Setelah menunggu sekitar 4 bulan (SPK dari 25 Sept 2021), akhirnya mobil yang ditunggu datang juga...
Jadi tanggal 26 Jan 2022 unit delivery, janjian sama sales di salon mobil biar sekalian langsung di coating
hari jumat dikasih plat nomor sementara, hari sabtu coating selesai
Eksterior
Desain depan memang sesuai selera, tidak terlalu berlebihan dan bakal long last modelnya, karena memang mobil ini rencananya akan dipakai harian dan dalam jangka waktu yang lama (minimal 5 tahun). Bagian belakang memang agak sedikit plain, ditambah lagi ga adanya defogger jadi makin sepi tampilannya, tapi lama lama diliat sih jadi malah kesan minimalis dan keren (karena led bar) makin keliatan.
dari samping pun tampilan terlihat oke dengan velg two tone dibalut ban Turanza 215/55/R17 yang terlihat proper dan ga ketipisan. sementara di sisi sebelah kiri, 'tonjolan' kamera di spion bikin mobil ini berasa beda dari mobil umumnya.
Interior
interior yang berasal dari Honda Amaze ini memang terlihat biasa saja, tapi so far kesan premium bisa didapat dari panel soft touch dan juga banyaknya tombol di setir. Sayangnya tempat head unit banyak yang terbuang dan membuat kesannya jadi kekecilan, dan emang untuk standar sekarang layar 7" sepertinya agak kurang buat tampilan apple carplay ataupun android auto.
panel instrumen yang memadukan layar 4,2" dan analog memang lagi lagi agak tanggung, apalagi untuk kelas 340jt ini sudah ada merk lain yang memberikan full tft panel, dan bener kata beberapa reviewer, memang cukup sulit untuk navigasi menunya karena kontrolnya hanya atas dan bawah, bahkan untuk balik ke menu sebelumnya kita harus memilih menu back, tidak ada tombol back di setir yang udah banyak tombol itu.
oia, lampu auto ini merupakan hal yang baru buat saya, jadi kadang agak aneh juga tiap buka pintul lampu depan dan drl nyala 15 detik, trus juga tiap masuk tempat gelap (seperti terowongan) atau bahkan ketika mendung itu lampu auto nyala. sampe sekarang belum ketemu cara untuk mengurangi sensitivitas sensor yang ada dibalik kaca depan ini supaya ga terlalu sering mati nyala headlampnya.
tampilan wiper juga agak minimalis ya, jadi sepertinya akan menjadi salah satu point yang akan diganti dengan yang framless, trus klakson nya juga terdengar kurang berwibawa walaupun sudah ada 2 unit di bagian depan kap dan juga di dekat aki.
ini tampilan mesinnya
cukup banyak peredaman mulai dari di bagian kap mesin dan bagian yang berdekatan dengan dashboard, dan untuknya di brv ini sudah ada cover engine bawah jadi ga kuatir lagi kemasukan kerikil atau batu di tempat yang berdebu.
Honda Sensing
Sejujurnya saya kurang paham mengenai mesin, mobil sebelumnya mirage, dan pernah juga bawa innova diesel 2013, dan fortuner bensin 2.7 4x4. fortuner boros, innova diesel enak bisa dipake solar goceng tapi mesin dieselnya lumayan berisik, lumayan terasa bedanya dengan brv ketika sama sama lagi di gas. mirage, walupun bukan mobil lcgc, tapi udah jelas beda level dibanding brv ini, berisik banget sepertinya ga ada peredaman sama sekali ini mobil, tetep dipake selama 7 tahun karena waktu itu cop kantor dan memang untuk penggunaan sehari hari cukup enak dan bensinnya irit. terjauh pake mirage cuman berani ke bandung, itu juga mayan ngos ngosan di cipularang padahal isi mobil cuman bertiga. oia, ketiga mobil ini ga ada cruise control nya, pengalaman pake cruise control malah waktu travelling ke sydney dan melbourne, yang pertama 2017 pake kia sedona (agak lupa kayanya taun 2010) dan sukses menempuh jarak sydney-canberra-melbourne-canberra-sydney sekitar 2000km tanpa kelelahan. di taun 2019 sewa outlander sport, nah ini sudah ada adasnya, lupa ada ACC atau engga, tapi pastinya fitur canggih ini cukup berkesan buat saya dan istri untuk pembelian brv ini
dan ternyata keputusan ini tidak salah...
selama pake 2 hari ini, odometer langsung bertambah 200km, bahkan 2x dibawa oleh temen untuk cobain honda sensingnya. bener bener effortless driving, ACC yang bisa dipake mulai 40kmh, dan LKAS yang bisa langsung nyala ketika kecepatan diatas 72kmh. langsung memberikan pengalaman yang berbeda dibanding mobil lainnya. kerja kaki kanan makin ringan karena begitu ACC nyala bisa langsung diangkat dan biarkan mobil melaju atau mengerem dengan sendirinya. Memang yang paling sulit ketika ada mobil lain menyalip di depan mobil kita, karena jarak terdekat dari ACC itu masih sekitar 3-4 mobil, cukup lowong memang. Jadinya ketika ada yang menyalip maka otomatis ACC akan menyesuaikan kecepatan lagi, dan umumnya jadi melambat karena ACC ini akan mengatur jarak dengan mobil yang menyalip tadi.
LKAS sendiri membuat mobil menjadi semi autonomous, masuk tol, set kecepatan 80kmh, set LKAS nyala, udah deh tinggal pegang setir ketika dibutuhkan. Kira kira 30 detik mobil akan meminta kita untuk pegang setir lagi. dan untuk pergerakan kemudinya cukup halus, belokan jalan yang bisa dilewati juga cukup baik. Sebagai contoh, tol jagorawi dari cawang ke arah bogor, ketika masuk ada tikungan yang cukup tajam (pas disebelah pintu tol cililitan), LKAS bisa dengan mudah melewati tikungan tersebut. Memang sebagai pengemudi agak deg degan juga jadi tangan tetep disetir tapi dikendorin ketika setir bergerak sendiri.
Jadi buat saya dan istri, brv ini ga cuman sekedar mobil baru, tapi memang memberikan pengalaman mengemudi yang berbeda dibandingkan mobil sebelumnya. udah ga sabar rasanya untuk menempuh jarak yang lebih jauh lagi pas nanti plat no aslinya jadi. Dan kalo inget dulu pake mirage 7 tahun bisa dapet 134rb km, sepertinya dengan brv ini km yang ditempuh bisa lebih jauh lagi selama tidak ada pembatasan berkendara, hehehe
Sebenernya udah pengen jalan jauh malam malam, tapi kata teknisi coating baiknya seminggu kedepan mobil ga kena air biar makin nempel coatingnya, setelah itu baru deh puas puasin jalan... cuman susah juga menjelang tahun baru imlek gini pasti akan hujan terus kan...
akan diupdate lagi reviewnya setelah service pertama dan roadtrip nanti
terima kasih, semoga membantu untuk temen temen yang masih bingung memilih
