lumayan terhibur baca-baca tulisan diatas....



Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
ngeunah sia .... aing nu lieur
Sultanmarmut wrote: Thu Mar 17, 2022 16:10 rehat sejenak dari keisengan bongkar oil pan transmisi "mobil yang aktifnya di sky" kalo kata mbah blower....
IMG20220317230742.jpg
lumayan terhibur baca-baca tulisan diatas....![]()
![]()
![]()
Siap mengerti mbah .... mangtaps memang mbah satu ini. Terima kasih. BTW punya saya Innova G diesel gak ada loh bleeder atas ituOmnibus wrote: Thu Mar 17, 2022 15:49keluar 6.3L (sdh sy tulis sebelumnya)Profith83 wrote: Thu Mar 17, 2022 15:41Mbah saya baca sampai 5x tidak ada yang bilang masuk dan keluar jumlah liter yang sama.
Yang ada dibawah ini: lagi mikir apa ada posting sebelumnya![]()
![]()
coolant lama keluar 6.3L dr total 8.8L jd msh ada di block 2.5L lagi. jd akan 2x drain n fill.
Gak ada bilang masuk berapa liter
masuk 6.3L (barusan di quote sy mention "masuknya persis dgn yg keluar")
semoga jelas mbah
lagipula caranya sdh sy kasih tau baik dgn tulisan maupun foto2 kl kedua bleeder dibuka. dgn begitu ga ada cerita air ga bisa masuk sesuai dgn yg keluar.![]()
Mbah Shifu kenapa mesti 2x drain and fill?Omnibus wrote: Thu Mar 17, 2022 15:49keluar 6.3L (sdh sy tulis sebelumnya)Profith83 wrote: Thu Mar 17, 2022 15:41Mbah saya baca sampai 5x tidak ada yang bilang masuk dan keluar jumlah liter yang sama.
Yang ada dibawah ini: lagi mikir apa ada posting sebelumnya![]()
![]()
coolant lama keluar 6.3L dr total 8.8L jd msh ada di block 2.5L lagi. jd akan 2x drain n fill.
Gak ada bilang masuk berapa liter
masuk 6.3L (barusan di quote sy mention "masuknya persis dgn yg keluar")
semoga jelas mbah
lagipula caranya sdh sy kasih tau baik dgn tulisan maupun foto2 kl kedua bleeder dibuka. dgn begitu ga ada cerita air ga bisa masuk sesuai dgn yg keluar.![]()
Jangan kebanyakan selir mbah ntar TUGEL
Mbah blower beli tanah+rumah baru itu buat selir barunya ya?
iya buat buang yg 2.5L sisanya. sebab drain plug yg di blok mesin sulit tercapai.blloewy wrote: Fri Mar 18, 2022 2:56Mbah Shifu kenapa mesti 2x drain and fill?Omnibus wrote: Thu Mar 17, 2022 15:49keluar 6.3L (sdh sy tulis sebelumnya)Profith83 wrote: Thu Mar 17, 2022 15:41
Mbah saya baca sampai 5x tidak ada yang bilang masuk dan keluar jumlah liter yang sama.
Yang ada dibawah ini: lagi mikir apa ada posting sebelumnya![]()
![]()
coolant lama keluar 6.3L dr total 8.8L jd msh ada di block 2.5L lagi. jd akan 2x drain n fill.
Gak ada bilang masuk berapa liter
masuk 6.3L (barusan di quote sy mention "masuknya persis dgn yg keluar")
semoga jelas mbah
lagipula caranya sdh sy kasih tau baik dgn tulisan maupun foto2 kl kedua bleeder dibuka. dgn begitu ga ada cerita air ga bisa masuk sesuai dgn yg keluar.![]()
Apaa supaya buang yg 2,5 L sisa di dlm blok mesin gt ya?
Btw OOT, kl mobil kena macet gt seberapa sering exra fan nyala ya mbah?
Kl dia nyala bentar trs OFF lagi dan nantinya nyala lagi termasuk normal kah mbah?
Kalau dilihat lumayan ada semacam partikel debu yah, jadi tidak jernih tapi berawan gitu airnya yah?Omnibus wrote: Thu Mar 17, 2022 11:09 pake amsowell? engga lah, mahal bro. wkwkwk kita yg kerehore aja
IMG_20220317_172151~2.jpg
coolant lama keluar 6.3L dr total 8.8L jd msh ada di block 2.5L lagi. jd akan 2x drain n fill.
ini coolant lamanya
IMG_20220317_163239~2.jpg
masukin coolant baru sambil bleeder dibuka semua
IMG_20220317_170831~2.jpg
awalnya begini sebelum coolant dituang. siapkan wadah spy ga blepotan pas muncratttss
IMG_20220317_170836~2.jpg
noh keluar dr bleeder #2. tandanya coolant sdh masup ga ada angin palsu yg menghalangi masuknya coolant
IMG_20220317_171201~2.jpg
cek ricek. stabilized @ 84°C pake ac
IMG_20220317_175551~2.jpg
lg ngadem dulu di kabin pake ac. udah sore paling besok drain n fill kedua dilanjutin. itulah enaknya DIY, suka2 kita kl capek ya istirahat.
yg besok sama aja krn prosesnya sama. jd ga akan ada laporan pandangan mata yak.
itu tmo ori bawaan pabrik yg lamanya.Profith83 wrote: Fri Mar 18, 2022 6:25
Kalau dilihat lumayan ada semacam partikel debu yah, jadi tidak jernih tapi berawan gitu airnya yah?
Itu partikel apa yah? jadi currious. Karena kalau baru kan airnya jernih
BTW yang di tap ini amsowel atau TMO?
bukan dua2nya.Profith83 wrote: Fri Mar 18, 2022 6:51 Om Omnibus,
Dimanakah yang dilepas untuk bleeding? yang ijo, kuning atau biru?
Mesin 2GD.jpg
Maap om, mau belajar.Omnibus wrote: Fri Mar 18, 2022 7:11bukan dua2nya.Profith83 wrote: Fri Mar 18, 2022 6:51 Om Omnibus,
Dimanakah yang dilepas untuk bleeding? yang ijo, kuning atau biru?
Mesin 2GD.jpg
ga ada disitu, mungkin krn ga ada heater core ya.
berarti cuma 1 bleedernya yg di reservoir. dan masukin air pakai bantuan tools kaya di foto sy itu membantu air masuk sebab posisi tandon tools tsb jauh diatas mulut reservoir sehingga membantu menekan masuk.
Itu mah klem semua mbahProfith83 wrote: Fri Mar 18, 2022 6:51 Om Omnibus,
Dimanakah yang dilepas untuk bleeding? yang ijo, kuning atau biru?
Mesin 2GD.jpg
sama pake tool ini juga suka keluar dr bleeder itu kalaaaau terlalu cepat nuang coolant baru dr botolnya. kl keluar ya kita ganjal pakai jari tangan. atau cara lain pakai tutup plugnya (yg hitam plastik) nanti dikendorin/kencengin aja pakai tangan kaya buka keran. kl kendorinnya kecil yg keluar cuma angin aja, bukan coolant yg keluar. disitulah kl pakai tool keliatan airnya masuk. tp ga pakai tool jg ga apa2, pakai corong biasa juga bisa seharusnya, krn dr reservoir ke radiator core itu kan prinsip bejana berhubungan. hanya gimana caranya kita keluarin trapped air (angin palsu) dr dlm sistem.Profith83 wrote: Fri Mar 18, 2022 7:31
Maap om, mau belajar.
Tool yang bentuk corong itu untuk mengisi supaya kedap yah.
Tapi kalau bleeder yang di reservoir dibuka maka airnya kalau terlalu penuh akan keluar dari sana.
Kalau pakai corong yang biasa, begitu air penuh juga keluar dari bleeder di reservoir juga.
Kapan hari pakai corong biasa di reservoir belum penuh sudah keluar dari bleeder yang di reservoir itu
Jadi bayangan saya gak ada beda, tolong jelasin mbah
Mumet nubi mbah, sulit sekali dicerna sm ane yg nubi iniOmnibus wrote: Fri Mar 18, 2022 8:16sama pake tool ini juga suka keluar dr bleeder itu kalaaaau terlalu cepat nuang coolant baru dr botolnya. kl keluar ya kita ganjal pakai jari tangan. atau cara lain pakai tutup plugnya (yg hitam plastik) nanti dikendorin/kencengin aja pakai tangan kaya buka keran. kl kendorinnya kecil yg keluar cuma angin aja, bukan coolant yg keluar. disitulah kl pakai tool keliatan airnya masuk. tp ga pakai tool jg ga apa2, pakai corong biasa juga bisa seharusnya, krn dr reservoir ke radiator core itu kan prinsip bejana berhubungan. hanya gimana caranya kita keluarin trapped air (angin palsu) dr dlm sistem.Profith83 wrote: Fri Mar 18, 2022 7:31
Maap om, mau belajar.
Tool yang bentuk corong itu untuk mengisi supaya kedap yah.
Tapi kalau bleeder yang di reservoir dibuka maka airnya kalau terlalu penuh akan keluar dari sana.
Kalau pakai corong yang biasa, begitu air penuh juga keluar dari bleeder di reservoir juga.
Kapan hari pakai corong biasa di reservoir belum penuh sudah keluar dari bleeder yang di reservoir itu
Jadi bayangan saya gak ada beda, tolong jelasin mbah
tenang, bukan jij aja. ai juga mumetyanuarra wrote: Fri Mar 18, 2022 8:32Mumet nubi mbah, sulit sekali dicerna sm ane yg nubi iniOmnibus wrote: Fri Mar 18, 2022 8:16sama pake tool ini juga suka keluar dr bleeder itu kalaaaau terlalu cepat nuang coolant baru dr botolnya. kl keluar ya kita ganjal pakai jari tangan. atau cara lain pakai tutup plugnya (yg hitam plastik) nanti dikendorin/kencengin aja pakai tangan kaya buka keran. kl kendorinnya kecil yg keluar cuma angin aja, bukan coolant yg keluar. disitulah kl pakai tool keliatan airnya masuk. tp ga pakai tool jg ga apa2, pakai corong biasa juga bisa seharusnya, krn dr reservoir ke radiator core itu kan prinsip bejana berhubungan. hanya gimana caranya kita keluarin trapped air (angin palsu) dr dlm sistem.Profith83 wrote: Fri Mar 18, 2022 7:31
Maap om, mau belajar.
Tool yang bentuk corong itu untuk mengisi supaya kedap yah.
Tapi kalau bleeder yang di reservoir dibuka maka airnya kalau terlalu penuh akan keluar dari sana.
Kalau pakai corong yang biasa, begitu air penuh juga keluar dari bleeder di reservoir juga.
Kapan hari pakai corong biasa di reservoir belum penuh sudah keluar dari bleeder yang di reservoir itu
Jadi bayangan saya gak ada beda, tolong jelasin mbah![]()
btw itu deket tabung minyak rem ada OCT ya? udah ga dipake? tp msh ada sisa olinya.Profith83 wrote: Fri Mar 18, 2022 6:51 Om Omnibus,
Dimanakah yang dilepas untuk bleeding? yang ijo, kuning atau biru?
Mesin 2GD.jpg
kek mana bentukannya mbahOmnibus wrote: Fri Mar 18, 2022 10:24yg bleeder itu juga pake klem. bedanya selangnya selang buntu.![]()
special buat mbah dekan tugel