Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12547
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

Or4cle wrote: Fri Feb 04, 2022 11:48
Omnibus wrote: Fri Feb 04, 2022 10:31
Suryaputra wrote: Fri Feb 04, 2022 9:49

Ya berarti visco di suhu cold start indonesia, dan operating temp gak beda jauh.
Bagus itu.
Real viscocity index untuk di indonesia tinggi banget (dalam artian visco ketika baru start dan visco di mesin panas gak beda jauh)

Jadi oil pump dan lubrikasi ke celah mesin lbh cepat.
Mirip kyk oli 0w30 ajah.
suhu cold start indo 25-30°C. mungkin kl cold start nya di atas gunung bromo bisa 15-20°C. sedangkan suhu working temp 100-110°C, bahkan kl sering geber2 bisa 120°C.

artinya beda jauh bgt mbah, v40 vs v100 aja jauh bgt.

sini ta klitikin bulu ayam kakinya. mau ke dubai sih mau ke dubai ..... :upss: :weekk:
Kayaknya mbah Surya mesti buka lagi diktat Vorsprung Durch Technik van Asemreges. Selain fungsi utama sebagai pelumas, oli jg membantu release panas dari engine. Tentu beda dong visco oli saat cool start dgn visco saat operating temp ...
Ah itu kan hny angka angka.
Klo mu tau pasti...



Diemut, diputer, dikeluarin.....

:ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Or4cle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1312
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Or4cle »

Suryaputra wrote: Fri Feb 04, 2022 12:03
Or4cle wrote: Fri Feb 04, 2022 11:48
Omnibus wrote: Fri Feb 04, 2022 10:31

suhu cold start indo 25-30°C. mungkin kl cold start nya di atas gunung bromo bisa 15-20°C. sedangkan suhu working temp 100-110°C, bahkan kl sering geber2 bisa 120°C.

artinya beda jauh bgt mbah, v40 vs v100 aja jauh bgt.

sini ta klitikin bulu ayam kakinya. mau ke dubai sih mau ke dubai ..... :upss: :weekk:
Kayaknya mbah Surya mesti buka lagi diktat Vorsprung Durch Technik van Asemreges. Selain fungsi utama sebagai pelumas, oli jg membantu release panas dari engine. Tentu beda dong visco oli saat cool start dgn visco saat operating temp ...
Ah itu kan hny angka angka.
Klo mu tau pasti...



Diemut, diputer, dikeluarin.....

:ngacir:
Bolehhhhh .... siapa takut ?
Ane emut oli yg abis cool start, mbah emut oli after working temp, setelah jalan 2 jam yaaa hehehehe [emo-yesno]
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11779
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Omnibus »

Or4cle wrote: Fri Feb 04, 2022 12:23
Suryaputra wrote: Fri Feb 04, 2022 12:03
Or4cle wrote: Fri Feb 04, 2022 11:48

Kayaknya mbah Surya mesti buka lagi diktat Vorsprung Durch Technik van Asemreges. Selain fungsi utama sebagai pelumas, oli jg membantu release panas dari engine. Tentu beda dong visco oli saat cool start dgn visco saat operating temp ...
Ah itu kan hny angka angka.
Klo mu tau pasti...



Diemut, diputer, dikeluarin.....

:ngacir:
Bolehhhhh .... siapa takut ?
Ane emut oli yg abis cool start, mbah emut oli after working temp, setelah jalan 2 jam yaaa hehehehe [emo-yesno]
:big_biglaugh:

sepanas ronde jahe dong
Or4cle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1312
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Or4cle »

Omnibus wrote: Fri Feb 04, 2022 12:45
Or4cle wrote: Fri Feb 04, 2022 12:23
Suryaputra wrote: Fri Feb 04, 2022 12:03

Ah itu kan hny angka angka.
Klo mu tau pasti...



Diemut, diputer, dikeluarin.....

:ngacir:
Bolehhhhh .... siapa takut ?
Ane emut oli yg abis cool start, mbah emut oli after working temp, setelah jalan 2 jam yaaa hehehehe [emo-yesno]
:big_biglaugh:

sepanas ronde jahe dong
Biar tau perbedaan viscosity nya :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12547
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

Or4cle wrote: Fri Feb 04, 2022 13:20
Omnibus wrote: Fri Feb 04, 2022 12:45
Or4cle wrote: Fri Feb 04, 2022 12:23

Bolehhhhh .... siapa takut ?
Ane emut oli yg abis cool start, mbah emut oli after working temp, setelah jalan 2 jam yaaa hehehehe [emo-yesno]
:big_biglaugh:

sepanas ronde jahe dong
Biar tau perbedaan viscosity nya :ngacir: :ngacir: :ngacir:
:big_weee:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1222
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: w205 money pit

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by ctopher7 »

Or4cle wrote:
Suryaputra wrote: Fri Feb 04, 2022 12:03
Or4cle wrote: Fri Feb 04, 2022 11:48 Kayaknya mbah Surya mesti buka lagi diktat Vorsprung Durch Technik van Asemreges. Selain fungsi utama sebagai pelumas, oli jg membantu release panas dari engine. Tentu beda dong visco oli saat cool start dgn visco saat operating temp ...
Ah itu kan hny angka angka.
Klo mu tau pasti...



Diemut, diputer, dikeluarin.....

:ngacir:
Bolehhhhh .... siapa takut ?
Ane emut oli yg abis cool start, mbah emut oli after working temp, setelah jalan 2 jam yaaa hehehehe [emo-yesno]
wkwkwkwkwkwkwk
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11861
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by marmut »

Omnibus wrote: Fri Feb 04, 2022 12:45

:big_biglaugh:

sepanas ronde jahe dong


ono sing nyebut rondo... endi? :weekk:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5952
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by sintoni »

ctopher7 wrote: Fri Feb 04, 2022 8:47
sintoni wrote:
ctopher7 wrote: Fri Feb 04, 2022 5:50 abis coba gantol sndiri ptt dynamic 10w30 jadi q8 ft7000 10w30

impresi pertama kaget kok q8 lebih encer ya pas dituang dari botol rasanya, lebih kyk air. padahal sama sama 10w30

berasa beda karna sebelum masukin oli baru, nge buang lendir lama dulu pake ptt 10w30 baru yang masih sisa (sisa 1.7 l yaauda dipake aja smua wkwkwk)
Kok bisa ya om?

Kalau diliat di spec sheet malah harusnya si PTT lebih encer loh.
wkwkwkwk ga ngerti juga, pas nuang ke dalem rasanya lebih encer q8 nya dibanding ptt

tapi pas dipake tarikannya enak sih enteng, pake eco mode juga tetep narik

suara mesin juga halus
PTT 10W30 pake berapa kilo?

Ini sudah setia 3x OCI pake PTT 10W30, mobil ortu + sodara jg ane cekokin si PTT 10W30.

Si PTT Visco pas 40c dapat di 73, kalau si Q8 dapat di 78-79 lupa ane.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11779
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Omnibus »

marmut wrote: Fri Feb 04, 2022 16:36
Omnibus wrote: Fri Feb 04, 2022 12:45

:big_biglaugh:

sepanas ronde jahe dong


ono sing nyebut rondo... endi? :weekk:
tuh di mesin mobilio 1.5 vtec resing naik turun gunung dubai mbah surya. mau ngerasain ngemut juga?

:mky_03:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12547
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

ctopher7 wrote: Fri Feb 04, 2022 8:47
sintoni wrote:
ctopher7 wrote: Fri Feb 04, 2022 5:50 abis coba gantol sndiri ptt dynamic 10w30 jadi q8 ft7000 10w30

impresi pertama kaget kok q8 lebih encer ya pas dituang dari botol rasanya, lebih kyk air. padahal sama sama 10w30

berasa beda karna sebelum masukin oli baru, nge buang lendir lama dulu pake ptt 10w30 baru yang masih sisa (sisa 1.7 l yaauda dipake aja smua wkwkwk)
Kok bisa ya om?

Kalau diliat di spec sheet malah harusnya si PTT lebih encer loh.
wkwkwkwk ga ngerti juga, pas nuang ke dalem rasanya lebih encer q8 nya dibanding ptt

tapi pas dipake tarikannya enak sih enteng, pake eco mode juga tetep narik

suara mesin juga halus
Jadi feelnya lbh klimaks yg mana mbah? :upss:



sintoni wrote: Sat Feb 05, 2022 1:34
ctopher7 wrote: Fri Feb 04, 2022 8:47
sintoni wrote:
Kok bisa ya om?

Kalau diliat di spec sheet malah harusnya si PTT lebih encer loh.
wkwkwkwk ga ngerti juga, pas nuang ke dalem rasanya lebih encer q8 nya dibanding ptt

tapi pas dipake tarikannya enak sih enteng, pake eco mode juga tetep narik

suara mesin juga halus
PTT 10W30 pake berapa kilo?

Ini sudah setia 3x OCI pake PTT 10W30, mobil ortu + sodara jg ane cekokin si PTT 10W30.

Si PTT Visco pas 40c dapat di 73, kalau si Q8 dapat di 78-79 lupa ane.
Coba diemut2 jd lbh pasti feel nya :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1222
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: w205 money pit

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by ctopher7 »

sintoni wrote:
ctopher7 wrote: Fri Feb 04, 2022 8:47
sintoni wrote: Kok bisa ya om?

Kalau diliat di spec sheet malah harusnya si PTT lebih encer loh.
wkwkwkwk ga ngerti juga, pas nuang ke dalem rasanya lebih encer q8 nya dibanding ptt

tapi pas dipake tarikannya enak sih enteng, pake eco mode juga tetep narik

suara mesin juga halus
PTT 10W30 pake berapa kilo?

Ini sudah setia 3x OCI pake PTT 10W30, mobil ortu + sodara jg ane cekokin si PTT 10W30.

Si PTT Visco pas 40c dapat di 73, kalau si Q8 dapat di 78-79 lupa ane.
pake 3-4 ribu uda saya ganti om, kmrn berasa uda gaenak soalnya wkwkwk
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1222
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: w205 money pit

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by ctopher7 »

Suryaputra wrote:
ctopher7 wrote: Fri Feb 04, 2022 8:47
sintoni wrote: Kok bisa ya om?

Kalau diliat di spec sheet malah harusnya si PTT lebih encer loh.
wkwkwkwk ga ngerti juga, pas nuang ke dalem rasanya lebih encer q8 nya dibanding ptt

tapi pas dipake tarikannya enak sih enteng, pake eco mode juga tetep narik

suara mesin juga halus
Jadi feelnya lbh klimaks yg mana mbah? :upss:



sintoni wrote: Sat Feb 05, 2022 1:34
ctopher7 wrote: Fri Feb 04, 2022 8:47 wkwkwkwk ga ngerti juga, pas nuang ke dalem rasanya lebih encer q8 nya dibanding ptt

tapi pas dipake tarikannya enak sih enteng, pake eco mode juga tetep narik

suara mesin juga halus
PTT 10W30 pake berapa kilo?

Ini sudah setia 3x OCI pake PTT 10W30, mobil ortu + sodara jg ane cekokin si PTT 10W30.

Si PTT Visco pas 40c dapat di 73, kalau si Q8 dapat di 78-79 lupa ane.
Coba diemut2 jd lbh pasti feel nya :mky_03:
gatau yah lebih berasa ngejambak tarikannya q8, mungkin karna masih baru juga olinya jadi jauh lebih enteng

atau mungkin cuman perasaan wkwkwk
harus dibuktikan sama dyno sih kalo kyk gini, kadang bedanya ga sampe signifikan banget soalnya

yang pasti skrg pake eco mode uda berasa enak, biasanya slama pake ptt kudu pake yang normal. kalo pake eco ngeden banget jadinya
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2547
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by sahabatq8 »

ctopher7 wrote: Sat Feb 05, 2022 3:49
Suryaputra wrote:
ctopher7 wrote: Fri Feb 04, 2022 8:47
wkwkwkwk ga ngerti juga, pas nuang ke dalem rasanya lebih encer q8 nya dibanding ptt

tapi pas dipake tarikannya enak sih enteng, pake eco mode juga tetep narik

suara mesin juga halus
Jadi feelnya lbh klimaks yg mana mbah? :upss:



sintoni wrote: Sat Feb 05, 2022 1:34

PTT 10W30 pake berapa kilo?

Ini sudah setia 3x OCI pake PTT 10W30, mobil ortu + sodara jg ane cekokin si PTT 10W30.

Si PTT Visco pas 40c dapat di 73, kalau si Q8 dapat di 78-79 lupa ane.
Coba diemut2 jd lbh pasti feel nya :mky_03:
gatau yah lebih berasa ngejambak tarikannya q8, mungkin karna masih baru juga olinya jadi jauh lebih enteng

atau mungkin cuman perasaan wkwkwk
harus dibuktikan sama dyno sih kalo kyk gini, kadang bedanya ga sampe signifikan banget soalnya

yang pasti skrg pake eco mode uda berasa enak, biasanya slama pake ptt kudu pake yang normal. kalo pake eco ngeden banget jadinya
Worth it lah ya upgradenya :big_exellent:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12547
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

ctopher7 wrote: Sat Feb 05, 2022 3:49
Suryaputra wrote:
ctopher7 wrote: Fri Feb 04, 2022 8:47
wkwkwkwk ga ngerti juga, pas nuang ke dalem rasanya lebih encer q8 nya dibanding ptt

tapi pas dipake tarikannya enak sih enteng, pake eco mode juga tetep narik

suara mesin juga halus
Jadi feelnya lbh klimaks yg mana mbah? :upss:



sintoni wrote: Sat Feb 05, 2022 1:34

PTT 10W30 pake berapa kilo?

Ini sudah setia 3x OCI pake PTT 10W30, mobil ortu + sodara jg ane cekokin si PTT 10W30.

Si PTT Visco pas 40c dapat di 73, kalau si Q8 dapat di 78-79 lupa ane.
Coba diemut2 jd lbh pasti feel nya :mky_03:
gatau yah lebih berasa ngejambak tarikannya q8, mungkin karna masih baru juga olinya jadi jauh lebih enteng

atau mungkin cuman perasaan wkwkwk
harus dibuktikan sama dyno sih kalo kyk gini, kadang bedanya ga sampe signifikan banget soalnya

yang pasti skrg pake eco mode uda berasa enak, biasanya slama pake ptt kudu pake yang normal. kalo pake eco ngeden banget jadinya
Ya berarti emg lbh bagus mbah :weekk:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11779
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Omnibus »

ctopher7 wrote: Sat Feb 05, 2022 3:49
Suryaputra wrote:
ctopher7 wrote: Fri Feb 04, 2022 8:47
wkwkwkwk ga ngerti juga, pas nuang ke dalem rasanya lebih encer q8 nya dibanding ptt

tapi pas dipake tarikannya enak sih enteng, pake eco mode juga tetep narik

suara mesin juga halus
Jadi feelnya lbh klimaks yg mana mbah? :upss:



sintoni wrote: Sat Feb 05, 2022 1:34

PTT 10W30 pake berapa kilo?

Ini sudah setia 3x OCI pake PTT 10W30, mobil ortu + sodara jg ane cekokin si PTT 10W30.

Si PTT Visco pas 40c dapat di 73, kalau si Q8 dapat di 78-79 lupa ane.
Coba diemut2 jd lbh pasti feel nya :mky_03:
gatau yah lebih berasa ngejambak tarikannya q8, mungkin karna masih baru juga olinya jadi jauh lebih enteng

atau mungkin cuman perasaan wkwkwk
harus dibuktikan sama dyno sih kalo kyk gini, kadang bedanya ga sampe signifikan banget soalnya

yang pasti skrg pake eco mode uda berasa enak, biasanya slama pake ptt kudu pake yang normal. kalo pake eco ngeden banget jadinya
kl pake eco mode ac jadi kurang dingin. soalnya dia ngurangi juga aggressiveness compressor lockup. kecuali di coding, bisa diset ac sama spt normal mode tetep dingin cuma injection mapping yg berubah.

:big_grin:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12547
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

Omnibus wrote: Sat Feb 05, 2022 4:32
ctopher7 wrote: Sat Feb 05, 2022 3:49
Suryaputra wrote: Jadi feelnya lbh klimaks yg mana mbah? :upss:






Coba diemut2 jd lbh pasti feel nya :mky_03:
gatau yah lebih berasa ngejambak tarikannya q8, mungkin karna masih baru juga olinya jadi jauh lebih enteng

atau mungkin cuman perasaan wkwkwk
harus dibuktikan sama dyno sih kalo kyk gini, kadang bedanya ga sampe signifikan banget soalnya

yang pasti skrg pake eco mode uda berasa enak, biasanya slama pake ptt kudu pake yang normal. kalo pake eco ngeden banget jadinya
kl pake eco mode ac jadi kurang dingin. soalnya dia ngurangi juga aggressiveness compressor lockup. kecuali di coding, bisa diset ac sama spt normal mode tetep dingin cuma injection mapping yg berubah.

:big_grin:
Coba mbah dijabarkan, fitur dr scannernya apa ajaaa?
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11779
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Omnibus »

Suryaputra wrote: Sat Feb 05, 2022 5:03
Coba mbah dijabarkan, fitur dr scannernya apa ajaaa?
kl di ahond yg kelas njess cuma dikit item customization nya. kl di anf lumayan banyak yg bisa dicoding2. intinya kl mobilnya makin banyak fitur makin banyak yg bisa di customize tp itu jg kl dr sononya disediakan menu utk dicustomized (dicoding bhs umumnya, org bmw tuh awalnya yg nyebut istilah ini, lbh tepatnya dicustomize sih)
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5952
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by sintoni »

ctopher7 wrote: Sat Feb 05, 2022 3:47 pake 3-4 ribu uda saya ganti om, kmrn berasa uda gaenak soalnya wkwkwk
Wih sayang banget, baru setengah jarak tempuh itu. Haha.

Pake berapa lama?
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11779
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Omnibus »

sintoni wrote: Sat Feb 05, 2022 5:11
ctopher7 wrote: Sat Feb 05, 2022 3:47 pake 3-4 ribu uda saya ganti om, kmrn berasa uda gaenak soalnya wkwkwk
Wih sayang banget, baru setengah jarak tempuh itu. Haha.

Pake berapa lama?
salah mbah. oli jangan disayang, mesin yg disayang. :mky_03:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12547
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

Omnibus wrote: Sat Feb 05, 2022 5:14
sintoni wrote: Sat Feb 05, 2022 5:11
ctopher7 wrote: Sat Feb 05, 2022 3:47 pake 3-4 ribu uda saya ganti om, kmrn berasa uda gaenak soalnya wkwkwk
Wih sayang banget, baru setengah jarak tempuh itu. Haha.

Pake berapa lama?
salah mbah. oli jangan disayang, mesin yg disayang. :mky_03:
Wkwkwkwk.. si mbah suhu bs aja memperhalus bahasa :upss: :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12547
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

Omnibus wrote: Sat Feb 05, 2022 5:09
Suryaputra wrote: Sat Feb 05, 2022 5:03
Coba mbah dijabarkan, fitur dr scannernya apa ajaaa?
kl di ahond yg kelas njess cuma dikit item customization nya. kl di anf lumayan banyak yg bisa dicoding2. intinya kl mobilnya makin banyak fitur makin banyak yg bisa di customize tp itu jg kl dr sononya disediakan menu utk dicustomized (dicoding bhs umumnya, org bmw tuh awalnya yg nyebut istilah ini, lbh tepatnya dicustomize sih)
I see jd lbh banyak fitur read only nya ya.
Or sekedar reset ecu
Last edited by Suryaputra on Sat Feb 05, 2022 6:13, edited 1 time in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5952
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by sintoni »

Omnibus wrote: Sat Feb 05, 2022 5:14
sintoni wrote: Sat Feb 05, 2022 5:11
ctopher7 wrote: Sat Feb 05, 2022 3:47 pake 3-4 ribu uda saya ganti om, kmrn berasa uda gaenak soalnya wkwkwk
Wih sayang banget, baru setengah jarak tempuh itu. Haha.

Pake berapa lama?
salah mbah. oli jangan disayang, mesin yg disayang. :mky_03:
Isi rekening lebih harus disayang mbah.

Masih aman mbah kalau cuma 6000-7000km.

:mky_03:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11779
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Omnibus »

Suryaputra wrote: Sat Feb 05, 2022 5:32
Omnibus wrote: Sat Feb 05, 2022 5:09
Suryaputra wrote: Sat Feb 05, 2022 5:03
Coba mbah dijabarkan, fitur dr scannernya apa ajaaa?
kl di ahond yg kelas njess cuma dikit item customization nya. kl di anf lumayan banyak yg bisa dicoding2. intinya kl mobilnya makin banyak fitur makin banyak yg bisa di customize tp itu jg kl dr sononya disediakan menu utk dicustomized (dicoding bhs umumnya, org bmw tuh awalnya yg nyebut istilah ini, lbh tepatnya dicustomize sih)
I see jd lbh banyak fitur read only nya ya.
Or sekedar reset ecu ?
read only udah pasti. itu mah kelas scanner entry level juga bisa.

kl scanner yg tingkatan lbh tinggi bisa reset ecu, reset crackshaft position sensor initial value, reset idle learning value and relearn value, bahkan bisa key programming utk bikin duplikat kunci yg model yg pakai start stop button (keyless go system). scanner sy kecil2 gini bisa juga buat key programming hehehe.

kl utk troubleshooting, menunya bisa utk bidirectional control, contohnya bikin abs actuator nyala, tiap solenoid di auto trans on atau off, radiator fan nyala, injector dimatiin satu per satu, fuel pump di on atau off, dll dsb.

kl utk coding/customization nah ini tergantung fitur di mobil masing2 n ada menunya ga utk kita ganti2. vrz termasuk banyak yg bisa dicoding di ac. defaultnya kl mobil abis dipake n dimatikan itu flap udara luar otomatis membuka sendiri (spt tombol recirculation di off/masuk udara), nah krn sy sebel liat debu2 di HU jd sy coding sy matikan fungsi itu krn ada menunya. hasilnya emang debu jd ga ada tapiiii kl mobil di parkiran kejemur pas kita masuk mobil panas banget. kasian jg temperature kabin jd super panas, akhirnya sy balikin lagi ke defaultnya.
trus bisa set one touch lampu sein mau kedip brp kali utk fitur lane changing nya. kl di vrz bisa diset mau 3 s/d 7x blinking itu bisa. kl di jazz meski ada fitur one touch tp ga ada menu utk set mau brp kali jd cuma bisa default which is 3x. pdhl kl sy cocoknya 4x. menu buat org ocd :wkkk:
yg ga ada menunya di vrz itu mengatur kecepatan power back door, krn itu speed nya lambat banget. tp ga bisa diubah krn sptnya cuma segitu aja speednya, ga variable speed.
fitur kaya begitu2 kl di tesla liat di yutup bisa set dr HU nya. nah ini musti masup2 pake scanner segala. n kl minta ngesetin begini ke beres rata2 pada bengong. sy pernah di beres nisin veteran teknisinya malah sy yg tutorialin bagian customization.

itu diatas semua scanner sy bisa. mayan membantu lah.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12547
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

Omnibus wrote: Sat Feb 05, 2022 6:05
Suryaputra wrote: Sat Feb 05, 2022 5:32
Omnibus wrote: Sat Feb 05, 2022 5:09

kl di ahond yg kelas njess cuma dikit item customization nya. kl di anf lumayan banyak yg bisa dicoding2. intinya kl mobilnya makin banyak fitur makin banyak yg bisa di customize tp itu jg kl dr sononya disediakan menu utk dicustomized (dicoding bhs umumnya, org bmw tuh awalnya yg nyebut istilah ini, lbh tepatnya dicustomize sih)
I see jd lbh banyak fitur read only nya ya.
Or sekedar reset ecu ?
read only udah pasti. itu mah kelas scanner entry level juga bisa.

kl scanner yg tingkatan lbh tinggi bisa reset ecu, reset crackshaft position sensor initial value, reset idle learning value and relearn value, bahkan bisa key programming utk bikin duplikat kunci yg model yg pakai start stop button (keyless go system). scanner sy kecil2 gini bisa juga buat key programming hehehe.

kl utk troubleshooting, menunya bisa utk bidirectional control, contohnya bikin abs actuator nyala, tiap solenoid di auto trans on atau off, radiator fan nyala, injector dimatiin satu per satu, fuel pump di on atau off, dll dsb.

kl utk coding/customization nah ini tergantung fitur di mobil masing2 n ada menunya ga utk kita ganti2. vrz termasuk banyak yg bisa dicoding di ac. defaultnya kl mobil abis dipake n dimatikan itu flap udara luar otomatis membuka sendiri (spt tombol recirculation di off/masuk udara), nah krn sy sebel liat debu2 di HU jd sy coding sy matikan fungsi itu krn ada menunya. hasilnya emang debu jd ga ada tapiiii kl mobil di parkiran kejemur pas kita masuk mobil panas banget. kasian jg temperature kabin jd super panas, akhirnya sy balikin lagi ke defaultnya.
trus bisa set one touch lampu sein mau kedip brp kali utk fitur lane changing nya. kl di vrz bisa diset mau 3 s/d 7x blinking itu bisa. kl di jazz meski ada fitur one touch tp ga ada menu utk set mau brp kali jd cuma bisa default which is 3x. pdhl kl sy cocoknya 4x. menu buat org ocd :wkkk:
yg ga ada menunya di vrz itu mengatur kecepatan power back door, krn itu speed nya lambat banget. tp ga bisa diubah krn sptnya cuma segitu aja speednya, ga variable speed.
fitur kaya begitu2 kl di tesla liat di yutup bisa set dr HU nya. nah ini musti masup2 pake scanner segala. n kl minta ngesetin begini ke beres rata2 pada bengong. sy pernah di beres nisin veteran teknisinya malah sy yg tutorialin bagian customization.

itu diatas semua scanner sy bisa. mayan membantu lah.
Asik bener :mky_02:

Itu buat mbl eropa bs juga?
Kyk di mercedes tiap bbrp menit recirculation AC nya ngebuka sendiri, jd udara luar masuk ke dalam.
Mungkin bs dicoding :mky_03:

Klo di urop sana udaranya asik, lah di sini :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11779
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Omnibus »

Suryaputra wrote: Sat Feb 05, 2022 6:17
Asik bener :mky_02:

Itu buat mbl eropa bs juga?
Kyk di mercedes tiap bbrp menit recirculation AC nya ngebuka sendiri, jd udara luar masuk ke dalam.
Mungkin bs dicoding :mky_03:

Klo di urop sana udaranya asik, lah di sini :upss:
liat di yutupnya koko robert bisa kl bmw. kl mercy ga tau, kayanya ga bisa makanya sampe skrg msh jd momok yg terus2an diomongin.

oya 1 lagi, di vrz bisa ngeset tinggi rendahnya sorotan lampu depannya. memang ada height sensor yg kl ada barang di bagasi itu dia auto nurunin sorotan, tp ini utk ngeset initial position nya.
kl di jazz krn LED headlight juga bisa juga, cuma dia auto learning (naik sampe paling atas, trus turun paling bawah, abis itu naik lagi stay di posisi tertentu.)