Kayanya MTF ga terlalu rewel/milih2 kaya ATF/oli mesin yaa gan, asal udah GL4 viskositas mirip2 hajar ajaevanbngdor wrote: Tue Apr 05, 2022 9:59Di Great Corolla sama Innova saya. Om. Udah 3 tahun pake itu kayaknya siht105erd wrote: Tue Apr 05, 2022 9:53Wah baru denger tuh gan, dibuat di mobil apa, tadi udah ganti MTF di Tunas akhirnya pake TMO hehe...evanbngdor wrote: Tue Apr 05, 2022 9:50
Saya pake MTF nya Wuling. Ekonomis dan smooth perpindahannya.
Oli Gardan dan Transmisi
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1607
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
Re: Oli Gardan dan Transmisi
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1607
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
Re: Oli Gardan dan Transmisi
Ralat ternyata dikasih Spirax S2 G yang 60rban wkwk...t105erd wrote: Tue Apr 05, 2022 9:53Wah baru denger tuh gan, dibuat di mobil apa, tadi udah ganti MTF di Tunas akhirnya pake TMO hehe...evanbngdor wrote: Tue Apr 05, 2022 9:50Saya pake MTF nya Wuling. Ekonomis dan smooth perpindahannya.t105erd wrote: Mon Apr 04, 2022 13:35 Kalo MTF GL-4 buat 1NZ ada saran gak? Sebelum saya beli TMO/Pertamina hehe...
Apakah udah cukup yah 2 merk itu?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Oli Gardan dan Transmisi
Semua oli jg pd dasarnya kalo emang oli mesin bagus ya di mesin pasti enak2 aja. Kenapa MTF ngga terlalu signifikan bedanya, karena dia hanya bertugas melumasi, ngga ada oksidasi pembakaran. Tp akan tetep berasa beda nya, apalagi setelah pemakaian sekian lama.t105erd wrote: Tue Apr 05, 2022 10:24Kayanya MTF ga terlalu rewel/milih2 kaya ATF/oli mesin yaa gan, asal udah GL4 viskositas mirip2 hajar ajaevanbngdor wrote: Tue Apr 05, 2022 9:59Di Great Corolla sama Innova saya. Om. Udah 3 tahun pake itu kayaknya siht105erd wrote: Tue Apr 05, 2022 9:53
Wah baru denger tuh gan, dibuat di mobil apa, tadi udah ganti MTF di Tunas akhirnya pake TMO hehe...
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11855
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Oli Gardan dan Transmisi
evanbngdor wrote: Wed Apr 06, 2022 6:07
. Kenapa MTF ngga terlalu signifikan bedanya, karena dia hanya bertugas melumasi, ngga ada oksidasi pembakaran. Tp akan tetep berasa beda nya, apalagi setelah pemakaian sekian lama.
kalau mau signifikan, ganti dari yang kentel (misal 75w80) ke 5w30 atau ke atf sekalian.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1607
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
Re: Oli Gardan dan Transmisi
Wahahaha biar makin ngacir yahmarmut wrote: Wed Apr 06, 2022 6:19evanbngdor wrote: Wed Apr 06, 2022 6:07
. Kenapa MTF ngga terlalu signifikan bedanya, karena dia hanya bertugas melumasi, ngga ada oksidasi pembakaran. Tp akan tetep berasa beda nya, apalagi setelah pemakaian sekian lama.
kalau mau signifikan, ganti dari yang kentel (misal 75w80) ke 5w30 atau ke atf sekalian.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4630
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Oli Gardan dan Transmisi
Ada yang pernah pakai oli gardan 20rb KM selama 3 thn?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Oli Gardan dan Transmisi
oli gardan vrz sy 20rb 2 thn. belom lama sy cek warnanya bersih kaya baru. berhubung keraton ga jd diganti, mihil, bensin naik pula. ga mau dr warteg turun ke mie gelas mbah


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4630
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Oli Gardan dan Transmisi
asi nya kan sudah ok kan mbah? hehehehOmnibus wrote: Wed Apr 06, 2022 12:55oli gardan vrz sy 20rb 2 thn. belom lama sy cek warnanya bersih kaya baru. berhubung keraton ga jd diganti, mihil, bensin naik pula. ga mau dr warteg turun ke mie gelas mbah![]()
![]()
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Oli Gardan dan Transmisi
percaya ga sy jual rugi

krn takut turun lagi jd rugi notiaw malah
kurang sabar ...

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1240
- Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32
Re: Oli Gardan dan Transmisi
Ane pake mobil 1 75W-90 GL5 selama 2,5 taon/17 ribu KM hasilnya kaya foto dibawah om.Profith83 wrote:Ada yang pernah pakai oli gardan 20rb KM selama 3 thn?
Gram2an yg nempel di baut lumayan jg & tp kl warna ane kurang ngerti sih krn kemarin gak sempet bandingin yg lama dgn yg baru.
Tp setelah ganti jauh lebih enak sih baik akselerasi maupun glidingnya, terlepas ane jg ksh FR3.
Informasi yg ane baca dr Om Turbo kl gardan pakai yg full synthetic olinya ganti tiap 2,5 taon max 3 taon lah.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4630
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Oli Gardan dan Transmisi
Terima kasih infonya om.benzz89 wrote: Wed Apr 06, 2022 23:01Ane pake mobil 1 75W-90 GL5 selama 2,5 taon/17 ribu KM hasilnya kaya foto dibawah om.Profith83 wrote:Ada yang pernah pakai oli gardan 20rb KM selama 3 thn?
Gram2an yg nempel di baut lumayan jg & tp kl warna ane kurang ngerti sih krn kemarin gak sempet bandingin yg lama dgn yg baru.
Tp setelah ganti jauh lebih enak sih baik akselerasi maupun glidingnya, terlepas ane jg ksh FR3.
Informasi yg ane baca dr Om Turbo kl gardan pakai yg full synthetic olinya ganti tiap 2,5 taon max 3 taon lah.20220317_151456.jpg20220317_145112.jpg
Mobil KM sudah berapa? kalau mobil baru memang masih banyak gramnya.
Tapi kalau sudah lama masih ada gram ngeri juga yah
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1240
- Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32
Re: Oli Gardan dan Transmisi
KM 147 ribu om, sebenarnya msh enak sih itu mobil 1 nya, cuman sdh 2,5 taon yah ganti aja lah. Sebelumnya pakai Q8 80W-90 tp berat mobilnya beda jauh ama mobil 1 75W-90 jd baru jalan 10 ribuan balik lg ke mobil 1 75W-90.Profith83 wrote:Terima kasih infonya om.benzz89 wrote: Wed Apr 06, 2022 23:01Ane pake mobil 1 75W-90 GL5 selama 2,5 taon/17 ribu KM hasilnya kaya foto dibawah om.Profith83 wrote:Ada yang pernah pakai oli gardan 20rb KM selama 3 thn?
Gram2an yg nempel di baut lumayan jg & tp kl warna ane kurang ngerti sih krn kemarin gak sempet bandingin yg lama dgn yg baru.
Tp setelah ganti jauh lebih enak sih baik akselerasi maupun glidingnya, terlepas ane jg ksh FR3.
Informasi yg ane baca dr Om Turbo kl gardan pakai yg full synthetic olinya ganti tiap 2,5 taon max 3 taon lah.20220317_151456.jpg20220317_145112.jpg
Mobil KM sudah berapa? kalau mobil baru memang masih banyak gramnya.
Tapi kalau sudah lama masih ada gram ngeri juga yah
Gram2an sih pst ada aja sih om, namanya gear kan besi pasti bersinggungan dgn besi, kl oli sdh umur 2,5-3 taon yah daya lubrikasinya pst ada penurunan meski di gardan ini tidak ada pembakaran spt di mesin & panas berlebih spt di matic, tp msh tipis sih gram2nya kt mbah Marmut.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2539
- Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Re: Oli Gardan dan Transmisi
Musinya samain aja om pake Q8 T65 75w90, kalo 80w90 pasti lebih berat.benzz89 wrote: Thu Apr 07, 2022 2:25KM 147 ribu om, sebenarnya msh enak sih itu mobil 1 nya, cuman sdh 2,5 taon yah ganti aja lah. Sebelumnya pakai Q8 80W-90 tp berat mobilnya beda jauh ama mobil 1 75W-90 jd baru jalan 10 ribuan balik lg ke mobil 1 75W-90.Profith83 wrote:Terima kasih infonya om.benzz89 wrote: Wed Apr 06, 2022 23:01 Ane pake mobil 1 75W-90 GL5 selama 2,5 taon/17 ribu KM hasilnya kaya foto dibawah om.
Gram2an yg nempel di baut lumayan jg & tp kl warna ane kurang ngerti sih krn kemarin gak sempet bandingin yg lama dgn yg baru.
Tp setelah ganti jauh lebih enak sih baik akselerasi maupun glidingnya, terlepas ane jg ksh FR3.
Informasi yg ane baca dr Om Turbo kl gardan pakai yg full synthetic olinya ganti tiap 2,5 taon max 3 taon lah.20220317_151456.jpg20220317_145112.jpg
Mobil KM sudah berapa? kalau mobil baru memang masih banyak gramnya.
Tapi kalau sudah lama masih ada gram ngeri juga yah
Gram2an sih pst ada aja sih om, namanya gear kan besi pasti bersinggungan dgn besi, kl oli sdh umur 2,5-3 taon yah daya lubrikasinya pst ada penurunan meski di gardan ini tidak ada pembakaran spt di mesin & panas berlebih spt di matic, tp msh tipis sih gram2nya kt mbah Marmut.
IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1240
- Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32
Re: Oli Gardan dan Transmisi
Betul Om sahabat, masalahnya ane kurang perhatiin waktu ganti oli di toda waktu itu, padahal gantinya Q8 semua itu dr oli mesin, matic & gardan di sana hahahah...sahabatq8 wrote:Musinya samain aja om pake Q8 T65 75w90, kalo 80w90 pasti lebih berat.benzz89 wrote: Thu Apr 07, 2022 2:25KM 147 ribu om, sebenarnya msh enak sih itu mobil 1 nya, cuman sdh 2,5 taon yah ganti aja lah. Sebelumnya pakai Q8 80W-90 tp berat mobilnya beda jauh ama mobil 1 75W-90 jd baru jalan 10 ribuan balik lg ke mobil 1 75W-90.Profith83 wrote: Terima kasih infonya om.
Mobil KM sudah berapa? kalau mobil baru memang masih banyak gramnya.
Tapi kalau sudah lama masih ada gram ngeri juga yah
Gram2an sih pst ada aja sih om, namanya gear kan besi pasti bersinggungan dgn besi, kl oli sdh umur 2,5-3 taon yah daya lubrikasinya pst ada penurunan meski di gardan ini tidak ada pembakaran spt di mesin & panas berlebih spt di matic, tp msh tipis sih gram2nya kt mbah Marmut.
Rese... pas sampe rumah kok habis ganti oli nih mobil gak ada special2nya yah? Malah cenderung lebih berat banding sebelumnya.
Akhirnya ane cek kwitansi ternyata gardan di kasih Q8 yg 80W-90 ama si Toda, ane komplainlah kenapa gak di kasih yg 75W-90 spt spec sebelumnya? Dia bilang stocknya lg kosong... asemmm.
Ane bingung jg yah beda dikit itu 75W Vs 80W tapi beratnya berasa banget yg 80W padahal buntut sama2 di 90. Kl utk mobil yg bawa beban berat & kerja keras kan lebih prefer pake yg 80W tapi kl berat begitu yah mana enak yah larinya itu mobil beban & logikanya lebih boros bbm kan?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4630
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Oli Gardan dan Transmisi
Siap om. Punya saya di 2KD KM90rb pemakaian terakhir 20rb 3 thn pakai Eneos 75w90 akan saya gantibenzz89 wrote: Thu Apr 07, 2022 2:25KM 147 ribu om, sebenarnya msh enak sih itu mobil 1 nya, cuman sdh 2,5 taon yah ganti aja lah. Sebelumnya pakai Q8 80W-90 tp berat mobilnya beda jauh ama mobil 1 75W-90 jd baru jalan 10 ribuan balik lg ke mobil 1 75W-90.Profith83 wrote:Terima kasih infonya om.benzz89 wrote: Wed Apr 06, 2022 23:01 Ane pake mobil 1 75W-90 GL5 selama 2,5 taon/17 ribu KM hasilnya kaya foto dibawah om.
Gram2an yg nempel di baut lumayan jg & tp kl warna ane kurang ngerti sih krn kemarin gak sempet bandingin yg lama dgn yg baru.
Tp setelah ganti jauh lebih enak sih baik akselerasi maupun glidingnya, terlepas ane jg ksh FR3.
Informasi yg ane baca dr Om Turbo kl gardan pakai yg full synthetic olinya ganti tiap 2,5 taon max 3 taon lah.20220317_151456.jpg20220317_145112.jpg
Mobil KM sudah berapa? kalau mobil baru memang masih banyak gramnya.
Tapi kalau sudah lama masih ada gram ngeri juga yah
Gram2an sih pst ada aja sih om, namanya gear kan besi pasti bersinggungan dgn besi, kl oli sdh umur 2,5-3 taon yah daya lubrikasinya pst ada penurunan meski di gardan ini tidak ada pembakaran spt di mesin & panas berlebih spt di matic, tp msh tipis sih gram2nya kt mbah Marmut.
ANKI pemakaian 17rb 2.5 thn juga akan diganti
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2539
- Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Re: Oli Gardan dan Transmisi
So far yang saya coba sih 75w selalu lebih enak ya lebih effortless gitu gelindingnya. Biasa kalo gardanya berumur baru kasih 80w. Mungkin selain viskositas beda kualitasnya juga sih, kalo T55 80w90 masih semi, ya kalo upgrade dari oli bawaan sih udah enak banget, tapi kalo sama T65 di innova temen aja jauh sih.benzz89 wrote: Thu Apr 07, 2022 4:38Betul Om sahabat, masalahnya ane kurang perhatiin waktu ganti oli di toda waktu itu, padahal gantinya Q8 semua itu dr oli mesin, matic & gardan di sana hahahah...sahabatq8 wrote:Musinya samain aja om pake Q8 T65 75w90, kalo 80w90 pasti lebih berat.benzz89 wrote: Thu Apr 07, 2022 2:25
KM 147 ribu om, sebenarnya msh enak sih itu mobil 1 nya, cuman sdh 2,5 taon yah ganti aja lah. Sebelumnya pakai Q8 80W-90 tp berat mobilnya beda jauh ama mobil 1 75W-90 jd baru jalan 10 ribuan balik lg ke mobil 1 75W-90.
Gram2an sih pst ada aja sih om, namanya gear kan besi pasti bersinggungan dgn besi, kl oli sdh umur 2,5-3 taon yah daya lubrikasinya pst ada penurunan meski di gardan ini tidak ada pembakaran spt di mesin & panas berlebih spt di matic, tp msh tipis sih gram2nya kt mbah Marmut.
Rese... pas sampe rumah kok habis ganti oli nih mobil gak ada special2nya yah? Malah cenderung lebih berat banding sebelumnya.
Akhirnya ane cek kwitansi ternyata gardan di kasih Q8 yg 80W-90 ama si Toda, ane komplainlah kenapa gak di kasih yg 75W-90 spt spec sebelumnya? Dia bilang stocknya lg kosong... asemmm.
Ane bingung jg yah beda dikit itu 75W Vs 80W tapi beratnya berasa banget yg 80W padahal buntut sama2 di 90. Kl utk mobil yg bawa beban berat & kerja keras kan lebih prefer pake yg 80W tapi kl berat begitu yah mana enak yah larinya itu mobil beban & logikanya lebih boros bbm kan?
IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1240
- Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32
Re: Oli Gardan dan Transmisi
Oh pantes itu Q8 T55 80W-90 msh semi synthetic yah, kl yg T65 75W-90 sdh full synthetic kan yah?sahabatq8 wrote:So far yang saya coba sih 75w selalu lebih enak ya lebih effortless gitu gelindingnya. Biasa kalo gardanya berumur baru kasih 80w. Mungkin selain viskositas beda kualitasnya juga sih, kalo T55 80w90 masih semi, ya kalo upgrade dari oli bawaan sih udah enak banget, tapi kalo sama T65 di innova temen aja jauh sih.benzz89 wrote: Thu Apr 07, 2022 4:38Betul Om sahabat, masalahnya ane kurang perhatiin waktu ganti oli di toda waktu itu, padahal gantinya Q8 semua itu dr oli mesin, matic & gardan di sana hahahah...sahabatq8 wrote: Musinya samain aja om pake Q8 T65 75w90, kalo 80w90 pasti lebih berat.
Rese... pas sampe rumah kok habis ganti oli nih mobil gak ada special2nya yah? Malah cenderung lebih berat banding sebelumnya.
Akhirnya ane cek kwitansi ternyata gardan di kasih Q8 yg 80W-90 ama si Toda, ane komplainlah kenapa gak di kasih yg 75W-90 spt spec sebelumnya? Dia bilang stocknya lg kosong... asemmm.
Ane bingung jg yah beda dikit itu 75W Vs 80W tapi beratnya berasa banget yg 80W padahal buntut sama2 di 90. Kl utk mobil yg bawa beban berat & kerja keras kan lebih prefer pake yg 80W tapi kl berat begitu yah mana enak yah larinya itu mobil beban & logikanya lebih boros bbm kan?
Kl Mobil 1 75W-90 itu kan sdh LSD yah, ane gak tau apakah ada formulasi yg bikin lebih "licin" efek dr LSD ini.
Jd ane pake mobil 1 ini ikut saran2 dr KFOC, mrk dulu pakenya mobil 1 semuanya dr mesin, matic & gardan.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Oli Gardan dan Transmisi
kl suitable for lsd itu justru ada friction modifier utk menggigit plat friction material pada sistem lsd om.benzz89 wrote: Thu Apr 07, 2022 5:19Oh pantes itu Q8 T55 80W-90 msh semi synthetic yah, kl yg T65 75W-90 sdh full synthetic kan yah?sahabatq8 wrote:So far yang saya coba sih 75w selalu lebih enak ya lebih effortless gitu gelindingnya. Biasa kalo gardanya berumur baru kasih 80w. Mungkin selain viskositas beda kualitasnya juga sih, kalo T55 80w90 masih semi, ya kalo upgrade dari oli bawaan sih udah enak banget, tapi kalo sama T65 di innova temen aja jauh sih.benzz89 wrote: Thu Apr 07, 2022 4:38
Betul Om sahabat, masalahnya ane kurang perhatiin waktu ganti oli di toda waktu itu, padahal gantinya Q8 semua itu dr oli mesin, matic & gardan di sana hahahah...
Rese... pas sampe rumah kok habis ganti oli nih mobil gak ada special2nya yah? Malah cenderung lebih berat banding sebelumnya.
Akhirnya ane cek kwitansi ternyata gardan di kasih Q8 yg 80W-90 ama si Toda, ane komplainlah kenapa gak di kasih yg 75W-90 spt spec sebelumnya? Dia bilang stocknya lg kosong... asemmm.
Ane bingung jg yah beda dikit itu 75W Vs 80W tapi beratnya berasa banget yg 80W padahal buntut sama2 di 90. Kl utk mobil yg bawa beban berat & kerja keras kan lebih prefer pake yg 80W tapi kl berat begitu yah mana enak yah larinya itu mobil beban & logikanya lebih boros bbm kan?
Kl Mobil 1 75W-90 itu kan sdh LSD yah, ane gak tau apakah ada formulasi yg bikin lebih "licin" efek dr LSD ini.
Jd ane pake mobil 1 ini ikut saran2 dr KFOC, mrk dulu pakenya mobil 1 semuanya dr mesin, matic & gardan.
di amsowell itu original SVG tdk suitable for lsd. tapi kl mau dipake ke gardan lsd harus beli additif friction materialnya lagi dan cocktail sendiri.
so menurut sy, kl ga ada lsd nya ngapain pakai oli yg suitable for lsd. malah ngurangin licinnya.
ini barangnya:
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1240
- Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32
Re: Oli Gardan dan Transmisi
Noted mbah penjelasannya, ya LSD ini memang banyak yg membingungkan sih, kl ditanya ama yg jual oli jawabannya bisa dipakai di gardan yg non LSD jg.Omnibus wrote:kl suitable for lsd itu justru ada friction modifier utk menggigit plat friction material pada sistem lsd om.benzz89 wrote: Thu Apr 07, 2022 5:19Oh pantes itu Q8 T55 80W-90 msh semi synthetic yah, kl yg T65 75W-90 sdh full synthetic kan yah?sahabatq8 wrote: So far yang saya coba sih 75w selalu lebih enak ya lebih effortless gitu gelindingnya. Biasa kalo gardanya berumur baru kasih 80w. Mungkin selain viskositas beda kualitasnya juga sih, kalo T55 80w90 masih semi, ya kalo upgrade dari oli bawaan sih udah enak banget, tapi kalo sama T65 di innova temen aja jauh sih.
Kl Mobil 1 75W-90 itu kan sdh LSD yah, ane gak tau apakah ada formulasi yg bikin lebih "licin" efek dr LSD ini.
Jd ane pake mobil 1 ini ikut saran2 dr KFOC, mrk dulu pakenya mobil 1 semuanya dr mesin, matic & gardan.
di amsowell itu original SVG tdk suitable for lsd. tapi kl mau dipake ke gardan lsd harus beli additif friction materialnya lagi dan cocktail sendiri.
so menurut sy, kl ga ada lsd nya ngapain pakai oli yg suitable for lsd. malah ngurangin licinnya.
ini barangnya:
Sebelum pake mobil 1 sempat nyobain FK Massimo & kek nya ada LSD jg. Nah knp ini mobil 1 yg menurut ane lebih licin yah padahal ada LSD yg notabene membuat dia jd kurang licin. Tp terakhir ane sdh tambah FR3 memang terasa lebih licin lg sih.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Oli Gardan dan Transmisi
fk vs m1 kemungkinan beda di base oilnya om. kl ga salah fk proud of using mineral base.benzz89 wrote: Thu Apr 07, 2022 5:55Noted mbah penjelasannya, ya LSD ini memang banyak yg membingungkan sih, kl ditanya ama yg jual oli jawabannya bisa dipakai di gardan yg non LSD jg.Omnibus wrote:kl suitable for lsd itu justru ada friction modifier utk menggigit plat friction material pada sistem lsd om.benzz89 wrote: Thu Apr 07, 2022 5:19
Oh pantes itu Q8 T55 80W-90 msh semi synthetic yah, kl yg T65 75W-90 sdh full synthetic kan yah?
Kl Mobil 1 75W-90 itu kan sdh LSD yah, ane gak tau apakah ada formulasi yg bikin lebih "licin" efek dr LSD ini.
Jd ane pake mobil 1 ini ikut saran2 dr KFOC, mrk dulu pakenya mobil 1 semuanya dr mesin, matic & gardan.
di amsowell itu original SVG tdk suitable for lsd. tapi kl mau dipake ke gardan lsd harus beli additif friction materialnya lagi dan cocktail sendiri.
so menurut sy, kl ga ada lsd nya ngapain pakai oli yg suitable for lsd. malah ngurangin licinnya.
ini barangnya:
Sebelum pake mobil 1 sempat nyobain FK Massimo & kek nya ada LSD jg. Nah knp ini mobil 1 yg menurut ane lebih licin yah padahal ada LSD yg notabene membuat dia jd kurang licin. Tp terakhir ane sdh tambah FR3 memang terasa lebih licin lg sih.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 95
- Joined: Mon Jan 13, 2020 0:58
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Innova reborn G 2019 manual bensin
Re: Oli Gardan dan Transmisi
Enak mana om FK Massimo 75w90 sm mobil 1 75w90?benzz89 wrote: Thu Apr 07, 2022 5:55Noted mbah penjelasannya, ya LSD ini memang banyak yg membingungkan sih, kl ditanya ama yg jual oli jawabannya bisa dipakai di gardan yg non LSD jg.Omnibus wrote:kl suitable for lsd itu justru ada friction modifier utk menggigit plat friction material pada sistem lsd om.benzz89 wrote: Thu Apr 07, 2022 5:19
Oh pantes itu Q8 T55 80W-90 msh semi synthetic yah, kl yg T65 75W-90 sdh full synthetic kan yah?
Kl Mobil 1 75W-90 itu kan sdh LSD yah, ane gak tau apakah ada formulasi yg bikin lebih "licin" efek dr LSD ini.
Jd ane pake mobil 1 ini ikut saran2 dr KFOC, mrk dulu pakenya mobil 1 semuanya dr mesin, matic & gardan.
di amsowell itu original SVG tdk suitable for lsd. tapi kl mau dipake ke gardan lsd harus beli additif friction materialnya lagi dan cocktail sendiri.
so menurut sy, kl ga ada lsd nya ngapain pakai oli yg suitable for lsd. malah ngurangin licinnya.
ini barangnya:
Sebelum pake mobil 1 sempat nyobain FK Massimo & kek nya ada LSD jg. Nah knp ini mobil 1 yg menurut ane lebih licin yah padahal ada LSD yg notabene membuat dia jd kurang licin. Tp terakhir ane sdh tambah FR3 memang terasa lebih licin lg sih.
Apakah sm glindingnya ato tap enak mobil 1....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1240
- Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32
Re: Oli Gardan dan Transmisi
tompy25 wrote:Enak mana om FK Massimo 75w90 sm mobil 1 75w90?benzz89 wrote: Thu Apr 07, 2022 5:55Noted mbah penjelasannya, ya LSD ini memang banyak yg membingungkan sih, kl ditanya ama yg jual oli jawabannya bisa dipakai di gardan yg non LSD jg.Omnibus wrote: kl suitable for lsd itu justru ada friction modifier utk menggigit plat friction material pada sistem lsd om.
di amsowell itu original SVG tdk suitable for lsd. tapi kl mau dipake ke gardan lsd harus beli additif friction materialnya lagi dan cocktail sendiri.
so menurut sy, kl ga ada lsd nya ngapain pakai oli yg suitable for lsd. malah ngurangin licinnya.
ini barangnya:
Sebelum pake mobil 1 sempat nyobain FK Massimo & kek nya ada LSD jg. Nah knp ini mobil 1 yg menurut ane lebih licin yah padahal ada LSD yg notabene membuat dia jd kurang licin. Tp terakhir ane sdh tambah FR3 memang terasa lebih licin lg sih.
Apakah sm glindingnya ato tap enak mobil 1....
Enak kan Mobil 1 sih om banding FK, glidingnya lebih jauh... ini preferensi pribadi yah om. Anak2 KFOC/KIOC dulu sih pakenya Mobil 1 semua [emoji5]tompy25 wrote:Enak mana om FK Massimo 75w90 sm mobil 1 75w90?benzz89 wrote: Thu Apr 07, 2022 5:55Noted mbah penjelasannya, ya LSD ini memang banyak yg membingungkan sih, kl ditanya ama yg jual oli jawabannya bisa dipakai di gardan yg non LSD jg.Omnibus wrote: kl suitable for lsd itu justru ada friction modifier utk menggigit plat friction material pada sistem lsd om.
di amsowell itu original SVG tdk suitable for lsd. tapi kl mau dipake ke gardan lsd harus beli additif friction materialnya lagi dan cocktail sendiri.
so menurut sy, kl ga ada lsd nya ngapain pakai oli yg suitable for lsd. malah ngurangin licinnya.
ini barangnya:
Sebelum pake mobil 1 sempat nyobain FK Massimo & kek nya ada LSD jg. Nah knp ini mobil 1 yg menurut ane lebih licin yah padahal ada LSD yg notabene membuat dia jd kurang licin. Tp terakhir ane sdh tambah FR3 memang terasa lebih licin lg sih.
Apakah sm glindingnya ato tap enak mobil 1....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Oli Gardan dan Transmisi
Q8 ngga masukin 75w-90 GL-4 ya? Buat alternatif oli transmisi nih. Kalo yg T65 kan sebenernya ngga sesuai spek mobilsahabatq8 wrote: Thu Apr 07, 2022 5:06So far yang saya coba sih 75w selalu lebih enak ya lebih effortless gitu gelindingnya. Biasa kalo gardanya berumur baru kasih 80w. Mungkin selain viskositas beda kualitasnya juga sih, kalo T55 80w90 masih semi, ya kalo upgrade dari oli bawaan sih udah enak banget, tapi kalo sama T65 di innova temen aja jauh sih.benzz89 wrote: Thu Apr 07, 2022 4:38Betul Om sahabat, masalahnya ane kurang perhatiin waktu ganti oli di toda waktu itu, padahal gantinya Q8 semua itu dr oli mesin, matic & gardan di sana hahahah...sahabatq8 wrote:
Musinya samain aja om pake Q8 T65 75w90, kalo 80w90 pasti lebih berat.
Rese... pas sampe rumah kok habis ganti oli nih mobil gak ada special2nya yah? Malah cenderung lebih berat banding sebelumnya.
Akhirnya ane cek kwitansi ternyata gardan di kasih Q8 yg 80W-90 ama si Toda, ane komplainlah kenapa gak di kasih yg 75W-90 spt spec sebelumnya? Dia bilang stocknya lg kosong... asemmm.
Ane bingung jg yah beda dikit itu 75W Vs 80W tapi beratnya berasa banget yg 80W padahal buntut sama2 di 90. Kl utk mobil yg bawa beban berat & kerja keras kan lebih prefer pake yg 80W tapi kl berat begitu yah mana enak yah larinya itu mobil beban & logikanya lebih boros bbm kan?
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1930
- Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Roda Dua UW125 - 2007
Re: Oli Gardan dan Transmisi
spek oli transmisi lipindutevanbngdor wrote: Fri Apr 08, 2022 1:39Q8 ngga masukin 75w-90 GL-4 ya? Buat alternatif oli transmisi nih. Kalo yg T65 kan sebenernya ngga sesuai spek mobilsahabatq8 wrote: Thu Apr 07, 2022 5:06So far yang saya coba sih 75w selalu lebih enak ya lebih effortless gitu gelindingnya. Biasa kalo gardanya berumur baru kasih 80w. Mungkin selain viskositas beda kualitasnya juga sih, kalo T55 80w90 masih semi, ya kalo upgrade dari oli bawaan sih udah enak banget, tapi kalo sama T65 di innova temen aja jauh sih.benzz89 wrote: Thu Apr 07, 2022 4:38
Betul Om sahabat, masalahnya ane kurang perhatiin waktu ganti oli di toda waktu itu, padahal gantinya Q8 semua itu dr oli mesin, matic & gardan di sana hahahah...
Rese... pas sampe rumah kok habis ganti oli nih mobil gak ada special2nya yah? Malah cenderung lebih berat banding sebelumnya.
Akhirnya ane cek kwitansi ternyata gardan di kasih Q8 yg 80W-90 ama si Toda, ane komplainlah kenapa gak di kasih yg 75W-90 spt spec sebelumnya? Dia bilang stocknya lg kosong... asemmm.
Ane bingung jg yah beda dikit itu 75W Vs 80W tapi beratnya berasa banget yg 80W padahal buntut sama2 di 90. Kl utk mobil yg bawa beban berat & kerja keras kan lebih prefer pake yg 80W tapi kl berat begitu yah mana enak yah larinya itu mobil beban & logikanya lebih boros bbm kan?
AMSOIL punya nich seliter 300 rebu

nubie in all things - still need to learn
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2539
- Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Re: Oli Gardan dan Transmisi
Gak punya kalo GL4 , iya kalo mobil mintanya GL4 jangan sekali sekali pake oli GL-5. Soalnya additifnya bisa bereaksi dengan metal kuningan dan tembaga yang bisa di temukan di transmisi manual tertentu.evanbngdor wrote: Fri Apr 08, 2022 1:39Q8 ngga masukin 75w-90 GL-4 ya? Buat alternatif oli transmisi nih. Kalo yg T65 kan sebenernya ngga sesuai spek mobilsahabatq8 wrote: Thu Apr 07, 2022 5:06So far yang saya coba sih 75w selalu lebih enak ya lebih effortless gitu gelindingnya. Biasa kalo gardanya berumur baru kasih 80w. Mungkin selain viskositas beda kualitasnya juga sih, kalo T55 80w90 masih semi, ya kalo upgrade dari oli bawaan sih udah enak banget, tapi kalo sama T65 di innova temen aja jauh sih.benzz89 wrote: Thu Apr 07, 2022 4:38
Betul Om sahabat, masalahnya ane kurang perhatiin waktu ganti oli di toda waktu itu, padahal gantinya Q8 semua itu dr oli mesin, matic & gardan di sana hahahah...
Rese... pas sampe rumah kok habis ganti oli nih mobil gak ada special2nya yah? Malah cenderung lebih berat banding sebelumnya.
Akhirnya ane cek kwitansi ternyata gardan di kasih Q8 yg 80W-90 ama si Toda, ane komplainlah kenapa gak di kasih yg 75W-90 spt spec sebelumnya? Dia bilang stocknya lg kosong... asemmm.
Ane bingung jg yah beda dikit itu 75W Vs 80W tapi beratnya berasa banget yg 80W padahal buntut sama2 di 90. Kl utk mobil yg bawa beban berat & kerja keras kan lebih prefer pake yg 80W tapi kl berat begitu yah mana enak yah larinya itu mobil beban & logikanya lebih boros bbm kan?
IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/