Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
kyknya masih nyimpen yg kaki 3 nih. biasa sih utk buka aja. kalau penyok ya ga masalah. dr beli cuma pakai di avanza. kalau di mirage pakai yg pakai tali dr karet dan gagangnya kecil. soalnya posisinya lumayan sulit dijangkau. kalau utk pasang, mobil cc kecil sepertinya pakai kekuatan tangan aja udah cukup. ntah itu berapa Nm.
semenjak ada yang model ini :
P101561677-1.jpg
yang kaki 3 saya pensiunkan soalnya model di atas lebih mudah diajak kerjasama.
nah, miras itu salah satu pemenang design posisi filter oli terbodoh sejagat selain mesin 2gd, 1tr, 1mz, 4n15, sama m104
filter oli spin on sih biasa saya kasih 12nm mbah, kecuali ada keterangan tertulis di filternya berapa nm.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
ribet ya mesti punya cup-nya segala. ga bisa pakai yg adjustable aja yak.......
adjustable bisa. tp kl yg model kaki tiga bisa bikin oil filternya penyok kl ditorsi.
mbah marmut punya adjustable yg model jepit samping, nah kl yg ini ga tau bikin penyok ga.
kyknya masih nyimpen yg kaki 3 nih. biasa sih utk buka aja. kalau penyok ya ga masalah. dr beli cuma pakai di avanza. kalau di mirage pakai yg pakai tali dr karet dan gagangnya kecil. soalnya posisinya lumayan sulit dijangkau. kalau utk pasang, mobil cc kecil sepertinya pakai kekuatan tangan aja udah cukup. ntah itu berapa Nm.
btw mau nyari kunci torsi. merk lippro kyknya lumayan murmer ya? sampai sekitar 200Nm kyknya cukupan utk mobil2 kecil kali ya?
lippro kayanya boleh juga.
up to 200Nm buat baut roda.
kl buat oil filter biasa 12-14Nm jd kunci torsinya perlu yg lbh kecil spt yg range 10-50Nm.
tp kl biasa pakai tangan dan ga ada masalah ya udah pakai cara itu aja mod.
Omnibus wrote: Mon Mar 21, 2022 11:18
tp kl biasa pakai tangan dan ga ada masalah ya udah pakai cara itu aja mod.
filter oli miras kalo mau ditorsi, wajip lepas radiator sama kondensor erkon mbah.
buat saya enak karena di bon nanti tertulis "serpis radiator 300rb + serpis ac 500 rb" setiap kali penggantian oli.
adjustable bisa. tp kl yg model kaki tiga bisa bikin oil filternya penyok kl ditorsi.
mbah marmut punya adjustable yg model jepit samping, nah kl yg ini ga tau bikin penyok ga.
kyknya masih nyimpen yg kaki 3 nih. biasa sih utk buka aja. kalau penyok ya ga masalah. dr beli cuma pakai di avanza. kalau di mirage pakai yg pakai tali dr karet dan gagangnya kecil. soalnya posisinya lumayan sulit dijangkau. kalau utk pasang, mobil cc kecil sepertinya pakai kekuatan tangan aja udah cukup. ntah itu berapa Nm.
btw mau nyari kunci torsi. merk lippro kyknya lumayan murmer ya? sampai sekitar 200Nm kyknya cukupan utk mobil2 kecil kali ya?
lippro kayanya boleh juga.
up to 200Nm buat baut roda.
kl buat oil filter biasa 12-14Nm jd kunci torsinya perlu yg lbh kecil spt yg range 10-50Nm.
tp kl biasa pakai tangan dan ga ada masalah ya udah pakai cara itu aja mod.
Mbah shifu, kl.posisi drain plug oli mesin itu miring.
Begimana ngencengin pake TW nya yaks?
Selain posisi mobil di atas atau didongkrak spy bisa leluasa muter TW nya.
Ni lipindut desain nya miring drain plug, mana torsinya butuh 35 Nm lg jd mesti pake TW yg ukuran 1/2 inch
Pantesan di spesialis selalu ban didongkrak satu spy bisa ngemcengin drain plug dgn proper, kecuali kl asal kenceng pake rachet ya bisa aja asal tangannya panjang
Omnibus wrote: Mon Mar 21, 2022 11:18
tp kl biasa pakai tangan dan ga ada masalah ya udah pakai cara itu aja mod.
filter oli miras kalo mau ditorsi, wajip lepas radiator sama kondensor erkon mbah.
buat saya enak karena di bon nanti tertulis "serpis radiator 300rb + serpis ac 500 rb" setiap kali penggantian oli.
kyknya masih nyimpen yg kaki 3 nih. biasa sih utk buka aja. kalau penyok ya ga masalah. dr beli cuma pakai di avanza. kalau di mirage pakai yg pakai tali dr karet dan gagangnya kecil. soalnya posisinya lumayan sulit dijangkau. kalau utk pasang, mobil cc kecil sepertinya pakai kekuatan tangan aja udah cukup. ntah itu berapa Nm.
btw mau nyari kunci torsi. merk lippro kyknya lumayan murmer ya? sampai sekitar 200Nm kyknya cukupan utk mobil2 kecil kali ya?
lippro kayanya boleh juga.
up to 200Nm buat baut roda.
kl buat oil filter biasa 12-14Nm jd kunci torsinya perlu yg lbh kecil spt yg range 10-50Nm.
tp kl biasa pakai tangan dan ga ada masalah ya udah pakai cara itu aja mod.
Mbah shifu, kl.posisi drain plug oli mesin itu miring.
Begimana ngencengin pake TW nya yaks?
Selain posisi mobil di atas atau didongkrak spy bisa leluasa muter TW nya.
Ni lipindut desain nya miring drain plug, mana torsinya butuh 35 Nm lg jd mesti pake TW yg ukuran 1/2 inch
Pantesan di spesialis selalu ban didongkrak satu spy bisa ngemcengin drain plug dgn proper, kecuali kl asal kenceng pake rachet ya bisa aja asal tangannya panjang
yg penting ga bocor. dah gitu aja. ngapain ribet2 kl bisa mudah. paling kl kekencengan jd dol.
kecuali kl mau invest kaya sultan jatiem. beli tohnichi QL50 sangat versatile itu.
Bahas OCT yuk ... hehehe.
Sebenarnya lebih bagus mana buat mesin.
Pakai OCT buang luar atau pakai OCT dan masukin intercooler lagi atau tanpa OCT(standard pabrik).
Dengan masuk ke intercooler yang gede banget saringannya akan menangkap oli, cuma belalai intake saya pernah buka pas belum pakai OCT wih basah banget olinya sepanjang belalai. dan juga setelah belalai di butterfly nya juga ada genangan oli sedikit. Tapi terlihat kasat mata menggenang.
Sebenarnya oli yang masuk ke intercooler kemudian ikut terbakar bagus atau jelek om? hihihih
Pemikiran saya kurang bagus karena oli terbakar akan membuat jelaga di ruang bakar ....
Siapin kertas, bolpen dan cemilan nih .... buat dengar kuliah 1 semester 20 SKS saja. Kalau kebanyakan kepala panas
kl buat oil filter biasa 12-14Nm jd kunci torsinya perlu yg lbh kecil spt yg range 10-50Nm.
tp kl biasa pakai tangan dan ga ada masalah ya udah pakai cara itu aja mod.
Mbah shifu, kl.posisi drain plug oli mesin itu miring.
Begimana ngencengin pake TW nya yaks?
Selain posisi mobil di atas atau didongkrak spy bisa leluasa muter TW nya.
Ni lipindut desain nya miring drain plug, mana torsinya butuh 35 Nm lg jd mesti pake TW yg ukuran 1/2 inch
Pantesan di spesialis selalu ban didongkrak satu spy bisa ngemcengin drain plug dgn proper, kecuali kl asal kenceng pake rachet ya bisa aja asal tangannya panjang
yg penting ga bocor. dah gitu aja. ngapain ribet2 kl bisa mudah. paling kl kekencengan jd dol.
kecuali kl mau invest kaya sultan jatiem. beli tohnichi QL50 sangat versatile itu.
looo looo looo.... Saya sih kere hore om. Ampun....
QL50 dipakai untuk seretin busi padahal, yah kalau ada yang lain dibawah 50Nm yang sempit sempit perlu banget sih. Tapi inget saya sementara terpakai masih untuk itu saja. Next nya mau pakai torsi link stabil
Ini saya beli atas rekomendasi mbah Ono tuh
Profith83 wrote: Mon Mar 21, 2022 11:36
Om Omnibus.
Bahas OCT yuk ... hehehe.
Sebenarnya lebih bagus mana buat mesin.
Pakai OCT buang luar atau pakai OCT dan masukin intercooler lagi atau tanpa OCT(standard pabrik).
Dengan masuk ke intercooler yang gede banget saringannya akan menangkap oli, cuma belalai intake saya pernah buka pas belum pakai OCT wih basah banget olinya sepanjang belalai. dan juga setelah belalai di butterfly nya juga ada genangan oli sedikit. Tapi terlihat kasat mata menggenang.
Sebenarnya oli yang masuk ke intercooler kemudian ikut terbakar bagus atau jelek om? hihihih
Pemikiran saya kurang bagus karena oli terbakar akan membuat jelaga di ruang bakar ....
Siapin kertas, bolpen dan cemilan nih .... buat dengar kuliah 1 semester 20 SKS saja. Kalau kebanyakan kepala panas
Profith83 wrote: Mon Mar 21, 2022 11:36
Om Omnibus.
Bahas OCT yuk ... hehehe.
Sebenarnya lebih bagus mana buat mesin.
Pakai OCT buang luar atau pakai OCT dan masukin intercooler lagi atau tanpa OCT(standard pabrik).
Dengan masuk ke intercooler yang gede banget saringannya akan menangkap oli, cuma belalai intake saya pernah buka pas belum pakai OCT wih basah banget olinya sepanjang belalai. dan juga setelah belalai di butterfly nya juga ada genangan oli sedikit. Tapi terlihat kasat mata menggenang.
Sebenarnya oli yang masuk ke intercooler kemudian ikut terbakar bagus atau jelek om? hihihih
Pemikiran saya kurang bagus karena oli terbakar akan membuat jelaga di ruang bakar ....
Siapin kertas, bolpen dan cemilan nih .... buat dengar kuliah 1 semester 20 SKS saja. Kalau kebanyakan kepala panas
ga mau lama2 ya om diskusinya, pusing pala berbie ntar
"Selain masalah di atas ada juga yang menakutkan adanya friksi di dinding silinder mesin. Hal ini dikarenakan kandungan minyak sawit melarutkan oli di dindin silinder. Mudahnya, B30 mengurangi daya lumas oli dan menyebabkan mekanisme mesin tidak mulus."
oli terbakar membuat jelaga? betul. tp oli yg gimana dulu, tiap oli tdk diciptakan sama.
tapiii .... minyak sawit aja berani masukin (baca: biosol) kok oli mesin yg notabene lbh terproses n lbh terfilter ga berani masukin ke silinder? minyak sawit aja berani kan ....
Omnibus wrote: Mon Mar 21, 2022 11:18
tp kl biasa pakai tangan dan ga ada masalah ya udah pakai cara itu aja mod.
filter oli miras kalo mau ditorsi, wajip lepas radiator sama kondensor erkon mbah.
buat saya enak karena di bon nanti tertulis "serpis radiator 300rb + serpis ac 500 rb" setiap kali penggantian oli.
mbeerr... susah bener posisinya. ga deh kalau pakai lift. kalau masuk kolong, posisi tangan udah kyk breakdance. tangan gede bakal susah nyelip. paling gampang sepertinya filter olinya ft86. segampang buka tutup radiator.... cuma rada ribet, secara posisinya terbalik. pas masang filter, olinya tumpah semua.....
kyknya masih nyimpen yg kaki 3 nih. biasa sih utk buka aja. kalau penyok ya ga masalah. dr beli cuma pakai di avanza. kalau di mirage pakai yg pakai tali dr karet dan gagangnya kecil. soalnya posisinya lumayan sulit dijangkau. kalau utk pasang, mobil cc kecil sepertinya pakai kekuatan tangan aja udah cukup. ntah itu berapa Nm.
semenjak ada yang model ini :
P101561677-1.jpg
yang kaki 3 saya pensiunkan soalnya model di atas lebih mudah diajak kerjasama.
nah, miras itu salah satu pemenang design posisi filter oli terbodoh sejagat selain mesin 2gd, 1tr, 1mz, 4n15, sama m104
filter oli spin on sih biasa saya kasih 12nm mbah, kecuali ada keterangan tertulis di filternya berapa nm.
Profith83 wrote: Mon Mar 21, 2022 11:36
Om Omnibus.
Bahas OCT yuk ... hehehe.
Sebenarnya lebih bagus mana buat mesin.
Pakai OCT buang luar atau pakai OCT dan masukin intercooler lagi atau tanpa OCT(standard pabrik).
Dengan masuk ke intercooler yang gede banget saringannya akan menangkap oli, cuma belalai intake saya pernah buka pas belum pakai OCT wih basah banget olinya sepanjang belalai. dan juga setelah belalai di butterfly nya juga ada genangan oli sedikit. Tapi terlihat kasat mata menggenang.
Sebenarnya oli yang masuk ke intercooler kemudian ikut terbakar bagus atau jelek om? hihihih
Pemikiran saya kurang bagus karena oli terbakar akan membuat jelaga di ruang bakar ....
Siapin kertas, bolpen dan cemilan nih .... buat dengar kuliah 1 semester 20 SKS saja. Kalau kebanyakan kepala panas
ga mau lama2 ya om diskusinya, pusing pala berbie ntar
"Selain masalah di atas ada juga yang menakutkan adanya friksi di dinding silinder mesin. Hal ini dikarenakan kandungan minyak sawit melarutkan oli di dindin silinder. Mudahnya, B30 mengurangi daya lumas oli dan menyebabkan mekanisme mesin tidak mulus."
oli terbakar membuat jelaga? betul. tp oli yg gimana dulu, tiap oli tdk diciptakan sama.
tapiii .... minyak sawit aja berani masukin (baca: biosol) kok oli mesin yg notabene lbh terproses n lbh terfilter ga berani masukin ke silinder? minyak sawit aja berani kan ....
Wow ciyusan ini mbah?
Biosol eh salah Biodiesel yg katanya Go Green malah jd buat ngga Go Green ya?
Kebayang daya lumas oli berkurang jauh, jeroan mesin lecet, oli kebakar jd polusi plus bla bla bla...
Jd isitilahnya B30 itu sama aja boong dong konsep Go Green nya
Profith83 wrote: Mon Mar 21, 2022 11:36
Om Omnibus.
Bahas OCT yuk ... hehehe.
Sebenarnya lebih bagus mana buat mesin.
Pakai OCT buang luar atau pakai OCT dan masukin intercooler lagi atau tanpa OCT(standard pabrik).
Dengan masuk ke intercooler yang gede banget saringannya akan menangkap oli, cuma belalai intake saya pernah buka pas belum pakai OCT wih basah banget olinya sepanjang belalai. dan juga setelah belalai di butterfly nya juga ada genangan oli sedikit. Tapi terlihat kasat mata menggenang.
Sebenarnya oli yang masuk ke intercooler kemudian ikut terbakar bagus atau jelek om? hihihih
Pemikiran saya kurang bagus karena oli terbakar akan membuat jelaga di ruang bakar ....
Siapin kertas, bolpen dan cemilan nih .... buat dengar kuliah 1 semester 20 SKS saja. Kalau kebanyakan kepala panas
ga mau lama2 ya om diskusinya, pusing pala berbie ntar
"Selain masalah di atas ada juga yang menakutkan adanya friksi di dinding silinder mesin. Hal ini dikarenakan kandungan minyak sawit melarutkan oli di dindin silinder. Mudahnya, B30 mengurangi daya lumas oli dan menyebabkan mekanisme mesin tidak mulus."
oli terbakar membuat jelaga? betul. tp oli yg gimana dulu, tiap oli tdk diciptakan sama.
tapiii .... minyak sawit aja berani masukin (baca: biosol) kok oli mesin yg notabene lbh terproses n lbh terfilter ga berani masukin ke silinder? minyak sawit aja berani kan ....
Wow ciyusan ini mbah?
Biosol eh salah Biodiesel yg katanya Go Green malah jd buat ngga Go Green ya?
Kebayang daya lumas oli berkurang jauh, jeroan mesin lecet, oli kebakar jd polusi plus bla bla bla...
Jd isitilahnya B30 itu sama aja boong dong konsep Go Green nya
jangan tanya sy, silakan tanya sm yg tulis berita.
"Selain masalah di atas ada juga yang menakutkan adanya friksi di dinding silinder mesin. Hal ini dikarenakan kandungan minyak sawit melarutkan oli di dindin silinder. Mudahnya, B30 mengurangi daya lumas oli dan menyebabkan mekanisme mesin tidak mulus."
oli terbakar membuat jelaga? betul. tp oli yg gimana dulu, tiap oli tdk diciptakan sama.
tapiii .... minyak sawit aja berani masukin (baca: biosol) kok oli mesin yg notabene lbh terproses n lbh terfilter ga berani masukin ke silinder? minyak sawit aja berani kan ....
yang saya ingat lupa pernah baca dimana. untuk mesin turbo intercooler jenis apapun baiknya dipasang saja, alasannya: ga ngotorin intercooler dari uap oli. itu saja. tapi pabrikan ga mau pasangin karena: maintenance jadi ribet nanti konsumen blg ini mesin rewel, perawatan mahal, dll dan tentu saja: lebih gampang kasih PCV terus kalau pas butuh ya itu uap lewatin saja ngikut intake, nanti kalau lama2 itu intake valve pada kotor, ya gampang: charge extra buat carbon cleaning
blloewy wrote: Mon Mar 21, 2022 13:19
Wow ciyusan ini mbah?
Biosol eh salah Biodiesel yg katanya Go Green malah jd buat ngga Go Green ya?
Kebayang daya lumas oli berkurang jauh, jeroan mesin lecet, oli kebakar jd polusi plus bla bla bla...
Jd isitilahnya B30 itu sama aja boong dong konsep Go Green nya
Go Green ini dari segi produksi dan carbon footprint di bandingkan nambang minyak, karena kelapa sawit itu taneman super sebenernya dan tentu renewable source, tapi karena kampanye LSM di eropa kesannya jadi berdosa dan ga green. kalau kata SJW aliran kiri: dasar manusia negara maju, dikit2 LSM. tapi ini tentu satu sisi, ada sisi lainnya juga perusakan alam dll. ya banyaklah konspirasi teori soal ginian. rada mirip dengan soal EV atau Hybrid Car go green tapi sumber listrik dari coal. dikasih nuklir yg super bersih, malah ribut takut nuclear disaster.
intinya: muter2 mbulet ga abis2, jadi balik lagi saja ke masing2 seperti mbah2 disini: ada yang sikat saja mata kunci sok pake tekiro krisbow, ada yang langsung alergi kena gituan, lah KTC Bahco saja alergi. maunya minimal Wiha, Knipex, Snap-on, Wera, pokoknya yg di mbah gugel terbaique