Materwelon wrote: ↑Sun Feb 20, 2022 10:45
Omnibus wrote: ↑Sun Feb 20, 2022 9:57
Materwelon wrote: ↑Sun Feb 20, 2022 9:28
Sore om2 semua.. mau nanya rekomendasi battery maintainer dong, akhir2 ini mobil lagi jarang soal nya, saya cari2 review dan liat toped ketemulah sama bettery tender junior 750mA, ada yang bilang kalo itu bisa buat maintain mobil tapi ngga bisa buat charge tapi kalo liat di youtube kok banyak nya buat motor yah, apa perlu naik ke 1.25 A ? atau mungkin ada rekomendasi merek lain?
sore juga om
buat mobil wajib yg minimal rated @ 10A. lbh bagus lagi yg terbaru rated @ 25A kl budget memungkinkan. yg terakhir sampai 8jtan.
Ohh gede juga ya kalo 10A, tadi saya pas lagi liat review battery maintainer pada dibawah 5A, yang 10A itu battery charger yang sekaligus maintainer bukan yah ? saya sendiri masih bingung bedain battery charger sama maintainer.
batt charger vs batt maintainer itu cuma sebutan aja. penting cari tau spek teknisnya ada microprocessor nya ga utk mengatur step dlm memberikan charging voltage. kl ada microprocessor nya biasanya proses ngecas ada step2an nya, ada yg 5 step, 6 step, 7 step macem2 tergantung kecanggihannya dan ini disebut trickle charger.
jd pas dia mulai (step 1)itu dr volt rendah dulu (2V pulsing, jd on n off terus2an bbrp saat) utk merontokkan residu sulfat di plat sel nya, nanti step 2 naik lagi utk buang gas, dst dst.
kelebihan tipe ini bisa plug and forget, ga akan membuat batt menjadi overcharged n gembung atau bahkan meledak. krn begitu batt sdh penuh dia akan kurangi charging voltage secukupnya aja utk maintain batt agar dlm state ready to use (fully charged 98%), makanya mungkin disebut batt maintainer.
skrg ttg batt charger. kl yg ga ada microprocessor nya ini straight kasih charging voltage antara 13.5V s/d 14.5V continuous. yg model gini suka dipakai di pameran mobil krn buat nyalain lampu2 n aksesoris biar batt ga tekor. tp hrs di switched off manually kl ga mau overcharged n bermasalah sm battnya.
trickle charger yg canggih juga ada mode utk spt ininya, jd ga pake step2an langsung bypass kasih charging voltage continously 13.5-14.5V utk kegunaan spt di pameran itu.
skrg bedanya 5A vs 10A vs 25A apa. bedanya lbh cepet aja ngecasnya, ibarat charger HP yg biasa vs yg supercharge. kan cepetan yg high amperage. tp utk mobil biasa 10A cukup, tinggalin semaleman jg dr 60% bisa jd full 98% (colok jam 18:00 besok pagi jam 08:00 fully charged udah)
sy ga pake merk CTEK tp merk ini cukup terkenal. ga hafal modelnya browse aja om. yg jelas harganya ga murah. kl murah berarti ya gitu deh.