Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
60 km/h di tol trans jawa ngeri om. gw sering geleng geleng kalo ketemu truck cuman 40 km/h, salip salipan di trans jawa, deg degan mantau belakang, siap2 banting setir kalau orang di belakang gak ngerem pas waktunya.
teman gw di trans jawa juga malam nabrak truk di depannya, gara2 jalan di jalur kiri, depannya truck jalannya ternyata lambat banget, gak sempat ngerem, akhirnya moblnya ringsek.
kalo malam gak heran, jangankan tol luar kota, di tol bandara aja suka ada truk lampu belakanngya kecil bangett, dari jauh mah gak sadar itu ada truk. tiba tiba udah deket aja. yang kayak gini nih musti ditertibkan.
ngomong2 soal truk, kenapa ya kondisi kebanyakan truk di negara kita ampas banget. Mulai dari kondisi body&mesin truk udah ga layak, ga ada besi pengaman belakang untuk hindarin motor/mobil masuk kolong, ga ada reflektor cahaya, bahkan sering juga ga ada lampunya, iya ga ada lampunya!
kira-kira siapa yang mau disalahin ya? Perusahaan yang cuma peduli cuan atau pemerintah yang gabisa tertibin regulasi kelayakan truk? Negara yang 11 12 sama kita secara ekonomi aja kondisi truk nya masih mendingan (ex : philippines, india, etc etc)
60 km/h di tol trans jawa ngeri om. gw sering geleng geleng kalo ketemu truck cuman 40 km/h, salip salipan di trans jawa, deg degan mantau belakang, siap2 banting setir kalau orang di belakang gak ngerem pas waktunya.
teman gw di trans jawa juga malam nabrak truk di depannya, gara2 jalan di jalur kiri, depannya truck jalannya ternyata lambat banget, gak sempat ngerem, akhirnya moblnya ringsek.
kalo malam gak heran, jangankan tol luar kota, di tol bandara aja suka ada truk lampu belakanngya kecil bangett, dari jauh mah gak sadar itu ada truk. tiba tiba udah deket aja. yang kayak gini nih musti ditertibkan.
ngomong2 soal truk, kenapa ya kondisi kebanyakan truk di negara kita ampas banget. Mulai dari kondisi body&mesin truk udah ga layak, ga ada besi pengaman belakang untuk hindarin motor/mobil masuk kolong, ga ada reflektor cahaya, bahkan sering juga ga ada lampunya, iya ga ada lampunya!
kira-kira siapa yang mau disalahin ya? Perusahaan yang cuma peduli cuan atau pemerintah yang gabisa tertibin regulasi kelayakan truk? Negara yang 11 12 sama kita secara ekonomi aja kondisi truk nya masih mendingan (ex : philippines, india, etc etc)
Gini om:
mau setaat apapun tu truk dgn perlengkapan dan safety standar eropah kek, yg penting itu "koordinasi" di jalan. Kalo gak ya tahu sndr lah kesalahan bisa dicari2 kok, kapok deh lu kalo truk/bus dikandangin sehari dua hari aja.
Nah high cost ini yg bikin tu pengusaha kudu kreatif bikin terobosan spy tetap bisa cuan. Akhirnya safety no sekian lah, biaya operasional uda tersedot buat biaya siluman.
Contoh lagi, mau nurutin aturan kir supaya standar safety terjaga? Tu truk kudu datang ke samsat, la iya kalo operasional truk nya dikota, kalo tu truk lagi operasi di pedalaman or site piye? Mau hilang berapa waktu & cost buat pp? Jadinya yaa kita paham deh gmn solusinya ...
Selama semua bisa dikompromiin pake fulus mah ga akan bisa berubah
Truk nggak ada safety guard di bagian belakang, karena truk tersebut over dimension atau ODOL, kalau ada tanjakan, safety guard tersebut akan gasruk ke aspal
Coba perhatikan di sumatera, disini truk FUSO 6 roda, jarak dari as belakang ke ujung body bisa hampir 2 meter. Lampu belakang ada, tapi ngumpet dibawah bak truk Boro-boro ada reflektor tambahan, cat nya pun sering nya warna orange tua dan suram.
Kalau truk sawit, di belakang nya ada konde untuk keran keluar, dilindungi dengan besi-besi mengerikan. Beda sama pertamina yang keran nya di samping.
rakyatwkwkland wrote: Tue Mar 29, 2022 5:33
Bagus aja sih, demi keselamatan bersama jg toh. Tp paling kalo kata ane mah better speed limitnya juga ikut diupgrade deh, terutama di beberapa ruas tol yg mendukung, jadi 120 gitu. Jaman sekarang udah banyak banget kok mobil rakyat yg berkeliaran di jalanan yang kalo dibawa 110-120 masih dalam batas "aman".
Kalo memang nanti sesekali lagi pingin speeding atau test top speed, ya tinggal buka waze aja cari di bagian mana yg ga ada kameranya
fyi aja di waze juga banyak speedcam palsu saya sih di jagorawi liatin waze banyak bener kamera cuma pas cek fisik gak keliatan sama sekali
untuk tol jagorawi, pas ada spped cam warning di waze , coba cek d tiang lampu jalan tol, yang di marking yg ada camera dgn lampu led nya. tidak semua.
well wrote: Tue Mar 29, 2022 5:41
Infonya ini tmpt kameranya
Kalau tol dalam kota dimana ya lokasinya?
pokoknya hati2x yang ud masuk area tol depan MT haryono sampe grogol itu ada kamera terus grogol cuma gak jelas kameranya dimana keknya boongan juga soalnya di grogol areanya tuh enak banget buat ngebut pas di bilang ada kamera antara TA sama CP soalnya sisanya gak ada sampe tol bandara cawang-tj priok-pluit nihil sejauh ini
yang beneran keliatan kameranya dari MT haryono sampe depan gedung MPR
yg ini om ?
Capture.PNG
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
walid_007 wrote: Fri Apr 01, 2022 9:21
kemaren lewat transjw mmg sudah terlihat banyak kamera.
tp spot pasangnya jelas kok di tiap2 jembatan layang yg membelah tol
kameranya cukup gede dan lampu nya juga terang
pernah 1 x thn lalu kena tilang ini d gerbang tol warugunung. banyak juga yg kena n disetopin
pak pol cukup bawa hp yg motret mobil kita dan ada ket speednya . clocked 140kpj
lah..katanya ini peraturan baru berlaku 1 april..ternyata dari tahun lalu udah ada yg ditangkap.
pokoknya hati2x yang ud masuk area tol depan MT haryono sampe grogol itu ada kamera terus grogol cuma gak jelas kameranya dimana keknya boongan juga soalnya di grogol areanya tuh enak banget buat ngebut pas di bilang ada kamera antara TA sama CP soalnya sisanya gak ada sampe tol bandara cawang-tj priok-pluit nihil sejauh ini
yang beneran keliatan kameranya dari MT haryono sampe depan gedung MPR
yg ini om ?
Capture.PNG
walah ternyata di jalur lawan arahnya toh saya selalu dari arah semanggi disitu mah ngebut bahaya bumpy banget gak kek jalur sebelahnya berasa grip tapi abis itu pas ud di jalur atas si bumpynya juga parah
walid_007 wrote: Fri Apr 01, 2022 9:21
kemaren lewat transjw mmg sudah terlihat banyak kamera.
tp spot pasangnya jelas kok di tiap2 jembatan layang yg membelah tol
kameranya cukup gede dan lampu nya juga terang
pernah 1 x thn lalu kena tilang ini d gerbang tol warugunung. banyak juga yg kena n disetopin
pak pol cukup bawa hp yg motret mobil kita dan ada ket speednya . clocked 140kpj
lah..katanya ini peraturan baru berlaku 1 april..ternyata dari tahun lalu udah ada yg ditangkap.
Tol jatim emang udh duluan terapin itu, karena banyak kejadian disana
Dogies wrote: Fri Apr 01, 2022 23:40
Berarti angka speed di dashboard yg ampe 200 ato 220 ato lebih cuman hiasan ornamen aja ya
Harga lambo, ferrari dan teman2nya anjlok donk
Ya kalau semua pengguna jalan sudah taat aturan, mobil dan truk semua dirawat dengan baik, manatau ntar beberapa tahun lagi ada Autobahn versi Indonesia. Kepake dah top speed
Dogies wrote:Berarti angka speed di dashboard yg ampe 200 ato 220 ato lebih cuman hiasan ornamen aja ya
Harga lambo, ferrari dan teman2nya anjlok donk
Kan ada sentul om... bawa sana aja, emang itu habitatnya para super car atau mobil2 yg merasa sdh super.
Mau bejek sampe 300++ kpj monggo... legal & gak membahayakan nyawa pengendara mobil lainnya.
Mau mental yah mental sendirian, mau ke guling yah ke guling sendirian, nyawa ya nyawa sendiri, yg penting puas sdh bs mentokin speedo & bayar sewa sirkuitnya [emoji16]
Dogies wrote:Berarti angka speed di dashboard yg ampe 200 ato 220 ato lebih cuman hiasan ornamen aja ya
Harga lambo, ferrari dan teman2nya anjlok donk
Kan ada sentul om... bawa sana aja, emang itu habitatnya para super car atau mobil2 yg merasa sdh super.
Mau bejek sampe 300++ kpj monggo... legal & gak membahayakan nyawa pengendara mobil lainnya.
Mau mental yah mental sendirian, mau ke guling yah ke guling sendirian, nyawa ya nyawa sendiri, yg penting puas sdh bs mentokin speedo & bayar sewa sirkuitnya [emoji16]
untung ane udah tobat,skrg inden mobil buat trak sirkuit klo suntuk,
peterming77 wrote: Wed Mar 30, 2022 1:35
Ada lagi yg keselin: lupa nyalain lampu waktu udah gelap, udah gitu mobilnya cat hitam pula.
Ada lagi yang paling ngeselin: Gatau kalo lampu jauhnya hidup terus, bikin silau yang di depannya. Atau mobil yang ganti headlamp pake LED ga jelas, jadi cahayanya nyebar kemana-mana
Pernah tuh di jalan MERR yang baru arah pondok tjandra, saya ngeberhentiin orang (saya juga pake mobil) karena udah ga tahan sama lampu jauhnya, mana dia pelan lagi.. trus saya ingetin tuh orang, saya ketok" kaca supirnya sambil bilang kalo lampu jauhnya nyala.. eh si gob**k malah ngotot lagi kalo
lampunya nggak papa sampai akhirnya dia narik tuas lampunya jadi kembali normal, hadeuuhhhhh..
Heran banget kenapa spesies2 primata seperti dia, bisa2nya bawa mobil lampu jauh aja kaga tau mending jual aja noh mobilnya naik taksol aja kemana-mana daripada di jalan asal nyetir doang
Senasib om.. itu lampu mobil terangnya over, ga taunya hidupin hi-beam terus2an. Atau pake LED/lampu modif dengan kekuatan lebih gede tapi arah sorotnya entah kemana..
Apalagi yg nyorot mobil dgn postur tinggi sekelas PJS/Fortie trus yg kena sorot mobil2 postur rendah macam HB, sedan atau City car.. makin menderita dah.
Dogies wrote: Fri Apr 01, 2022 23:40
Berarti angka speed di dashboard yg ampe 200 ato 220 ato lebih cuman hiasan ornamen aja ya
Harga lambo, ferrari dan teman2nya anjlok donk
Masa bisa beli mobil kencang takut kena tilang?
Cuma gopekceng doang
Ah pusing amat kalo punya supercar. Tinggal beli off the road, pake plat bodong. Lumayan irit 100-150jt setahun buat pajak, pake jg cuma 1-2x dlm sebulan. Mau speeding sampe 200kmh ke jepret kamera di tol jg bodo amat wong platnya pake bodongan
lama lama juga losdol. mana sanggup nangkep segitu banyak kendaraan. emang speedcam ini untung untungan sih ujungnya kayak tilang biasa aja. lucu di sini tilangan tuh faktornya untung untungan. temen gw kena ETLE malem malem ga pake seatbelt, gw beberapa kali nerima telpon di jalan yang sama gak kena ETLE.
kita liat aja. ini kan sering banget di up dulu awal awal transjawabahn jadi juga pada ribut kena speedcam. sekarang juga pada loss kebut kebutan.
terus dilarang kebut kebutan itu tapi nanti malah makin marak orang ngebut di jalan lingkar non-toll atau dalam kota yang risiko laka nya justru lebih tinggi daripada toll. ujungnya mindahin masalah bukan selesaiin masalah.
mirip larangan mudik pandemi, dilarang mudik pas lebaran ya mudiknya sebelum/setelah lebaran. kayak ga ngerti aja di sini prinsipnya "aturan ada untuk dicari loophole nya", yang ironisnya banyak banget loophole nya.