Asfur wrote:Om2 master boleh disharing2 tentang suka duka piara e39, lagi ada angan2 semoga bisa kebeli e39, btw sekitar 2-3 thn lalu sempet hunting ini mobil dan menemukan unit yg hampir ngk pernah ada yg fresh, jadi batal beli krn :
1. ketemu yg rada2 fresh pun rata2 interior dalemnya juga pada kalah sama usia terutama console tengah yg terbuat dari karet itu pada pecah2 dan lumer2
2. yg tipe 525,528 dan 530 nya rata2 electric knob nya udah pada oglek2 atau letoy2, dipegang aja ngeri putus
3. karet2 di engine bay rata2 juga pada brutusan dan pecah2 yg km nya masih 50 rb ke bawah, jgn kata yg udah diatas itu.
4. kalo ini sy blm pernah cobain krn ngk ngetes malem2, tp sempet nanya2 di fesbuk e39, rata2 owner pada bilang lampu e39 mau pfl dan fl nya semua kagak ada yg terang bawaan pabriknya, jadi dipasang after market macam bosch yg watt lbh gede ataupun HID aftermarket. nah apakah bener lampu e39 ini ngk terang?
5. dan setirnya apakah bener berat yah, soalnya test bbrp unit semua sih PS nya berat yah, nah ini sy bandingin dgn mobil2 jepun dan w204 yg sangat enteng
6. nah point2 apalagi yah yg mengerikan di e39 ini, apakah racksteer nya cepet rusak, apakah mesinnya reliable..dsb
7. anggap aja dpt unit wajar (kalo dpt yg mint yah lbh hoki lah) apakah nie mobil tetep sakaw ngebengkel? btw mobil cuman dipake wiken doang.
Thanks yah om.
waktu tahun 2006, saya pernah beli 528i berusia 9tahun... kondisinya bagus, rapih, masih enak dipakai, tenaga juga gede. jalan di tol, nyaman banget ..
sebulan setelah dibeli, mulai deh ada keluhan di rem. saat injak rem, agak nge-loss gitu... diperbaikilah 528i ke bengkel spesialis... biaya ga seberapa, tapi mobil sembuh, dan enak lagi...
tapi setelah itu, setiap bulan selalu ada sesuatu yg memaksa kita harus berobat ke bengkel, dengan biaya makin lama koq makin gede ya?
keluhan yang paling sering terjadi, sandaran jok sopir yg rebah separo. jadi kalo duduk, punggung nya miring. aneh banget... electric seat nya juga sering bermasalah, konon itu penyakit e39, ada rancangan yg kurang sempurna di e39.
karet2 meleleh? sudah pasti... di sana sini meleleh... hingga akhirnya plafond ambrol saat di tengah perjalanan, bikin kaget aja... kaca jendela tiba2 turun 10cm saat di parkir juga pernah lho.
setelah dipakai setahun, rasanya udah pengen goodbye ama si e39... tapi nyonya sayang banget ama si 528i itu... ga boleh dijual. padahal saat itu kantong mulai menjerit karena si bmw selalu minta jajan. dan buang waktu ke bengkel... sebulan minimal sekali harus ada yg diurus di bengkel. aneh...
belakangan, konsumsi premix (eh pertamax) nya = 1lt utk perjalanan 3,5km... bener2 pedih di kantong. hingga mau dipake pergi2an jauh, harus banyak pertimbangan bahan bakar. nyonya yg ga isi bahan bakar, cuek aja tiap kali dibilang ini mobil boros bukan main.
tapi nyonya tetep demen ama mobil ini, sebab kalo ke mall selalu dikasih tempat parkir oleh bapak parkir. walau parkiran mall penuh, selalu aja sisa lahan buat BMW. heran...
sekali waktu, di suatu siang, nyonya hendak menjemput anak pulang sekolah. apa yg terjadi? ke-4 pintu mobil ga bisa dibuka. nyonya terjebak di dalam mobil, di bawah sinar matahari... panas, pengap juga bang... mau coba pecahin kaca, karena mulai panik takut mati lemas, ternyata ga mudah memecahkan kaca. akhirnya panggil montir bmw datang ke lokasi, untung ada yg mau datang... saya lupa saat itu bagaimana cara membuka pintu. tapi setelah kejadian iu, nyonya ga mau pake mobil itu lagi, dan maksa dijual.
ga gampang juga saat itu jualnya. sampe sekali waktu ada yg buka harga, langsung disodorin deh...
saat ini, jika saya mengajukan hendak beli BMW, walau tahun muda, nyonya langsung menolak mentah mentah.