PROBLEM SETIR LARI-LARI SELALU ADANYA DI MOBKAS
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 166
- Joined: Mon Feb 02, 2015 17:02
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Xtrail T31
Re: PROBLEM SETIR LARI-LARI SELALU ADANYA DI MOBKAS
Dulu gw pernah juga setir narik kanan-kiri klo lg di jalan jelek. Waktu itu mobilnya vios gen1. Udah ganti ball joint, tie rod dkk. Ga sembuh juga. Akhirnya gw ngolong sendiri ke bawah mobil buat nyari masalahnya, ternyata bushing steering rack yg oblak. Setelah ganti itu bushing, steer normal lg.
-
- SM Specialist
- Posts: 623
- Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
- Location: Surabaya
Re: PROBLEM SETIR LARI-LARI SELALU ADANYA DI MOBKAS
Woakaka masalah judul, ane cuma numpang thread, males bikin sendirimarmut wrote:judul yang aneh menurut saya, dan terlalu menyudutkan bahwa mobil bekas = masalah besar.
di kantor saya ada granmax blind van beli bulan januari 2015, umur sampai dengan hari ini berarti 4 bulan sahaja. yang 1 baru menempuh 8000an KM tapi setir sudah lari-lari nggak karuan dan saat jalan lurus pun posisi setir agak miring ke kanan.
@ kodok, ente pake velg ring berapa oom? velg kebesaran juga bisa berpengaruh. sudah coba camber dibikin 0 (nol) atau negatif? karena pada umumnya mobil jaman sekarang camber-nya positif semua supaya setir enteng, tapi akibatnya ya saat high speed jadi aneh rasanya.
Itu granmax akhirnya diapain om sembuhnya?
Velg ane standar om, ga pernah up size velg, menurut ane lebih banyak efek negatifnya daripada positif. Yg livina pake r15, camber negatif, toe in buat ban depan. Kalo cx-5, masi standar pabrik semua, lupa pas di spooring camber berapa.. Ini mau klaim garansi mazda dulu sebelum pasang lowering kit+swaybar.
Ah ternyata cuma bushing steering rack ya yg oblak.Dnisbo wrote:Dulu gw pernah juga setir narik kanan-kiri klo lg di jalan jelek. Waktu itu mobilnya vios gen1. Udah ganti ball joint, tie rod dkk. Ga sembuh juga. Akhirnya gw ngolong sendiri ke bawah mobil buat nyari masalahnya, ternyata bushing steering rack yg oblak. Setelah ganti itu bushing, steer normal lg.
Ganti bushing brp om? Bisa ganti bushing nya aja, atau mesti ganti steering rack juga?
Ane udah curiga steering rack, tapi males duluan gara2 mahal
Ikutan trend penghuni garasi:
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11048
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: PROBLEM SETIR LARI-LARI SELALU ADANYA DI MOBKAS
@ kodok, cuma wheel alignment minta toe-nya dibikin 0 (nol), tapi tetep aja karena camber positif jadinya pas jalan 80-100 km/h setir harus dipegangin kuat-kuat.
belum lama juga nyetir veloz punya temen yang pake velg 17 lebar ban 215 (KM baru 50ribuan), serasa nyetir willys yang rumah setirnya oblak dan tie rod-nya mau copot.........
belum lama juga nyetir veloz punya temen yang pake velg 17 lebar ban 215 (KM baru 50ribuan), serasa nyetir willys yang rumah setirnya oblak dan tie rod-nya mau copot.........
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 166
- Joined: Mon Feb 02, 2015 17:02
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Xtrail T31
Re: PROBLEM SETIR LARI-LARI SELALU ADANYA DI MOBKAS
Di vios, gw ganti bushingnya aja bisa. Ada 3 bushingnya. Harga bushing ga terlalu mahal, gw lupa tepatnya brp. Tapi harga pasang lebih mahal dari pada harga bushing. karena harus turunin steering rack, dan di press pake hidrolik.KodokPushUp wrote:Woakaka masalah judul, ane cuma numpang thread, males bikin sendirimarmut wrote:judul yang aneh menurut saya, dan terlalu menyudutkan bahwa mobil bekas = masalah besar.
di kantor saya ada granmax blind van beli bulan januari 2015, umur sampai dengan hari ini berarti 4 bulan sahaja. yang 1 baru menempuh 8000an KM tapi setir sudah lari-lari nggak karuan dan saat jalan lurus pun posisi setir agak miring ke kanan.
@ kodok, ente pake velg ring berapa oom? velg kebesaran juga bisa berpengaruh. sudah coba camber dibikin 0 (nol) atau negatif? karena pada umumnya mobil jaman sekarang camber-nya positif semua supaya setir enteng, tapi akibatnya ya saat high speed jadi aneh rasanya.
Itu granmax akhirnya diapain om sembuhnya?
Velg ane standar om, ga pernah up size velg, menurut ane lebih banyak efek negatifnya daripada positif. Yg livina pake r15, camber negatif, toe in buat ban depan. Kalo cx-5, masi standar pabrik semua, lupa pas di spooring camber berapa.. Ini mau klaim garansi mazda dulu sebelum pasang lowering kit+swaybar.
Ah ternyata cuma bushing steering rack ya yg oblak.Dnisbo wrote:Dulu gw pernah juga setir narik kanan-kiri klo lg di jalan jelek. Waktu itu mobilnya vios gen1. Udah ganti ball joint, tie rod dkk. Ga sembuh juga. Akhirnya gw ngolong sendiri ke bawah mobil buat nyari masalahnya, ternyata bushing steering rack yg oblak. Setelah ganti itu bushing, steer normal lg.
Ganti bushing brp om? Bisa ganti bushing nya aja, atau mesti ganti steering rack juga?
Ane udah curiga steering rack, tapi males duluan gara2 mahal
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 15
- Joined: Mon Apr 30, 2012 3:20
Re: PROBLEM SETIR LARI-LARI SELALU ADANYA DI MOBKAS
Untuk SUV seperti harier, crv, xtrail keliatannya wheel alignment tidak hanya di roda depan, roda belakang juga harus di cek
Saya pernah tapi di bmw karena alignment antara roda belakang dan depan gak sinkron setir lari kanan kiri.
Saya pernah tapi di bmw karena alignment antara roda belakang dan depan gak sinkron setir lari kanan kiri.
-
- SM Specialist
- Posts: 623
- Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
- Location: Surabaya
Re: PROBLEM SETIR LARI-LARI SELALU ADANYA DI MOBKAS
Nah wheel alignment roda belakang ini rata2 mobil sekarang ga bisa diubah, kecuali baut dudukannya diubah.
Camber roda depan aja ga bisa diubah..
Herannya, meski cuma bisa set toe roda depan, di GBT tetep kena charge roda depan+belakang.. lol
Camber roda depan aja ga bisa diubah..
Herannya, meski cuma bisa set toe roda depan, di GBT tetep kena charge roda depan+belakang.. lol
Ikutan trend penghuni garasi:
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11048
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: PROBLEM SETIR LARI-LARI SELALU ADANYA DI MOBKAS
untuk roda belakang tergantung sistem suspensinya, kalau multi link pasti adjustable, kalau rigid ya nggak bisa di stel.
kalo camber roda depan nggak ada setelannya bisa ngakalin sendiri, caranya bikin lubang dudukan baru untuk baut support shock breaker. atau, potong per depan.
kalo camber roda depan nggak ada setelannya bisa ngakalin sendiri, caranya bikin lubang dudukan baru untuk baut support shock breaker. atau, potong per depan.
-
- SM Specialist
- Posts: 623
- Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
- Location: Surabaya
Re: PROBLEM SETIR LARI-LARI SELALU ADANYA DI MOBKAS
Ane multilink om marmut, tapi kata mekanik GBT kok ga bisa di setel wheel alignment buat roda belakang.. Entahlah. Tapi harganya si tetep kena harga setel depan-belakang.
Ikutan trend penghuni garasi:
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Sun Jul 19, 2015 0:45
Re: PROBLEM SETIR LARI-LARI SELALU ADANYA DI MOBKAS
Ane pny masalah yg sama di xenia 2009 ane yg beli dr baru,gr2 ban ane botak semuanya,tp yg belakang masi agak mening dikit,so yg belakang ane pindahin ke depan,trus yg belakang pake 2 ban baru dulu,krn menurut pertimbangan ane,kaki2 dpn ane ud ga bgs di bushing,yg bikin roda abisnya ga merata antara kanan dan kiri,budget ane utk ganti roda 2 biji dulu,nanti yg depan ane ganti sekalian betulin kaki2 depan.. setelah roda belakang terotasike depan dan roda baru terpasang di belakang ane ga ngeh di jalan biasa yg ga kenceng gan,tp sampe ane bawa di jalan tol ke bandung brsm keluarga,buseettt gan ngeriii bgt begitu kena jalan gelombang or rusak2 dikit, jg wkt manuver di tol,alhasil ane jalan pelan aja di tol buat ke bandung dr tangerang,kalo ane masi curiga krn ban depan ane yg ud ga bagus gan? Tp ane jg ga spooring wkt ganti ban kmrn,krn pengalaman ane wkt ganti bana pertama ga dispooring ga apa,ini br pertama kali pake ban jelek di depan n ban baru di belakang jdnya ky gini,tp nanti ane akan cek semua gan,semoga beres masalahnya
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Tue Dec 18, 2018 7:00
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Toyota Camry
Re: PROBLEM SETIR LARI-LARI SELALU ADANYA DI MOBKAS
Halo Gan, ngidupin trit lama nih hehehe. BTw ane jg ngalamin hal yg sama persis. Dan kebetulan 1 platform sm Harriernya, ane pake Camry GLX 2.2 th 2000. Mnurut bengkel kaki² langganan ane sih, dia jg spesialis power steering , itu bisa terjadi krn memang untuk jenis front suspension type Mc Person strut, sering ditemui setir narik saat lewat jalan gelombang / rusak. Walau pelan atau kencang, sama saja.
Lain halnya saat ane coba mobil honda Jazz/ city temen, atau kijang Innova yg konstruksi kaki² depan nya pakai double wishbone. Nah itu stabil banget. Beda banget rasanya. Lewat jalan rusak pelan², biasanya pasti setie goyang2 kanan kiri sendiri, nah saat ane pake Jazz tu setir bisa anteng total ga gerak sm skali, dan ringan pula. Heran.
Usut punya usut, kt bang Kosim, mmg karakter suspensi double wishbone jauh lebih stabil dibanding Mc Person Strut. Cmiiw
Dan ,stelah di verdict, camry ane memang bushing steering rack & karet gromet steer sudah harus ganti. Mudah²an abs ganti bisa ilang.
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Mon Mar 14, 2022 3:34
Re: PROBLEM SETIR LARI-LARI SELALU ADANYA DI MOBKAS
Halo Gan,
Sama banget, ane ngalamin hal yang sama untuk mobil ane. Mobil ane abis nabrak trotoar, roda depan kanan, sudah ganti kaki - kaki: lower arm dan shock absorber, dan karet support, sudah spooring juga, tapi di jalan lurus masih suka lari ke kanan, berasa kayak ada yang narik ke kanan, kira - kira ini kenapa ya? Dispooring 3D, lihat hasilnya dan dibandingkan dengan Rush yang lain, hasilnya sama bagusnya.
Sama banget, ane ngalamin hal yang sama untuk mobil ane. Mobil ane abis nabrak trotoar, roda depan kanan, sudah ganti kaki - kaki: lower arm dan shock absorber, dan karet support, sudah spooring juga, tapi di jalan lurus masih suka lari ke kanan, berasa kayak ada yang narik ke kanan, kira - kira ini kenapa ya? Dispooring 3D, lihat hasilnya dan dibandingkan dengan Rush yang lain, hasilnya sama bagusnya.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1819
- Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Re: PROBLEM SETIR LARI-LARI SELALU ADANYA DI MOBKAS
Coba cek steering racknya sama karet karet bushing control arm dll, kalo karet udah getas biasanya kena lobang agak narik. Terjadi dimobil ane.adh wrote: ↑Thu Jun 01, 2006 20:15 sy minta tolong bgt sy punya mobil harrier thn 2003, kalo setir ga bisa stabil alias suka lari lari kanan kiri.apalagi kalo lewatin jalan ga rata sdikit langsung tarik tarikan kanan kiri tuh steer, sy ud cape keluar masuk ampe 5 bengkel , spooring pun ampe 8 kali bolak balik nawilis n start tire.padahal tie rod,ball joint,arm semuanya dalam kondisi baik. apa yah kerusakannya itu,sampai ud sy coba buka roda sebelah kanannya dan dilihat isi dalamnya(king pen)jg kata org bengkel panca julang,dlm kondisi baik.sampai sudah sy cek sasisnya pake alat komp pun dalam kondisi normal, lalu yg sy ga bs cek pada bag support yg pegang shock depan, apa bs jadi kendalanya dr support tsb? lalu sy pernah juga melakukan penyetelan kembali pada hose steering,sy cb kerasin, memang terbantu sedikit tapi yg dirassakan setelah itu jika melewati jalan yg tdk terlalu rata,tetap roda lari kiri kanan meskipun makin lama pula setir ikut tertarik juga, dan sy mo tny pula apakah semua mbl bks pun begini kendalanya soal sdh 4 mbl yg sy sdh alami selalu begini... dan kalo anda punya bkl rekomendasi yg sdh sudah bisa menangani masalah macam ini, dan knp kalo mobkas ganti velg lbh gede sedikit pun setirnya ga stabil juga?
( mbl ini blm prnh nabrak ) sebelumnyaq saya ucapakan banyak terima kasih atas perhatiannya
IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Mon Mar 14, 2022 3:34
Re: PROBLEM SETIR LARI-LARI SELALU ADANYA DI MOBKAS
Halo Gan,adh wrote: ↑Thu Jun 01, 2006 20:15 sy minta tolong bgt sy punya mobil harrier thn 2003, kalo setir ga bisa stabil alias suka lari lari kanan kiri.apalagi kalo lewatin jalan ga rata sdikit langsung tarik tarikan kanan kiri tuh steer, sy ud cape keluar masuk ampe 5 bengkel , spooring pun ampe 8 kali bolak balik nawilis n start tire.padahal tie rod,ball joint,arm semuanya dalam kondisi baik. apa yah kerusakannya itu,sampai ud sy coba buka roda sebelah kanannya dan dilihat isi dalamnya(king pen)jg kata org bengkel panca julang,dlm kondisi baik.sampai sudah sy cek sasisnya pake alat komp pun dalam kondisi normal, lalu yg sy ga bs cek pada bag support yg pegang shock depan, apa bs jadi kendalanya dr support tsb? lalu sy pernah juga melakukan penyetelan kembali pada hose steering,sy cb kerasin, memang terbantu sedikit tapi yg dirassakan setelah itu jika melewati jalan yg tdk terlalu rata,tetap roda lari kiri kanan meskipun makin lama pula setir ikut tertarik juga, dan sy mo tny pula apakah semua mbl bks pun begini kendalanya soal sdh 4 mbl yg sy sdh alami selalu begini... dan kalo anda punya bkl rekomendasi yg sdh sudah bisa menangani masalah macam ini, dan knp kalo mobkas ganti velg lbh gede sedikit pun setirnya ga stabil juga?
( mbl ini blm prnh nabrak ) sebelumnyaq saya ucapakan banyak terima kasih atas perhatiannya
mobil ane ceritanya abis nabrak trotoar, lalu narik kanan, sudah ganti kaki - kaki mobil, sekarang sudah tidak narik kanan lagi. Tapi, persis seperti yang agan bilang, kalo jalan ga rata sedikit, mobil langsung lari - lari ke kiri/kanan. Ada yang pernah ngalamin dan sudah punya solusinya kah? Steering rack sudah ane ganti juga, shock depan kanan sudah ganti juga, mobil baru setahun sehingga ban masih bagus
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 88
- Joined: Mon Aug 07, 2017 7:06
Re: PROBLEM SETIR LARI-LARI SELALU ADANYA DI MOBKAS
Ban yang nabrak trotoar masih diposisi depan ya? sudah coba diganti?, mungkin rusak konstruksi ban nya, adek sy sudah pernah masalah di altis masuk lobang sedikt setir lari, sudah pesen streeing rack di beres toyota eh pas ganti 2 ban depan setir jadi normal, steering gak rusak jadi kepaksa ganti baru.ToyotaFan wrote:Halo Gan,adh wrote: ↑Thu Jun 01, 2006 20:15 sy minta tolong bgt sy punya mobil harrier thn 2003, kalo setir ga bisa stabil alias suka lari lari kanan kiri.apalagi kalo lewatin jalan ga rata sdikit langsung tarik tarikan kanan kiri tuh steer, sy ud cape keluar masuk ampe 5 bengkel , spooring pun ampe 8 kali bolak balik nawilis n start tire.padahal tie rod,ball joint,arm semuanya dalam kondisi baik. apa yah kerusakannya itu,sampai ud sy coba buka roda sebelah kanannya dan dilihat isi dalamnya(king pen)jg kata org bengkel panca julang,dlm kondisi baik.sampai sudah sy cek sasisnya pake alat komp pun dalam kondisi normal, lalu yg sy ga bs cek pada bag support yg pegang shock depan, apa bs jadi kendalanya dr support tsb? lalu sy pernah juga melakukan penyetelan kembali pada hose steering,sy cb kerasin, memang terbantu sedikit tapi yg dirassakan setelah itu jika melewati jalan yg tdk terlalu rata,tetap roda lari kiri kanan meskipun makin lama pula setir ikut tertarik juga, dan sy mo tny pula apakah semua mbl bks pun begini kendalanya soal sdh 4 mbl yg sy sdh alami selalu begini... dan kalo anda punya bkl rekomendasi yg sdh sudah bisa menangani masalah macam ini, dan knp kalo mobkas ganti velg lbh gede sedikit pun setirnya ga stabil juga?
( mbl ini blm prnh nabrak ) sebelumnyaq saya ucapakan banyak terima kasih atas perhatiannya
mobil ane ceritanya abis nabrak trotoar, lalu narik kanan, sudah ganti kaki - kaki mobil, sekarang sudah tidak narik kanan lagi. Tapi, persis seperti yang agan bilang, kalo jalan ga rata sedikit, mobil langsung lari - lari ke kiri/kanan. Ada yang pernah ngalamin dan sudah punya solusinya kah? Steering rack sudah ane ganti juga, shock depan kanan sudah ganti juga, mobil baru setahun sehingga ban masih bagus
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Mon Mar 14, 2022 3:34
Re: PROBLEM SETIR LARI-LARI SELALU ADANYA DI MOBKAS
Halo gan. Terima kasih banget buat reply-nya. Ban yg nabrak trotoar udah saya pindah (rotasi) ke belakang gan, jadi ban belakang dipindah ke depan, ban depan dipindah ke belakang. Kira2 dgn rotasi gini harusnya cukup kan ya?lutvi20 wrote: ↑Mon Apr 11, 2022 14:20Ban yang nabrak trotoar masih diposisi depan ya? sudah coba diganti?, mungkin rusak konstruksi ban nya, adek sy sudah pernah masalah di altis masuk lobang sedikt setir lari, sudah pesen streeing rack di beres toyota eh pas ganti 2 ban depan setir jadi normal, steering gak rusak jadi kepaksa ganti baru.ToyotaFan wrote:Halo Gan,adh wrote: ↑Thu Jun 01, 2006 20:15 sy minta tolong bgt sy punya mobil harrier thn 2003, kalo setir ga bisa stabil alias suka lari lari kanan kiri.apalagi kalo lewatin jalan ga rata sdikit langsung tarik tarikan kanan kiri tuh steer, sy ud cape keluar masuk ampe 5 bengkel , spooring pun ampe 8 kali bolak balik nawilis n start tire.padahal tie rod,ball joint,arm semuanya dalam kondisi baik. apa yah kerusakannya itu,sampai ud sy coba buka roda sebelah kanannya dan dilihat isi dalamnya(king pen)jg kata org bengkel panca julang,dlm kondisi baik.sampai sudah sy cek sasisnya pake alat komp pun dalam kondisi normal, lalu yg sy ga bs cek pada bag support yg pegang shock depan, apa bs jadi kendalanya dr support tsb? lalu sy pernah juga melakukan penyetelan kembali pada hose steering,sy cb kerasin, memang terbantu sedikit tapi yg dirassakan setelah itu jika melewati jalan yg tdk terlalu rata,tetap roda lari kiri kanan meskipun makin lama pula setir ikut tertarik juga, dan sy mo tny pula apakah semua mbl bks pun begini kendalanya soal sdh 4 mbl yg sy sdh alami selalu begini... dan kalo anda punya bkl rekomendasi yg sdh sudah bisa menangani masalah macam ini, dan knp kalo mobkas ganti velg lbh gede sedikit pun setirnya ga stabil juga?
( mbl ini blm prnh nabrak ) sebelumnyaq saya ucapakan banyak terima kasih atas perhatiannya
mobil ane ceritanya abis nabrak trotoar, lalu narik kanan, sudah ganti kaki - kaki mobil, sekarang sudah tidak narik kanan lagi. Tapi, persis seperti yang agan bilang, kalo jalan ga rata sedikit, mobil langsung lari - lari ke kiri/kanan. Ada yang pernah ngalamin dan sudah punya solusinya kah? Steering rack sudah ane ganti juga, shock depan kanan sudah ganti juga, mobil baru setahun sehingga ban masih bagus
Apa mungkin krn link stabilizer kah gan? Atau power steeringnya kena?
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Mon Mar 14, 2022 3:34
Re: PROBLEM SETIR LARI-LARI SELALU ADANYA DI MOBKAS
Halo agan, ane masi penasaran ni. Mobil ane kira - kira knp tu ya? Mobil sehabis nabrak trotoar depan kanan, lalu narik kanan, udah ganti shock, end tie rod, dan lower arm kanan. Skrg udah ga narik kanan lagi. Tapi terasa limbung dan cenderung lari kiri kalau di jalan lurus. Kalo ada yang ngerti dan bisa kasi solusi, sangat berterima kasih ane, gan.
Btw, udah spooring 10x bolak - balik dan masih cenderung lari kiri ni...
Btw, udah spooring 10x bolak - balik dan masih cenderung lari kiri ni...