Barusan liat postingan di ig, di tutup tanki hrv Ron 90 om yg SE. pertalite masih masuk berarti, ga perlu pertamax
Short Drive 2022 Honda HR-V 1.5 SE CVT (RV)
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3452
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Short Drive 2022 Honda HR-V 1.5 SE CVT (RV)
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 389
- Joined: Mon Jan 11, 2010 10:50
Re: Short Drive 2022 Honda HR-V 1.5 SE CVT (RV)
Iyes, bener, karena ini mesin 1.5, mungkin ini penyebabnya. Sama nama Freed disebut, iya bener banget, jadi throwback ke rasa nyetir Freed saya dulu, mirip tarikannya sama si HRV baru ini.ChZ wrote: ↑Mon Apr 11, 2022 2:45rechtmasta wrote: ↑Sat Apr 09, 2022 17:55 terus beliau tanya: "Ga, ko kalau di tanjakan komplek kita naeknya susah ya?" hmmm...karena saya ga mau bikin dia patah hati sama mobil barunya, langsung nyarain, pake aja low gear nya, biasa angka 1 atau huruf L. Pertanyaan lanjutan: "Di mana itu?" eh, langsung heran...bentar...bentar, saya langsung nengok ke console tengah dan liat tuas transmisi, dan emang bener ga ada low gear disitu, hanya ada P N D S, saya tebak ke beliau, coba kalau nanjak masukin ke "S" aja terus tahan di gigi 1. Karena ga yakin, saya liat di manual book nya, dan memang kalau untuk tanjakan cukup curam disarankan masuk ke "S" dan di tahan di gigi 1. Hmm...okay then...
soal nanjak agak susah, ini emang side note buat HRV terutama varian 1.5 ini : power to weight ratio nya.
bodinya kebesaran tp dipaksa pake mesin 1.5l biar kompetitif waktu cobain juga gitu, nih mesin L15ZF rasanya gak pelan, tapi kok berat yah, sensasinya kayak bawa Honda Freed : gak pelan, tapi berat mobilnya. mesinnya narik terus tapi mobilnya disitu-situ aja. ya kalo inget bobotnya 1.3ton (setara civic dan freed), wajar sih larinya berat. walau figure nya masih di 12 secs. + rodanya juga makin berat dengan velg r18.
sebenarnya ini dosa nya pabrikan mobil sekarang sih, mazda jg sama aja mazda3 baru gak bisa lari. luxury bertambah tapi power mesin makin impoten.
tapi yah klo argumennya "mau ngebut ngebut dimana, sekarang aja cuma boleh sampe 120 km per jam" ya sulit memang. apalagi byk kaum bpjs (budget pas-pasan jiwa sosialita), ngisinya maunya ron90 (dan diberi angin sama honda krn HRV baru memang mintanya ron90, kyknya timing sengaja dimundurin supaya pas sama marketnya).
giliran nanjak, pada bingung kok mobilnya ga bisa nanjak. padahal mah pabrikan jg menyesuaikan dengan demand market.
nah kbetulan pake Xpander lama (non-facelift), dan HRV lama, walaupun sebenarnya Xpander lebih lembut sih, tapi gimana ya, mungkin efek ban eco ecoan dan ukuran bannya kurang lebar jadi ngeredamnya malah kurang enak.Anyway, HRV ini mobil bagus ko, dengan segala teknologi yang disematkan, eksterior dan interior, nothing to complaint, tapi menurut saya pribadi dengan kebiasaan yang dua bulan terakhir naik si Xpander, walaupun ga apple to apple ya tetep muncul di kepala kata: "kok jok nya keras, kok bantingannya keras...dan hal lainnya" Tapi mungkin untuk temen-temen yang lain, ga akan ngerasa kyk gitu sih.
HRV lama sih emang lebih ngayun dari yang baru, tapi tetep relatif lebih keras dari Xpander. buat butt o meter saya HRV baru lebih keras lagi, tapi malah jatuhnya lebih enak dari HRV lama saya. klo kata fitra eri "ngeredamnya lebih dewasa".
atau coba cek tekanan anginnya dulu oom... takutnya dari dealer biasa over inflated krn disimpan di gudang kan.
---
I see, thank you masukannya Om, saya coba cek tekanan anginnya, siapa tau bisa bantu masalah ngegebrak pas di poldur.
---
Btw, satu lagi, agak kaget pas tau HRV ini ga ada bunyi2an sensor parkir, pas konfirmasi sama temen saya emang HRV cuma dapet kamera tapi ga dapet sensor parkir...ya...not abig issue sebenernya sih, dan bisa nambah sendiri, tapi err...mobil dengan price tag 380jt an, ko bisa sampe ga dapet sensor parkir dari pabrikan yah.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 163
- Joined: Sun Jan 08, 2017 4:00
Re: Short Drive 2022 Honda HR-V 1.5 SE CVT (RV)
Masa om? Di brosurnya lengkap tuh sensor parkir 4 titik semua tipe. Di video b channel juga keliatan tonjolan sensornya.rechtmasta wrote: ↑Mon Apr 11, 2022 15:25 Btw, satu lagi, agak kaget pas tau HRV ini ga ada bunyi2an sensor parkir, pas konfirmasi sama temen saya emang HRV cuma dapet kamera tapi ga dapet sensor parkir...ya...not abig issue sebenernya sih, dan bisa nambah sendiri, tapi err...mobil dengan price tag 380jt an, ko bisa sampe ga dapet sensor parkir dari pabrikan yah.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1436
- Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
- Location: Indonesia
Re: Short Drive 2022 Honda HR-V 1.5 SE CVT (RV)
HRV SE facelift sebelum all new juga ga dapet sensor parking.
inget saya dulu kena 700rb pasang yg OEM Honda punya.
inget saya dulu kena 700rb pasang yg OEM Honda punya.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 96
- Joined: Fri Apr 08, 2016 17:52
Re: Short Drive 2022 Honda HR-V 1.5 SE CVT (RV)
Tenang saja om.. prinsip komoditi (emas, minyak, batubara) adalah sesuatu yg fly to the moon pasti ada waktu nya nyungsep jugagrimjow wrote: ↑Sat Apr 09, 2022 23:44Terus terang faktor Pertabo / Pertamax ini juga yang bikin saya pelan2 berpaling dari RS.kendibocor wrote: ↑Sat Apr 09, 2022 4:44Waduh jgn om, RS musti pertamax/pertabo. Yg NA kayanya masih bisa mimik pertalite
Kalau pertamax masih Rp 9000 sih pake pertamax terus aja, paling kadang pakai Pertabo.
Lah sekarang uda di atas Rp 12 ribu dan pepet Pertabo
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 167
- Joined: Mon Jun 25, 2018 6:57
Re: Short Drive 2022 Honda HR-V 1.5 SE CVT (RV)
Sempet mampir ke dealer juga karena niatnya cuman liat hrv baru ini n pas kebetulan ditawarin tes drive yg tipe SE
Sebelumnya juga uda pernah bawa creta
Overall secara design sih bagus ya, improvementnya dibanding old model jauh berasa
Headroom belakang aja yang sedikit pendek ya (tinggi sy sktr 172) masih nyaman sih di belakang
tapi kaca belakangnya yang kecil memang give impression spacenya gak lega.
Soal panoramic no comment sih, gmn2 prefer SE karena headliner item.
Honda sensing lane watch dll no comment jg karena gak gitu concern soal ini.
Pas nyetir jujur impresi berkendaranya sih biasa aja ya, tenaganya n response CVTnya nothing to impress.
Yang kurang sreg itu entah karena faktor tekanan angin bisa jadi, pas tes jalan agak mantul2
combined sm steering yang ringan jd berasa kurang mantep napak di jalan kaki2nya.
Bantingannya tapi masih tergolong empuk ya kyknya kerasan Creta.
Overall sih jujur agak let down karena expectnya model udah cakep JDM gini bakal driving exp. not bad trnyt masih dibawah ekspektasi.
Kebalik sm creta yang cukup diatas ekspektasi karena designnya yg butuh waktu buat diterima n specced for third world country.
Sebelumnya juga uda pernah bawa creta
Overall secara design sih bagus ya, improvementnya dibanding old model jauh berasa
Headroom belakang aja yang sedikit pendek ya (tinggi sy sktr 172) masih nyaman sih di belakang
tapi kaca belakangnya yang kecil memang give impression spacenya gak lega.
Soal panoramic no comment sih, gmn2 prefer SE karena headliner item.
Honda sensing lane watch dll no comment jg karena gak gitu concern soal ini.
Pas nyetir jujur impresi berkendaranya sih biasa aja ya, tenaganya n response CVTnya nothing to impress.
Yang kurang sreg itu entah karena faktor tekanan angin bisa jadi, pas tes jalan agak mantul2
combined sm steering yang ringan jd berasa kurang mantep napak di jalan kaki2nya.
Bantingannya tapi masih tergolong empuk ya kyknya kerasan Creta.
Overall sih jujur agak let down karena expectnya model udah cakep JDM gini bakal driving exp. not bad trnyt masih dibawah ekspektasi.
Kebalik sm creta yang cukup diatas ekspektasi karena designnya yg butuh waktu buat diterima n specced for third world country.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1436
- Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
- Location: Indonesia
Re: Short Drive 2022 Honda HR-V 1.5 SE CVT (RV)
Wincos! Wincos! Wincos!
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 625
- Joined: Sun Jun 14, 2020 6:46
- Location: Jkt
- Daily Vehicle: honda
Re: Short Drive 2022 Honda HR-V 1.5 SE CVT (RV)
saya pake SEAbdulHakim wrote: ↑Mon Apr 11, 2022 21:41 HRV SE facelift sebelum all new juga ga dapet sensor parking.
inget saya dulu kena 700rb pasang yg OEM Honda punya.
SE facelift yang pertama kali keluar dapet sensor parkir ama kamera parkir dari hondanya langsung. remote HU jg ada
kira2 setahun setelah keluar facelift, pada ga dapet itu... ama remote headunit jg ilang
-
- SM Specialist
- Posts: 15649
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Short Drive 2022 Honda HR-V 1.5 SE CVT (RV)
iya mbah. kalo L15ZF emang minta ron90 aja yg spek sini.kendibocor wrote: ↑Mon Apr 11, 2022 14:19Barusan liat postingan di ig, di tutup tanki hrv Ron 90 om yg SE. pertalite masih masuk berarti, ga perlu pertamax
L15B7 kan yang berturboh
klo plug and play jelas tidak. itu L15B7 / L15BE di CRV/Civic/Accord itu internalnya bener bener kuat dan banyak banget ubahan dari stock L15B1 (mesin jazz/HRV jepang). mau samain pasti biayanya gede.kendibocor wrote: ↑Mon Apr 11, 2022 9:46
Turbo yg buat RS plug and play ke mesin NAnya ga sih. Kalo plug and play asik juga tuh ya tinggal beli, pasang, setting ulang. Paling 50-60 jutaan kali ya
klo custom turbo kit mungkin ada garett atau HKS biasanya. di boost di 0.7/0.8 biasa masih kuat dgn ubahan stang piston. klo tanpa ubah stang piston yang di L15Z1 lama paling 0.4bar aja maks.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- SM Specialist
- Posts: 15649
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Short Drive 2022 Honda HR-V 1.5 SE CVT (RV)
mobil inggeris yang dibeli china? mobil china berlabel enggres?
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 524
- Joined: Fri Aug 21, 2015 14:45
Re: Short Drive 2022 Honda HR-V 1.5 SE CVT (RV)
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 524
- Joined: Fri Aug 21, 2015 14:45
Re: Short Drive 2022 Honda HR-V 1.5 SE CVT (RV)
Feeling saya sih sensornya ga diaktifin. Di dekat kursi driver ada beberapa tombol: Hill descent, Honda Sensing dan Sensor Parkir sehingga memudahkan Bapak / Ibu saat berkendara, plus beberapa space kosong supaya bisa tambah lampu warna warni sendiri atau kamera 360 karena Honda tidka menyediakan. Duh saya uda mirip Sales Honda ngomongnyabiznatch wrote: ↑Mon Apr 11, 2022 18:05Masa om? Di brosurnya lengkap tuh sensor parkir 4 titik semua tipe. Di video b channel juga keliatan tonjolan sensornya.rechtmasta wrote: ↑Mon Apr 11, 2022 15:25 Btw, satu lagi, agak kaget pas tau HRV ini ga ada bunyi2an sensor parkir, pas konfirmasi sama temen saya emang HRV cuma dapet kamera tapi ga dapet sensor parkir...ya...not abig issue sebenernya sih, dan bisa nambah sendiri, tapi err...mobil dengan price tag 380jt an, ko bisa sampe ga dapet sensor parkir dari pabrikan yah.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 278
- Joined: Mon Sep 08, 2008 8:01
Re: Short Drive 2022 Honda HR-V 1.5 SE CVT (RV)
Kl ada mobil HRV baru gini, harga HRV lama turun berapa banyak depresiasi ny? Atau contoh mobil lain.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 229
- Joined: Mon Mar 23, 2015 0:25
- Location: Bekasi, Jawa Barat
Re: Short Drive 2022 Honda HR-V 1.5 SE CVT (RV)
Penasaran sama Pug 2008 dengan mesin 3 silinder 1200cc Turbo mission 6AT.
Power / torque figure nya juga cukup baik di 130hp/230nm.
Harga 490 jt .. Apakah jadi pesaingnya HRV?
Power / torque figure nya juga cukup baik di 130hp/230nm.
Harga 490 jt .. Apakah jadi pesaingnya HRV?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3452
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Short Drive 2022 Honda HR-V 1.5 SE CVT (RV)
Ga akan kayaknya. Mau dimasukin fitur atau teknologi semewah apapun tetep aja yg beli kayak ginian cuman kalangan tertentu. Ga akan mengganggu penjualan hrv secara signifikan.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 658
- Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid
Re: Short Drive 2022 Honda HR-V 1.5 SE CVT (RV)
Yg sama2 merek Jepang aja mau jadi pesaing susah, apalagi merk Eropa.kendibocor wrote: ↑Wed Apr 13, 2022 5:16Ga akan kayaknya. Mau dimasukin fitur atau teknologi semewah apapun tetep aja yg beli kayak ginian cuman kalangan tertentu. Ga akan mengganggu penjualan hrv secara signifikan.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 594
- Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Voxy
Re: Short Drive 2022 Honda HR-V 1.5 SE CVT (RV)
Kemarin sempet nanya sales mobil. HRV lama, pakai harga pricelist hrv baru sekarang, cuma diskonnya aja 30 juta. Mengecewakan, beda 30 juta mending sekalian gen baru + dapet honda sense.yudhisuwandono wrote: ↑Wed Apr 13, 2022 3:32 Kl ada mobil HRV baru gini, harga HRV lama turun berapa banyak depresiasi ny? Atau contoh mobil lain.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
- Location: jakarta
Re: Short Drive 2022 Honda HR-V 1.5 SE CVT (RV)
hrv lama sih harganya nahan banget. apalagi yg SE facelift ya. boleh cek IG 54vicar, blm lama dia ada post hrv SE 2018 apa 2019 gitu deh warna bukan warna favorit lagiyudhisuwandono wrote: ↑Wed Apr 13, 2022 3:32 Kl ada mobil HRV baru gini, harga HRV lama turun berapa banyak depresiasi ny? Atau contoh mobil lain.
apalagi harga mobil baru naeknya udh gila2an kan om skrg. stok mobil baru juga pada susah dimana2. santai ajaaaaaa
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 389
- Joined: Mon Jan 11, 2010 10:50
Re: Short Drive 2022 Honda HR-V 1.5 SE CVT (RV)
wkwkwk...belum nelisik lebih jauh lagi sih buat si HRV baru ini, weekend ini bakal kerumah ortu lagi buat nelisik lebih jauh lagi. Sayangnya ortu bukan tipe yang ngotot buat minta diskon/bonus, hehhh...padahal kalo saya itu tipe yang "sangat" ngotot untuk minta diskon sama bonus, kalo ga dikasih ya tinggal...padahal sensor parkir bisa diminta buat bonus kan.grimjow wrote: ↑Tue Apr 12, 2022 9:14Feeling saya sih sensornya ga diaktifin. Di dekat kursi driver ada beberapa tombol: Hill descent, Honda Sensing dan Sensor Parkir sehingga memudahkan Bapak / Ibu saat berkendara, plus beberapa space kosong supaya bisa tambah lampu warna warni sendiri atau kamera 360 karena Honda tidka menyediakan. Duh saya uda mirip Sales Honda ngomongnyabiznatch wrote: ↑Mon Apr 11, 2022 18:05Masa om? Di brosurnya lengkap tuh sensor parkir 4 titik semua tipe. Di video b channel juga keliatan tonjolan sensornya.rechtmasta wrote: ↑Mon Apr 11, 2022 15:25 Btw, satu lagi, agak kaget pas tau HRV ini ga ada bunyi2an sensor parkir, pas konfirmasi sama temen saya emang HRV cuma dapet kamera tapi ga dapet sensor parkir...ya...not abig issue sebenernya sih, dan bisa nambah sendiri, tapi err...mobil dengan price tag 380jt an, ko bisa sampe ga dapet sensor parkir dari pabrikan yah.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 524
- Joined: Fri Aug 21, 2015 14:45
Re: Short Drive 2022 Honda HR-V 1.5 SE CVT (RV)
Rating safety Euro Ncap uda ada untuk HRV Europe.
Yang saya appreciated, Euro NCAP ada test safety assistance fitur juga sejak 5 tahun terakhir.
Lumayan juga tuh Honda Sensing dapat rating 72%dan 78%.
Mercedez eqs aja 76 dan 80%.
Yang seru2 mulai menit 2.30. Yang menit 2.45 susah tuh hebat juga bisa rem.
Mudah2n tuh kamera Bosch ga kena sunat di Indo.
Yang tertarik laporan lengkap nya :
https://www.euroncap.com/en/results/honda/hr-v/45661
Yang saya appreciated, Euro NCAP ada test safety assistance fitur juga sejak 5 tahun terakhir.
Lumayan juga tuh Honda Sensing dapat rating 72%dan 78%.
Mercedez eqs aja 76 dan 80%.
Yang seru2 mulai menit 2.30. Yang menit 2.45 susah tuh hebat juga bisa rem.
Mudah2n tuh kamera Bosch ga kena sunat di Indo.
Yang tertarik laporan lengkap nya :
https://www.euroncap.com/en/results/honda/hr-v/45661
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9793
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Short Drive 2022 Honda HR-V 1.5 SE CVT (RV)
Wkwkwkwkwk
Kearifan lokal bener.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Mon Dec 14, 2015 8:09
Re: Short Drive 2022 Honda HR-V 1.5 SE CVT (RV)
halo, mau nanya, kalo misalnya yang mesin 1.5 ini diisin Pertamax / Pertabo gitu kira2 bakal improve ngga performanya? atau harus modchip? mikir mau ganti RU1 1.8 ke ini sih (yang non turbo) tapi takut ga tahan sama lemotnya (lemot lebih ke akselerasi/agility ya,mungkin lebih cocok pake 'sluggish' soalnya kalo di kota saya yang penting kelincahannya daripada top speed haha)
-
- SM Specialist
- Posts: 15649
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Short Drive 2022 Honda HR-V 1.5 SE CVT (RV)
Pasti ada, tapi dikit. Ngga akan pada level ngimbangin RU1 krn selisih 19hp itu emang harus modif.nFinite wrote: ↑Thu Apr 14, 2022 7:28 halo, mau nanya, kalo misalnya yang mesin 1.5 ini diisin Pertamax / Pertabo gitu kira2 bakal improve ngga performanya? atau harus modchip? mikir mau ganti RU1 1.8 ke ini sih (yang non turbo) tapi takut ga tahan sama lemotnya (lemot lebih ke akselerasi/agility ya,mungkin lebih cocok pake 'sluggish' soalnya kalo di kota saya yang penting kelincahannya daripada top speed haha)
Depends ecu std nya disetting bisa maju seberapa. Karena pengalaman di CR-V isi ron98 timingnya bisa advance agak banyak (rekom ron92 dari pabrik).
Kalau chip tuning kabar bagusnya L15 series memang lebih oprekable daripada R18. Minor upgrade macem catless downpipe dan remap saja mungkin sudah bisa imbang dengan RU1 standar.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2115
- Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12
Re: Short Drive 2022 Honda HR-V 1.5 SE CVT (RV)
hmm.. jok keras, bantingan keras (tipe E ban 17”).. apakah tipe SE dan RS yg ban 18” bantingannya lebih keras lagi ya?rechtmasta wrote: ↑Sat Apr 09, 2022 17:55 Lagi pada rame ngomongin HRV baru, ehh...tadi sore nengok ke rumah ortu ada seonggok HRV E nongkrong di garasi. Ternyata diam2 mereka tuker guling Honda city kesayangan yang udah berumur 7 tahun jadi HRV.
Quick look, dari desain luar udah futuristis banget deh, tapi mixed feeling sih, antara depan sama belakangnya, saya lebih suka bagian belakangnya.
Segera masuk ke kabin belakang, terkesima dengan luasnya ruang kaki, wow...gila juga engineer H tegak bisa buat sebuah hatchback dengan ruang kaki seluas ini, two thumbs up deh! Coba duduk, bodi saya dengan bobot yang lumayan (ehm...) dan tinggi 177cm (bukan ngambil jargon, tapi tinggi saya emang segitu, hahaha), sekali lagi, ruang kaki melimpah, ruang kepala cukup, tapi posisi duduk di belakang...err...ga tertopang dengan baik, tapi yasudahlah, toh yang akan menghuni bangku belakang ini adalah ibunda tercinta yang secara postur lumayan jauh dibawah saya, jadi should be not a problem.
Pindah ke kokpit pengemudi...wow...emang Honda menaikkan level permainan mereka disini, hampir ga ada yang terlihat murah (kecual head unit-nya), material dashboard, setir, console tengah, cukup on-point semua. Ok, kursi gimana? Sama feelnya kyk kursi belakang, serasa kecil di saya, keras dan tidak cukup menopang tubuh, tapi posisi menyetir udah ok, karena toh bisa telekopik juga. So, saatnya ke perintilan, bapak saya bilang untuk sensasi nyetir dia lebih suka nyetirin city lama kita, okayy....terus beliau tanya: "Ga, ko kalau di tanjakan komplek kita naeknya susah ya?" hmmm...karena saya ga mau bikin dia patah hati sama mobil barunya, langsung nyarain, pake aja low gear nya, biasa angka 1 atau huruf L. Pertanyaan lanjutan: "Di mana itu?" eh, langsung heran...bentar...bentar, saya langsung nengok ke console tengah dan liat tuas transmisi, dan emang bener ga ada low gear disitu, hanya ada P N D S, saya tebak ke beliau, coba kalau nanjak masukin ke "S" aja terus tahan di gigi 1. Karena ga yakin, saya liat di manual book nya, dan memang kalau untuk tanjakan cukup curam disarankan masuk ke "S" dan di tahan di gigi 1. Hmm...okay then...
Ok, saatnya test drive singkat muter2 komplek dengan variasi tanjakan dan variasi polisi tidur yang...saya rasa bisa buat Thanos naek darah. OK, start awal smooth, ketemu polisi tidur kecil, jeduk, kerasa sedikit, sedang...jedakk, lumayan....rada tinggi, ouchh...suspensi khas Honda tampaknya memang seperti ini, so, cuma berdoa bapak sama ibunda karena udah kebiasa make H tegak ga akan terlalu kerasa, tapi...okelah lumayan bisa meredam dibanding city kami dulu, walaupun ga signifikan. Gimana dengan road noise...hmmm...ga bisa terlalu ngetes karena saat itu sudah malam dan ga banyak kendaraan lalu lalang. Pun, masalah driving dynamic, ga bisa di tes di jalanan komplek ini.
Anyway, HRV ini mobil bagus ko, dengan segala teknologi yang disematkan, eksterior dan interior, nothing to complaint, tapi menurut saya pribadi dengan kebiasaan yang dua bulan terakhir naik si Xpander, walaupun ga apple to apple ya tetep muncul di kepala kata: "kok jok nya keras, kok bantingannya keras...dan hal lainnya" Tapi mungkin untuk temen-temen yang lain, ga akan ngerasa kyk gitu sih.
btw, thanks reviewnya.. soalnya belum sempat tes sendiri
-
- SM Specialist
- Posts: 15649
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Short Drive 2022 Honda HR-V 1.5 SE CVT (RV)
Jgn2 ada faktor ban juga.Venturtle wrote: ↑Thu Apr 14, 2022 11:11hmm.. jok keras, bantingan keras (tipe E ban 17”).. apakah tipe SE dan RS yg ban 18” bantingannya lebih keras lagi ya?rechtmasta wrote: ↑Sat Apr 09, 2022 17:55 Lagi pada rame ngomongin HRV baru, ehh...tadi sore nengok ke rumah ortu ada seonggok HRV E nongkrong di garasi. Ternyata diam2 mereka tuker guling Honda city kesayangan yang udah berumur 7 tahun jadi HRV.
Quick look, dari desain luar udah futuristis banget deh, tapi mixed feeling sih, antara depan sama belakangnya, saya lebih suka bagian belakangnya.
Segera masuk ke kabin belakang, terkesima dengan luasnya ruang kaki, wow...gila juga engineer H tegak bisa buat sebuah hatchback dengan ruang kaki seluas ini, two thumbs up deh! Coba duduk, bodi saya dengan bobot yang lumayan (ehm...) dan tinggi 177cm (bukan ngambil jargon, tapi tinggi saya emang segitu, hahaha), sekali lagi, ruang kaki melimpah, ruang kepala cukup, tapi posisi duduk di belakang...err...ga tertopang dengan baik, tapi yasudahlah, toh yang akan menghuni bangku belakang ini adalah ibunda tercinta yang secara postur lumayan jauh dibawah saya, jadi should be not a problem.
Pindah ke kokpit pengemudi...wow...emang Honda menaikkan level permainan mereka disini, hampir ga ada yang terlihat murah (kecual head unit-nya), material dashboard, setir, console tengah, cukup on-point semua. Ok, kursi gimana? Sama feelnya kyk kursi belakang, serasa kecil di saya, keras dan tidak cukup menopang tubuh, tapi posisi menyetir udah ok, karena toh bisa telekopik juga. So, saatnya ke perintilan, bapak saya bilang untuk sensasi nyetir dia lebih suka nyetirin city lama kita, okayy....terus beliau tanya: "Ga, ko kalau di tanjakan komplek kita naeknya susah ya?" hmmm...karena saya ga mau bikin dia patah hati sama mobil barunya, langsung nyarain, pake aja low gear nya, biasa angka 1 atau huruf L. Pertanyaan lanjutan: "Di mana itu?" eh, langsung heran...bentar...bentar, saya langsung nengok ke console tengah dan liat tuas transmisi, dan emang bener ga ada low gear disitu, hanya ada P N D S, saya tebak ke beliau, coba kalau nanjak masukin ke "S" aja terus tahan di gigi 1. Karena ga yakin, saya liat di manual book nya, dan memang kalau untuk tanjakan cukup curam disarankan masuk ke "S" dan di tahan di gigi 1. Hmm...okay then...
Ok, saatnya test drive singkat muter2 komplek dengan variasi tanjakan dan variasi polisi tidur yang...saya rasa bisa buat Thanos naek darah. OK, start awal smooth, ketemu polisi tidur kecil, jeduk, kerasa sedikit, sedang...jedakk, lumayan....rada tinggi, ouchh...suspensi khas Honda tampaknya memang seperti ini, so, cuma berdoa bapak sama ibunda karena udah kebiasa make H tegak ga akan terlalu kerasa, tapi...okelah lumayan bisa meredam dibanding city kami dulu, walaupun ga signifikan. Gimana dengan road noise...hmmm...ga bisa terlalu ngetes karena saat itu sudah malam dan ga banyak kendaraan lalu lalang. Pun, masalah driving dynamic, ga bisa di tes di jalanan komplek ini.
Anyway, HRV ini mobil bagus ko, dengan segala teknologi yang disematkan, eksterior dan interior, nothing to complaint, tapi menurut saya pribadi dengan kebiasaan yang dua bulan terakhir naik si Xpander, walaupun ga apple to apple ya tetep muncul di kepala kata: "kok jok nya keras, kok bantingannya keras...dan hal lainnya" Tapi mungkin untuk temen-temen yang lain, ga akan ngerasa kyk gitu sih.
btw, thanks reviewnya.. soalnya belum sempat tes sendiri
SE yang saya coba ban nya Bridgestone Alenza. Kelas premium utk SUV.
Sedang tipe E dan S cuma dapet goodyear seri apa entahlah. Eco ecoan. Ban eco ecoan emang selalu jelek urusan redaman.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7