Oli Gardan dan Transmisi
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 34
- Joined: Mon Mar 29, 2021 14:54
- Location: Sidoarjo
- Daily Vehicle: Grand livina matic 1_5 ultimate 2012
Re: Oli Gardan dan Transmisi
Siang om,
Rencana mau ganti oli transmisi all new toyota rush 2019, dari baru s.d KM 40 rb ni belum pernah ganti. Utk penggantian ini diharuskam kuras gak ya atau cuma ganti aja cukup?
Di manual book minta nya spek T-IV, klo ganti pakai aisin AFW+ masuk kan ya? Atau ada yg pernah pake gulf MV? Mumpung ada diskon jadi 80 rb seliter dan masuk dgn T-IV [emoji16]
Trims om [emoji120]
Rencana mau ganti oli transmisi all new toyota rush 2019, dari baru s.d KM 40 rb ni belum pernah ganti. Utk penggantian ini diharuskam kuras gak ya atau cuma ganti aja cukup?
Di manual book minta nya spek T-IV, klo ganti pakai aisin AFW+ masuk kan ya? Atau ada yg pernah pake gulf MV? Mumpung ada diskon jadi 80 rb seliter dan masuk dgn T-IV [emoji16]
Trims om [emoji120]
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Oli Gardan dan Transmisi
Omnibus wrote: Fri Feb 04, 2022 3:04
serius beneran mbah, cupu. coba nonton video ini, ilmu penting ini wajib ditonton. kl sy yg ngerjain juga pasti sama, ngabisin sekring.tiap kali sekring jeprut pasti diiringi sumpah serapah.
urusan sikring kok di kamar oli gardan.... apa oli gardannya mau disetrum?

tapi ilmu bermanfaat itu, patut diakui. kadang hal seperti itu (cara ngetes dengan 1 serabut kabel) suka nggak kepikir.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 621
- Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39
Re: Oli Gardan dan Transmisi
AFW+ masuk dongyogaecho wrote: Fri Feb 04, 2022 3:47 Siang om,
Rencana mau ganti oli transmisi all new toyota rush 2019, dari baru s.d KM 40 rb ni belum pernah ganti. Utk penggantian ini diharuskam kuras gak ya atau cuma ganti aja cukup?
Di manual book minta nya spek T-IV, klo ganti pakai aisin AFW+ masuk kan ya? Atau ada yg pernah pake gulf MV? Mumpung ada diskon jadi 80 rb seliter dan masuk dgn T-IV [emoji16]
Trims om [emoji120]
Gulf MV juga bagus,
Saya sih klo udah 40rb prefer kuras
Nanti berikutnya cukup drain and fill per 20rb km, agak "kecepetan" buat gear AT sih, tapi lebih baik klo urusan matic gini "invest" di ganti ATF yg dipercepat ketimbang kadung maticnya sudah gak enak atau rusak xixixi
Present
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12527
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Oli Gardan dan Transmisi
Wkwkwk iya.marmut wrote: Fri Feb 04, 2022 3:51Omnibus wrote: Fri Feb 04, 2022 3:04
serius beneran mbah, cupu. coba nonton video ini, ilmu penting ini wajib ditonton. kl sy yg ngerjain juga pasti sama, ngabisin sekring.tiap kali sekring jeprut pasti diiringi sumpah serapah.
urusan sikring kok di kamar oli gardan.... apa oli gardannya mau disetrum?
![]()
tapi ilmu bermanfaat itu, patut diakui. kadang hal seperti itu (cara ngetes dengan 1 serabut kabel) suka nggak kepikir.
Padahal suka ngecek sikring, itu kan konduktornya diconnect dgn serabut kabel kecil jg.
Jaman now enak, inovasi bisa lihat dr youtube, trus muncul ide ide yg briliian dikembangin

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 34
- Joined: Mon Mar 29, 2021 14:54
- Location: Sidoarjo
- Daily Vehicle: Grand livina matic 1_5 ultimate 2012
Re: Oli Gardan dan Transmisi
Kira2 klo utk kuras perlu nambah brp liter dari ganti om? Kapasitasnya disini 4.9 L, harus nambah jadi brp? Soalnya oli nya kirim antar pulau, klo kurang bahaya [emoji23]ariswp wrote:AFW+ masuk dongyogaecho wrote: Fri Feb 04, 2022 3:47 Siang om,
Rencana mau ganti oli transmisi all new toyota rush 2019, dari baru s.d KM 40 rb ni belum pernah ganti. Utk penggantian ini diharuskam kuras gak ya atau cuma ganti aja cukup?
Di manual book minta nya spek T-IV, klo ganti pakai aisin AFW+ masuk kan ya? Atau ada yg pernah pake gulf MV? Mumpung ada diskon jadi 80 rb seliter dan masuk dgn T-IV [emoji16]
Trims om [emoji120]
Gulf MV juga bagus,
Saya sih klo udah 40rb prefer kuras
Nanti berikutnya cukup drain and fill per 20rb km, agak "kecepetan" buat gear AT sih, tapi lebih baik klo urusan matic gini "invest" di ganti ATF yg dipercepat ketimbang kadung maticnya sudah gak enak atau rusak xixixi
Dan klo cuma drain and fill aja minus nya apa ya om?
Edit : rupanya KM masih di 31 rb [emoji16]
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by yogaecho on Fri Feb 04, 2022 5:23, edited 3 times in total.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5951
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Oli Gardan dan Transmisi
Kurasnya pake apa dulu? Haha..yogaecho wrote: Fri Feb 04, 2022 5:23Kira2 klo utk kuras perlu nambah brp liter dari ganti om? Kapasitasnya disini 4.9 L, harus nambah jadi brp? Soalnya oli nya kirim antar pulau, klo kurang bahaya [emoji23]IMG_20220203_230643.jpgariswp wrote:AFW+ masuk dongyogaecho wrote: Fri Feb 04, 2022 3:47 Siang om,
Rencana mau ganti oli transmisi all new toyota rush 2019, dari baru s.d KM 40 rb ni belum pernah ganti. Utk penggantian ini diharuskam kuras gak ya atau cuma ganti aja cukup?
Di manual book minta nya spek T-IV, klo ganti pakai aisin AFW+ masuk kan ya? Atau ada yg pernah pake gulf MV? Mumpung ada diskon jadi 80 rb seliter dan masuk dgn T-IV [emoji16]
Trims om [emoji120]
Gulf MV juga bagus,
Saya sih klo udah 40rb prefer kuras
Nanti berikutnya cukup drain and fill per 20rb km, agak "kecepetan" buat gear AT sih, tapi lebih baik klo urusan matic gini "invest" di ganti ATF yg dipercepat ketimbang kadung maticnya sudah gak enak atau rusak xixixi
Kalau gerlong mah beli 5 aja aman.
Kalau pake ATF changer harus lebih 7-8, nanti kalau sisa tuang jadi minyak PS aja.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 34
- Joined: Mon Mar 29, 2021 14:54
- Location: Sidoarjo
- Daily Vehicle: Grand livina matic 1_5 ultimate 2012
Re: Oli Gardan dan Transmisi
Sekitar 8 ya om klo pake mesin? Minusnya klo drain and fill rutin 2 tahun atau 20 rb km tapi gak kuras apa ya om?sintoni wrote:Kurasnya pake apa dulu? Haha..yogaecho wrote: Fri Feb 04, 2022 5:23Kira2 klo utk kuras perlu nambah brp liter dari ganti om? Kapasitasnya disini 4.9 L, harus nambah jadi brp? Soalnya oli nya kirim antar pulau, klo kurang bahaya [emoji23]IMG_20220203_230643.jpgariswp wrote:
AFW+ masuk dong
Gulf MV juga bagus,
Saya sih klo udah 40rb prefer kuras
Nanti berikutnya cukup drain and fill per 20rb km, agak "kecepetan" buat gear AT sih, tapi lebih baik klo urusan matic gini "invest" di ganti ATF yg dipercepat ketimbang kadung maticnya sudah gak enak atau rusak xixixi
Kalau gerlong mah beli 5 aja aman.
Kalau pake ATF changer harus lebih 7-8, nanti kalau sisa tuang jadi minyak PS aja.
Kalo beda merk ATF nya utk setiap penggantian apa selalu harus kuras?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1930
- Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Roda Dua UW125 - 2007
Re: Oli Gardan dan Transmisi
Wedan bahaya ini mbah...Omnibus wrote: Fri Feb 04, 2022 3:04serius beneran mbah, cupu. coba nonton video ini, ilmu penting ini wajib ditonton. kl sy yg ngerjain juga pasti sama, ngabisin sekring.tiap kali sekring jeprut pasti diiringi sumpah serapah.
Kalau kabel yg dipakai ngga pas tahanannya yg ada malah ngga putus dan hilang fungsi fuse nya. Trs merembet dah arus besar ke komponen lain akibatnya ngerusak yg lain. Trs kl panas berlebih dan isolator kabelnya jelek yg ada kebakar duluan itu kabel dan ya potensi kebakaran di ruang engine...
nubie in all things - still need to learn
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Oli Gardan dan Transmisi
kl mo ngejar makan gratisOmnibus wrote: Fri Feb 04, 2022 2:01rugi mbah beli gituan 3-4M kalo ai service sendiri. udah ga dpt warranty, ga dpt free serpis, n most importantly ga dapet jatah makan. ai mah kelasnya gerobak cupu aja lah mbah yg bisa dioprek sesuai skill ai yg juga cupu.DOHC wrote: Fri Feb 04, 2022 1:41jd jij kapan mo beli le'sus LX seriesOmnibus wrote: Fri Feb 04, 2022 1:09
wah le'sus ini pasti kelas atasnya nih .... doi kl punya le'sus pasti begini ceritanya:
ada teppanyaki, yakiniku, shabu-shabu, robatayaki. cemilannya yakitori, sapporo, asahi, dorayaki, and on and on and on
![]()
...![]()
![]()
![]()
metik nya aja ud 10 speed loh, kl dipakein atf amsyoil, mantep kayanya
yg berkelas sikit mbah
sila sambangin gerasi 69, ntar kl serpis dsana, dijamu sate kambing, sop kambing, trus balans as kopel skalian
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Oli Gardan dan Transmisi
pasti ga nonton sampai habis dehblloewy wrote: Fri Feb 04, 2022 13:01Wedan bahaya ini mbah...Omnibus wrote: Fri Feb 04, 2022 3:04serius beneran mbah, cupu. coba nonton video ini, ilmu penting ini wajib ditonton. kl sy yg ngerjain juga pasti sama, ngabisin sekring.tiap kali sekring jeprut pasti diiringi sumpah serapah.
Kalau kabel yg dipakai ngga pas tahanannya yg ada malah ngga putus dan hilang fungsi fuse nya. Trs merembet dah arus besar ke komponen lain akibatnya ngerusak yg lain. Trs kl panas berlebih dan isolator kabelnya jelek yg ada kebakar duluan itu kabel dan ya potensi kebakaran di ruang engine...

itu begitu cuma utk troubleshooting aja, kl sdh ketemu masalahnya dan dibenerin ya si fuse diganti lagi dgn fuse beneran. 1 helai itu pasti putus sih kl kasusnya spt di video itu which is short to ground.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 57
- Joined: Sat Jan 18, 2020 5:33
- Location: DKI Jakarta
- Daily Vehicle: Grand Veloz
Re: Oli Gardan dan Transmisi
REVIEW Oli ATF-MV Gulf:
Mobilnya di Grand Veloz 1.5 dengan kebutuhan Toyota T-IV
Oli transmisi sblmnya saya pakai sekitar 17.500 KM.
Saya ganti pakai mesin ATF Changer cuman bayar jasa 150rb aja, kalau oli GULF nya tahun lalu saya beli di toped sekitar 70rb/ltr.
Namun saat oli transmisi lama disirkulasikan pakai mesin ATF Changer, saya masukkan BG Quick Clean untuk ngebersihin semua jalur yg dilewatin dgn durasi sekitar 10mnt. Baru setelah itu didorong keluar oli lamanya pakai oli baru, saya cuman butuh sekitar 7ltr. (kurang dari itu malah)
Terlihat di perbandingan tabung kaca pada mesin ATF Changer, nyaris ngga berubah tuh warna oli lamanya (mungkin karena pakainya jg sebentar bgt ya) masih pink terang dan bening, namun oli GULF yg saya pakai warnanya pink tua/lebih gelap.
Impresinya ..
.. dibawa normal ya sama aja, ga ada bedanya menurut saya.
TAPI.............begitu coba kickdown, busettt nyaris ngga ada delay transmisinya, lgs turunin gigi dan ngedorong mobil kuat banget .. pokoknya kapan aja butuh akselerasi injek pedal, lgs downshift dan tanpa selip sampe sblm redline, hahaha .. mantap sih ini olinya
Oiya, sebelumnya oli transmisi yg saya pakai adl Aisin AFW+ (beli 8ltr) kepakenya cman 7ltr.
Mobilnya di Grand Veloz 1.5 dengan kebutuhan Toyota T-IV
Oli transmisi sblmnya saya pakai sekitar 17.500 KM.
Saya ganti pakai mesin ATF Changer cuman bayar jasa 150rb aja, kalau oli GULF nya tahun lalu saya beli di toped sekitar 70rb/ltr.
Namun saat oli transmisi lama disirkulasikan pakai mesin ATF Changer, saya masukkan BG Quick Clean untuk ngebersihin semua jalur yg dilewatin dgn durasi sekitar 10mnt. Baru setelah itu didorong keluar oli lamanya pakai oli baru, saya cuman butuh sekitar 7ltr. (kurang dari itu malah)
Terlihat di perbandingan tabung kaca pada mesin ATF Changer, nyaris ngga berubah tuh warna oli lamanya (mungkin karena pakainya jg sebentar bgt ya) masih pink terang dan bening, namun oli GULF yg saya pakai warnanya pink tua/lebih gelap.
Impresinya ..

TAPI.............begitu coba kickdown, busettt nyaris ngga ada delay transmisinya, lgs turunin gigi dan ngedorong mobil kuat banget .. pokoknya kapan aja butuh akselerasi injek pedal, lgs downshift dan tanpa selip sampe sblm redline, hahaha .. mantap sih ini olinya
Oiya, sebelumnya oli transmisi yg saya pakai adl Aisin AFW+ (beli 8ltr) kepakenya cman 7ltr.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 57
- Joined: Sat Jan 18, 2020 5:33
- Location: DKI Jakarta
- Daily Vehicle: Grand Veloz
Re: Oli Gardan dan Transmisi

Sebelumnya saya pakai DGO, sekitar 17.500KM saya pakainya .. warnanya kan sprt biru/hijau gelap bgt tp agak transparant sedikit .. nah pas dibuang ya sama aja .. mungkin pemakaian gardan belakang di mbl saya kurang menyiksa yah

Kebutuhannya utk Grand Veloz 1.5 cuman 3ltr, pasti luber .. hehehe
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 34
- Joined: Mon Mar 29, 2021 14:54
- Location: Sidoarjo
- Daily Vehicle: Grand livina matic 1_5 ultimate 2012
Re: Oli Gardan dan Transmisi
Beda jauh nih om ATF Gulf jua dengan AISIN AFW+ nya? Baik normal maupun kickdown? Di aisin masih kerasa selip nya om? Gulf jya menarik sih tapi pas harga diskon, lah klo gak ada diskon nya lagi bakan ganti lagi dah merk lain [emoji23]DJpapi wrote:REVIEW Oli ATF-MV Gulf:
Mobilnya di Grand Veloz 1.5 dengan kebutuhan Toyota T-IV
Oli transmisi sblmnya saya pakai sekitar 17.500 KM.
Saya ganti pakai mesin ATF Changer cuman bayar jasa 150rb aja, kalau oli GULF nya tahun lalu saya beli di toped sekitar 70rb/ltr.
Namun saat oli transmisi lama disirkulasikan pakai mesin ATF Changer, saya masukkan BG Quick Clean untuk ngebersihin semua jalur yg dilewatin dgn durasi sekitar 10mnt. Baru setelah itu didorong keluar oli lamanya pakai oli baru, saya cuman butuh sekitar 7ltr. (kurang dari itu malah)
Terlihat di perbandingan tabung kaca pada mesin ATF Changer, nyaris ngga berubah tuh warna oli lamanya (mungkin karena pakainya jg sebentar bgt ya) masih pink terang dan bening, namun oli GULF yg saya pakai warnanya pink tua/lebih gelap.
Impresinya .... dibawa normal ya sama aja, ga ada bedanya menurut saya.
TAPI.............begitu coba kickdown, busettt nyaris ngga ada delay transmisinya, lgs turunin gigi dan ngedorong mobil kuat banget .. pokoknya kapan aja butuh akselerasi injek pedal, lgs downshift dan tanpa selip sampe sblm redline, hahaha .. mantap sih ini olinya
Oiya, sebelumnya oli transmisi yg saya pakai adl Aisin AFW+ (beli 8ltr) kepakenya cman 7ltr.
Btw, om kuras oli matic nya emg prefer kuras setiap ganti oli atau krn ganti dgn merk yg beda?
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 57
- Joined: Sat Jan 18, 2020 5:33
- Location: DKI Jakarta
- Daily Vehicle: Grand Veloz
Re: Oli Gardan dan Transmisi
Kalau bandingin sama oli bawaan Toyota trus Aisin AFW+, mendingan Gulf ini jauh atau lebih baik pake Toyota lg menurut saya drpd ke Aisin.yogaecho wrote: Tue Feb 08, 2022 11:31 Beda jauh nih om ATF Gulf jua dengan AISIN AFW+ nya? Baik normal maupun kickdown? Di aisin masih kerasa selip nya om? Gulf jya menarik sih tapi pas harga diskon, lah klo gak ada diskon nya lagi bakan ganti lagi dah merk lain [emoji23]
Btw, om kuras oli matic nya emg prefer kuras setiap ganti oli atau krn ganti dgn merk yg beda?
Kalo pake Aisin dari gigi 1 ke gigi 2 selalu kek kasar perpindahannya .. misal rpmnya nanggung
Pas make Gulf jd lebih baik ..
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
Kalo bawa normal sih hampir sama aja semuanya, lebih ke pas kickdown nya, cepet bgt di saya responsnya turun gigi, ehehhe ..
Tapi nanti saya coba lg di kondisi tertentu, contoh kek di tanjakan puncak pass yg berkelok, nah itu matic toyota kan kebanyakan ga bisa cpt kapan harus naik-turun gigi sesuai injekan pedal gas .. minggu depan saya report lg deh ya

Kalo saya kuras karena emang biar lebih bersih aja dan lagian kan ganti merk.
Soalnya kalo di tap dari pembuangan oli, itu keluarnya cman dikit banget, sekitar 1.5ltr doang kalo ngga salah. Banyak bgt yg masih numpuk di dalaman transmisinya ..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 550
- Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40
Re: Oli Gardan dan Transmisi
Hehehe ane d Innova 2GD juga kuras ganti ke Gulf LV, kickdown jd cepat dan gejala transmisi ngeden berkurang jauh. Terasa bgt koq power delivery nya lebih smooth d banding oli orinya pabrikan.DJpapi wrote: Tue Feb 08, 2022 11:56Kalau bandingin sama oli bawaan Toyota trus Aisin AFW+, mendingan Gulf ini jauh atau lebih baik pake Toyota lg menurut saya drpd ke Aisin.yogaecho wrote: Tue Feb 08, 2022 11:31 Beda jauh nih om ATF Gulf jua dengan AISIN AFW+ nya? Baik normal maupun kickdown? Di aisin masih kerasa selip nya om? Gulf jya menarik sih tapi pas harga diskon, lah klo gak ada diskon nya lagi bakan ganti lagi dah merk lain [emoji23]
Btw, om kuras oli matic nya emg prefer kuras setiap ganti oli atau krn ganti dgn merk yg beda?
Kalo pake Aisin dari gigi 1 ke gigi 2 selalu kek kasar perpindahannya .. misal rpmnya nanggung
Pas make Gulf jd lebih baik ..![]()
Kalo bawa normal sih hampir sama aja semuanya, lebih ke pas kickdown nya, cepet bgt di saya responsnya turun gigi, ehehhe ..
Tapi nanti saya coba lg di kondisi tertentu, contoh kek di tanjakan puncak pass yg berkelok, nah itu matic toyota kan kebanyakan ga bisa cpt kapan harus naik-turun gigi sesuai injekan pedal gas .. minggu depan saya report lg deh ya![]()
Kalo saya kuras karena emang biar lebih bersih aja dan lagian kan ganti merk.
Soalnya kalo di tap dari pembuangan oli, itu keluarnya cman dikit banget, sekitar 1.5ltr doang kalo ngga salah. Banyak bgt yg masih numpuk di dalaman transmisinya ..
Kalo Aisin ane agak malas sih, liat dari spek dia lebih kental dari Toyota WS, ane rasa bakal bikin transmisi jd lemot.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5951
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Oli Gardan dan Transmisi
Kalau drain fill biasa 2 tahun atau maks 20rb gpp sih, tapi kalau bisa pake merk bawaan.yogaecho wrote: Fri Feb 04, 2022 5:31Sekitar 8 ya om klo pake mesin? Minusnya klo drain and fill rutin 2 tahun atau 20 rb km tapi gak kuras apa ya om?sintoni wrote:Kurasnya pake apa dulu? Haha..yogaecho wrote: Fri Feb 04, 2022 5:23 Kira2 klo utk kuras perlu nambah brp liter dari ganti om? Kapasitasnya disini 4.9 L, harus nambah jadi brp? Soalnya oli nya kirim antar pulau, klo kurang bahaya [emoji23]IMG_20220203_230643.jpg
Kalau gerlong mah beli 5 aja aman.
Kalau pake ATF changer harus lebih 7-8, nanti kalau sisa tuang jadi minyak PS aja.
Kalo beda merk ATF nya utk setiap penggantian apa selalu harus kuras?
Kalau ganti merk mungkin bagus kuras.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5951
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Oli Gardan dan Transmisi
Kalau buat Innova baru sih pake Aisin yang VI, itu baru spek WS viscosity cuma angka 6 koma, kalau AFW+ emang 7 koma.ac235287 wrote: Tue Feb 08, 2022 17:28Hehehe ane d Innova 2GD juga kuras ganti ke Gulf LV, kickdown jd cepat dan gejala transmisi ngeden berkurang jauh. Terasa bgt koq power delivery nya lebih smooth d banding oli orinya pabrikan.DJpapi wrote: Tue Feb 08, 2022 11:56Kalau bandingin sama oli bawaan Toyota trus Aisin AFW+, mendingan Gulf ini jauh atau lebih baik pake Toyota lg menurut saya drpd ke Aisin.yogaecho wrote: Tue Feb 08, 2022 11:31 Beda jauh nih om ATF Gulf jua dengan AISIN AFW+ nya? Baik normal maupun kickdown? Di aisin masih kerasa selip nya om? Gulf jya menarik sih tapi pas harga diskon, lah klo gak ada diskon nya lagi bakan ganti lagi dah merk lain [emoji23]
Btw, om kuras oli matic nya emg prefer kuras setiap ganti oli atau krn ganti dgn merk yg beda?
Kalo pake Aisin dari gigi 1 ke gigi 2 selalu kek kasar perpindahannya .. misal rpmnya nanggung
Pas make Gulf jd lebih baik ..![]()
Kalo bawa normal sih hampir sama aja semuanya, lebih ke pas kickdown nya, cepet bgt di saya responsnya turun gigi, ehehhe ..
Tapi nanti saya coba lg di kondisi tertentu, contoh kek di tanjakan puncak pass yg berkelok, nah itu matic toyota kan kebanyakan ga bisa cpt kapan harus naik-turun gigi sesuai injekan pedal gas .. minggu depan saya report lg deh ya![]()
Kalo saya kuras karena emang biar lebih bersih aja dan lagian kan ganti merk.
Soalnya kalo di tap dari pembuangan oli, itu keluarnya cman dikit banget, sekitar 1.5ltr doang kalo ngga salah. Banyak bgt yg masih numpuk di dalaman transmisinya ..
Kalo Aisin ane agak malas sih, liat dari spek dia lebih kental dari Toyota WS, ane rasa bakal bikin transmisi jd lemot.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 34
- Joined: Mon Mar 29, 2021 14:54
- Location: Sidoarjo
- Daily Vehicle: Grand livina matic 1_5 ultimate 2012
Re: Oli Gardan dan Transmisi
Aisin kerasa delay apa krn lebih kental ya visc nya di 7,4 dibanding dgn oli bawaan yg visc nya 7,3? Gulf visc nya di 7,3 soalnya jadi lebih sesuai [emoji16] tapi bedanya dikit sih 0,1 [emoji23]DJpapi wrote:Kalau bandingin sama oli bawaan Toyota trus Aisin AFW+, mendingan Gulf ini jauh atau lebih baik pake Toyota lg menurut saya drpd ke Aisin.yogaecho wrote: Tue Feb 08, 2022 11:31 Beda jauh nih om ATF Gulf jua dengan AISIN AFW+ nya? Baik normal maupun kickdown? Di aisin masih kerasa selip nya om? Gulf jya menarik sih tapi pas harga diskon, lah klo gak ada diskon nya lagi bakan ganti lagi dah merk lain [emoji23]
Btw, om kuras oli matic nya emg prefer kuras setiap ganti oli atau krn ganti dgn merk yg beda?
Kalo pake Aisin dari gigi 1 ke gigi 2 selalu kek kasar perpindahannya .. misal rpmnya nanggung
Pas make Gulf jd lebih baik ..![]()
Kalo bawa normal sih hampir sama aja semuanya, lebih ke pas kickdown nya, cepet bgt di saya responsnya turun gigi, ehehhe ..
Tapi nanti saya coba lg di kondisi tertentu, contoh kek di tanjakan puncak pass yg berkelok, nah itu matic toyota kan kebanyakan ga bisa cpt kapan harus naik-turun gigi sesuai injekan pedal gas .. minggu depan saya report lg deh ya![]()
Kalo saya kuras karena emang biar lebih bersih aja dan lagian kan ganti merk.
Soalnya kalo di tap dari pembuangan oli, itu keluarnya cman dikit banget, sekitar 1.5ltr doang kalo ngga salah. Banyak bgt yg masih numpuk di dalaman transmisinya ..
Okee om gulf worthed sih klo harganya masih under 100k per liter nya, klo udh gak diskon gmn om, apa balik ke aisin lagi atau pake oli bawaan? [emoji1787]
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 34
- Joined: Mon Mar 29, 2021 14:54
- Location: Sidoarjo
- Daily Vehicle: Grand livina matic 1_5 ultimate 2012
Re: Oli Gardan dan Transmisi
Ohh gitu om okedeh, klo ganti merk emg lebih baik kuras yak krn klo nge tap resiko bercampur dgn oli lama beda merk [emoji16]sintoni wrote:Kalau drain fill biasa 2 tahun atau maks 20rb gpp sih, tapi kalau bisa pake merk bawaan.yogaecho wrote: Fri Feb 04, 2022 5:31Sekitar 8 ya om klo pake mesin? Minusnya klo drain and fill rutin 2 tahun atau 20 rb km tapi gak kuras apa ya om?sintoni wrote: Kurasnya pake apa dulu? Haha..
Kalau gerlong mah beli 5 aja aman.
Kalau pake ATF changer harus lebih 7-8, nanti kalau sisa tuang jadi minyak PS aja.
Kalo beda merk ATF nya utk setiap penggantian apa selalu harus kuras?
Kalau ganti merk mungkin bagus kuras.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 57
- Joined: Sat Jan 18, 2020 5:33
- Location: DKI Jakarta
- Daily Vehicle: Grand Veloz
Re: Oli Gardan dan Transmisi
Nah ini bisa untuk referensi utk gearbox yg pakai liquid sejenis Toyota-WS dan ganti ke Gulf-LV.ac235287 wrote: Tue Feb 08, 2022 17:28 Hehehe ane d Innova 2GD juga kuras ganti ke Gulf LV, kickdown jd cepat dan gejala transmisi ngeden berkurang jauh. Terasa bgt koq power delivery nya lebih smooth d banding oli orinya pabrikan.
Kalo Aisin ane agak malas sih, liat dari spek dia lebih kental dari Toyota WS, ane rasa bakal bikin transmisi jd lemot.

Ohh .. kali .pds nya ada satu parameter yg bikin saya beralih ke Gulf-MV, yaitu Brookfield Viscosity @ -40˚C.yogaecho wrote: Wed Feb 09, 2022 3:54 Aisin kerasa delay apa krn lebih kental ya visc nya di 7,4 dibanding dgn oli bawaan yg visc nya 7,3? Gulf visc nya di 7,3 soalnya jadi lebih sesuai [emoji16] tapi bedanya dikit sih 0,1 [emoji23]
Okee om gulf worthed sih klo harganya masih under 100k per liter nya, klo udh gak diskon gmn om, apa balik ke aisin lagi atau pake oli bawaan? [emoji1787]
Parameter untuk menentukan viskositas oli dengan mengukur daya yg dibutuhkan utk memutar suatu poros.
Nilainya Gulf-MV 7500 VS Aisin AFW+ 13.800 (asumsi saya makin kecil makin encer, sehingga tekanan oli transmisi bisa lebih besar dengan tenaga yg sama)
Bahkan uniknya, parameter .pds Gulf-MV seperti dua jenis oli transmisi AMSOIL-SS seri ATF (sekelas Toyota T-IV) & ATL (sekelas Toyota-WS), digabung jd satu..

Mendingan beli GULF nya, di stock di rmh jg bisa kan, asal masih segel dan disimpan baik dalam kardus..soalnya saya jg tahun lalu begitu.
Kalopun harga normal saya tetap pakai ini lagi nantinya, rencana pakai sih sampe 40rb KM (walau manual book anjurkan tiap 80rb KM).
Ini oli hrgnya ga murah-murah amat sbnrnya, aslinya kalo di luar-an kena 125rb/ltr dan di atasnya.
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5951
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Oli Gardan dan Transmisi
Itu viskositas di temperatur -40C, hampir ga relevan untuk negara tropis harusnya om.DJpapi wrote: Wed Feb 09, 2022 5:51
Ohh .. kali .pds nya ada satu parameter yg bikin saya beralih ke Gulf-MV, yaitu Brookfield Viscosity @ -40˚C.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2537
- Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Re: Oli Gardan dan Transmisi
Betul, itu sama sekali ga relevan di Indonesia. Data di -40c belom tentu mencerminkan apa yang terjadi di saat operating temperature. Kalo di negara winter ekstrim oli udah kyk madu kentelnya. Kita "cold start" aja transmisi cepet bgt nyampe 40c.
IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 57
- Joined: Sat Jan 18, 2020 5:33
- Location: DKI Jakarta
- Daily Vehicle: Grand Veloz
Re: Oli Gardan dan Transmisi
sintoni wrote: Wed Feb 09, 2022 6:00 Itu viskositas di temperatur -40C, hampir ga relevan untuk negara tropis harusnya om.
Ya sudah, saya ga pakein data teknis .. kan saya cerita alasan kenapa memilih Gulf, setelah coba Toyota T-IV dan Aisin AFW+sahabatq8 wrote: Wed Feb 09, 2022 6:11 Betul, itu sama sekali ga relevan di Indonesia. Data di -40c belom tentu mencerminkan apa yang terjadi di saat operating temperature. Kalo di negara winter ekstrim oli udah kyk madu kentelnya. Kita "cold start" aja transmisi cepet bgt nyampe 40c.
Saya simpel in aja yah:
Nmr.1 ENAK > Gulf MV
Nmr.2 ENAK > Toyota T-IV
Nmr.3 ENAK > AIsin AFW+
di quote saya sebelumnya jg saya tulis kenapa parameter itu saya jadikan pertimbangan, ga bawa-bawa ke relevansi ke kondisi di negara tropis jg, tp mohon di quote kalo ada tulisan saya yg relevan antara suhu -40 derajat dengan negara Indonesia yg tropis ..
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
Urutan impresi saya dri nmr. 1-3 jg tidak usah dipercaya krn tdk akurat 99.99% walaupun saya coba sendiri, pokoknya jangan ditanggapin serius, read & forget aja.
Saya yakin member SM jauh lebih hebat bat bat bat memberi saran drpd newbie sprt saya.
Salam

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 439
- Joined: Sat Jul 10, 2021 10:04
Re: Oli Gardan dan Transmisi
maaf mbah, saya lihat pdsnya Gulf MV, Brookfield Viscosity @ -40˚C. koq di angka 11800 ya?DJpapi wrote: Wed Feb 09, 2022 5:51 Ohh .. kali .pds nya ada satu parameter yg bikin saya beralih ke Gulf-MV, yaitu Brookfield Viscosity @ -40˚C.
Parameter untuk menentukan viskositas oli dengan mengukur daya yg dibutuhkan utk memutar suatu poros.
Nilainya Gulf-MV 7500 VS Aisin AFW+ 13.800 (asumsi saya makin kecil makin encer, sehingga tekanan oli transmisi bisa lebih besar dengan tenaga yg sama)
https://apps.gulfoilltd.com/pds/frmPrin ... tml&type=P
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12527
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Oli Gardan dan Transmisi
https://www.coleparmer.com/tech-article ... ic-gravityforzanetti wrote: Wed Feb 09, 2022 8:07maaf mbah, saya lihat pdsnya Gulf MV, Brookfield Viscosity @ -40˚C. koq di angka 11800 ya?DJpapi wrote: Wed Feb 09, 2022 5:51 Ohh .. kali .pds nya ada satu parameter yg bikin saya beralih ke Gulf-MV, yaitu Brookfield Viscosity @ -40˚C.
Parameter untuk menentukan viskositas oli dengan mengukur daya yg dibutuhkan utk memutar suatu poros.
Nilainya Gulf-MV 7500 VS Aisin AFW+ 13.800 (asumsi saya makin kecil makin encer, sehingga tekanan oli transmisi bisa lebih besar dengan tenaga yg sama)
https://apps.gulfoilltd.com/pds/frmPrin ... tml&type=P
*makin besar angkanya = makin kental
ya karena di suhu -40˚C
oli udah kayak madu, super kentalll.
makin panas = makin encerr = ending nya nguap

suhu freezer berkisar -15 hingga -20
coba masukin oli ke freezer, jadi maduu
klo -40˚C jauh lbh dinginnn.
jadi sour cream

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri