Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
DOHC wrote: Sun Apr 17, 2022 16:38
atau kl skalian turun kelas ke denso nikel, aman ga seh mbah ?? itung2 tiap ceban km ganti, ama biar tiap gantol, busi nya fresh terus gt ..
soalnya dl perna nanya ke montir beres, malah dibilang ga bole lah, nanti bsa rusak coil dsb dsb
mengingatkan nagabonar adegan turun pangkat dari mayor ke sersan mayor....
asli lah itu, harganya pasaran, yg beli jg mayan banyak.
udah lah telen aja mbah kuar sapeceng tiap noban km. drpd jij ganti ke pertamak, pilih mana. atau ganti pake denso TT, lbh mahal.
atau kl skalian turun kelas ke denso nikel, aman ga seh mbah ?? itung2 tiap ceban km ganti, ama biar tiap gantol, busi nya fresh terus gt ..
soalnya dl perna nanya ke montir beres, malah dibilang ga bole lah, nanti bsa rusak coil dsb dsb
Mbah, ai dulu pake seperti ini; https://tokopedia.link/FadqMV1njpb
Di innova lama, sanpe mobil dijual ga pernah ganti busi lagi. Awet bener tuh busi dan ge perlu atur2 celah elektrode. Yg ai pake dulu kemasannya plastik cuma tak cari2 di toko onlen ga nemu lagi.
DOHC wrote: Sun Apr 17, 2022 14:37
....
kl aditip kta orang ga pake mbah, cuman pake bensin pertalit doank koq
berarti pertalit punya aditip gawat jg ya mbah
artikel itu bilangnya small molten particles. juga disebut vaporized particles. bayangan ai sesuatu yg panas, kecil, tajam, mungkin semacam serbuk logam yg erosive dlm bentuk lava/lelehan. possibly: lead (timbal). believe it or not cuma lab test yg bisa membuktikan. atau bisa juga oil additive / kandungan dlm engine oil. tp kl ai bilang lbh ke fuel composition.
coba baca ini mbah, yg bagian lead erosion. tp kl krn lead erosion bagian insulator (keramik yg di tengah, selubung center electrode) nya berwarna kuning. sementara di foto jij kayanya ga kuning.
atau bisa juga dr additive lead substitute, yg mana sbg pengganti lead utk mencegah knocking pada low octane fuel. sebab kl lead/timbal kan sdh lama ga dipakai krn dilarang, which honestly ai ga tau dlm prakteknya gmn.
DOHC wrote: Sun Apr 17, 2022 13:09
nubie mo konsul donk soal busi
jd critanya kan nubie pake busi iridium neh buat si inofa, pakenya yg versi iridium single tip (denso ikh 20), scara lebi ekonomis drpd bawaan iridium twin tip nya (denso FK20HR-A8)
nah cuman yg kita orang perhatiin, bagian electrode ground nya koq jd kekikis gt yah , padahal baru dipake jalan 20an rebu km... kl kaya gini, busi nya masi bsa dipake ga mbah ?
DOHC wrote: Sun Apr 17, 2022 13:09
nubie mo konsul donk soal busi
jd critanya kan nubie pake busi iridium neh buat si inofa, pakenya yg versi iridium single tip (denso ikh 20), scara lebi ekonomis drpd bawaan iridium twin tip nya (denso FK20HR-A8)
nah cuman yg kita orang perhatiin, bagian electrode ground nya koq jd kekikis gt yah , padahal baru dipake jalan 20an rebu km... kl kaya gini, busi nya masi bsa dipake ga mbah ?
dasar mbah delko repot tanya sana sini, baca dong spec yg dibeli.
filter yg kemaren ternyata cuma bisa serebu kilo lho, abis itu kesedot semua ke mesin.
DOHC wrote: Sun Apr 17, 2022 13:09
nubie mo konsul donk soal busi
jd critanya kan nubie pake busi iridium neh buat si inofa, pakenya yg versi iridium single tip (denso ikh 20), scara lebi ekonomis drpd bawaan iridium twin tip nya (denso FK20HR-A8)
nah cuman yg kita orang perhatiin, bagian electrode ground nya koq jd kekikis gt yah , padahal baru dipake jalan 20an rebu km... kl kaya gini, busi nya masi bsa dipake ga mbah ?