatif spt video dibawah ini.
skip ke 2:45. itu alat ujungnya ada kabel yg ditempel ke body ground. jd voltage yg dihasilkan coil loncatin air gap ke ujung satunya yg polaritynya negatif, jd mirip busi.
kl ga ada alat itu atau ga dikasih busi trus dinyalain gitu mesinnya, ya bakal jebol.
contrary to popular belief, busi aus yg gap nya udah out of spec ga akan bikin coil jebol. selama electrodanya msh utuh ya. krn sama aja kaya dia pake alat di video barusan. cuma air gap nya gede jd apinya kecil dan ga fokus, bisa misfiring.
gpp kok asal diameter ulir, panjang ulir, n electrode protrusion nya sama. heat range juga.
soalnya kl bicara lead baca sendiri kan yg diserang nickel nya. jd percuma pake iridium-nickel kecuali yg TT krn itu pake tonjolan platinum kan. bisa lbh tahan.
cobain aja mbah busi copper-nickel nya. paling jelek ceban tewas. atau malah kaya di GK ai dulu, siceng tewas
mbah
barusan ai abis gugel2 ttg jenis busi , kl yg ai rangkum :
nikel itu conductivity dan heat dissipation nya the best, tp krn surface area electrode nya jg yg paling luas, maka nikel itu yg paling perlu voltage lebi besar
kl iridium, menang durability ama voltage requirement lebi kecil drpd platinum, apalagi nikel
kl platinum, ini tengah2 antara iridium dan nikel
cuman all in all, kl mo nyari durability, wajip yg twin tip either platinum atau iridium... kl yg cuman single tip doank alias stengah2 yah sama aja boong in terms of durability
nahh, pertanyaan nya, mengenai voltage requirement, berarti busi nikel bikin coil lebi kerja extra keras donk ktimbang waktu make busi iridium (thus resulting in earlier premature death utk coil nya ktimbang kl pake busi iridium/ platinum).. bener ga mbah ?
waduh ntar gw cuap2 malu sendiri jadinya nih kaya kemaren.
fakta yg ditulis itu udah bener yg ttg conductivity tp kesimpulan yg diambil salah. ai lurusin dikit ya, yg jij bilang busi nikel itu yg bahannya nikel itu elektroda negatifnya (samping) sementara elektroda positif (tengah) itu bahannya copper. yg jij pertanyakan electroda positifnya kan? jd yg high conductivity itu si copper nya (electroda tengah) n dia ga masalah sebesar itu diameternya kan, sedari jaman jebot udah begitu.
nah skrg ttg platinum n iridium kl dibikin sebesar itu diameternya, ini yg ga bisa, coil nya kurang gede utk keluarin api yg diperlukan. krn conductivity platinum n iridium lbh rendah drpd copper. makanya dibikin kecil kurleb 0.4mm utk iridium vs 2.5mm copper.
jd beban ke coil kurang lebih sama mbah. buktinya jazz ai mau pake copper-nickel atau iridium-nickel ga jebol tuh coil nya.
coil itu cuma bisa jebol krn 3 hal:
1. businya kelewat kotor sampai carbon nya nyambungin elektroda negatif dan positif lewat insulator itu yg penuh dgn carbon. jadinya: korslet (short circuit) si coil nya, tepatnya pada bagian secondary circuitnya.
2. kabel di atas coil (yg 2 pin, 3 pin, atau 4 pin) itu korslet, kabel positifnya ketemu sama ground. coilnya jebol, tepatnya pada bagian primary circuitnya dan ini bisa juga ecu nya ikutan kena.
3. coil yg dilepas dr busi dan mesinnya di starter (kabel input dicolokin ke coil tp ga dikasih busi di ujung keluaran coilnya). ini bakal jebolin coil krn energy yg dihasilkan ga bisa dibuang keluar, jd hantem ke diri sendiri. makanya kl ngetes coil itu hrs dikasih air gap dan negatif spt video dibawah ini.
skip ke 2:45. itu alat ujungnya ada kabel yg ditempel ke body ground. jd voltage yg dihasilkan coil loncatin air gap ke ujung satunya yg polaritynya negatif, jd mirip busi.
kl ga ada alat itu atau ga dikasih busi trus dinyalain gitu mesinnya, ya bakal jebol.
contrary to popular belief, busi aus yg gap nya udah out of spec ga akan bikin coil jebol. selama electrodanya msh utuh ya. krn sama aja kaya dia pake alat di video barusan. cuma air gap nya gede jd apinya kecil dan ga fokus, bisa misfiring.
*ngoceh lagi dah ai, amsiong
ahhh ini yg ai tunggu2
kamsia info nya mbah
kl gt lgs capcus mesen busi nikel selusin aj dehh, tiap ceban km ganti... biarin dehh diperbudak ama tools
DOHC wrote: Tue Apr 19, 2022 15:54
ahhh ini yg ai tunggu2
kamsia info nya mbah
kl gt lgs capcus mesen busi nikel selusin aj dehh, tiap ceban km ganti... biarin dehh diperbudak ama tools
kembali kamsiah mbah
beli 1 set dulu kali namanya coba2. maen selusin aja.
nahh ini
ai baru nyadar kl ternjata skrg busi nikel (apalagi yg kuaran denso dus biru) itu ud bukan made in indo lg... tp malah import dr cungkwo (mungkin perlu di konfirmasi ulang ama mbah 69 neh)
nah skelibat liat, yg cungkwo made itu, ai agak kurang sreg sehh ama finishing nya, bagusan yg denso lokal indo punya..
konon kl masi mau dapet denso lokal yg nikel, wajip yg dus tjap toyota / daihatsu nya... makanya drpd beli satu2 , ai lgs aj hajar selosin
1. businya kelewat kotor sampai carbon nya nyambungin elektroda negatif dan positif lewat insulator itu yg penuh dgn carbon. jadinya: korslet (short circuit) si coil nya, tepatnya pada bagian secondary circuitnya.
2. kabel di atas coil (yg 2 pin, 3 pin, atau 4 pin) itu korslet, kabel positifnya ketemu sama ground. coilnya jebol, tepatnya pada bagian primary circuitnya dan ini bisa juga ecu nya ikutan kena.
3. coil yg dilepas dr busi dan mesinnya di starter (kabel input dicolokin ke coil tp ga dikasih busi di ujung keluaran coilnya). ini bakal jebolin coil krn energy yg dihasilkan ga bisa dibuang keluar, jd hantem ke diri sendiri. makanya kl ngetes coil itu hrs dikasih air gap dan negatif spt video dibawah ini.
skip ke 2:45. itu alat ujungnya ada kabel yg ditempel ke body ground. jd voltage yg dihasilkan coil loncatin air gap ke ujung satunya yg polaritynya negatif, jd mirip busi.
kl ga ada alat itu atau ga dikasih busi trus dinyalain gitu mesinnya, ya bakal jebol.
contrary to popular belief, busi aus yg gap nya udah out of spec ga akan bikin coil jebol. selama electrodanya msh utuh ya. krn sama aja kaya dia pake alat di video barusan. cuma air gap nya gede jd apinya kecil dan ga fokus, bisa misfiring.
*ngoceh lagi dah ai, amsiong
Hmmmm nganu mbah ama 1 lagi.
Kl ada air masuk yg trs membuat selongsong koil bocor.
Btw, denso yg IX Series jg cm tahan 20 rb km dung meskipun dia twin tip iridium kaya IXEH20TT yg direkomen denso u livina gantiin FXEH20?
Omnibus wrote: Tue Apr 19, 2022 15:21
contrary to popular belief, busi aus yg gap nya udah out of spec ga akan bikin coil jebol. selama electrodanya msh utuh ya. krn sama aja kaya dia pake alat di video barusan. cuma air gap nya gede jd apinya kecil dan ga fokus, bisa misfiring.
blloewy wrote: Tue Apr 19, 2022 20:10
Btw, denso yg IX Series jg cm tahan 20 rb km dung meskipun dia twin tip iridium kaya IXEH20TT yg direkomen denso u livina gantiin FXEH20?
kalau ngacu ke website denso sih semua yang kode busi awal i umur 20rb, termasuk IX series
blloewy wrote: Tue Apr 19, 2022 20:10
Btw, denso yg IX Series jg cm tahan 20 rb km dung meskipun dia twin tip iridium kaya IXEH20TT yg direkomen denso u livina gantiin FXEH20?
kalau ngacu ke website denso sih semua yang kode busi awal i umur 20rb, termasuk IX series
btw makasih banget info nya mbah, berarti bukan krn mesin nya ga sehat, tp emg segitu umur nya
kl gt wes lgs skalian pake yg busi inofa lama yg nikel aj, sbiji cuman 15 rebu, tiap ceban km ganti jg ga pusing
kayaknya busi longlife itu akan terasa kelebihannya dibanding yang normal life itu buat mobil2 yang kalau buka busi harus berjuang dulu
cuman pansah 2019 juga dikasih busi denso iridum, untungnya double tip SC16HR11
regards,
singachu
iya makanya Livina dikasi FX series aslinya
dan skrg rame yg jual FX Series Denso 1 set isi 4 harga 400 rb yg mana lbh murah dari IX Series.
Btw, kl NGK ada juga ngga ya berapa lama bertahan businya?
Semacam artikel denso ini.
Kepala shock buat baut gardan pada pakai yg gimana ya ? Kayaknya agak susa ini pake shock 24 segi 6 atau ring 24. Lepas mulu, pegangannya dikit banget.. lagi beli shock 24 yg segi 12..
elraedrew wrote: Wed Apr 20, 2022 1:51
Kepala shock buat baut gardan pada pakai yg gimana ya ? Kayaknya agak susa ini pake shock 24 segi 6 atau ring 24. Lepas mulu, pegangannya dikit banget.. lagi beli shock 24 yg segi 12..
saya pakai socket bit 6pt yang drive 1/2" ngga pernah nemu masalah.
buat buka musti 2 tangan, 1 tangan nahan supaya kepala ratchet/socket bit tetep nempel di drain/fill plug, 1 tangan lagi dorong gagang ratchet pake momentum.
1. businya kelewat kotor sampai carbon nya nyambungin elektroda negatif dan positif lewat insulator itu yg penuh dgn carbon. jadinya: korslet (short circuit) si coil nya, tepatnya pada bagian secondary circuitnya.
2. kabel di atas coil (yg 2 pin, 3 pin, atau 4 pin) itu korslet, kabel positifnya ketemu sama ground. coilnya jebol, tepatnya pada bagian primary circuitnya dan ini bisa juga ecu nya ikutan kena.
3. coil yg dilepas dr busi dan mesinnya di starter (kabel input dicolokin ke coil tp ga dikasih busi di ujung keluaran coilnya). ini bakal jebolin coil krn energy yg dihasilkan ga bisa dibuang keluar, jd hantem ke diri sendiri. makanya kl ngetes coil itu hrs dikasih air gap dan negatif spt video dibawah ini.
skip ke 2:45. itu alat ujungnya ada kabel yg ditempel ke body ground. jd voltage yg dihasilkan coil loncatin air gap ke ujung satunya yg polaritynya negatif, jd mirip busi.
kl ga ada alat itu atau ga dikasih busi trus dinyalain gitu mesinnya, ya bakal jebol.
contrary to popular belief, busi aus yg gap nya udah out of spec ga akan bikin coil jebol. selama electrodanya msh utuh ya. krn sama aja kaya dia pake alat di video barusan. cuma air gap nya gede jd apinya kecil dan ga fokus, bisa misfiring.
*ngoceh lagi dah ai, amsiong
Hmmmm nganu mbah ama 1 lagi.
Kl ada air masuk yg trs membuat selongsong koil bocor.
Btw, denso yg IX Series jg cm tahan 20 rb km dung meskipun dia twin tip iridium kaya IXEH20TT yg direkomen denso u livina gantiin FXEH20?
kl ada air masuk dan airnya bikin terminal busi jd short to ground iya bakal bikin jebol, sama dgn point no 1. tp kl kering dan itu selongsong cuma bocor n arching ke block mesin di sekitarnya itu menurut sy ga bikin coil jebol. misfire /brebet pasti tp coil ga jebol krn energy keluar ga hantem diri sendiri.
elraedrew wrote: Wed Apr 20, 2022 1:51
Kepala shock buat baut gardan pada pakai yg gimana ya ? Kayaknya agak susa ini pake shock 24 segi 6 atau ring 24. Lepas mulu, pegangannya dikit banget.. lagi beli shock 24 yg segi 12..
mata socketnya beli yg bagusan om. kl lepas mulu jangan paksa nanti slek, itu berarti mata socketnya yg ga presisi.
sy pake mata socket stahlwille 24mm ga ada masalah.