sahabatq8 wrote:benzz89 wrote: Sun Apr 03, 2022 5:49
sahabatq8 wrote:
Oli udah bagus mah gak usah pake additif oli lagi kali mbah. Memangnya pakai ams ss 0w20 dirasa pelumasannya masih kurang baik?
Ini lg mau tes iseng mbah di oli mesin, secara ane sdh pake HSS FR3 di oli gardan fortuner yg pake mobil 1 75W-90 GL5 = 150 ml & jg pakein FR3 di oli power steering PTT LV1 = 50 ml hasilnya sgt memuaskan sih.
Gardan glidingnya makin jauh & berhentinya makin lama serta akselerasi makin galak, kl power steering jg makin ringan, memang sih pindah dr dexron 3 ke dexron 6 sdh lebih enteng itu setrinya, so far sih ane puas ama HSS FR3 jd siap2 berikutnya mau pakai di olmes.
Om Turbo jg ada share FR3 ini naik dyno terbukti jg HP bisa baik & farm project jg sdh tes hasilnya positip jd ane mau coba jg.
Btw di fortuner, olmes ane tambahkan additive ceratec dgn ams ss md 5W-30... berdasarkan butt O meter ane sih terasa perbedaannya banding stand alone ams ss md 5W-30, mesin lebih revv happily, suara makin lebih halus lg, kl vibrasi ane kesulitan bedainnya, tp kl lg jalan itu smooth banget mesinnya.
Di matic fortuner ane jg pakai PTT 1A + addtive Xado AMC 1 stage revitalizant yg 30 ml buat up tp 10 lt oli matic setelah bebersih filter matic + body valve nya serta kuras olinya... hasilnya mantap lah meski hasil maksimal akan terjadi setelah menempuh 1.500 km, tp skrng pun sdh terasa efeknya.
Serasa jd mobil yg berbeda itu sekarang, avg fuel consumption nya jd gampang naiknya, oli matic PTT 1A karakternya sport hampir tdk ada loss power, di gas dikit sdh lari mobilnya, jujur ane jd agak ngeri ama remnya jd jauh2 sdh lepas gas & turunin gigi buat engine brake.
Mesin enteng, matic lengket, gardan licin = avg fuel con naik.
Solar + 2EHN + EDT + LX4
Ane rasa sdh cukuplah vitaminnya itu mobil [emoji5]
I see, ceratec brati pengaruh ya di ams maxduty 5w30?
Ane pribadi sih kalo namanya additif oli mesin lumayan skeptis. Soalnya kalo additif liquimoly ceratec segitu saktinya sampe bisa "ngebenerin" kekurangan formulasi oli sultan macem AMS dan Q8, kok oli mesin liquimoly sendiri gitu gitu aja
HSS fr3 itu brati bisa dipake di oli hydraulic seperti minyak rem ato power steering ya? Soalnya kalo sistem kerja hydraulic kan gak rentan gesekan seperti oli mesin.
Sebenarnya ane pake ceratec itu krn nano ceramic nya aja sih mbah, mesin 2KD ane sdh 147 ribu KM odonya jd perlu buat "ngisi" celah2 halus akibat wear & tear pemakaian. Kl buat ngebenerin kekurangan formulasinya si oli sultan sih kek nya gak lah yah.
Disamping buat rejuvenate wear & tear jeroan mesin, memang ini ceratec utk lubrication/friction reducernya oke yah menurut ane, di project farm di tes juga rpm mesin bs lebih naik dr normalnya, means mesin jd lebih revv happy, di gas dikit aja itu rpm gampang naik. Jd yah cukup gas tipis2 aja buat jalanin mobilnya.
Sebenarnya next oci ane msh mau pake 1x lg ini ceratec di 2KD atau switch ke FR3, msh timbang2 setelah ane pake FR3 nanti di 2AZ-FE gimana hasilnya. Dosis ceratec di 2KD harusnya 1,5 botol atau 450 ml, tp awalnya ane msh ragu takut kenapa2 kl kebanyakan, jd coba 1 botol dulu, kl kurang kan next oci bs pakai 1 botol lg. Claim nya kan bs proteksi sampai 50 ribu KM ini ceratec.
FR3 keknya murni friction reducer aja tanpa nano ceramic, bentuknya yah kaya cairan oli biasa aja, bening & tidak kental tp wanginya enak [emoji5], kl ceratec kan kentel kaya susu kental manis, pakenya hrs bilas berkali2 baru bisa maksimal keluar semua itu cairannya.
FR3 gak bisa dipakai di minyak rem om, jg tdk bisa buat matic. Practically dia hanya buat di mesin, gardan (differential), power steering & hydraulic system aja.
2AZ-FE sebenarnya pakai oli buntut w30, cuman krn ane concern ke efisiensi bbm mk ane pakai buntut w20, nah mbah suhu Omnibus pernah tes itu lubrikasi ams ss yg w30 vs w20 dgn cara di gesek2an di tangan & menurut beliau w30 lebih "licin" atau filmnya lebih kuat/banyak... kira2 begitulah intinya, makanya ane pikir FR3 ini bs menambah proteksi di mesin 2AZ-FE ane dr segi film strength or lubricationnya, kl bs lebih hemat bbm yah bonus aja lah [emoji5]
Sebenarnya next oci ane sdh mau coba pakai buntut w30 di 2AZ-FE tp bbm harganya makin gila jd stay di w20 dulu aja deh + mau coba pakai FR3, mana tau bs dpt proteksi lubrikasinya + bbm bs lebih hemat... hahahah banyak maunya [emoji16]