Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Grafik degradasi baterai tesla dalam km
150.000km itu batre masih aman banget
Jadi garansi 8 tahun atau 160.000 sebenarnya ga bakalan kepake
Apalagi batrenya udah jenis lipo(yg daya tahannya salah satu terbaik saat ini
Mau dijelek2inpun 1000x isi artinya odometer harus 300.000 baru performa baterainya turun ke 80% (spekulasi) itupun 384 x 80% = masih bisa jalan 307km.
Kalau misalnya pake strategy isi 80% (jangan isi full) dan tiap di angka 20-30% langsung diisi
Berarti bisa 2000x isi (baru degradari ke 80%)
384km x 55% = tiap 211km baru isi baterai ke 80%an x 2000x isi = 400.000an km.
Susah mau ganti batre di Ionic5 kayanya...
Head of Service Planning and Strategy Department HMID Suprayetno mengatakan pihaknya memberikan antara lain garansi baterai delapan tahun atau 160 ribu km kepada para pembeli mobil listrik mereka. Termasuk tentunya Ioniq 5 sebagai yang teranyar.
Hyundai akan melakukan penggantian baterai gratis jika dalam pemakaian normal fungsi atau kemampuan penyimpanan daya baterai berkurang menjadi di bawah 70 persen dari kapasitas semestinya.
“Baterai itu, kan, tidak diganti semua. Ada modularnya, sel-selnya. Nanti di kami akan ada pengecekan dengan alat diagnosis khusus…. Pada saat fungsi atau kemampuan penyimpanan dayanya menjadi di bawah 70 persen, konsumen punya hak mengajukan garansinya kepada kami,” papar dia.
Yah dgn pemakaian untuk kebanyakan dalam kota, saya yakin kilometer tempuh gak bakal gede biarpun dipakai tiap hari selama 8 tahun. Kecuali kl kerjaannya bolak balik jakarta bandung tiap hari haha.
Sy sih lbh concern ke pasar second EV, karena belum ada benchmark depresiasi harganya berapa persen untuk di pasar indonesia. Kalau ATPM EV bisa keluarin jaminan harga jual kembali dalam 5 tahun misalkan, EV bisa lebih booming lagi haha
saya lebih nungguin mobil EV Receh yg harganya nyerempet LCGC buat pakai harian dalam kota, rangenya gak usah jauh2 juga gpp dehh, sekitar 200 Km juga cukup
casabalancas wrote: Fri Apr 08, 2022 4:04
saya lebih nungguin mobil EV Receh yg harganya nyerempet LCGC buat pakai harian dalam kota, rangenya gak usah jauh2 juga gpp dehh, sekitar 200 Km juga cukup
Berharap mobil ini segera terealiasi & diimpor dijual di Indonesia
Woleng EV om
Setuju sih, jarak 200km cukup buat daily, harga ga lewat 200 jt. Saya mungkin bakalan beli sih kalo keluar dan harganya cocok. Lumayan bwat pergi kerja. Pake 10 tahun nanti uda ga ada harganya jg gpp
Salvanost wrote: Thu Apr 07, 2022 18:04
Daripada ganti batre 10 tahun kemudian mending beli mobil listrik baru ya
ya polanya kayak hape kan jadinya.
batre rusak ongkos ganti batre ama beli hape baru, murah beli hape baru. hape nya dijual harganya sama kayak batrenya
klo rasio perbandingannya harga mobil bekasnya : harga batrenya segini, ya moblis kurang lebih juga mirip rasionya lah
Bener om, makanya berharap keluar yg harganya 200jt an. Pake 10 tahun, rusak buang. Oke lah 200 jt buat 10 tahun. Depresiasi mbl2 harga 400-500jt an aja 5 tahun juga segituan.
batre rusak ongkos ganti batre ama beli hape baru, murah beli hape baru. hape nya dijual harganya sama kayak batrenya
klo rasio perbandingannya harga mobil bekasnya : harga batrenya segini, ya moblis kurang lebih juga mirip rasionya lah
Ganti batere hp menurut saya termasuk murah loh.
Saya baru ganti batere iPhone SE (2016) harganya 160 ribu, sementara harga hp bekasnya di kisaran 1,5-2 juta. Sebagai contoh perbandingan hp kelas midrange yang sama-sama keluaran 2016, Xiaomi Mi 5 misalnya, sekarang harga bekasnya 750-1,2 sementara harga batere kisaran 50-120 ribu. Jadi kalau diliat-liat, untuk hp berumur 6 tahun aja harga batere masih 1/10nya dari harga hp bekas tersebut.
Jadi kalau emang masih puas dengan hp sekarang tapi baterenya udah nge-drop, ganti aja baterenya, ga terlalu mahal kok
Selain harga masih mahal, ga jelas harga jual second nya dan batere yg mahal, masalah paling penting ya infrastructure nya..
Ini kayanya beneran nyasar yg kaya aja at least rumah nya proper bisa pasang listrik tambahan atau listrik rumah nya 10 kw.. dan pastikan rumahnya bukan daerah banjir haha..
Yg kaya tapi tinggal di apartemen gmn tuh, bisa pasang charger di basement nya?
Bisa laku 500 unit sampe akhir taun udah bagus lah mnrt sy..
Salvanost wrote: Thu Apr 07, 2022 18:15
Grafik degradasi baterai tesla dalam km
150.000km itu batre masih aman banget
Jadi garansi 8 tahun atau 160.000 sebenarnya ga bakalan kepake
Apalagi batrenya udah jenis lipo(yg daya tahannya salah satu terbaik saat ini
Mau dijelek2inpun 1000x isi artinya odometer harus 300.000 baru performa baterainya turun ke 80% (spekulasi) itupun 384 x 80% = masih bisa jalan 307km.
Kalau misalnya pake strategy isi 80% (jangan isi full) dan tiap di angka 20-30% langsung diisi
Berarti bisa 2000x isi (baru degradari ke 80%)
384km x 55% = tiap 211km baru isi baterai ke 80%an x 2000x isi = 400.000an km.
Susah mau ganti batre di Ionic5 kayanya...
Head of Service Planning and Strategy Department HMID Suprayetno mengatakan pihaknya memberikan antara lain garansi baterai delapan tahun atau 160 ribu km kepada para pembeli mobil listrik mereka. Termasuk tentunya Ioniq 5 sebagai yang teranyar.
Hyundai akan melakukan penggantian baterai gratis jika dalam pemakaian normal fungsi atau kemampuan penyimpanan daya baterai berkurang menjadi di bawah 70 persen dari kapasitas semestinya.
“Baterai itu, kan, tidak diganti semua. Ada modularnya, sel-selnya. Nanti di kami akan ada pengecekan dengan alat diagnosis khusus…. Pada saat fungsi atau kemampuan penyimpanan dayanya menjadi di bawah 70 persen, konsumen punya hak mengajukan garansinya kepada kami,” papar dia.
harusnya peminat EV sini dikasi edukasi soal degradasi baterai bukan masalah di berapa tahun pemakaian tetapi berapa jumlah cycle charge dan discharge 100%, misal hari ini kita charge mobil EV nya sampai 100% trus pakai buat jalan sisa 50%, malam charge lagi sampai 100% dan besok nya pakai lagi sisa 50%, charge lagi ke 100% itu baru hitungannya 1 cycle.
kalau menurut situs atas. klaim nya tesla 5% penurunan kapasitas setelah pemakaian 100.000 miles. tentu kalau klaim manufacturer mesti dites kebenarannya.
dari youtuber ini real test nya sudah turun 11% setelah 100.000 miles/160.000km. padahal pakai nya kasar, sering discharge state sampai 0% untuk syuting baru charge lagi. sering pakai buat nge drag test.
kalau masalah resale value (balik lagi edukasi yg masalah baterai), harga mahal dan tempat charge di sini yang masih seiprit yg hambat penetrasi EV car
batre rusak ongkos ganti batre ama beli hape baru, murah beli hape baru. hape nya dijual harganya sama kayak batrenya
klo rasio perbandingannya harga mobil bekasnya : harga batrenya segini, ya moblis kurang lebih juga mirip rasionya lah
Ganti batere hp menurut saya termasuk murah loh.
Saya baru ganti batere iPhone SE (2016) harganya 160 ribu, sementara harga hp bekasnya di kisaran 1,5-2 juta. Sebagai contoh perbandingan hp kelas midrange yang sama-sama keluaran 2016, Xiaomi Mi 5 misalnya, sekarang harga bekasnya 750-1,2 sementara harga batere kisaran 50-120 ribu. Jadi kalau diliat-liat, untuk hp berumur 6 tahun aja harga batere masih 1/10nya dari harga hp bekas tersebut.
Jadi kalau emang masih puas dengan hp sekarang tapi baterenya udah nge-drop, ganti aja baterenya, ga terlalu mahal kok
Itu batere kw kali ya om? Soalnya saya ganti batere iphone 7+ masih kena 400rb
Kalo batere mobil kan ga ada kwnya om, eh tp gatau jg sih 5-10 thn lg china ngeluarin batere kw untuk tesla, hyundae, dll seharga 1/4 batere asli
kendibocor wrote: Fri Apr 08, 2022 12:42
Itu batere kw kali ya om? Soalnya saya ganti batere iphone 7+ masih kena 400rb
Kalo batere mobil kan ga ada kwnya om, eh tp gatau jg sih 5-10 thn lg china ngeluarin batere kw untuk tesla, hyundae, dll seharga 1/4 batere asli
Iya sih kw, karena saya coba nanya ke Authorised Service Provider katanya ga nerima ganti batere iPhone SE awal. Merk yang saya liat ada daftar harga ganti batere tuh palingan Vivo dan kalau diliat harga resmi mereka tuh sekitar 200-300 ribu, masih okelah menurut saya.
Last edited by Taufiq6210 on Fri Apr 08, 2022 13:26, edited 1 time in total.
batre rusak ongkos ganti batre ama beli hape baru, murah beli hape baru. hape nya dijual harganya sama kayak batrenya
klo rasio perbandingannya harga mobil bekasnya : harga batrenya segini, ya moblis kurang lebih juga mirip rasionya lah
Ganti batere hp menurut saya termasuk murah loh.
Saya baru ganti batere iPhone SE (2016) harganya 160 ribu, sementara harga hp bekasnya di kisaran 1,5-2 juta. Sebagai contoh perbandingan hp kelas midrange yang sama-sama keluaran 2016, Xiaomi Mi 5 misalnya, sekarang harga bekasnya 750-1,2 sementara harga batere kisaran 50-120 ribu. Jadi kalau diliat-liat, untuk hp berumur 6 tahun aja harga batere masih 1/10nya dari harga hp bekas tersebut.
Jadi kalau emang masih puas dengan hp sekarang tapi baterenya udah nge-drop, ganti aja baterenya, ga terlalu mahal kok
Itu batere kw kali ya om? Soalnya saya ganti batere iphone 7+ masih kena 400rb
Kalo batere mobil kan ga ada kwnya om, eh tp gatau jg sih 5-10 thn lg china ngeluarin batere kw untuk tesla, hyundae, dll seharga 1/4 batere asli
Batere lipo sudah bisa dibeli. Kalau yg cari batere untuk tesla banyak, bakal dibikin juga ama cina.
kendibocor wrote: Thu Apr 07, 2022 14:57
Upsss salah baca. Biasa dibawah 80% uda harus ganti berarti ya om? Baca2 degradasi batere hanya sekitar 2,3% per tahun, taro lah di indo 2,5% lah faktor cuaca panas. Artinya sampe kapasitas 80% bisa jalan 8 tahun. Ya masuk sih itungannya kalo digaransi 8 thn. Pertanyaannya kalo dibawah 80% kita cuek aja kita pakai terus apa masih bisa? Andaikata bisa dipakai sampai kapasitas batere sisa 50% sih boleh juga. Paling rugi di jarak tempuh aja yg makin pendek, tp mobil bisa dipakai sampe 20 tahun
bisa kok, kalau saya baca2 limitasinya itu justru bukan kapasitas tersisa tapi ketika diisi ulang, itu sirkuit batere akan cut-off nganggep batere sudah penuh atau error. ibarat kata kaya aki soak.
b0ku wrote: Thu Apr 07, 2022 15:34
roadster populasi gak banyak lagian, type s baru 10th itupun jgnkan batre motor listrik aja ud ada yang jebol kadang bunyinya juga gak enak kalo ud rusak kalo dah rusak ganti satu modul juga, klo hybrid batre rusak masih jalan kek mobil bensin normal cuma sistem ev gak jalan aja bedanya jd gak pernah tau pada di paksa jalan tanpa batre,
Iya, malah kebanyakan yang rusak motornya, karena powernya kelewat sinting overpowered jadi komponen bergerak kalah duluan.
kalau mobil ICE turbo jebol, piston jebol, stang piston jebol, dll ini motor penggerak.
tanpa batere maka EV jadi mogok.
kalau paralel hybrid atau PHEV masih bisa jalan hanya limited performance = limp mode.
pokoknya kalo ev itu daripasa beli spek nanggung2x beli long range aja karena kuncinya juga ada di charging makin sering charging makin cepet rusak batrenya jd bagusnya lsg hajar longrange biar jarang di charging, kenapa hybrid cepet jebol batre ya karena chargimg cyclenya gak beraturan sesuai kondisi jalan dan sistem otomatisnya
yap. mendingan long range sekalian, selain jarang di charge jadi batere awet, juga biar puas pakenya.
adri31 wrote: Fri Apr 08, 2022 13:25
Batere lipo sudah bisa dibeli. Kalau yg cari batere untuk tesla banyak, bakal dibikin juga ama cina.
sudah banyak jasa rebuilt batere mobil EV di USA, karena berkaitan dengan Rights to Repair alias DIYers. malah banyak perusahaan yang terima tuker tambah, jadi konsumen beneran cuma modal youtube, tools, bongkar pasang sendiri batere di rumah. ga perlu satu2 kecuali rajin dan tahu banget teknisnya, dan lumayan makan waktu karena ada ribuan battery cell.
batere cell darimana? ga jauh2 dari Panasonic, LG, Samsung tentunya, karena siapa lagi di dunia yang bisa bikin dengan jaminan kualitas segitu. China juga banyak tapi dengan mutu setara Panasonic dan duo korean sulit, LG saja kena masalah recall di Hyundai sampe2 berantem tuduh2an siapa yang salah. siapa yang berani pake batere buatan China brand. sekali rakit, gagal satu dua cell itu ga masalah tapi kalau sampe puluhan, ribet di bongkar pasangnya.
dan Tesla saja bermasalah bukan di rakit mobil, tapi rakit itu batere assy, karena ga ada mesin yang cukup cepat buat bikin battery cell sesuai dengan kebutuhan Tesla. jadi bayangkan. saking gampangnya bikin mobil EV malah mentok di hal sederhana: bikin battery cell.
adri31 wrote: Fri Apr 08, 2022 13:25
Batere lipo sudah bisa dibeli. Kalau yg cari batere untuk tesla banyak, bakal dibikin juga ama cina.
sudah banyak jasa rebuilt batere mobil EV di USA, karena berkaitan dengan Rights to Repair alias DIYers. malah banyak perusahaan yang terima tuker tambah, jadi konsumen beneran cuma modal youtube, tools, bongkar pasang sendiri batere di rumah. ga perlu satu2 kecuali rajin dan tahu banget teknisnya, dan lumayan makan waktu karena ada ribuan battery cell.
batere cell darimana? ga jauh2 dari Panasonic, LG, Samsung tentunya, karena siapa lagi di dunia yang bisa bikin dengan jaminan kualitas segitu. China juga banyak tapi dengan mutu setara Panasonic dan duo korean sulit, LG saja kena masalah recall di Hyundai sampe2 berantem tuduh2an siapa yang salah. siapa yang berani pake batere buatan China brand. sekali rakit, gagal satu dua cell itu ga masalah tapi kalau sampe puluhan, ribet di bongkar pasangnya.
dan Tesla saja bermasalah bukan di rakit mobil, tapi rakit itu batere assy, karena ga ada mesin yang cukup cepat buat bikin battery cell sesuai dengan kebutuhan Tesla. jadi bayangkan. saking gampangnya bikin mobil EV malah mentok di hal sederhana: bikin battery cell.
Wuling sm BYD masuk top 10 world most selling electric car loh, malah korea ga ada..
Kok mnrt gw technology batere itu harus nya gampang di tiru ya.. ga spesial kaya bikin transmisi, atau engine..
Klo bicara HP oneplus 6 gw umur 4 th malah batere masi lebih awet dr samsung s10 gw yg baru 2.5 th, jd umur batere ga cuma dari kualitas batere yg lain2 nya itu yg penting..
Ya tentu klo beli mobil mahal ganti spare part yg penting tetep belinya yg OEM ya haha
pengalaman temen yang pake ioniq lama, jarang banget ke spklu, ngecharge keseringan di rumah, karena gampang katanya tinggal colok...
dan mau pake fast charging atau slow charging (pake charger yang dibawa bawa langsung colok ke rumah), sama aja enaknya karena bisa tinggal tidur aja...
tapi ini memang lebih pas buat dalam kota, kalo keluar kota, praktis spklu mesti banyak.
dan jadinya kebanyakan yang pake mobil listrik sekarang pasti secondary car, karena pasti masih takut buat pake keluar kota.
semoga makin banyak mobil ev, terutama yang dibawah 300jt, buat commuter dalam kota...
sy kepikiran yg ioniq, klo yg 5 kemahalan, tp klo ada yg 200 jtan...mantap bgt...
simple buat daily use, ga worry ganjil genap,
dan dr bensind an STNK, kayaknya sama akhirnya dg bensin
cmn ganjil genap bs lewat itu sesuatu bgt, jd ke kantor ga perlu register 2 mobil, ama ngapalin hr ini ganjil atau genap yah,
mastom wrote: Sat Apr 09, 2022 2:53
sy kepikiran yg ioniq, klo yg 5 kemahalan, tp klo ada yg 200 jtan...mantap bgt...
simple buat daily use, ga worry ganjil genap,
dan dr bensind an STNK, kayaknya sama akhirnya dg bensin
cmn ganjil genap bs lewat itu sesuatu bgt, jd ke kantor ga perlu register 2 mobil, ama ngapalin hr ini ganjil atau genap yah,
Kayaknya ini yg bakal ditarget sama wuling EV. Mobil listrik 200 jutaan bakal jamur di jalan sudirman nanti krn bebas ganjil genap haha. Rasanya pabrikan besar jepang dan korea bikin EV 200 juta agak mustahil kecuali disubsidi besar2an sama negara. Tp tau sendiri sekarang negara lagi BU tarik pajak ke mana2 haha
mastom wrote: Sat Apr 09, 2022 2:53
sy kepikiran yg ioniq, klo yg 5 kemahalan, tp klo ada yg 200 jtan...mantap bgt...
simple buat daily use, ga worry ganjil genap,
dan dr bensind an STNK, kayaknya sama akhirnya dg bensin
cmn ganjil genap bs lewat itu sesuatu bgt, jd ke kantor ga perlu register 2 mobil, ama ngapalin hr ini ganjil atau genap yah,
karena mini ev biasa batrenya juga wattnya gak gede biasanya juga lebih safe sama minim resiko konslet
kebayang gak sih itu kabel di dalem EV yang powernya gede2x harus bagus kek apa kalo ud ada umur gimana itu pada?? yang combustion aja cuma pake listrik kecil aja suka kebakaran gimana EV yang listriknya gede gitu
Salvanost wrote: Sat Apr 09, 2022 7:51
Kalau murah tar pasti beda daya tahan baterainya
Karena semakin sering diisi
Mungkin garansi baterainya turun jadi 100.000km atau 5 tahun
harusnya makin canggih makin lama daya tahannya cuma harganya gak yakin makin murah karena materialnya itu ditambang dan rare mineral , ditambah demandnya katanya naek terus ya mana ada jadi murah
kunaskun wrote: Fri Apr 08, 2022 13:44
Iya, malah kebanyakan yang rusak motornya, karena powernya kelewat sinting overpowered jadi komponen bergerak kalah duluan.
kalau mobil ICE turbo jebol, piston jebol, stang piston jebol, dll ini motor penggerak.
tanpa batere maka EV jadi mogok.
kalau paralel hybrid atau PHEV masih bisa jalan hanya limited performance = limp mode.
nah bayangin mobil ICE sekarang yang ilang traksi dikit aja ngambek, gak kebayang EV itu safety restrictionnya macem apa. jangan2 batrenya kepanasan dikit langsung cutoff power biar aman.
setidaknya mobil ICE tinggal override sensor atau fuse aja masih bisa dijalanin paksa. mobil radiator bocor aja bisa dijalanin pelan pelan ampe bengkel dengan selamat sambil diisi aer terus menerus
lah yang mogok ga bisa di starter sama sekali klo manual aja tinggal di gelundungin di gigi 3 langsung bisa idup
Kalau mobil listrik bisa nggak di tarik aja, sambil aktifkan degenerative brake nya, sambil mengisi baterai.
Misal di towing 10 km, kemudian 5 km bisa jalan sendiri
ilhami wrote: Sat Apr 09, 2022 9:24
Kalau mobil listrik bisa nggak di tarik aja, sambil aktifkan degenerative brake nya, sambil mengisi baterai.
Misal di towing 10 km, kemudian 5 km bisa jalan sendiri
Mobil yang narik setengah mati . Regenerative brake itu jauh lebih kuat dari "engine brake" mobil ice.
Kecuali mungkin kalo pake settingan yang regenerative brakingnya paling lemah, cuma mungkin ngechargenya gak sebrapa.