o itu kl mobil goyangvipere wrote: Thu Jan 06, 2022 1:41
bukannya bahaya ya tidur di mobil dalam keadaaan nyala gitu. udah banyak kan kasus yang meninggal di parkiran mobil keracunan co2 .

btw yg bikin keracunan itu CO bukan CO2.
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
o itu kl mobil goyangvipere wrote: Thu Jan 06, 2022 1:41
bukannya bahaya ya tidur di mobil dalam keadaaan nyala gitu. udah banyak kan kasus yang meninggal di parkiran mobil keracunan co2 .
haha..jadi kalo gak goyang aman ya,om.
Jadi gini, oom...slapnuts wrote: Thu Jan 06, 2022 1:50yang menjadi pertanyaan, setipis dan seringkih itukah atap Pajero/Fortuner? karena setiap terbalik selalu gepeng rata. Atau karena keberatan chasis jadi pas kebalik si chasis itu yang menekan atap sehingga jadi gepeng?MaddMaxx wrote: Mon Jan 03, 2022 1:35sy sedikit kasih gambar biar mudah ditangkap efek crashnya.silentIm2 wrote: Sun Jan 02, 2022 20:25
Rest in peace. kurangi kecepatan ke ke kecepatan wajar kalau jalan basah. Ga perlu ikut2an orang kalau liat mobil lain lebih kencang.
crash1.png
crash2.jpeg
kalo ga ngebut gak akan begini sih efeknya. gimanapun mobil gc tinggi habitatnya bukan utk speeding di tol![]()
salam safety first![]()
kalau melihat kasus mobil lain terbalik kok ga separah duo gajah ini ya
ini malah CX5 terjun ke jurang 40 meter dari atas jembatan
![]()
kan emang ud rahasia umum ladder frame kuat kalo kecelakaan low speed jgn sampe kecelakaan fatal aja bisa bubar penumpangnyaginting wrote: Thu Jan 06, 2022 4:53
Jadi gini, oom...
kalau monokok itu maka "rangka" mobil itu merata di semua body jadi satu.
maka dari itu kalau monokok dipapar atapnya, maka gak akan bisa jadi cabriolet..karena gak kuwat...
nah, kalau ladder frame, sepertinya di desain buat kuat ngangkat beban dalam kondisi berdiri tegak...
atap itu jauh kebih lemah dibanding kaki kaki (bagian bawah)...
maka dari itu perlu roll cage kalau mau diperkuat lagi..
selain itu juga tentu berat body ladder frame dan speed juga berpengaruh sama "gaya hempasan" saat guling guling.
my two cents ..
silahan berbeda pendapat dengan sehat...
Kenapa ga sekalian ban dokar? Karena ban dokar itu kapasitas side loading (beban ke arah samping) kecil. Ya bisa lurus membelah air sih ga masalah, tapi begitu belok kedodoran. Gw waktu masih alay juga supra ane pake ban cacing, jadi ngerti juga lah.Fu227scd wrote: Fri Jan 07, 2022 14:27 Saling share aja ya, gk maksud menggurui kan udh ada bintang 5 jg , lihat dr awal tread no 1 sampe 15 ini kok tumben ada yg sedikit ngaco hehe di forum SM ini, FWD gw yg M16A aja pakek 225/30 8inch R19 depan belakang 225 8 inch jg, boros gk masalah , klu grib ban gk ngaruh sama lebar buat apa Mobil bokap dulu pakek conti csc6 yg sama kek ukuran awal mobil nya, knpa gk pakek ban dokar aja kan biar gk planning aqua, asik kali ya duo laris pakek ban dokar, kek jaman dulu hobby kami mahal thailook , motor aing kumaha aing, dan sekarang boil aing kumaha aing kek nya secara jg kredit lebih mudah dr cash,yg penting klu knpa knpa jgan ngajak sekitar, gk sekalian 195 aja atau dokar sekalian biar gk planning aqua wkwkwkwk, ya emang bener jika mbeledos ban yg tipis cenderung gk berubah drastis ground clear nya, tp ban tipis dan pendek jg ada load weight nya ada yg 500kg per pc ada yg di atas itu , tp klu gk sedap dipandang mata buat apa gan, lebih keras tp krn 11 taon gk ganti ketika ganti ban baru ya kerasa enak, pelit atau perhitungan bedanya tipis kok.wkwkwkwkwk tp ingat klu knpa knpa jgan ngajak ngajak orng di sekitar.
nah ini menarik ane jg baru ngamatin ni klw mobil ladderprem biasa injury nya lebih fatal...slapnuts wrote: Thu Jan 06, 2022 1:50 yang menjadi pertanyaan, setipis dan seringkih itukah atap Pajero/Fortuner? karena setiap terbalik selalu gepeng rata. Atau karena keberatan chasis jadi pas kebalik si chasis itu yang menekan atap sehingga jadi gepeng?
kalau melihat kasus mobil lain terbalik kok ga separah duo gajah ini ya
Kl dikasih roll cage & seat belt racing 5 titik + helm gitu aman gak mbah...ChZ wrote:nah ini menarik ane jg baru ngamatin ni klw mobil ladderprem biasa injury nya lebih fatal...slapnuts wrote: Thu Jan 06, 2022 1:50 yang menjadi pertanyaan, setipis dan seringkih itukah atap Pajero/Fortuner? karena setiap terbalik selalu gepeng rata. Atau karena keberatan chasis jadi pas kebalik si chasis itu yang menekan atap sehingga jadi gepeng?
kalau melihat kasus mobil lain terbalik kok ga separah duo gajah ini ya
imho klo liat dari gimana struktur body shell mobil sbenernya atap itu memang bagian yang tidak didesain untuk menahan beban seberat itu. nah klo teori ane ini ada hubungannya dengan weight distribution dan center of gravity.
mobil monokok itu bodinya kan 1-piece dan secara bobot kendaraan balik ke basic physics massa dikali percepatan gravitasi (krn rollover) jadi mungkin masih dalam threshold kemampuan atap ditambah di bodi monokok bebannya bisa evenly distributed krn bodinya cuma 1-piece.
klw lederprem dia bodyshellnya waktu rollover sudah bobot kendaraannya berat, waktu rollover krn center of gravity berubah secara ekstrem pula maka hancurlah itu atap jadi rempeyek... walau teknologi manufacturing skrg udah canggih pun bebannya pasti udah evenly distributed tetep aja ada deadweight tambahan yang musti ditahan si atap.
jd betul kata mbah kalo ntu atap mobil lederprem harus nanggung bobot body shellnya sendiri + sasis dikali percepatan gravitasi, sementara atap monokok cuma nahan berat badannya sendiri dikali percepatan gravitasi.
ya moral of the story : truck emang gak diciptakan buat high speed wkwkwkwkw segala sesuatu dari rancang bangun awal sampe safety nya itu jelas ngga terpikirkan oleh pembuatnya untuk ntu mobil digeber sampe 200 km/h. we cannot defy the laws of physics
kalo saya tau emang ladder frame itu gak punya crumple zone jdi kalo nabrak efek benturannya gak ada yang nyerap akhirnya ya gak tau lari kemanaChZ wrote: Sat Jan 08, 2022 3:00
nah ini menarik ane jg baru ngamatin ni klw mobil ladderprem biasa injury nya lebih fatal...
imho klo liat dari gimana struktur body shell mobil sbenernya atap itu memang bagian yang tidak didesain untuk menahan beban seberat itu. nah klo teori ane ini ada hubungannya dengan weight distribution dan center of gravity.
mobil monokok itu bodinya kan 1-piece dan secara bobot kendaraan balik ke basic physics massa dikali percepatan gravitasi (krn rollover) jadi mungkin masih dalam threshold kemampuan atap ditambah di bodi monokok bebannya bisa evenly distributed krn bodinya cuma 1-piece.
klw lederprem dia bodyshellnya waktu rollover sudah bobot kendaraannya berat, waktu rollover krn center of gravity berubah secara ekstrem pula maka hancurlah itu atap jadi rempeyek... walau teknologi manufacturing skrg udah canggih pun bebannya pasti udah evenly distributed tetep aja ada deadweight tambahan yang musti ditahan si atap.
jd betul kata mbah kalo ntu atap mobil lederprem harus nanggung bobot body shellnya sendiri + sasis dikali percepatan gravitasi, sementara atap monokok cuma nahan berat badannya sendiri dikali percepatan gravitasi.
ya moral of the story : truck emang gak diciptakan buat high speed wkwkwkwkw segala sesuatu dari rancang bangun awal sampe safety nya itu jelas ngga terpikirkan oleh pembuatnya untuk ntu mobil digeber sampe 200 km/h. we cannot defy the laws of physics
kyk rally dakar. mantapbenzz89 wrote: Sat Jan 08, 2022 3:33Kl dikasih roll cage & seat belt racing 5 titik + helm gitu aman gak mbah...ChZ wrote:nah ini menarik ane jg baru ngamatin ni klw mobil ladderprem biasa injury nya lebih fatal...slapnuts wrote: Thu Jan 06, 2022 1:50 yang menjadi pertanyaan, setipis dan seringkih itukah atap Pajero/Fortuner? karena setiap terbalik selalu gepeng rata. Atau karena keberatan chasis jadi pas kebalik si chasis itu yang menekan atap sehingga jadi gepeng?
kalau melihat kasus mobil lain terbalik kok ga separah duo gajah ini ya
imho klo liat dari gimana struktur body shell mobil sbenernya atap itu memang bagian yang tidak didesain untuk menahan beban seberat itu. nah klo teori ane ini ada hubungannya dengan weight distribution dan center of gravity.
mobil monokok itu bodinya kan 1-piece dan secara bobot kendaraan balik ke basic physics massa dikali percepatan gravitasi (krn rollover) jadi mungkin masih dalam threshold kemampuan atap ditambah di bodi monokok bebannya bisa evenly distributed krn bodinya cuma 1-piece.
klw lederprem dia bodyshellnya waktu rollover sudah bobot kendaraannya berat, waktu rollover krn center of gravity berubah secara ekstrem pula maka hancurlah itu atap jadi rempeyek... walau teknologi manufacturing skrg udah canggih pun bebannya pasti udah evenly distributed tetep aja ada deadweight tambahan yang musti ditahan si atap.
jd betul kata mbah kalo ntu atap mobil lederprem harus nanggung bobot body shellnya sendiri + sasis dikali percepatan gravitasi, sementara atap monokok cuma nahan berat badannya sendiri dikali percepatan gravitasi.
ya moral of the story : truck emang gak diciptakan buat high speed wkwkwkwkw segala sesuatu dari rancang bangun awal sampe safety nya itu jelas ngga terpikirkan oleh pembuatnya untuk ntu mobil digeber sampe 200 km/h. we cannot defy the laws of physics
Khusus buat yg kaki bengis mentokin spido bawa gajah terbang [emoji1]
aman hrsnya mbah, ntu mobil2 tubular ama reli dakar dan high speed offroad khan gitu semuabenzz89 wrote: Sat Jan 08, 2022 3:33 Kl dikasih roll cage & seat belt racing 5 titik + helm gitu aman gak mbah...
Khusus buat yg kaki bengis mentokin spido bawa gajah terbang [emoji1]
nah kl rollover itu yg susah krn penahannya cuma atap jd efek benturan paling kuat di atap. sialnya lederprem impact benturan pasti lebih keras krn overall mass lebih berat.b0ku wrote: Sat Jan 08, 2022 3:37 kalo saya tau emang ladder frame itu gak punya crumple zone jdi kalo nabrak efek benturannya gak ada yang nyerap akhirnya ya gak tau lari kemana![]()
terus karena depannya terlalu kuat akhirnya pas kecelakaan fatal mesinnya dorong firewall dan neken ke dashboard imbasnya pilar Anya ketarik akhirnya bengkok![]()
sebenernya kalo ud ngomongin safety pilar A itu paling nentuin penumpang selamat apa engak makannya kenapa dulu saya sempet gak suka toyota karena rata2x mobil toyota kalo ud kena tabrakan parah pilar Anya bengkok parah malah kadang kepala penumpangnya bisa hajar jedela![]()
biasanya yang bener pas nabrak mesin jatoh kebawah pilar a bengkok dikit kalo bisa utuh makannya banyak honda ud kentimpa container pun penumpang selamet karena honda biasa pilar Anya kuat banget saya pernah liat freed ketiban truk ukuran ELf pas di pilar a aja pilarnya utuh, makannya honda kalo ud nabrak depan sama belakangnya ringkih banget karena bagian itu di korbanin buat safety biar kalo kecelakaan fatal mesinnya jatoh dan gak dorong ke firewall dan disitu juga benturan di serap biar gak lari ke kabin![]()
masih inget kecelakaan ini dimana CRV di hajar atepnya sama suv hyundai lompat dari tol lawan arah si supir dengan coolnya masih duduk di mobil dengan kepala lecet padahal atepnya ud robek![]()
we can't beat the law of physicsbenzz89 wrote: Mon Jan 10, 2022 7:40 Ini gak ngebut tp terbalik juga [emoji1787]
Yaris GR VS Land Rover
The almithy Yaris GR penyok aja kaga [emoji16]
Baca2 komentarnya sih Land Rover mbah... ntah itu yg KW cungkuo atau bukan.Suryaputra wrote:we can't beat the law of physicsbenzz89 wrote: Mon Jan 10, 2022 7:40 Ini gak ngebut tp terbalik juga [emoji1787]
Yaris GR VS Land Rover
The almithy Yaris GR penyok aja kaga [emoji16]
dan itu beneran land rover?
bukan land rover looks alike made in china kan?
beneran itu, discovery sportSuryaputra wrote: Mon Jan 10, 2022 7:49we can't beat the law of physicsbenzz89 wrote: Mon Jan 10, 2022 7:40 Ini gak ngebut tp terbalik juga [emoji1787]
Yaris GR VS Land Rover
The almithy Yaris GR penyok aja kaga [emoji16]
dan itu beneran land rover?
bukan land rover looks alike made in china kan?![]()
sering terjadi oom, emg bawa mobil ginian mesti sadar batas kemampuan sampe mana. soalnya dibawa 120-140 anteng sih
saya biasa kalo ujan deres di tol aja ud lsg maen paddleshift buru2x maen gigi 5 speed 60kmh itu aja kadang kalo ada genangan di tol ban belakang suka berasa selip karena speednya rendah ya jadi aman2x ajasmgandi wrote: Mon Mar 07, 2022 3:37 Hah, mana mungkin ini factory std lolos uji teknis lagi sampai terpental kaya begini.![]()
https://jatim.suara.com/amp/read/2022/0 ... awah-warga
Ngebut di Tol Ngawi Saat Hujan Mengguyur, Pajero Terlempar dan Terguling Sampai ke Sawah Warga
SuaraJatim.id - Pajero hitam nekat ngebut saat hujan deras mengguyur di Tol Ngawi. Akhirnya mengalami aquaplaning hingga menyebabkan mobil terlempat keluar tol.
Pajero sport dengan nomor polisi W 1118 QS itu pun terlempar dari jalan to KM 573 ke area persawahan masuk Desa Ngale Kecamatan Paron, Rabu (9/2/2022) pukul 16.15 WIB.
Beruntung penumpangnya, pasangan suami istri selamat namun mengalami luka-luka. Untuk kronologisnya sendiri, versi polisi bermula saat mobil SUV itu dikendarai oleh Anggit Purwati (45) warga Taman Pondok Jati Kecamatan Geluran, Sidoarjo, itu melaju kencang.
Di sampingnya ada sang suami yakni Ciptadi (52) warga Jalan Garuda Desa Wedoro Kecamatan Waru, Sidoarjo. Sesampainya di TKP, hujan mengguyur deras.
"Kejadian bermula saat mobil pajero berjalan dafi arah Surabaya menuju Solo. Sesampainya di lokasi, diduga mengalami aquaplaning," kata Kasat Lantas Polres Ngawi AKP Zainul Imam Safi’i, Rabu (9/2/2022).
"Mobil tersebut lantas terpelanting ke luar jalan tol. Korban dua orang luka berat dibawa ke RS At Tin Husada. Proses evakuasi cukup sulit karena mobil terlempar 50 meter dari jalan," katanya seperti dikutip dari beritajatim.com jejaring media suara.com.
Petugas yang datang ke lokasi melakukan olah tempat kejadian perkara. Petugas lantas melakukan pemriksaan dan mencari rekaman CCTV untuk memastikan kalau mobil itu benar-benar mengalami kecelakaan tunggal.
Bangkai mobil itu dibawa ke kantor Unit Laka Satlantas Polres Ngawi.
Set dah, banyak amir kejadian mobil ginian di jalan tol.smgandi wrote: Mon Mar 07, 2022 3:37 Hah, mana mungkin ini factory std lolos uji teknis lagi sampai terpental kaya begini.![]()
https://jatim.suara.com/amp/read/2022/0 ... awah-warga
Ngebut di Tol Ngawi Saat Hujan Mengguyur, Pajero Terlempar dan Terguling Sampai ke Sawah Warga
SuaraJatim.id - Pajero hitam nekat ngebut saat hujan deras mengguyur di Tol Ngawi. Akhirnya mengalami aquaplaning hingga menyebabkan mobil terlempat keluar tol.
Pajero sport dengan nomor polisi W 1118 QS itu pun terlempar dari jalan to KM 573 ke area persawahan masuk Desa Ngale Kecamatan Paron, Rabu (9/2/2022) pukul 16.15 WIB.
Beruntung penumpangnya, pasangan suami istri selamat namun mengalami luka-luka. Untuk kronologisnya sendiri, versi polisi bermula saat mobil SUV itu dikendarai oleh Anggit Purwati (45) warga Taman Pondok Jati Kecamatan Geluran, Sidoarjo, itu melaju kencang.
Di sampingnya ada sang suami yakni Ciptadi (52) warga Jalan Garuda Desa Wedoro Kecamatan Waru, Sidoarjo. Sesampainya di TKP, hujan mengguyur deras.
"Kejadian bermula saat mobil pajero berjalan dafi arah Surabaya menuju Solo. Sesampainya di lokasi, diduga mengalami aquaplaning," kata Kasat Lantas Polres Ngawi AKP Zainul Imam Safi’i, Rabu (9/2/2022).
"Mobil tersebut lantas terpelanting ke luar jalan tol. Korban dua orang luka berat dibawa ke RS At Tin Husada. Proses evakuasi cukup sulit karena mobil terlempar 50 meter dari jalan," katanya seperti dikutip dari beritajatim.com jejaring media suara.com.
Petugas yang datang ke lokasi melakukan olah tempat kejadian perkara. Petugas lantas melakukan pemriksaan dan mencari rekaman CCTV untuk memastikan kalau mobil itu benar-benar mengalami kecelakaan tunggal.
Bangkai mobil itu dibawa ke kantor Unit Laka Satlantas Polres Ngawi.
Mirip dulu waktu saya bawa macan item 2300cc. Kalo nyalip pake rpm tinggi malah gak bisa, udah gak ada sisa tenaga sama sekali di atas sono.b0ku wrote: Mon Mar 07, 2022 4:12
saya biasa kalo ujan deres di tol aja ud lsg maen paddleshift buru2x maen gigi 5 speed 60kmh itu aja kadang kalo ada genangan di tol ban belakang suka berasa selip karena speednya rendah ya jadi aman2x aja![]()
kenapa saya hajar ke gigi 5 dengan speed rendah biar torsi mesinnya lemes kena ratio panjang gigi 5.... kalo di D biasa otomatis maen low gear dia akan ganas larinya mendingan lemesin pake gigi atas![]()
ud pernah ngerasain juga di sunter di jalanan sebelom per4an isuzu abis ujan kondisi jalan agak licin ban ud botak dan usia pakai 10th lagi di gas pelan akselerasi ke 80kmh tiba2x ban belakang narik2x kanan kiri untung saya lsg reflek ngerem pelan2x sambil stabilin setirnya rasanya ud kayak mau kecelakaan tapi gak jadi![]()
Yhaa namanya jg rakyat wkwkland oom... SUV ladder frame dipake buat speeding di tol sama buat ngemall... Hatchback nya yg dipake buat oprud...pengendiesel wrote: Mon Mar 07, 2022 4:50
Tapi emang lucu sih ngebut pake mobil ginian. Jelas2 dirancang untuk medan berat, malah dipake buat gas pol di jalan tol
Klo gitu angka speed di dasbor kenapa ada yang 200, ada yang 220... bahkan ada mobil yg diapekein speed limit walopun angka speed di dasbor spt itu.b0ku wrote: Sat Jan 08, 2022 3:37kalo saya tau emang ladder frame itu gak punya crumple zone jdi kalo nabrak efek benturannya gak ada yang nyerap akhirnya ya gak tau lari kemanaChZ wrote: Sat Jan 08, 2022 3:00
nah ini menarik ane jg baru ngamatin ni klw mobil ladderprem biasa injury nya lebih fatal...
imho klo liat dari gimana struktur body shell mobil sbenernya atap itu memang bagian yang tidak didesain untuk menahan beban seberat itu. nah klo teori ane ini ada hubungannya dengan weight distribution dan center of gravity.
mobil monokok itu bodinya kan 1-piece dan secara bobot kendaraan balik ke basic physics massa dikali percepatan gravitasi (krn rollover) jadi mungkin masih dalam threshold kemampuan atap ditambah di bodi monokok bebannya bisa evenly distributed krn bodinya cuma 1-piece.
klw lederprem dia bodyshellnya waktu rollover sudah bobot kendaraannya berat, waktu rollover krn center of gravity berubah secara ekstrem pula maka hancurlah itu atap jadi rempeyek... walau teknologi manufacturing skrg udah canggih pun bebannya pasti udah evenly distributed tetep aja ada deadweight tambahan yang musti ditahan si atap.
jd betul kata mbah kalo ntu atap mobil lederprem harus nanggung bobot body shellnya sendiri + sasis dikali percepatan gravitasi, sementara atap monokok cuma nahan berat badannya sendiri dikali percepatan gravitasi.
ya moral of the story : truck emang gak diciptakan buat high speed wkwkwkwkw segala sesuatu dari rancang bangun awal sampe safety nya itu jelas ngga terpikirkan oleh pembuatnya untuk ntu mobil digeber sampe 200 km/h. we cannot defy the laws of physics![]()
terus karena depannya terlalu kuat akhirnya pas kecelakaan fatal mesinnya dorong firewall dan neken ke dashboard imbasnya pilar Anya ketarik akhirnya bengkok![]()
sebenernya kalo ud ngomongin safety pilar A itu paling nentuin penumpang selamat apa engak makannya kenapa dulu saya sempet gak suka toyota karena rata2x mobil toyota kalo ud kena tabrakan parah pilar Anya bengkok parah malah kadang kepala penumpangnya bisa hajar jedela![]()
biasanya yang bener pas nabrak mesin jatoh kebawah pilar a bengkok dikit kalo bisa utuh makannya banyak honda ud kentimpa container pun penumpang selamet karena honda biasa pilar Anya kuat banget saya pernah liat freed ketiban truk ukuran ELf pas di pilar a aja pilarnya utuh, makannya honda kalo ud nabrak depan sama belakangnya ringkih banget karena bagian itu di korbanin buat safety biar kalo kecelakaan fatal mesinnya jatoh dan gak dorong ke firewall dan disitu juga benturan di serap biar gak lari ke kabin![]()
masih inget kecelakaan ini dimana CRV di hajar atepnya sama suv hyundai lompat dari tol lawan arah si supir dengan coolnya masih duduk di mobil dengan kepala lecet padahal atepnya ud robek![]()