Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Omnibus wrote:kl geber2 pas mesin udah panas memang rich, tp ga sampai bikin FD kayanya sebab mayoritas campuran kebakar kan krn sdh panas. jd keywordnya unburned fuel (mixture), ya pas mesin msh belum suhu normal.
kl udah panas even pas digeber ecu itu bikin jd open loop (bukan closed loop lg jd data dr oxygen sensor yg di knalpot diabaikan) dan ecu perintahkan injector nyemprot bengsin lebih banyak (jd rich pastinya, ini kl pake scanner semua bisa kebaca). and tetep kalaupun ada porsinya unburned fuel mixture paling cuma dikit yg lari ke oli. sebab udah pada rapet clearance nya jd unburned fuel itu mayoritas langsung kebuang ke exhaust valves dan ke knalpot.
Jd kl mobil pas pagi hari start up & langsung jalan (di gas) tanpa pemanasan yg berarti kemungkinan besar kena FD yah baik itu mobil bengsin maupun diesel?
Kl dibawa jalannya langsam aja tanpa digas gimana mbah, sambil nunggu suhu kerja tercapai, ini terutama pd mesin diesel yg suhu kerja temperature nya agak lama baru tercapainya, kl mesin bengsin sih cepet naiknya itu suhu kerja normalnya
sy jg gitu om, tunggu 10-20 detik langsung jalan, langsam aja atau digas dikit aja jd meminimalisir unburned fuel tp mempercepat mesin panas juga krn membawa beban body kan. kl sy ga lewat 1500-2000 lah utk mesin bengsin. berasa kan kl dijalanin gitu lbh cepet jarum temp naiknya dibanding mobilnya diem.
kl mesin msh dingin langsung tancep2 beda cerita om.
nah sebetulnya FD by bengsin vs solar rada beda sih. lbh merusak yg by bengsin krn sifatnya lbh solvent dibanding solar (bkn artinya solar ga solvent). lbh less worry lagi krn mesin diesel dikasih oli sbg bbm juga nyala (heck dikasih fame aja nyala). jd kalaupun ada FD di diesel oil bakal kebawa lewat blowby gas, keluar ke breather hose (crankcase ventilation), ke intake, n finally kebakar lagi di mesin. hehehe. yg jd concern paling viscosity si oli nya aja yg jd encer kali. tp diesel oil kan lbh bulletproof juga.
Klo sy sejak BBM naik >30%
Gaya bawanya ya gtu,
- ngurangin jd genset, makan di kaki lima, ya turun aja walaupun rame, udh kena covid ini sekeluarga
- RPM dijaga below <2500 rpm even lg kondisi nanjak pk D, biar cvtnya yg ngurusin.. Lol
- nyala mesin, lgs jalan aja dgn posisi gas cenderung idle atau jaga max 2000 rpm
- lbh pilih disalip daripada nyalip
Hasilnya kayanya nambah irit 20% kurleb
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
benzz89 wrote: Sun Apr 03, 2022 11:52
Jd kl mobil pas pagi hari start up & langsung jalan (di gas) tanpa pemanasan yg berarti kemungkinan besar kena FD yah baik itu mobil bengsin maupun diesel?
Kl dibawa jalannya langsam aja tanpa digas gimana mbah, sambil nunggu suhu kerja tercapai, ini terutama pd mesin diesel yg suhu kerja temperature nya agak lama baru tercapainya, kl mesin bengsin sih cepet naiknya itu suhu kerja normalnya
sy jg gitu om, tunggu 10-20 detik langsung jalan, langsam aja atau digas dikit aja jd meminimalisir unburned fuel tp mempercepat mesin panas juga krn membawa beban body kan. kl sy ga lewat 1500-2000 lah utk mesin bengsin. berasa kan kl dijalanin gitu lbh cepet jarum temp naiknya dibanding mobilnya diem.
kl mesin msh dingin langsung tancep2 beda cerita om.
nah sebetulnya FD by bengsin vs solar rada beda sih. lbh merusak yg by bengsin krn sifatnya lbh solvent dibanding solar (bkn artinya solar ga solvent). lbh less worry lagi krn mesin diesel dikasih oli sbg bbm juga nyala (heck dikasih fame aja nyala). jd kalaupun ada FD di diesel oil bakal kebawa lewat blowby gas, keluar ke breather hose (crankcase ventilation), ke intake, n finally kebakar lagi di mesin. hehehe. yg jd concern paling viscosity si oli nya aja yg jd encer kali. tp diesel oil kan lbh bulletproof juga.
Klo sy sejak BBM naik >30%
Gaya bawanya ya gtu,
- ngurangin jd genset, makan di kaki lima, ya turun aja walaupun rame, udh kena covid ini sekeluarga
- RPM dijaga below <2500 rpm even lg kondisi nanjak pk D, biar cvtnya yg ngurusin.. Lol
- nyala mesin, lgs jalan aja dgn posisi gas cenderung idle atau jaga max 2000 rpm
- lbh pilih disalip daripada nyalip
Apa bedanya sama TQ9000 5w30 GF-6 biasa yak? Ada yang pernah coba? Kenapa si Ineo lebi mahal yak?
Lets say di mobil normal zaman now, apakah LOW SAPS itu perlu banget? Atau sebenernya ga ngaruh juga pake Normal SAPS karena standar oli modern juga harusnya udah tackle itu, sehingga Ineo vs Tq9000 sebetulnya udah gimmick marketing aja?
(well ga terlalu ngaruh juga sebenernya karena Mazda2 ga butuh ACEA C, mengingat yg masuk sini Skyactiv-G bukan Skyactiv-D). Tapi penasaran aja. Kalo kita pake Low SAPS buat mesin yang ga perlu Low SAPS, sebetulnya ga ada masalah juga kan?
Skrg pake 0w20 di Mazda2. Next mau ke 5w30 lagi, lagi ngelirik TQ9000 awalnya, eh nemu Ineo 5w30 itu. Ada masukan?
benzz89 wrote: Sun Apr 03, 2022 11:52
Jd kl mobil pas pagi hari start up & langsung jalan (di gas) tanpa pemanasan yg berarti kemungkinan besar kena FD yah baik itu mobil bengsin maupun diesel?
Kl dibawa jalannya langsam aja tanpa digas gimana mbah, sambil nunggu suhu kerja tercapai, ini terutama pd mesin diesel yg suhu kerja temperature nya agak lama baru tercapainya, kl mesin bengsin sih cepet naiknya itu suhu kerja normalnya
sy jg gitu om, tunggu 10-20 detik langsung jalan, langsam aja atau digas dikit aja jd meminimalisir unburned fuel tp mempercepat mesin panas juga krn membawa beban body kan. kl sy ga lewat 1500-2000 lah utk mesin bengsin. berasa kan kl dijalanin gitu lbh cepet jarum temp naiknya dibanding mobilnya diem.
kl mesin msh dingin langsung tancep2 beda cerita om.
nah sebetulnya FD by bengsin vs solar rada beda sih. lbh merusak yg by bengsin krn sifatnya lbh solvent dibanding solar (bkn artinya solar ga solvent). lbh less worry lagi krn mesin diesel dikasih oli sbg bbm juga nyala (heck dikasih fame aja nyala). jd kalaupun ada FD di diesel oil bakal kebawa lewat blowby gas, keluar ke breather hose (crankcase ventilation), ke intake, n finally kebakar lagi di mesin. hehehe. yg jd concern paling viscosity si oli nya aja yg jd encer kali. tp diesel oil kan lbh bulletproof juga.
Klo sy sejak BBM naik >30%
Gaya bawanya ya gtu,
- ngurangin jd genset, makan di kaki lima, ya turun aja walaupun rame, udh kena covid ini sekeluarga
- RPM dijaga below <2500 rpm even lg kondisi nanjak pk D, biar cvtnya yg ngurusin.. Lol
- nyala mesin, lgs jalan aja dgn posisi gas cenderung idle atau jaga max 2000 rpm
- lbh pilih disalip daripada nyalip
Hasilnya kayanya nambah irit 20% kurleb
Mantab tipsnya Om, terutama poin 1, mobil jadi genset bikin boros dan mesin panas...
Omnibus wrote: Sat Apr 02, 2022 11:26
ini barusan cabut dipstick vrz 2gd setelah dipake pp bdg-jkt jd total pemakaian 21.236 - 19.857 (km ganti olmes) = 1,379 km
msh sama aja warnanya kuning, ga item. katanya oli mesin diesel baru dicemplungin udah item.
masa iya dr sekian banyak GD engine punya sy doang yg gini? ga mungkin ah. ntar ai disebut hoax nih
IMG_20220402_180621~2.jpg
IMG_20220402_181208~2.jpg
itu berarti sesajen ngana pas sukuran mobil baru nya si VRZ dulu ud bener
makanya penunggu nya ga ganggu oli nya jd cepet item
Omnibus wrote: Sat Apr 02, 2022 11:26
ini barusan cabut dipstick vrz 2gd setelah dipake pp bdg-jkt jd total pemakaian 21.236 - 19.857 (km ganti olmes) = 1,379 km
msh sama aja warnanya kuning, ga item. katanya oli mesin diesel baru dicemplungin udah item.
masa iya dr sekian banyak GD engine punya sy doang yg gini? ga mungkin ah. ntar ai disebut hoax nih
IMG_20220402_180621~2.jpg
IMG_20220402_181208~2.jpg
itu berarti sesajen ngana pas sukuran mobil baru nya si VRZ dulu ud bener
makanya penunggu nya ga ganggu oli nya jd cepet item
gitu mbah
neruga.
pantesan roko tjap gledeg nya berubah jd warna item. roepanja kerak oli pindah secara ghoib dr oli ke sajen.
1. Amsoil 5w30 oe ganti intreval 7000 km apakah aman?
2. liat2 oli motul 5w30 H-Tech plus 100% synt, hrga masih terjangkau ya untuk 100%synt,,Rp129.500/liter,,bagus ga ya ni oli om?
Conceptu wrote: Wed Apr 06, 2022 9:36
Halo om dan puh mau tny
1. Amsoil 5w30 oe ganti intreval 7000 km apakah aman?
2. liat2 oli motul 5w30 H-Tech plus 100% synt, hrga masih terjangkau ya untuk 100%synt,,Rp129.500/liter,,bagus ga ya ni oli om?
mohon pencerahan nya..makasi
Baguss.
Both aman lah 5-7k KM
Amsoil OE w30 bnyk hasil test nya di bitog.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Coba cek ini, deh: "Oli Toyota Genuine Oil 0W20" Rp125.000 di toko Triputra Racing oil Tokopedia. Bisa bebas ongkir, lho. https://tokopedia.link/Wse95jWD0ob
Yg mau coba oli toyota by exxon
Atau gak ini om, yg mau merevitalisasi mesin.... oli by xado.
Coba cek ini, deh: "Xado 5W-30 Full Synthetic with Revitalizant IN 1 us QRT SIZE - 1 qrt" Rp195.000 di toko Triputra Racing oil Tokopedia. Bisa bebas ongkir, lho. https://tokopedia.link/CwrWtvtE0ob
Conceptu wrote: Wed Apr 06, 2022 9:36
Halo om dan puh mau tny
1. Amsoil 5w30 oe ganti intreval 7000 km apakah aman?
2. liat2 oli motul 5w30 H-Tech plus 100% synt, hrga masih terjangkau ya untuk 100%synt,,Rp129.500/liter,,bagus ga ya ni oli om?
mohon pencerahan nya..makasi
Baguss.
Both aman lah 5-7k KM
Amsoil OE w30 bnyk hasil test nya di bitog.
Thx om masukan nya
Motul htech dan specific 5 30 perbedaan nya dmn y?
Conceptu wrote: Wed Apr 06, 2022 9:36
Halo om dan puh mau tny
1. Amsoil 5w30 oe ganti intreval 7000 km apakah aman?
2. liat2 oli motul 5w30 H-Tech plus 100% synt, hrga masih terjangkau ya untuk 100%synt,,Rp129.500/liter,,bagus ga ya ni oli om?
mohon pencerahan nya..makasi
Baguss.
Both aman lah 5-7k KM
Amsoil OE w30 bnyk hasil test nya di bitog.
Thx om masukan nya
Motul htech dan specific 5 30 perbedaan nya dmn y?
Amsoil OE comply buat mesin turbo cc kecil kekinian.
Klo motul, buat mesin bensin mbl jepang pd umumnya.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
free2d wrote: Mon Apr 11, 2022 7:33
Saya baru perhati oli Honda Epro Turbo hanya SN GF5 tapi rekomen untuk Honda turbo car. Tapi blm LSPI protection. Bahaya gak?
Sama2 ganti di 5rb km / 6 bulan
Buat mesin turbo honda mah minimal mending PTT super syn 0w20 api sp (Non eco yah).
Di 140rb an seliter
Naik kelas lg yah q8 formula 0w20 dex 1 gen2 & api sp
180rb an seliter
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
free2d wrote: Mon Apr 11, 2022 8:34
Bearti produk oli Honda Epro Gold dan Turbo salah dan gak cocok untuk mobil Turbo 1.5T dong.
Memang saya sudah pake Q8 D1G2.
Oh wkwkwkkw.
Salah sih nggak, krn mereka udh bikin oli buat kebutuhan minimal mesin tsb.
Sah sah aja, selama gantinya gak lbh dr 6 bln or 5rb KM.
Cuma, harga segitu di beres, mending lirik oli di marketplace hahahaha.
Klo dah ke q8, liriknya amsoil signature atau mobil 1 ajah mbah
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri