tire inflator ..... belom kebeli .... ehem

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
tire inflator ..... belom kebeli .... ehem
tiap ganti coolant apakah perlu lepas baut bleeder ?DOHC wrote: Wed Mar 02, 2022 3:21kl butek itu, biasa bsa karena 2 macem mbahProfith83 wrote: Tue Mar 01, 2022 1:50
Saya kecewa ganti di 4.5 thn padahal buku manual bisa 10 tahun. Kebayang bagaimana tuh termostat dan pompa air radiator kalau 10 tahun.
Sebenarnya 4.5 thn tidak ada tanda tanda biang karat sama sekali, cuma gak sukanya rada butek tuh coolant, sepertinya cairan kimia sudah terdegradasi lumayan
yg pertama, coolant nya mengandung silicate dan / atau phospate
yg kedua, bahan organic acid nya yg bereaksi dgn mineral dari aer ledeng (makanya dsaranin pake distiled water) (mungkin ini biar mbah josomba yg ahli kimia jelasin lebi detil)
all in all, mo coolant jenis apapun, bagusan ganti lebi sering, even yg kelas SLLC skalipun... dulu inofa benzene jadul kta orang, sil water pump jebol di odo 80an rebu, pipa bypass coolant yg jadi kerupuk, dan radiator pas dibuka, buanyakkkk endapan2 merah
Kalo menurut nubi perlu mbah... (Khusus yg ada baut bleeder udara). Kalo ga ada bautnya mah ga perluProfith83 wrote: Wed Mar 02, 2022 5:59tiap ganti coolant apakah perlu lepas baut bleeder ?DOHC wrote: Wed Mar 02, 2022 3:21kl butek itu, biasa bsa karena 2 macem mbahProfith83 wrote: Tue Mar 01, 2022 1:50
Saya kecewa ganti di 4.5 thn padahal buku manual bisa 10 tahun. Kebayang bagaimana tuh termostat dan pompa air radiator kalau 10 tahun.
Sebenarnya 4.5 thn tidak ada tanda tanda biang karat sama sekali, cuma gak sukanya rada butek tuh coolant, sepertinya cairan kimia sudah terdegradasi lumayan
yg pertama, coolant nya mengandung silicate dan / atau phospate
yg kedua, bahan organic acid nya yg bereaksi dgn mineral dari aer ledeng (makanya dsaranin pake distiled water) (mungkin ini biar mbah josomba yg ahli kimia jelasin lebi detil)
all in all, mo coolant jenis apapun, bagusan ganti lebi sering, even yg kelas SLLC skalipun... dulu inofa benzene jadul kta orang, sil water pump jebol di odo 80an rebu, pipa bypass coolant yg jadi kerupuk, dan radiator pas dibuka, buanyakkkk endapan2 merah
Kalau saya sudah terlanjur ganti, apakah perlu dibuka baut bleeder nya yah. supaya kalau ada udara terperangkap bisa keluar?yanuarra wrote: Wed Mar 02, 2022 6:38Kalo menurut nubi perlu mbah... (Khusus yg ada baut bleeder udara). Kalo ga ada bautnya mah ga perluProfith83 wrote: Wed Mar 02, 2022 5:59tiap ganti coolant apakah perlu lepas baut bleeder ?DOHC wrote: Wed Mar 02, 2022 3:21
kl butek itu, biasa bsa karena 2 macem mbah
yg pertama, coolant nya mengandung silicate dan / atau phospate
yg kedua, bahan organic acid nya yg bereaksi dgn mineral dari aer ledeng (makanya dsaranin pake distiled water) (mungkin ini biar mbah josomba yg ahli kimia jelasin lebi detil)
all in all, mo coolant jenis apapun, bagusan ganti lebi sering, even yg kelas SLLC skalipun... dulu inofa benzene jadul kta orang, sil water pump jebol di odo 80an rebu, pipa bypass coolant yg jadi kerupuk, dan radiator pas dibuka, buanyakkkk endapan2 merah![]()
yg benzene beda mbahqueeeee .....Profith83 wrote: Wed Mar 02, 2022 5:59tiap ganti coolant apakah perlu lepas baut bleeder ?DOHC wrote: Wed Mar 02, 2022 3:21kl butek itu, biasa bsa karena 2 macem mbahProfith83 wrote: Tue Mar 01, 2022 1:50
Saya kecewa ganti di 4.5 thn padahal buku manual bisa 10 tahun. Kebayang bagaimana tuh termostat dan pompa air radiator kalau 10 tahun.
Sebenarnya 4.5 thn tidak ada tanda tanda biang karat sama sekali, cuma gak sukanya rada butek tuh coolant, sepertinya cairan kimia sudah terdegradasi lumayan
yg pertama, coolant nya mengandung silicate dan / atau phospate
yg kedua, bahan organic acid nya yg bereaksi dgn mineral dari aer ledeng (makanya dsaranin pake distiled water) (mungkin ini biar mbah josomba yg ahli kimia jelasin lebi detil)
all in all, mo coolant jenis apapun, bagusan ganti lebi sering, even yg kelas SLLC skalipun... dulu inofa benzene jadul kta orang, sil water pump jebol di odo 80an rebu, pipa bypass coolant yg jadi kerupuk, dan radiator pas dibuka, buanyakkkk endapan2 merah
Ini kalau ada mesin nakal gabisa diservis, langsung dibelek gerinda terus jual ketengan kang?marmut wrote: Wed Mar 02, 2022 8:28 hmmm.... dateng juga mainan baru....
IMG20220302151038.jpg
IMG20220302151058.jpg
IMG20220302150805.jpg
IMG_20220302_152733.jpg
harga kerehore, lumayan buat punya-punya...
Dijual ke medan..josomba wrote: Wed Mar 02, 2022 8:35Ini kalau ada mesin nakal gabisa diservis, langsung dibelek gerinda terus jual ketengan kang?marmut wrote: Wed Mar 02, 2022 8:28 hmmm.... dateng juga mainan baru....
IMG20220302151038.jpg
IMG20220302151058.jpg
IMG20220302150805.jpg
IMG_20220302_152733.jpg
harga kerehore, lumayan buat punya-punya...
![]()
hmm sptnya sampai part 11 kita bakal disuguhin foto2 belahan oil filtermarmut wrote: Wed Mar 02, 2022 8:28 hmmm.... dateng juga mainan baru....
IMG20220302151038.jpg
IMG20220302151058.jpg
IMG20220302150805.jpg
IMG_20220302_152733.jpg
harga kerehore, lumayan buat punya-punya...
Siap mbah, kalau 2 thn sekali?DOHC wrote: Wed Mar 02, 2022 3:21kl butek itu, biasa bsa karena 2 macem mbahProfith83 wrote: Tue Mar 01, 2022 1:50
Saya kecewa ganti di 4.5 thn padahal buku manual bisa 10 tahun. Kebayang bagaimana tuh termostat dan pompa air radiator kalau 10 tahun.
Sebenarnya 4.5 thn tidak ada tanda tanda biang karat sama sekali, cuma gak sukanya rada butek tuh coolant, sepertinya cairan kimia sudah terdegradasi lumayan
yg pertama, coolant nya mengandung silicate dan / atau phospate
yg kedua, bahan organic acid nya yg bereaksi dgn mineral dari aer ledeng (makanya dsaranin pake distiled water) (mungkin ini biar mbah josomba yg ahli kimia jelasin lebi detil)
all in all, mo coolant jenis apapun, bagusan ganti lebi sering, even yg kelas SLLC skalipun... dulu inofa benzene jadul kta orang, sil water pump jebol di odo 80an rebu, pipa bypass coolant yg jadi kerupuk, dan radiator pas dibuka, buanyakkkk endapan2 merah
Siap mbah.... maap murid bodoh banyak tanya ... kuatir overhead saja.Omnibus wrote: Wed Mar 02, 2022 6:54yg benzene beda mbahqueeeee .....Profith83 wrote: Wed Mar 02, 2022 5:59tiap ganti coolant apakah perlu lepas baut bleeder ?DOHC wrote: Wed Mar 02, 2022 3:21
kl butek itu, biasa bsa karena 2 macem mbah
yg pertama, coolant nya mengandung silicate dan / atau phospate
yg kedua, bahan organic acid nya yg bereaksi dgn mineral dari aer ledeng (makanya dsaranin pake distiled water) (mungkin ini biar mbah josomba yg ahli kimia jelasin lebi detil)
all in all, mo coolant jenis apapun, bagusan ganti lebi sering, even yg kelas SLLC skalipun... dulu inofa benzene jadul kta orang, sil water pump jebol di odo 80an rebu, pipa bypass coolant yg jadi kerupuk, dan radiator pas dibuka, buanyakkkk endapan2 merah![]()
pinter kok ngaku bodoh. nilai tes kompetensi aja 90/100 kemaren.Profith83 wrote: Wed Mar 02, 2022 9:09Siap mbah.... maap murid bodoh banyak tanya ... kuatir overhead saja.
Nanti kalau VRZ ganti coolant... ingin tahu keluar berapa liter dan masuk berapa liter.
Omnibus wrote: Wed Mar 02, 2022 8:53
hmm sptnya sampai part 11 kita bakal disuguhin foto2 belahan oil filter![]()
josomba wrote: Wed Mar 02, 2022 8:35
Ini kalau ada mesin nakal gabisa diservis, langsung dibelek gerinda terus jual ketengan kang?
![]()
Keren mbah....marmut wrote: Wed Mar 02, 2022 8:28 hmmm.... dateng juga mainan baru....
IMG20220302151038.jpg
IMG20220302151058.jpg
IMG20220302150805.jpg
IMG_20220302_152733.jpg
harga kerehore, lumayan buat punya-punya...
yanuarra wrote: Wed Mar 02, 2022 13:06
Tp gerinda tangan gini kayanya kepake banget ya buat potong2 mbah? Atau ngikis2 gitu..
mbah.. saya request donk...Omnibus wrote: Wed Mar 02, 2022 9:50
xixixixi ..... yg sy bingung kan kemaren mbah tanpa tau sop aja main sikat. skrg udah dikasih info sop nya malah jiper buka bleeder valve. nanya lagi sono sini piye toh.
kita bantu jij coba2 ya mbah, kl ternyata salah n perlu improvisasi monmaap kita jg belom pernah.
tenang dulu. skrg tinggal buka (waktu mesin dingin) bleeder valve semua trus tambahin sampai luber dr reservoir. pas posisi luber pastikan bleeder yg di atas intake manifold keluar air tanpa gelembung. artinya sdh penuh tuh yg di mesin n di jalur. tutuplah bleed valve itu. sedangkan bleed valve yg di reservoir jangan ditutup dulu krn msh hrs keluarin angin yg diatas radiator. kl tutup reservoir (tutup radiator yg besar) boleh ditutup.
skrg start engine, nyalain heater blower ke suhu paling tinggi kl mobilnya dilengkapi heater. tunggu deh sampai suhu kerja normal (thermostat terbuka), nanti dr bleeder yg di reservoir keluar tuh gelembung2 udara, angin palsu keluar artinya. kl sdh ga keluar boleh gas2 sampai rpm 2000 berulang2, biasanya msh ada yg keluar. ibarat lg mules itu angin ketahan sampai kita siap utk tembak rudal. waakakakaka
nah kl udah ga ada lagi gelembung, matikan mesin. tunggu dingin mesinnya. terakhir cek level coolant nya sampai batas F (artinya kl kurang ditambah, kl kelebihan disedot dr reservoir). abis itu tutup deh bleeder yg di reservoir (ada torque spec nya tuh kl ocd tp sy lupa brp).
*isi diluar tanggung jawab redaksi ya. disclaimer on.![]()
Poporing wrote: Wed Mar 02, 2022 14:17
mbah.. saya request donk...
kalo cara bongpas motor buat cairan wiper/washer, itu gmn caranya? maksudnya, ada hal2 general yg perlu diperhatikan?
soale cairan wipernya ra metu2... tanya sana sini, katanya motornya..
sy kira motor wiper cuma buat penggeraknya.. trnyata ada buat squirternya.. saya kira selama ini pake pompa
mbah suhu, request buat 2kd dong. bleeder di mesin sebelah mana, nemunya yg di atas radiator.Omnibus wrote: Wed Mar 02, 2022 9:50
xixixixi ..... yg sy bingung kan kemaren mbah tanpa tau sop aja main sikat. skrg udah dikasih info sop nya malah jiper buka bleeder valve. nanya lagi sono sini piye toh.
kita bantu jij coba2 ya mbah, kl ternyata salah n perlu improvisasi monmaap kita jg belom pernah.
tenang dulu. skrg tinggal buka (waktu mesin dingin) bleeder valve semua trus tambahin sampai luber dr reservoir. pas posisi luber pastikan bleeder yg di atas intake manifold keluar air tanpa gelembung. artinya sdh penuh tuh yg di mesin n di jalur. tutuplah bleed valve itu. sedangkan bleed valve yg di reservoir jangan ditutup dulu krn msh hrs keluarin angin yg diatas radiator. kl tutup reservoir (tutup radiator yg besar) boleh ditutup.
skrg start engine, nyalain heater blower ke suhu paling tinggi kl mobilnya dilengkapi heater. tunggu deh sampai suhu kerja normal (thermostat terbuka), nanti dr bleeder yg di reservoir keluar tuh gelembung2 udara, angin palsu keluar artinya. kl sdh ga keluar boleh gas2 sampai rpm 2000 berulang2, biasanya msh ada yg keluar. ibarat lg mules itu angin ketahan sampai kita siap utk tembak rudal. waakakakaka
nah kl udah ga ada lagi gelembung, matikan mesin. tunggu dingin mesinnya. terakhir cek level coolant nya sampai batas F (artinya kl kurang ditambah, kl kelebihan disedot dr reservoir). abis itu tutup deh bleeder yg di reservoir (ada torque spec nya tuh kl ocd tp sy lupa brp).
*isi diluar tanggung jawab redaksi ya. disclaimer on.![]()