Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Pertama kali ketangkep di Thailand, kamuflasenya lebih tebel:
Dari info yang udah-udah sih, ada opsi bensin hybrid dan no diesel.
Innova Produk Hybrid Pertama Made In Indonesia?
Tahun 2022 digambarkan akan banyak kejutan yang hadir dari industri otomotif dalam negeri. Salah satunya adalah kemunculan model hybrid bikinan dalam negeri.
Sebelumnya Toyota memberikan insyarat kuat akan kehadiran produk hybridnya di tahun 2022. Banyak spekulasi yang merujuk pada kehadiran produk hybrid ini sebagai bagian dari keluarga Toyota Innova.
“Nanti pada November 2022, Innova akan berubah menjadi kendaraan penggerak roda depan dan sekaligus akan punya varian hybrid,” terang salah satu sumber OtoDriver saat berbincang beberapa waktu silam.
“Dan tak hanya itu, model anyar ini tidak ada yang menggunakan mesin diesel,” imbuhnya.
Kalaupun ada diesel, itu khusus Innova lama yg RWD:
All New Innova Hybrid Muncul, Versi Diesel Tetap Diproduksi
All New Toyota Innova diperkirakan akan melakukan kick off sekitar November 2022 ini. Kemunculannya akan membawa langkah besar dengan menyematkan opsi hybrid. Bahkan diyakini akan menjadi mobil hybrid pertama bikinan Indonesia.
Namun versi berpenggerak roda depan ini dikabarkan akan kehilangan opsi mesin diesel yang pada saat ini menjadi salah satu pilihan yang cukup digemari.
Namun benarkah versi diesel dari Innova yang begitu masyur itu benar-benar akan sirna?
“Mungkin penggemar Innova diesel akan sedih dengan kehadiran All New Innova tanpa ada opsi mesin diesel. Namun kesedihan ini sedikit terobati karena versi diesel akan tetap dipertahankan,” terang sumber terpercaya OtoDriver. “Sepertinya akan tetap mempertahankan platform Innova yang ada saat ini yakni dengan ladder frame dan hanya akan tersedia dalam versi girboks manual saja,” sambung sumber yang tidak mau disebut identitasnya ini.
Toyota Innova Dipastikan Akan Jadi Produk Hybrid Perdana Bikinan Lokal
Rumor mengenai peran Toyota dalam ancangannya untuk membawa teknologi elektrifikasi di Indonesia nampaknya sudah tinggal selangkah ke depan.
Dan produk yang akan dicekoki dengan teknologi hybrid tak lain adalah Kijang Innova generasi mendatang. Hal ini terungkap saat Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menggungkap bahwa PT Toyota Motor Manufaktur Indonesia (TMMIN) akan membuat produk hybrid lokal pertama di Indonesia.
"Toyota telah menyampaikan komitmennya untuk memproduksi beberapa jenis kendaraan elektrifikasi, yang akan diawali dengan produksi Kijang hybrid. Tentunya kami akan terus mendukung dan mendorong percepatan produk elektrifikasi atau kendaraan listrik murni," kata Menperin saat melepas ekspor perdana ke Australia, Selasa (15/02) dikutip dari situs resmi kemeperin.go.id.
Sebelumnya Toyota Innova generasi terbaru dikabarkan akan memiliki serangkaian perubahan dramastis, mulai dari penggerak roda depan dan konstruksi bodi monokok.
1: platform pake IMV yang dirubah total, tapi non-TNGA/ pakai Corolla-based platform (TNGA-C) yang dibesarkan
2: teknologi radar kemungkinan pakai punya Corolla
3: mesin pakai antara M20A, A25A. utk model temurah mungkin 1TR kembali lagi
4: BQ mirip Corolla, rasa berkendara kayak Corolla Cross yg digedein
darrelund wrote: Tue Mar 29, 2022 10:55
tebakan saya
1: platform pake IMV yang dirubah total, tapi non-TNGA/ pakai Corolla-based platform (TNGA-C) yang dibesarkan
2: teknologi radar kemungkinan pakai punya Corolla
3: mesin pakai antara M20A, A25A. utk model temurah mungkin 1TR kembali lagi
4: BQ mirip Corolla, rasa berkendara kayak Corolla Cross yg digedein
Kalau pakai IMV apakah masih ladder frame tapi FWD gt kira2?
Gpp hybrid . Yg penting batre digaransi aja 10 tahun free . Jgn tau2 rusak disuruh replace kena todong 50jt sama bengkel resmi
——
Btw, Fortuner tetep masih ada harusnya. Jd mereka maen line up ladder frame di fortuner & hilux aja gitu kan . Semodel sama kawan2 sekelasnya .. (Mitsu Triton-Anps) (Isuzu Dmax-Mux) (Ford Ranger-Everest)
KielConstantine wrote: Tue Mar 29, 2022 12:34
Gpp hybrid . Yg penting batre digaransi aja 10 tahun free . Jgn tau2 rusak disuruh replace kena todong 50jt sama bengkel resmi
ga bakalan, lah lexus saja cuma 5 tahun, apalagi toyota, masih untung dikasih garansi dan ga perlu edukasi ke konsumen
penasaran si Ioniq 5 kalau launching berani kasih garansi batere berapa lama karena kan buatan lokal dan batere kemungkinan sourcing dari merek senegara, kalau di USA seperti biasanya, 10 tahun.
——
Btw, Fortuner tetep masih ada harusnya. Jd mereka maen line up ladder frame di fortuner & hilux aja gitu kan . Semodel sama kawan2 sekelasnya .. (Mitsu Triton-Anps) (Isuzu Dmax-Mux) (Ford Ranger-Everest)
masuk akal ya, lebih murah bikin hilux 7 seater = fortuner daripada kembangin MPV 7 seater yg paling banyak laku buat Indo doang.
sedangkan Innova FWD ya gampanglah, bisa saja rangka mobil apa kek dimelarin.
Innova nasibnya bakalan seperti Avanza ya berubah jadi FWD, sedangkan Fortuner & Rush tetap RWD. Jadi ada pembedanya skrg mobil Toyota antara MPV (monokok) dan SUV (ladder-frame).
Kelebihan FWD & monokok tentu mobil jadi lebih stabil dan lebih nyaman. Memang seyogyanya MPV itu harus mengutamakan kenyamanan. Gak tahu suspensi belakangnya apakah torsion beam atau multilink.
Tapi ya jika mesinnya ganti hybrid hampir pasti opsi mesin diesel akan hilang. Belum lagi mesin bensin hybrid minta BBM spek tinggi dan deteriorasi baterai 2x lebih cepat di iklim tropis dibanding iklim dingin.
Jika akan mengarah ke hybrid sih ya mending segera ambil Innova A/T diesel generasi skrg atau keep yg sudah ada.
ikut tebak tebakan =
awal keluar ada pilihan mesin hybrid tp lemot. 0-100 diatas 12detik
selang 3-5 tahun muncul facelift dengan mesin hybrid yg lebih bertenaga 0-100 kisaran 10 - 12 detik
trim terbawah sepertinya FWD non hybrid, bau2nya non TSS, trim tengah FWD non hybrid plus TSS, trim atas FWD hybrid plus TSS
1TR didesain buat utility dan RWD bakal pensiun sih, paling ya pake mesin baru AR20 yang didetuned buat asupan bensin lokal indonesia
Present
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X
Kalo kata OD namanya bukan Innova. Lah trus dikasih nama apa ya, Toyota Venturer?
spt rumor avanza dulu, namanya bakal Toyota Veloz aja (doc internal TAM pun tulisannya veloz) tapi keluarnya avanza sama veloz. ini juga sama, di doc internal bukan innova (blm bisa bocorin), tapi keluar nanti namanya ttp innova.
teknik ini buat menyamarkan, kalo2 doc internal bocor jadi tau bocornya dari bagian apa/dari siapa.
btw innova rwd bakal masih ttp ada buat fleet (spot order)
“People say nothing is impossible, but I do nothing every day.”
—Winnie the Pooh
MaddMaxx wrote: Wed Mar 30, 2022 7:32
btw pasar avanza rwd seken apakah terpengaruh setelah munculnya avanza fwd ya? ada yg udah riset? apa harga jadi nahan apa gmn gitu?
di daerah asal saya masih bertahan, terutama di kampung2. yg di kota pada beli veloz, avanza bekasnya lempar ke kampung2
“People say nothing is impossible, but I do nothing every day.”
—Winnie the Pooh
Kalo kata OD namanya bukan Innova. Lah trus dikasih nama apa ya, Toyota Venturer?
spt rumor avanza dulu, namanya bakal Toyota Veloz aja (doc internal TAM pun tulisannya veloz) tapi keluarnya avanza sama veloz. ini juga sama, di doc internal bukan innova (blm bisa bocorin), tapi keluar nanti namanya ttp innova.
teknik ini buat menyamarkan, kalo2 doc internal bocor jadi tau bocornya dari bagian apa/dari siapa.