Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Profith83 wrote: Tue Aug 18, 2020 3:23
Ada yang bilang sebaiknya konsentrat yang 30 persen saja, karena iklim tropis cukup 30 saja tidak mungkin beku airnya.
yang 50 untuk iklim yang bisa beku
justru iklim tropis perlu 30 agar banyak air, air diperlukan untuk pelepasan panas dengan bagus.
Tapi yang 30 jadinya lebih sering ganti, misal 2 thn sekali.
Kalau Toyota yang 50:50 saran ganti berapa thn atau berapa KM?
Kalau Honda yang hijau 30:70 saran ganti berapa thn atau berapa KM?
FYI, Toyota yang 50:50 masih masuk akal hargannya.
Kalau Honda yang 50:50(warna biru) seingat saya 1 liter diatas 100rb. Pakai 4 liter sudah 450 wakaka
Izin up threat lama mbah, penasaran sama statement ini dari dulu.
1. Alasan konsentrat 30 lebih sering diganti kenapa mbah? Klo lebih sering top up kayaknya iya karena penguapannya.
2. Apakah bisa saya berasumsi : mesin2 tahun agak lama yg ber-varnish itu karena karakter mesinnya lebih panas, jadi untuk mengimbanginya kita pakai coolant 30-70 ? Hal ini kejadian di 1NZ saya dan lumrah banyak 1NZ lain ber-varnish (abaikan kemungkinan oli palsu, telat ganti oli dll ya mbah)
Terima kasih
Profith83 wrote: Tue Aug 18, 2020 3:23
Ada yang bilang sebaiknya konsentrat yang 30 persen saja, karena iklim tropis cukup 30 saja tidak mungkin beku airnya.
yang 50 untuk iklim yang bisa beku
justru iklim tropis perlu 30 agar banyak air, air diperlukan untuk pelepasan panas dengan bagus.
Tapi yang 30 jadinya lebih sering ganti, misal 2 thn sekali.
Kalau Toyota yang 50:50 saran ganti berapa thn atau berapa KM?
Kalau Honda yang hijau 30:70 saran ganti berapa thn atau berapa KM?
FYI, Toyota yang 50:50 masih masuk akal hargannya.
Kalau Honda yang 50:50(warna biru) seingat saya 1 liter diatas 100rb. Pakai 4 liter sudah 450 wakaka
Izin up threat lama mbah, penasaran sama statement ini dari dulu.
1. Alasan konsentrat 30 lebih sering diganti kenapa mbah? Klo lebih sering top up kayaknya iya karena penguapannya.
2. Apakah bisa saya berasumsi : mesin2 tahun agak lama yg ber-varnish itu karena karakter mesinnya lebih panas, jadi untuk mengimbanginya kita pakai coolant 30-70 ? Hal ini kejadian di 1NZ saya dan lumrah banyak 1NZ lain ber-varnish (abaikan kemungkinan oli palsu, telat ganti oli dll ya mbah)
Terima kasih
Maap mbah gak bisa bantu lebih banyak. Saya juga masih ingin tahu kalau bleeding air radiator di Innova diesel.
Yang penting waktu ganti coolant tidak ada angin ke trap, selama ada air radiator penuh harusnya tidak akan membuat overheat atau varnish.
Profith83 wrote: Tue Aug 18, 2020 3:23
Ada yang bilang sebaiknya konsentrat yang 30 persen saja, karena iklim tropis cukup 30 saja tidak mungkin beku airnya.
yang 50 untuk iklim yang bisa beku
justru iklim tropis perlu 30 agar banyak air, air diperlukan untuk pelepasan panas dengan bagus.
Tapi yang 30 jadinya lebih sering ganti, misal 2 thn sekali.
Kalau Toyota yang 50:50 saran ganti berapa thn atau berapa KM?
Kalau Honda yang hijau 30:70 saran ganti berapa thn atau berapa KM?
FYI, Toyota yang 50:50 masih masuk akal hargannya.
Kalau Honda yang 50:50(warna biru) seingat saya 1 liter diatas 100rb. Pakai 4 liter sudah 450 wakaka
Izin up threat lama mbah, penasaran sama statement ini dari dulu.
1. Alasan konsentrat 30 lebih sering diganti kenapa mbah? Klo lebih sering top up kayaknya iya karena penguapannya.
2. Apakah bisa saya berasumsi : mesin2 tahun agak lama yg ber-varnish itu karena karakter mesinnya lebih panas, jadi untuk mengimbanginya kita pakai coolant 30-70 ? Hal ini kejadian di 1NZ saya dan lumrah banyak 1NZ lain ber-varnish (abaikan kemungkinan oli palsu, telat ganti oli dll ya mbah)
Terima kasih
Maap mbah gak bisa bantu lebih banyak. Saya juga masih ingin tahu kalau bleeding air radiator di Innova diesel.
Yang penting waktu ganti coolant tidak ada angin ke trap, selama ada air radiator penuh harusnya tidak akan membuat overheat atau varnish.
Iya sy sejak pakai konsentrat 30 (Denso biru 70 30), Jd lebih sering topup coolant di reservoir sebulan sekali.
Tp emang theoritically kemampuan ngelepas kalor, air lbh banyak = lebih cepat.
Apalagi klo pakai oli w20, jd serasi.
Profith83 wrote: Mon Feb 28, 2022 14:37
Maap mbah gak bisa bantu lebih banyak. Saya juga masih ingin tahu kalau bleeding air radiator di Innova diesel.
Yang penting waktu ganti coolant tidak ada angin ke trap, selama ada air radiator penuh harusnya tidak akan membuat overheat atau varnish.
Suryaputra wrote: Mon Feb 28, 2022 14:49
Iya sy sejak pakai konsentrat 30 (Denso biru 70 30), Jd lebih sering topup coolant di reservoir sebulan sekali.
Tp emang theoritically kemampuan ngelepas kalor, air lbh banyak = lebih cepat.
Apalagi klo pakai oli w20, jd serasi.
Profith83 wrote: Mon Feb 28, 2022 14:37
Maap mbah gak bisa bantu lebih banyak. Saya juga masih ingin tahu kalau bleeding air radiator di Innova diesel.
Yang penting waktu ganti coolant tidak ada angin ke trap, selama ada air radiator penuh harusnya tidak akan membuat overheat atau varnish.
Suryaputra wrote: Mon Feb 28, 2022 14:49
Iya sy sejak pakai konsentrat 30 (Denso biru 70 30), Jd lebih sering topup coolant di reservoir sebulan sekali.
Tp emang theoritically kemampuan ngelepas kalor, air lbh banyak = lebih cepat.
Apalagi klo pakai oli w20, jd serasi.
Suryaputra wrote: Mon Feb 28, 2022 14:49
Iya sy sejak pakai konsentrat 30 (Denso biru 70 30), Jd lebih sering topup coolant di reservoir sebulan sekali.
Tp emang theoritically kemampuan ngelepas kalor, air lbh banyak = lebih cepat.
Rate penguapan coolant yang 50/50 gini ini kira" berapa mL atau persen dari total volume sih om? Rata" dalam jangka waktu berapa lama juga?
Dan juga coolant nya nguap dari tabung reservoir atau pada waktu circulate radiator habis dari engine block?
Buku manual selalu mention konsumsi oli tapi ga pernah ada omongan apa" kalo soal coolant level turun
Suryaputra wrote: Mon Feb 28, 2022 14:49
Iya sy sejak pakai konsentrat 30 (Denso biru 70 30), Jd lebih sering topup coolant di reservoir sebulan sekali.
Tp emang theoritically kemampuan ngelepas kalor, air lbh banyak = lebih cepat.
Rate penguapan coolant yang 50/50 gini ini kira" berapa mL atau persen dari total volume sih om? Rata" dalam jangka waktu berapa lama juga?
Dan juga coolant nya nguap dari tabung reservoir atau pada waktu circulate radiator habis dari engine block?
Buku manual selalu mention konsumsi oli tapi ga pernah ada omongan apa" kalo soal coolant level turun
ya ini dia, mungkin coolant penguapannya bs lbh diprediksi.
dan terlihat dr tabung reservoir.
beda sm penguapan oli, tergantung dr grade brand olinya juga.
klo pk oli top grade dari brand ternama, malah bisa minim banget penguapan (sesama daily driving).
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Profith83 wrote: Mon Feb 28, 2022 14:37
Maap mbah gak bisa bantu lebih banyak. Saya juga masih ingin tahu kalau bleeding air radiator di Innova diesel.
Yang penting waktu ganti coolant tidak ada angin ke trap, selama ada air radiator penuh harusnya tidak akan membuat overheat atau varnish.
Suryaputra wrote: Mon Feb 28, 2022 14:49
Iya sy sejak pakai konsentrat 30 (Denso biru 70 30), Jd lebih sering topup coolant di reservoir sebulan sekali.
Tp emang theoritically kemampuan ngelepas kalor, air lbh banyak = lebih cepat.
Apalagi klo pakai oli w20, jd serasi.
Topup nya banyak gk mbah?
Efek nya pas awal ganti coolant konsentrat 30 gimana mbah? Tertarik bgt nih.
Klo ditanya efek, perlu disupport oleh scanner yg tepat.
jd bisa dicompare, rata2 temp kerja mesin pakai 50 50 VS 70 30 brp
krn coolant ini beda, gak kyk oli,
yg bisa dirasakan bedanya di Hi RPM sampai OCI 10rb km
yg pasti sy topup tiap bulan yah minimal 100-200 ml
dgn kondisi tiap 2 minggu PP jkt bandung dan sekitarnya
dan Tiap tahun pasti sy drain, dan refill dgn yg baru.
sampai ke reservoir coolantnya jg diganti.
Ganti coolant tiap tahun itu overkill ngga sih? Soalnya ini kan hanya air yg d kasi anti freeze,Anti rust sama additif penaik titik didih. Dia ngga kena combustion. Ane rasa kalo pake yg truely long-life eg: Toyota/branded punya 5 tahun aman deh.
Topup nya banyak gk mbah?
Efek nya pas awal ganti coolant konsentrat 30 gimana mbah? Tertarik bgt nih.
Klo ditanya efek, perlu disupport oleh scanner yg tepat.
jd bisa dicompare, rata2 temp kerja mesin pakai 50 50 VS 70 30 brp
krn coolant ini beda, gak kyk oli,
yg bisa dirasakan bedanya di Hi RPM sampai OCI 10rb km
yg pasti sy topup tiap bulan yah minimal 100-200 ml
dgn kondisi tiap 2 minggu PP jkt bandung dan sekitarnya
dan Tiap tahun pasti sy drain, dan refill dgn yg baru.
sampai ke reservoir coolantnya jg diganti.
Ganti coolant tiap tahun itu overkill ngga sih? Soalnya ini kan hanya air yg d kasi anti freeze,Anti rust sama additif penaik titik didih. Dia ngga kena combustion. Ane rasa kalo pake yg truely long-life eg: Toyota/branded punya 5 tahun aman deh.
Itungannya gini aja.
Coolant long life honda warna biru itu
4 liter = 400rb an
Umur Max 5 thn.
Coolant biru denso 70/30
4 liter = 100rb an
Sy ganti 1 thn sekali
Jd ya gak overkill juga sebetulnya.
Lagipula ganti sendiri gampang, gak usah ngolong dan ngedongkrak
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
ac235287 wrote: Tue Mar 01, 2022 14:28
Ganti coolant tiap tahun itu overkill ngga sih? Soalnya ini kan hanya air yg d kasi anti freeze,Anti rust sama additif penaik titik didih. Dia ngga kena combustion. Ane rasa kalo pake yg truely long-life eg: Toyota/branded punya 5 tahun aman deh.
Kalau long life tulen, sbenernya iya bisa 3-5 tahun. Valvoline yg RTU dan longlife di botol tertulis 3 tahun / 150k KM.
DOHC wrote: Wed Mar 02, 2022 3:16
coolant rutin ganti itu karena aditip anti rust nya yg menurun , apalagi utk enjin2 bahan besi cor, lebi cepet lg deplete nya
kl anti boiling ama freeeze nya mah seumur idup tu cairan ga bakal ilang
+ ganti brake fluid setahun 1x
makin lama = titik didih makin turun = brake fading = ngempos gak bisa neken cakram
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
DOHC wrote: Wed Mar 02, 2022 3:16
coolant rutin ganti itu karena aditip anti rust nya yg menurun , apalagi utk enjin2 bahan besi cor, lebi cepet lg deplete nya
kl anti boiling ama freeeze nya mah seumur idup tu cairan ga bakal ilang
+ ganti brake fluid setahun 1x
makin lama = titik didih makin turun = brake fading = ngempos gak bisa neken cakram
Maap nubie numpang komen ya mbah..
kl minyak rem kayanya penyebabnya dia ketempelan debu jd kualitas nya menurun selain krn suhu tinggi pengereman.
begitu pendapat nubie
DOHC wrote: Wed Mar 02, 2022 3:16
coolant rutin ganti itu karena aditip anti rust nya yg menurun , apalagi utk enjin2 bahan besi cor, lebi cepet lg deplete nya
kl anti boiling ama freeeze nya mah seumur idup tu cairan ga bakal ilang
+ ganti brake fluid setahun 1x
makin lama = titik didih makin turun = brake fading = ngempos gak bisa neken cakram
Maap nubie numpang komen ya mbah..
kl minyak rem kayanya penyebabnya dia ketempelan debu jd kualitas nya menurun selain krn suhu tinggi pengereman.
begitu pendapat nubie
Minyak rem turun performa karena kandungan air yg meningkat sih mbah, brake fluid kan higroskopis. hehe.
Kalau brake fluid bonafide, biasa nyantumin boiling point awal dan wet boiling point (biasa 1-2 tahun setelah digunakan asumsinya).
DOHC wrote: Wed Mar 02, 2022 3:16
coolant rutin ganti itu karena aditip anti rust nya yg menurun , apalagi utk enjin2 bahan besi cor, lebi cepet lg deplete nya
kl anti boiling ama freeeze nya mah seumur idup tu cairan ga bakal ilang
+ ganti brake fluid setahun 1x
makin lama = titik didih makin turun = brake fading = ngempos gak bisa neken cakram
Maap nubie numpang komen ya mbah..
kl minyak rem kayanya penyebabnya dia ketempelan debu jd kualitas nya menurun selain krn suhu tinggi pengereman.
begitu pendapat nubie
mbah blower, yg ketempelan debu minyak remnya apa brake pad nya?
kl ketempelan debu minyak remnya, jangankan minyak rem. body mobil aja ga ada debunya itu mbah josomba punya masda 2.
+ ganti brake fluid setahun 1x
makin lama = titik didih makin turun = brake fading = ngempos gak bisa neken cakram
Maap nubie numpang komen ya mbah..
kl minyak rem kayanya penyebabnya dia ketempelan debu jd kualitas nya menurun selain krn suhu tinggi pengereman.
begitu pendapat nubie
mbah blower, yg ketempelan debu minyak remnya apa brake pad nya?
kl ketempelan debu minyak remnya, jangankan minyak rem. body mobil aja ga ada debunya itu mbah josomba punya masda 2.
Tau aja mbah baru mandi si hitam ini
20220302_092002.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Maap nubie numpang komen ya mbah..
kl minyak rem kayanya penyebabnya dia ketempelan debu jd kualitas nya menurun selain krn suhu tinggi pengereman.
begitu pendapat nubie
mbah blower, yg ketempelan debu minyak remnya apa brake pad nya?
kl ketempelan debu minyak remnya, jangankan minyak rem. body mobil aja ga ada debunya itu mbah josomba punya masda 2.
Tau aja mbah baru mandi si hitam ini
20220302_092002.jpg
Waduuh... Kapan ya nubi punya mobil sebagus ituu..
+ ganti brake fluid setahun 1x
makin lama = titik didih makin turun = brake fading = ngempos gak bisa neken cakram
Maap nubie numpang komen ya mbah..
kl minyak rem kayanya penyebabnya dia ketempelan debu jd kualitas nya menurun selain krn suhu tinggi pengereman.
begitu pendapat nubie
Minyak rem turun performa karena kandungan air yg meningkat sih mbah, brake fluid kan higroskopis. hehe.
Kalau brake fluid bonafide, biasa nyantumin boiling point awal dan wet boiling point (biasa 1-2 tahun setelah digunakan asumsinya).
Yep oksidasi itu j a h a t
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Profith83 wrote: Mon Feb 28, 2022 14:37
Maap mbah gak bisa bantu lebih banyak. Saya juga masih ingin tahu kalau bleeding air radiator di Innova diesel.
Yang penting waktu ganti coolant tidak ada angin ke trap, selama ada air radiator penuh harusnya tidak akan membuat overheat atau varnish.
Suryaputra wrote: Mon Feb 28, 2022 14:49
Iya sy sejak pakai konsentrat 30 (Denso biru 70 30), Jd lebih sering topup coolant di reservoir sebulan sekali.
Tp emang theoritically kemampuan ngelepas kalor, air lbh banyak = lebih cepat.
Apalagi klo pakai oli w20, jd serasi.
Topup nya banyak gk mbah?
Efek nya pas awal ganti coolant konsentrat 30 gimana mbah? Tertarik bgt nih.
Klo ditanya efek, perlu disupport oleh scanner yg tepat.
jd bisa dicompare, rata2 temp kerja mesin pakai 50 50 VS 70 30 brp
krn coolant ini beda, gak kyk oli,
yg bisa dirasakan bedanya di Hi RPM sampai OCI 10rb km
yg pasti sy topup tiap bulan yah minimal 100-200 ml
dgn kondisi tiap 2 minggu PP jkt bandung dan sekitarnya
dan Tiap tahun pasti sy drain, dan refill dgn yg baru.
sampai ke reservoir coolantnya jg diganti.
Kalau di kasus saya ganti coolant ac nya dingin. Dulu masih pake coolant bawaan mazda nggak berkurang sama sekali. Mungkin karena nggak pernah hi-rev. Sekarang pake merk seiken aja 4 ltr 130rb di toko offline. Ganti 2 tahun / 20rb km
Bicara coolant apa ada yg ounya info ttg coolant engine ice?
Awalnya populer di motor karena bisa nurunin temp dibandingkan coolant biasa sampai 6 derajat lbh rendah.
Speknya Polypropylene Glycol (PG). Sedangkan merek lain umumnya masih pakai Etylene Glycol (EG).
Harga aih sgt mahal karena 2ltr bisa 400an rb.
Too good to be true kah?
Kenapa tertarik?
kemaren turing trans jawa di daerah yg temp bisa 36 derajat(suhu luar) rasanya performa mesin drop. Harus gas lbh agresif bwt jaga kecepatan. Mobilnya rocky 1.0. berpikir kalo temperatur mesin bisa diimprove gejala power down bisa diminimalisir cmiiw