ujan2 magabut, marilah kita bersihin one-way valve brake booster di jazz gk5. sebenernya part ini hrsnya ada di semua mobil bensin NA dan emang secara periodic hrs dibersihkan dr benda asing (debu carbon, oil residue, dll) yg akhirnya membuat dia either "stuck open" atau "stuck close" atau "stuck with partial open". posisinya yg direct connection ke intake plenum berefek hampir mirip dgn plate throttle body yg bisa kotor. oke ga seekstrim itu tp bisa kotor juga.
gejalanya:
kl stuck open - mesin brebet, rpm goyang dangdut, idle jerkiness, dan sejenisnya. krn vacuum leak n booster rem jg bisa jd ga awet krn jebol.
kl stuck close - pedal rem berat injakannya. krn booster ga dpt vacuum assistance dr mesin.
kl stuck with partial open alias nutupnya ga rapat - pas mau starter khusus mobil yg pakai start stop button ketika pedal rem diinjak sebelum pencet tombol start itu pedalnya tinggi (berat ga bisa diinjak). krn vacuum yg hrsnya tersisa di brake booster kabur keluar.
nah kebetulan jazz ai ga ada masalah itu, cuma preventif. yg pernah terjadi stuck partial open di camry xv50 ik dulu n konon itu common issue. fixed by removal n cleaning.
step 1: locate the part dan lepaskan selang vacuum (biru) berikut valve nya (oren)
IMG_20220202_133130~2_edit_316786513890193.jpg
step 2: setelah terlepas, cabut valve dr selang. hati2 jangan membuat selang patah atau retak sehingga malah jd bocor. semprot dulu pakai silicone spray spy ga nempel. jujurly rada peret nyabutnya, musti sabar sambil diputer2.
IMG_20220202_124750~2.jpg
step 3: amati dgn seksama. sorot senter ke bagian dalamnya lihat apakah kotor. sy punya ada semacam serpihan plastik kecil yg berpotensi mengganjal valve sehingga menjadi stuck partial open.
IMG_20220202_124906~2.jpg
step 4: semprot brake cleaner, kocok2 n keringkan. ulangi bbrp kali sampai bersih. keringkan pakai kompresor kl punya. pelan aja anginnya, jangan full blast, bisa rusak bro kl kekencengan anginnya.
IMG_20220202_130217~2.jpg
step 5: coba tiup pakai mulut (GPL, ga pake ludah ya gaess)

, pastikan bisa tertiup dgn tekanan tertentu dr satu lubang. n tdk bisa ditiup/buntu kl ditiup dr lubang lainnya. lihat tanda panah, itu arah angin yg diperbolehkan, makanya namanya one-way valve. nanti pasang juga ikuti arah panah itu (dr brake booster ke intake panahnya). jangan terbalik!
IMG_20220202_125551~2.jpg
step 6: kl sdh dicek, sebelum dipasang teteskan 1-2 tetes oli mesin ke masing2 ujung. pakai oli high quality 100% synthetique

. no seriously, spy ga ada residue bro pake yg mahalan olinya. botolnya pake Furula oiller jd bisa setetes2 keluarinnya broo ....
IMG_20220202_130312~2.jpg
step 7: pasang kembali semuanya dgn langkah kebalikan ketika membongkar. sebelumnya oleskan silikonfett dikit pada batang valve spy selang vacuum bisa masup dgn moedah.
IMG_20220202_131902~2.jpg
setelah selesai n dicoba hmm maknyus. bisa terasa bedanya di pedal feel. ga percaya? cobain ndiri aje

You do not have the required permissions to view the files attached to this post.