Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Profith83 wrote: Sun Feb 27, 2022 7:37
Melanjutkan ganti coolant, berikut fotonya.
Perbandingan antara yang bekas pakai dan yang baru
Silahkan ditebak yang mana bekas pakai dan mana yang baru.
NOTE : tidak ada five away, sekedar sharing dan tebakan.
Omnibus wrote: Sun Feb 27, 2022 3:17
oke ujian dimulai. siap ga siap harap dikerjakan dan dikumpulkan.
soal cerita:
sebuah mobil Porsche 991.2 GT3 RS memerlukan bantuan kalian utk mengganti filter oli mesinnya. desain spin-on biasa spt hadiah sayembara mbah marmut. yg jd masalah tempatnya sempit bgt sehingga ratchet ga bisa masuk ke oil filter cup wrench.
spt di menit ke 20:08
pertanyaannya:
a. ukuran berapakah oil filter tsb? (sebut link referensinya)
b. pakai tools apa2 saja utk membuka filter tsb? (cari gambarnya, merk n tipenya, ukurannya, harganya brp) *ingat ga bisa pakai ratchet.
c. berapa torque spec oil filter tsb?
d. pakai tools apa2 saja utk mengencangkan filter tsb sesuai spec?
NB: merk filter wrench Hazet yg disebut di video ga boleh tp kl yg serupa dr merk lain silahkan. tdk perlu menjawab ttg drain plug nya, khusus bongpas filter olinya aja.
jawaban yg paling detail, ada penjelasan, ukuran, model, tipe, dan fotonya itu yg dpt nilai tinggi.
b. pakai tools apa2 saja utk membuka filter tsb? (cari gambarnya, merk n tipenya, ukurannya, harganya brp) *ingat ga bisa pakai ratchet.
pake cup wrench dr.3/8" ukuran 74 dan open wrench 27mm. https://www.ecstuning.com/b-genuine-por ... 072192040/
d. pakai tools apa2 saja utk mengencangkan filter tsb sesuai spec?
torque wrench yang kepalanya pakai open end ukuran spt diatas 27mm plus cup wrench 74.
Profith83 wrote: Sun Feb 27, 2022 7:37
Melanjutkan ganti coolant, berikut fotonya.
Perbandingan antara yang bekas pakai dan yang baru
Silahkan ditebak yang mana bekas pakai dan mana yang baru.
NOTE : tidak ada five away, sekedar sharing dan tebakan.
Coolant.jpg
Yang ini lebih terlihat
Coolant 2.jpg
kaya orson...
Gak lihat bedanya mbah? yang kanan itu keruh.
Kalau ditaruh di bak besar kan sekitar 6 liter yang keluar tuh warnanya agak butek gak bening.
Yang kiri lebih pink, yang kanan lebih merah dan agak butek
karena masih stone akibat lembur semalem, jadi gaada waktu buat nyontek di google liat spek.
maapken kalo jawapnya asal hanya berdasar pengalaman seumur jagung.
pertanyaannya:
a. ukuran berapakah oil filter tsb? (sebut link referensinya) cuma liat dari perbandingan ukuran telapak tangan, kayanya sekitar 74an mm mirip pe er jet atawa inofa. paling gede 83mm.
b. pakai tools apa2 saja utk membuka filter tsb? (cari gambarnya, merk n tipenya, ukurannya, harganya brp) *ingat ga bisa pakai ratchet. pake cup wrench dr.1/2" ukuran 74an mm paling gede 83mm sama open end wrench 21mm atau 22mm.
c. berapa torque spec oil filter tsb? paling kenceng 30an nm. dugaan terkuat sih 25nm.
d. pakai tools apa2 saja utk mengencangkan filter tsb sesuai spec? yapake torq wrench yang kepalanya bisa diganti lah pake open end insert 21mm atawa 22mm plus cup wrench (ukuran ada di jawaban atas).
terima kasih mbah marmut. luar biasa. sdh mengumpulkan jawaban di tengah kesibukan jij mengurus 10 mobil yg tiba2 datang serpis bersamaan ke dojo jij.
nilai menyusul.
hayo yg lain msh ditunggu jawabannya. kl ngga hukuman berat menanti.
Omnibus wrote: Sun Feb 27, 2022 3:17
oke ujian dimulai. siap ga siap harap dikerjakan dan dikumpulkan.
soal cerita:
sebuah mobil Porsche 991.2 GT3 RS memerlukan bantuan kalian utk mengganti filter oli mesinnya. desain spin-on biasa spt hadiah sayembara mbah marmut. yg jd masalah tempatnya sempit bgt sehingga ratchet ga bisa masuk ke oil filter cup wrench.
spt di menit ke 20:08
pertanyaannya:
a. ukuran berapakah oil filter tsb? (sebut link referensinya)
b. pakai tools apa2 saja utk membuka filter tsb? (cari gambarnya, merk n tipenya, ukurannya, harganya brp) *ingat ga bisa pakai ratchet.
c. berapa torque spec oil filter tsb?
d. pakai tools apa2 saja utk mengencangkan filter tsb sesuai spec?
NB: merk filter wrench Hazet yg disebut di video ga boleh tp kl yg serupa dr merk lain silahkan. tdk perlu menjawab ttg drain plug nya, khusus bongpas filter olinya aja.
jawaban yg paling detail, ada penjelasan, ukuran, model, tipe, dan fotonya itu yg dpt nilai tinggi.
b. pakai tools apa2 saja utk membuka filter tsb? (cari gambarnya, merk n tipenya, ukurannya, harganya brp) *ingat ga bisa pakai ratchet.
pake cup wrench dr.3/8" ukuran 74 dan open wrench 27mm. https://www.ecstuning.com/b-genuine-por ... 072192040/
d. pakai tools apa2 saja utk mengencangkan filter tsb sesuai spec?
torque wrench yang kepalanya pakai open end ukuran spt diatas 27mm plus cup wrench 74.
terima kasih mbah profith sultan jatiem sdh mengumpulkan jawaban juga. bukan kaleng2 nih pengetahuannya. nilai menyusul.
Profith83 wrote: Sun Feb 27, 2022 7:37
Melanjutkan ganti coolant, berikut fotonya.
Perbandingan antara yang bekas pakai dan yang baru
Silahkan ditebak yang mana bekas pakai dan mana yang baru.
NOTE : tidak ada five away, sekedar sharing dan tebakan.
Coolant.jpg
Yang ini lebih terlihat
Coolant 2.jpg
kaya orson...
Gak lihat bedanya mbah? yang kanan itu keruh.
Kalau ditaruh di bak besar kan sekitar 6 liter yang keluar tuh warnanya agak butek gak bening.
Yang kiri lebih pink, yang kanan lebih merah dan agak butek
sebelah kanan yg lama ya mbah. lbh butek emang. wah jd mau ikutan kuras deh jadinya. tp tahun depan aja biar 3 taun.
Gak lihat bedanya mbah? yang kanan itu keruh.
Kalau ditaruh di bak besar kan sekitar 6 liter yang keluar tuh warnanya agak butek gak bening.
Yang kiri lebih pink, yang kanan lebih merah dan agak butek
sebelah kanan yg lama ya mbah. lbh butek emang. wah jd mau ikutan kuras deh jadinya. tp tahun depan aja biar 3 taun.
Gak lihat bedanya mbah? yang kanan itu keruh.
Kalau ditaruh di bak besar kan sekitar 6 liter yang keluar tuh warnanya agak butek gak bening.
Yang kiri lebih pink, yang kanan lebih merah dan agak butek
sebelah kanan yg lama ya mbah. lbh butek emang. wah jd mau ikutan kuras deh jadinya. tp tahun depan aja biar 3 taun.
biasa tiap 3 tahun ya om ganti coolant?
antara 2-3 tahun utk coolant genuine. kl menurut bukman itu 10 tahun, terlalu kelamaan.
Gak lihat bedanya mbah? yang kanan itu keruh.
Kalau ditaruh di bak besar kan sekitar 6 liter yang keluar tuh warnanya agak butek gak bening.
Yang kiri lebih pink, yang kanan lebih merah dan agak butek
sebelah kanan yg lama ya mbah. lbh butek emang. wah jd mau ikutan kuras deh jadinya. tp tahun depan aja biar 3 taun.
Ganti lah mbah, baiknya sih 3 thn, sayang waktu di bak gak saya foto. Itu bisa keruh gitu ... kalau baru kan bening 100%, yah kira kira turun jadi 70% an, padahal kita lihat di tangki cadangan serasa masih pink.
Perasaan yah ... fully perasaan saja. Mobil lebih dingin.
Biasanya kalau siang naik mobil ini gak enak blas, nah ini waktu siang respon mobil serasa sore hari. Jadi lebih padat dan lebih ringan saja.
Masih ingat yang saya bilang kan, kalau saya sensitif terhadap performa dan rasa berkendara.
Tuh karet roti dan karet link stabil sekarang sudah berasa seperti sebelum saya ganti ... getaran sudah naik lagi ke setir kalau jalan keriting
Gak lihat bedanya mbah? yang kanan itu keruh.
Kalau ditaruh di bak besar kan sekitar 6 liter yang keluar tuh warnanya agak butek gak bening.
Yang kiri lebih pink, yang kanan lebih merah dan agak butek
sebelah kanan yg lama ya mbah. lbh butek emang. wah jd mau ikutan kuras deh jadinya. tp tahun depan aja biar 3 taun.
Ganti lah mbah, baiknya sih 3 thn, sayang waktu di bak gak saya foto. Itu bisa keruh gitu ... kalau baru kan bening 100%, yah kira kira turun jadi 70% an, padahal kita lihat di tangki cadangan serasa masih pink.
Perasaan yah ... fully perasaan saja. Mobil lebih dingin.
Biasanya kalau siang naik mobil ini gak enak blas, nah ini waktu siang respon mobil serasa sore hari. Jadi lebih padat dan lebih ringan saja.
Masih ingat yang saya bilang kan, kalau saya sensitif terhadap performa dan rasa berkendara.
Tuh karet roti dan karet link stabil sekarang sudah berasa seperti sebelum saya ganti ... getaran sudah naik lagi ke setir kalau jalan keriting
setir geter lagi jangan2 sdh hrs di regrease lagi. ksh yg tebel n kentel mbah grease nya.
Omnibus wrote:
sebelah kanan yg lama ya mbah. lbh butek emang. wah jd mau ikutan kuras deh jadinya. tp tahun depan aja biar 3 taun.
biasa tiap 3 tahun ya om ganti coolant?
antara 2-3 tahun utk coolant genuine. kl menurut bukman itu 10 tahun, terlalu kelamaan.
Iya buku manual menyesatkan. 10 thn itu mungkin sudah ada biang karat nurut saya sih ....
Kalau negara 4 musim, apalagi yagn matahari cuman muncul 3 bulan, iya bisa 10 tahun.
Saya kira ambil 0.5 nya aman seperti ganti olie, ternyata gak aman mbah. 2 - 3 thn max deh.
Saya 4.5 thn kecewa lihat yang keluar agak butek dan warna juga beda.
sebelah kanan yg lama ya mbah. lbh butek emang. wah jd mau ikutan kuras deh jadinya. tp tahun depan aja biar 3 taun.
Ganti lah mbah, baiknya sih 3 thn, sayang waktu di bak gak saya foto. Itu bisa keruh gitu ... kalau baru kan bening 100%, yah kira kira turun jadi 70% an, padahal kita lihat di tangki cadangan serasa masih pink.
Perasaan yah ... fully perasaan saja. Mobil lebih dingin.
Biasanya kalau siang naik mobil ini gak enak blas, nah ini waktu siang respon mobil serasa sore hari. Jadi lebih padat dan lebih ringan saja.
Masih ingat yang saya bilang kan, kalau saya sensitif terhadap performa dan rasa berkendara.
Tuh karet roti dan karet link stabil sekarang sudah berasa seperti sebelum saya ganti ... getaran sudah naik lagi ke setir kalau jalan keriting
setir geter lagi jangan2 sdh hrs di regrease lagi. ksh yg tebel n kentel mbah grease nya.
Siap mbah, kapan hari saya kasih ini https://www.tokopedia.com/crcindustries ... ase-sl3191
Terlanjur beli, ini dia lebih kental. lebih kental dari amsoil. Sudah pernah saya aplikasikan.
Kira kira bagus gak yah? kalau harganya agak lumayan yang type ini. rata rata kan 150, ini 250.
Tapi masih jauh dari Omega. Kalau yang Omega sip mbah? kontur jalan hilang?
Profith83 wrote: Sun Feb 27, 2022 11:23
Siap mbah, kapan hari saya kasih ini https://www.tokopedia.com/crcindustries ... ase-sl3191
Terlanjur beli, ini dia lebih kental. lebih kental dari amsoil. Sudah pernah saya aplikasikan.
Kira kira bagus gak yah? kalau harganya agak lumayan yang type ini. rata rata kan 150, ini 250.
Tapi masih jauh dari Omega. Kalau yang Omega sip mbah? kontur jalan hilang?
sama aja lah mbah yg penting kentel wkwkwk
kl udah diaplikasikan msh begitu berarti bukan dr situ. ada parts lain yg perlu belaian kasih sayang juga mbah.
DOHC wrote: Sat Feb 26, 2022 14:08
uda psen tools, lama amat nyampe nya
alamat minta dikasi bintang sbiji nehh seller nya
yg ta tunggu2, akhirnya dateng jg
set sok uk 3/8 in, nomer 8, 10, 12, 13, 16 ama 17
kl yg 14 ud punya lama
cuman skrg jd lengkap dehh squad soket nihon kta orang
20220227_191643.jpg
ohh ini yg ditunggu2
belom lama ai jg beli spanner extra long tone sebiji krn dpt voucher nganggur mntr dr mbah marmut, ai beliin nomer 13-15 aja meski ga tau kapan kepake nomer itu.
jij beli no 13 n 16 buat di area mana sih?
DOHC wrote: Sat Feb 26, 2022 14:08
uda psen tools, lama amat nyampe nya
alamat minta dikasi bintang sbiji nehh seller nya
yg ta tunggu2, akhirnya dateng jg
set sok uk 3/8 in, nomer 8, 10, 12, 13, 16 ama 17
kl yg 14 ud punya lama
cuman skrg jd lengkap dehh squad soket nihon kta orang
20220227_191643.jpg
ohh ini yg ditunggu2
belom lama ai jg beli spanner extra long tone sebiji krn dpt voucher nganggur mntr dr mbah marmut, ai beliin nomer 13-15 aja meski ga tau kapan kepake nomer itu.
jij beli no 13 n 16 buat di area mana sih?
itu yg 13 ama 16 pure kebeli nya gara2 salah nginget mbah
dl waktu masi iseng2 bantuin temen btulin golf mak 4 nya, ntuh 2 soket beberapa kl kepake
nah yg nomer 13 jg perna kepake waktu bongpas baut kaliper rem inofa jadul kta orang dulu (entah knapa bsa ada 1 baut banci nyasar gt)
ctopher7 wrote: Sun Feb 27, 2022 10:47
biasa tiap 3 tahun ya om ganti coolant?
antara 2-3 tahun utk coolant genuine. kl menurut bukman itu 10 tahun, terlalu kelamaan.
Iya buku manual menyesatkan. 10 thn itu mungkin sudah ada biang karat nurut saya sih ....
Kalau negara 4 musim, apalagi yagn matahari cuman muncul 3 bulan, iya bisa 10 tahun.
Saya kira ambil 0.5 nya aman seperti ganti olie, ternyata gak aman mbah. 2 - 3 thn max deh.
Saya 4.5 thn kecewa lihat yang keluar agak butek dan warna juga beda.
kl mobil enjin blok yg masi dari bahan besi cor, coolant jgn lama2, mo itu OEM atau bukan
Gak lihat bedanya mbah? yang kanan itu keruh.
Kalau ditaruh di bak besar kan sekitar 6 liter yang keluar tuh warnanya agak butek gak bening.
Yang kiri lebih pink, yang kanan lebih merah dan agak butek
mata saya kurang awas mbah.
hanya bisa jeli menebak ukuran bh dan kertas merah kecil gambar 2 bapak-bapak.