kebetulan ini pengalaman pertama kali tes jalan mazda generasi skyactive. pembandingnya adalah vw polo tsi yg biasa gw pake sehari2.
poin2 yg diinget:
- setirnya lebih ringan dari polo ketika mobil gak bergerak/jalan pelan. dalam artian mobil ini lebih mudah manuver, terutama parkir.
- radius putar oke
- akselerasinya gak sekuat polo. mungkin memang perlu penyesuaian ya bawa mazda ini. ketika jalan santai, mau nyalip, pasti reflek kita injek gas sedikit lebih dalam. nah mobil ini ada jeda downshift lalu mesin lumayan meraung2 rasanya kayak ngeden. kalo pake sport mode, akselerasinya mendingan, terasa ngisi terus tenaganya. di mode normal, tenaganya baru mulai kerasa di 2000 rpm. kalo di polo, dari 1500 rpm sudah kerasa tenaganya.
- suspensinya saya gak bisa bedain keras nggaknya karena bawa mobil santai aja. tapi yang kerasa adalah kontur jalan yang keriting. mungkin pengaruh ukuran velg yg besar juga ya. kalo di polo gak kerasa getaran2 kecil dari kontur jalan yang keriting.
- suara mobil/motor di luar sih gak kedengeran ya, artinya cukup kedap. tapi, yang berisik justru dari mobil ini sendiri. pertama, suara raungan mesin mulai dari rpm 2000, lalu yang bener2 bisa dinotice dan cukup mengganggu menurut gw adalah suara dari arah kolong roda. apa memang karakternya toyo proxes yang berisik?
- kapasitas bagasi pas2an.. 350 liter. secara teori sama besarnya dengan polo.
- poin lebihnya dari polo, lebih banyak fitur (gimmick) dan row 2 nya sedikit lebih lega.
sekian kesan singkat tes jalan cx3 1.5..
