kunaskun wrote: Sun Mar 13, 2022 13:40
pusing mbah ngomongin ginian. paling bener ganti bpkb saja, boxer engine + awd.![]()
salah kalo kasih saran begitu ke juragan delko, mustinya disuruh jalan kaki.
selesai masalah susah masuk garasi.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
kunaskun wrote: Sun Mar 13, 2022 13:40
pusing mbah ngomongin ginian. paling bener ganti bpkb saja, boxer engine + awd.![]()
Sering denger istilah difflock tapi baru sekarang ngeh artinya apamarmut wrote: Sun Mar 13, 2022 13:03pengendiesel wrote: Sun Mar 13, 2022 11:59
-
Barusan kepikir, di video itu kenapa ban kanan belakangnya gak bisa kasih tenaga n traksi buat nanjak?
karena gardan mobil tersebut sistemnya open differential. tenaga hanya tersalur ke roda yang kiri (seperti di kasus video tsb.)
salah satu kelebihannya adalah mobil lebih mudah dikendalikan saat manuver.
kalau pakai limited slip differential atau ditambah locker, tenaga bisa tersalur dengan rata ke semua ban (kiri dan kanan). kekurangannya, understeer...
ada baiknya kalau menghadapi tikungan seperti itu, hindari sisi dalam tikungan sejauh mungkin.
pengendiesel wrote: Sun Mar 13, 2022 14:07
-
Memang kalo ketemu tikungan seperti ini harusnya sejauh mungkin dari sisi dalam, tapi sering kali tikungan kyk gini itu blind spot parah dari sisi bawah dan (sering) ada kendaraan (terutama motor) dari sisi atas yang hobinya makan jalur lawan.
-
klo mobil era 90s lbh krn mesinnya tenaga kecil smua (g ada yg lwt 100hp 200nm kan), sm profil bannya lmyn gede utk tenaga kecilpengendiesel wrote: Sun Mar 13, 2022 14:07Sering denger istilah difflock tapi baru sekarang ngeh artinya apamarmut wrote: Sun Mar 13, 2022 13:03pengendiesel wrote: Sun Mar 13, 2022 11:59
-
Barusan kepikir, di video itu kenapa ban kanan belakangnya gak bisa kasih tenaga n traksi buat nanjak?
karena gardan mobil tersebut sistemnya open differential. tenaga hanya tersalur ke roda yang kiri (seperti di kasus video tsb.)
salah satu kelebihannya adalah mobil lebih mudah dikendalikan saat manuver.
kalau pakai limited slip differential atau ditambah locker, tenaga bisa tersalur dengan rata ke semua ban (kiri dan kanan). kekurangannya, understeer...
ada baiknya kalau menghadapi tikungan seperti itu, hindari sisi dalam tikungan sejauh mungkin.makaseh penjelasannya mbah
Memang kalo ketemu tikungan seperti ini harusnya sejauh mungkin dari sisi dalam, tapi sering kali tikungan kyk gini itu blind spot parah dari sisi bawah dan (sering) ada kendaraan (terutama motor) dari sisi atas yang hobinya makan jalur lawan.
Di daerah trawas, jatim, ada 1 tikungan lumayan tajam plus tanjakan yang curam banget. Dulu2 bawa katana, feroza, taft, panther, kijang kapsul diesel atawa efi seingat saya gak pernah ngalami spin di tikungan tsb. Padahal dengan mobil2 yang tenaganya lebih minimalis itu, harus gas pol.
Taon lalu bawa vnt di tikungan yang sama, gas secukupnya aja, sudah sempet spin...jadi nggaya ala2 tokyo drift![]()
betul oom, begitu CVT nya sudah komplen kepanasan. otomatis ECU akan kurangi input gaskunaskun wrote: Sun Mar 13, 2022 11:29karena terlalu extreme buat toyota. bisa jadi R&D ngitung kejadian kaya gini 1 dari sejuta. ya sudah dibiarin saja.darrelund wrote: Sat Mar 12, 2022 15:11 sesuai dugaan saya, efek traction control yg terlalu agresif jadinya ban dikunci tapi load ke drivetrain tetep sama/ lebih besar. ya semua mobil juga klo gitumah keok juga![]()
ibarat mau lari tapi ditahan dan terus berusaha, cape lah pasti![]()
![]()
yg jadi masalah sebetulnya CVT tsb. disiksa sekian kali sudah "safe mode". mungkin di edisi FL ada extra CVT cooler atau bigger cooling system.
kyknya buat pabrikan sekarang, udah menghindari pendekatan over engineering. makanya kejadian spt radiator dikecilin ini udah sangat umum. FYI mobil angkutan macem L300 aja radiator dikecilin makanya keluaran 2013 ke atas hobi banget overheat.darrelund wrote: Sun Mar 13, 2022 15:59betul oom, begitu CVT nya sudah komplen kepanasan. otomatis ECU akan kurangi input gaskunaskun wrote: Sun Mar 13, 2022 11:29 karena terlalu extreme buat toyota. bisa jadi R&D ngitung kejadian kaya gini 1 dari sejuta. ya sudah dibiarin saja.![]()
yg jadi masalah sebetulnya CVT tsb. disiksa sekian kali sudah "safe mode". mungkin di edisi FL ada extra CVT cooler atau bigger cooling system.
tapi itu yg di video cintamobil pas dia nanjak mundur itu cutoff input gas nya agak ekstrim ya, bener bener sampai lambat itu mobl![]()
Saya setuju dengan statement om.. Mobil sekarang kebanyakan fitur gimmick yang sebenarnya belum tentu kepakai.ChZ wrote: Mon Mar 14, 2022 3:22kyknya buat pabrikan sekarang, udah menghindari pendekatan over engineering. makanya kejadian spt radiator dikecilin ini udah sangat umum. FYI mobil angkutan macem L300 aja radiator dikecilin makanya keluaran 2013 ke atas hobi banget overheat.darrelund wrote: Sun Mar 13, 2022 15:59betul oom, begitu CVT nya sudah komplen kepanasan. otomatis ECU akan kurangi input gaskunaskun wrote: Sun Mar 13, 2022 11:29 karena terlalu extreme buat toyota. bisa jadi R&D ngitung kejadian kaya gini 1 dari sejuta. ya sudah dibiarin saja.![]()
yg jadi masalah sebetulnya CVT tsb. disiksa sekian kali sudah "safe mode". mungkin di edisi FL ada extra CVT cooler atau bigger cooling system.
tapi itu yg di video cintamobil pas dia nanjak mundur itu cutoff input gas nya agak ekstrim ya, bener bener sampai lambat itu mobl![]()
krn sekarang jualan fitur buat menyenangkan jari jari kaum mendang mending lebih menjual.
makanya yang agak ngeri-ngeri sedap beli mobil skrg ini iya fitur banyak, dalemnya ternyata byk yang dikurang kurangin.
sebetulnya si kalau dipikir2 memang extreme kalau buat member SM tapi di luar sana saya rasa biar awet.darrelund wrote: Sun Mar 13, 2022 15:59 betul oom, begitu CVT nya sudah komplen kepanasan. otomatis ECU akan kurangi input gas
tapi itu yg di video cintamobil pas dia nanjak mundur itu cutoff input gas nya agak ekstrim ya, bener bener sampai lambat itu mobl![]()
Apakah oli CVT-nya yang harus pakai spec lebih bagus lagi. Maksudnya yang punya efek mendinginkan (cooling) lebih bisa jadi solusi agar ECU tidak kurangi input gas. CMIIW om omdarrelund wrote: Sun Mar 13, 2022 15:59betul oom, begitu CVT nya sudah komplen kepanasan. otomatis ECU akan kurangi input gaskunaskun wrote: Sun Mar 13, 2022 11:29karena terlalu extreme buat toyota. bisa jadi R&D ngitung kejadian kaya gini 1 dari sejuta. ya sudah dibiarin saja.darrelund wrote: Sat Mar 12, 2022 15:11 sesuai dugaan saya, efek traction control yg terlalu agresif jadinya ban dikunci tapi load ke drivetrain tetep sama/ lebih besar. ya semua mobil juga klo gitumah keok juga![]()
ibarat mau lari tapi ditahan dan terus berusaha, cape lah pasti![]()
![]()
yg jadi masalah sebetulnya CVT tsb. disiksa sekian kali sudah "safe mode". mungkin di edisi FL ada extra CVT cooler atau bigger cooling system.
tapi itu yg di video cintamobil pas dia nanjak mundur itu cutoff input gas nya agak ekstrim ya, bener bener sampai lambat itu mobl![]()
yang nyebelin tuh oke lah banyak gimmick harga naik kita mikirnya kualitas pasti terjaga ya jadi ada pembenaran lah harga naik kan beli kualitas.gwsecretc wrote: Mon Mar 14, 2022 4:21
Saya setuju dengan statement om.. Mobil sekarang kebanyakan fitur gimmick yang sebenarnya belum tentu kepakai.
Dulu pernah punya anps dakar ultimate, fitur auto braking nya malah ngeganggu loh om, apalagi kalo jalan lagi macet mau jalan mepet” mesti dimatiin dulu tuh fitur biar ga ngagetin wkwkwk
Btw, setahu saya radiator l300 yang dikecilin jadi aluminium itu sejak tahun 2016 om. Saya ada l300 2015 akhir masih radiator tembaga yang gede dan aman dari overheat..
mgkn krn image mesin panther jg om....badakNYoman wrote: Tue Mar 15, 2022 4:56 Gimmick atau Fitur ini justru sebenernya juga di bawa oleh mobil2 Tiongkok yang belakangan ini rame jadi mendang mending.. Padahal setelah agak lama baru nyadar ada sesuatu yang beda, bawanya jadi lebih kasar dll..
makanya saya pikirnya bukan Thanks to them makanya jadi banyak fitur, tapi jadi damn them make the market going to be this..
Btw, L300 bukan nya udah gak terlalu ok ya belakangan? Saya di Bali orang pada rame beli Traga lho selain lebih murah jauh, muatnya juga lebih banyak, semi engkel soalnya..
ya pusing,kunaskun wrote: Sun Mar 13, 2022 13:40pusing mbah ngomongin ginian. paling bener ganti bpkb saja, boxer engine + awd.DOHC wrote: Sun Mar 13, 2022 13:17 satu lagi ga enak open diff mbah
kl lg masupin mobil ke carport yg posisi lg atret nanjak.. nah kl ubin basah dijamin pasti gatot atret nya, krn bgt ad satu ban yg selip, lgs yg satu lg diem wae
beda ama gardan ber LSD, slama ban masi ad yg traksi, mo atret di ubin basah dan nanjak jg ayo2 aja![]()
Om kalau Innova sistemnya bagaimana?marmut wrote: Sun Mar 13, 2022 13:03pengendiesel wrote: Sun Mar 13, 2022 11:59
-
Barusan kepikir, di video itu kenapa ban kanan belakangnya gak bisa kasih tenaga n traksi buat nanjak?
karena gardan mobil tersebut sistemnya open differential. tenaga hanya tersalur ke roda yang kiri (seperti di kasus video tsb.)
salah satu kelebihannya adalah mobil lebih mudah dikendalikan saat manuver.
kalau pakai limited slip differential atau ditambah locker, tenaga bisa tersalur dengan rata ke semua ban (kiri dan kanan). kekurangannya, understeer...
ada baiknya kalau menghadapi tikungan seperti itu, hindari sisi dalam tikungan sejauh mungkin.
masih open diff oom, intinya tenaga tersalur ke roda yang resistensi terendah aja CMIIWProfith83 wrote: Wed Mar 16, 2022 0:19Om kalau Innova sistemnya bagaimana?marmut wrote: Sun Mar 13, 2022 13:03pengendiesel wrote: Sun Mar 13, 2022 11:59
-
Barusan kepikir, di video itu kenapa ban kanan belakangnya gak bisa kasih tenaga n traksi buat nanjak?
karena gardan mobil tersebut sistemnya open differential. tenaga hanya tersalur ke roda yang kiri (seperti di kasus video tsb.)
salah satu kelebihannya adalah mobil lebih mudah dikendalikan saat manuver.
kalau pakai limited slip differential atau ditambah locker, tenaga bisa tersalur dengan rata ke semua ban (kiri dan kanan). kekurangannya, understeer...
ada baiknya kalau menghadapi tikungan seperti itu, hindari sisi dalam tikungan sejauh mungkin.
Saya Innova pas putar balik kanan, keadaan kosong saya bejek, wheel spin sebelah kanan.
Sedangkan fortuner di video sebelah kiri. Jadi bingung.
Masak beda sistem diff lock Fortuner dan Innova
Profith83 wrote: Wed Mar 16, 2022 0:19
Om kalau Innova sistemnya bagaimana?
Saya Innova pas putar balik kanan, keadaan kosong saya bejek, wheel spin sebelah kanan.
Sedangkan fortuner di video sebelah kiri. Jadi bingung.
Masak beda sistem diff lock Fortuner dan Innova
ada semua gans,
Kalo menurut saya sih ga bisa disalahi juga mobil Cina bisa hadirkan fitur harga murah, trus yang merek Jepangan kok downgrade buat ngejar fitur. Nyatanya mobil Cina minim problem kok, ga ikut2an trobel, tapi emang lebih boros.NYoman wrote: Tue Mar 15, 2022 4:56 Gimmick atau Fitur ini justru sebenernya juga di bawa oleh mobil2 Tiongkok yang belakangan ini rame jadi mendang mending.. Padahal setelah agak lama baru nyadar ada sesuatu yang beda, bawanya jadi lebih kasar dll..
makanya saya pikirnya bukan Thanks to them makanya jadi banyak fitur, tapi jadi damn them make the market going to be this..
Btw, L300 bukan nya udah gak terlalu ok ya belakangan? Saya di Bali orang pada rame beli Traga lho selain lebih murah jauh, muatnya juga lebih banyak, semi engkel soalnya..
Bibieight wrote: Sun Mar 13, 2022 7:30
Berarti kemarin saya untung ya bawa Rocky 1.0 CVT naik Taman Dayu sampai ke De Gegunungan ndak sampe brenti di tengah jalan![]()
. Kalo Trawas-Cangar-Songgoriti si memang sekelas Tawangmangu-Cemorosewu-Sarangan... 2GD harus ditahan manual di 1-2, sama kayak Peugeot 505 GR karbu teknologi 1970.....
sherryandkez wrote: Sun Mar 13, 2022 12:18
coba saya balik ke topik awal, jawab sesuai pengalaman saya ya.
sudah pakai veloz berkali2 ke luar kota, belum pernah nemu kondisi dimana si cvt overheat/keteteran ga bs nanjak. even nanjak2 ke bdg saya rasa lebih enak dibanding xp cross 4at yang cenderung lemot. di punclut yang tanjakannya curam pun gak ada masalah. apa mungkin karena saya selalu sendiri/berdua ya?
analisa saya sih kenapa cvtnya overheat pas pengetesan, itu kan dibawa berkali2 nanjak dan pasti dicobain berkali2 yang gak masuk kamera. itu yang bikin dia overheat cvtnya (harusnya mau berpuluh2 kali ga masalah juga, cuman kan gak ada cvt cooler sialnya). kedua karakternya sensitif, ketauan spin dikit lgs ngecut power.
Bug 1st batchadri31 wrote: Wed Mar 23, 2022 12:51 Gara2 berita ini, akhirnya beli yg mt. Mungkin 1-2 tahun lagi, baru beli yg cvt.
Jadi ingat kasus putu jedug. Berapa tahun sejak launch sampai masalah ini beres?
kaizen!Suryaputra wrote: Wed Mar 23, 2022 13:19 Bug 1st batch
Like a software company.
On going improvement process.![]()