bro bro sekalian..
dulu saya sempat bertanya pada teman, apakah ada pengaruhnya kalau shock depan dipotong beberapa ulir dan shock belakang ditinggikan..
ada beberapa jawaban dari mereka..
ada yang bilang :
- motor saat rebah nikung, menyebabkan motor agak oleng karena per belakang main sebelah, disamping itu kestabilan saat menikung agak kurang.
- pinggang menjadi sakit karena posisi berkendara yang agak menunduk
- jika berboncengan, ada kemungkinan jatuh karena per bekerja lebih keras pada salah satu sisi saja.
tapi disatu sisi saya ingin sekali mengaplikasikan ceper depan dan tinggi belakang, atau depan standar, belakang ditambah catok biar agak tinggian.
dan saya masih agak ragu dengan jawaban teman saya.. karena saya lebih mementingkan faktor keselamatan berkendara dibandingkan tampang sangar tapi rawan..
mungkin kalau bro bro sekalian punya pendapat yang berbeda dengan jawaban teman saya, mungkin bro bisa membantu saya agar saya bisa lebih yakin untuk modif motor saya..
terima kasih untuk pencerahan bro sekalian
[ask] pengaruh ceper atau peninggian pada shock
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 133
- Joined: Wed Nov 16, 2005 6:00
[ask] pengaruh ceper atau peninggian pada shock
-------------------------
Shogun SP 125 Fans & User
-------------------------
keren...
Shogun SP 125 Fans & User
-------------------------
keren...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1028
- Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
- Location: Indonesia
biasanya utk membantu handling motor sy sokbreker depannya agak diturunkan tp jgn banyak2 cukup 2cm aja. lbh dr itu ga enak. klo lewat poldur atau jalanan rusak tabung sok jedag-jedug kena segitiga. lama2 sil sokbreker jebol. -> pernah ngalamin
tujuannya spy lbh stabil ditikungan..oh yeah..sy paling gila nikung sampe 2x ganti footstep abis sama aspal. dirasain aja bedanya..pas lg nikung pasti rasanya lbh stabil.
sokbreker blkg tetep standar ga ada yg dirubah2. kecuali klo mo pake yg versi roadrace spt YSS; Kitaco; Daytona dsb. yg harganya dibawah 1jt aja udah bagus. -> recommended/pernah jajal
tujuannya spy lbh stabil ditikungan..oh yeah..sy paling gila nikung sampe 2x ganti footstep abis sama aspal. dirasain aja bedanya..pas lg nikung pasti rasanya lbh stabil.
sokbreker blkg tetep standar ga ada yg dirubah2. kecuali klo mo pake yg versi roadrace spt YSS; Kitaco; Daytona dsb. yg harganya dibawah 1jt aja udah bagus. -> recommended/pernah jajal
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1375
- Joined: Sun Jan 02, 2005 7:26
- Location: Depok
^^ dalam hal kestabilan nikung ato berkendara gw rela nurunin posisi handle stang lebih rendah dari standarnya..
tp yg gw bingung, disini gw tanpa motong ato mangkas panjang per/ pegas shockbreacker... cuman ngurangin kapasitas oli dari tabung shockbreaker...
btw, fungsinya nurunin shock lbh utama krn ngejar kestabilan berkendara...
tapi resikonya kl terlalu turun, akibatnya gampang capek kl lg naek motor..
nah, untuk bagian belakang motor...
khususnya yg double shock... ini modifikasinya harus presisi... kl gak... bisa2 tendangan balik dari pegas shockbreaker bs mempengaruhi rotasi ban ama mengurangin traksi ban ke aspal CMIIW...
tp yg gw bingung, disini gw tanpa motong ato mangkas panjang per/ pegas shockbreacker... cuman ngurangin kapasitas oli dari tabung shockbreaker...
btw, fungsinya nurunin shock lbh utama krn ngejar kestabilan berkendara...
tapi resikonya kl terlalu turun, akibatnya gampang capek kl lg naek motor..
nah, untuk bagian belakang motor...
khususnya yg double shock... ini modifikasinya harus presisi... kl gak... bisa2 tendangan balik dari pegas shockbreaker bs mempengaruhi rotasi ban ama mengurangin traksi ban ke aspal CMIIW...
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 133
- Joined: Wed Nov 16, 2005 6:00
anak_singkong wrote:biasanya utk membantu handling motor sy sokbreker depannya agak diturunkan tp jgn banyak2 cukup 2cm aja. lbh dr itu ga enak. klo lewat poldur atau jalanan rusak tabung sok jedag-jedug kena segitiga. lama2 sil sokbreker jebol. -> pernah ngalamin
tujuannya spy lbh stabil ditikungan..oh yeah..sy paling gila nikung sampe 2x ganti footstep abis sama aspal. dirasain aja bedanya..pas lg nikung pasti rasanya lbh stabil.
wah.. kalau sampai bikin sil sokbreker sampe rusak, mungkin mending cari aman saja ya..
karena saya kadang banyak ngelewatin poldur..
apalagi kadang saya sering ngebut dan kadang kagak bisa ngindarin lobang..
oya bro.. kalau diceperin depannya trus kena lobang gimana tuh bro?
mana lebih besar efek ngerusaknya kalau sokbrekernya kena poldur atau kena lobang?
ada bedanya ya bro kalau pake yang versi roadrace? alnya saya pake shogun SP..anak_singkong wrote:sokbreker blkg tetep standar ga ada yg dirubah2. kecuali klo mo pake yg versi roadrace spt YSS; Kitaco; Daytona dsb. yg harganya dibawah 1jt aja udah bagus. -> recommended/pernah jajal
apa memang yang bawaan pabriknya memang kagak bagus ya?
apa nggak ngerusak shock tu bro kalau kita ngurangin kapasitas olinya?riofhaloho wrote:^^ dalam hal kestabilan nikung ato berkendara gw rela nurunin posisi handle stang lebih rendah dari standarnya..
tp yg gw bingung, disini gw tanpa motong ato mangkas panjang per/ pegas shockbreacker... cuman ngurangin kapasitas oli dari tabung shockbreaker...
btw, fungsinya nurunin shock lbh utama krn ngejar kestabilan berkendara...
tapi resikonya kl terlalu turun, akibatnya gampang capek kl lg naek motor..
lebih bagus mana ya? ngurangin kapasitas oli atau dengan memotong per shock
wah.. jadi kalau terlalu tinggi bisa berbahaya juga ya bro.. meski pake ban yang bagus, tapi kalau traksi ban ke aspal kagak bagus, pasti bisa ngepot juga ya bro..riofhaloho wrote:nah, untuk bagian belakang motor...
khususnya yg double shock... ini modifikasinya harus presisi... kl gak... bisa2 tendangan balik dari pegas shockbreaker bs mempengaruhi rotasi ban ama mengurangin traksi ban ke aspal CMIIW...
biar aman, shock belakangnya dinaikin maksimal berapa centi ya bro?
buat bro anak_singkong dan riofhaloho.. thanks ya atas pencerahannya..
-------------------------
Shogun SP 125 Fans & User
-------------------------
keren...
Shogun SP 125 Fans & User
-------------------------
keren...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1028
- Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
- Location: Indonesia
^kebetulan montor qta sama2 Soun 125
lihat2 sikon jalanannya jg..klo spy sy tinggal dipinggiran gini malah banyak jalanan yg rusak2 poldurnya jg banyak tp selama qta bawanya hati2 ya gpp.
sokbreker standar Soun SP cukup bagus ga perlu ganti ama sokbreker blkg merk lain. sy lht banyak koq motor2 roadrace OMR Suzuki pake sokbreker kya gitu tp yg kelas bebek standar. klo yg seeded ya hrs pake yg khusus roadrace.
mengenai pengurangan oli sokbreker atau potong per itu malah lbh bahaya. as sokberker kena krn kurang pelumasan. lari motor pas ditikungan jg malah bs oleng. mendingan sokbreker dpn diturunin dikit.
lihat2 sikon jalanannya jg..klo spy sy tinggal dipinggiran gini malah banyak jalanan yg rusak2 poldurnya jg banyak tp selama qta bawanya hati2 ya gpp.
sokbreker standar Soun SP cukup bagus ga perlu ganti ama sokbreker blkg merk lain. sy lht banyak koq motor2 roadrace OMR Suzuki pake sokbreker kya gitu tp yg kelas bebek standar. klo yg seeded ya hrs pake yg khusus roadrace.
mengenai pengurangan oli sokbreker atau potong per itu malah lbh bahaya. as sokberker kena krn kurang pelumasan. lari motor pas ditikungan jg malah bs oleng. mendingan sokbreker dpn diturunin dikit.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1375
- Joined: Sun Jan 02, 2005 7:26
- Location: Depok
^^oh iya...
gw perlu ralat deh...! gw sebenernya nambahin kapasitas oli di shockbreaker tapi tinggi stang motor diturunin...
alasannya, agar segitiga motor gak mentok ke spakbor depan...
sampai saat ini, gw nurunin tinggi stang motor dgn nambahin kapasitas oli shock.. gak pernah trouble...!
oh iya, motor yg gw pake satria f!
kl ditanya mana yg lbh bagus antara nambahin oli ato motong per...
gw lbh prefer dgn nambahin oli doank trus tinggi stang diturunin daripada motong per di shockbreaker...
alasannya, apaan yah...!!!
mungkin beban motor dan penunggangnya udah dihitung matang ama enggineer agar mampu ditopang ama per yg ada didalam shockbreaker,
jadi.. kl panjang per udah dipotong... mungkin per didalam shockbreaker gak akan tahan lama mampu nahan beban motor dan penunggangnya... CMIIW...
gw perlu ralat deh...! gw sebenernya nambahin kapasitas oli di shockbreaker tapi tinggi stang motor diturunin...
alasannya, agar segitiga motor gak mentok ke spakbor depan...
sampai saat ini, gw nurunin tinggi stang motor dgn nambahin kapasitas oli shock.. gak pernah trouble...!
oh iya, motor yg gw pake satria f!
kl ditanya mana yg lbh bagus antara nambahin oli ato motong per...
gw lbh prefer dgn nambahin oli doank trus tinggi stang diturunin daripada motong per di shockbreaker...
alasannya, apaan yah...!!!
mungkin beban motor dan penunggangnya udah dihitung matang ama enggineer agar mampu ditopang ama per yg ada didalam shockbreaker,
jadi.. kl panjang per udah dipotong... mungkin per didalam shockbreaker gak akan tahan lama mampu nahan beban motor dan penunggangnya... CMIIW...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1028
- Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
- Location: Indonesia