Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
triport13 wrote: Fri Jan 28, 2022 23:28
Kalo ane di mesin saya suaranya persis seperti di video ini om, yg paling jelas di detik 0:30an. Pas pake AMS 0w30 itu paling sebentar bunyinya, pake ams 0w20 agak panjang, pake tmo 10w-40 agak mengkhawatirkan saking lamanya
wah ini lbh ribet urusannya om. actuator vvti dan/atau timing chain udah minta jajan. solenoid oil control vvti jg perlu dicek. ga sampai turun cyl head sih, cuma harga partsnya sptnya lumayan
sering oci 10k km kah om?
Sampai umur mobil 7 tahun/70.000 km saya oci 1 tahun/10rb km om aliran bengkel resmi dan pakai TMO 10w40 [emoji28], sempet ganti packing klep baru ketauan varnishnya mayan tebel.
Sejak itu baru deh pake oli mid-high dan maksimal oci 8-10 bulan/ 6-8 rb km
Kalo gejala gini diterusin tanpa dibetulin apakah bahaya om?
menurut saya justru mobil uda rada ada umur, kondisi begini jangan di flush gitu deh, ntar malah bikin pada rusak smua. ini dari yang saya paham feel mobilnya juga masih oke kan, bukan ada penurunan performa signifikan
mending pake oli bagus aja kyk ams signature buat mesin bensin om, ganti tiap 6-7 ribu km juga gamasalah
kadang kalo uda berumur, kotor di flush malah ngerusak seal, paking dll
belom lagi kalo abis di flush, nanti nguras cairan flushnya ga abis, malah bikin jadi masalah
Omnibus wrote:
wah ini lbh ribet urusannya om. actuator vvti dan/atau timing chain udah minta jajan. solenoid oil control vvti jg perlu dicek. ga sampai turun cyl head sih, cuma harga partsnya sptnya lumayan
sering oci 10k km kah om?
Sampai umur mobil 7 tahun/70.000 km saya oci 1 tahun/10rb km om aliran bengkel resmi dan pakai TMO 10w40 [emoji28], sempet ganti packing klep baru ketauan varnishnya mayan tebel.
Sejak itu baru deh pake oli mid-high dan maksimal oci 8-10 bulan/ 6-8 rb km
Kalo gejala gini diterusin tanpa dibetulin apakah bahaya om?
menurut saya justru mobil uda rada ada umur, kondisi begini jangan di flush gitu deh, ntar malah bikin pada rusak smua. ini dari yang saya paham feel mobilnya juga masih oke kan, bukan ada penurunan performa signifikan
mending pake oli bagus aja kyk ams signature buat mesin bensin om, ganti tiap 6-7 ribu km juga gamasalah
kadang kalo uda berumur, kotor di flush malah ngerusak seal, paking dll
belom lagi kalo abis di flush, nanti nguras cairan flushnya ga abis, malah bikin jadi masalah
Kalo bulenya Q8 paling anti flushing , kita pernah tanya knp Q8 gak keluarin produk buat flushing. Intinya bener seperti yang om bilang, salah satu yang sering terjadi nguras cairan flushnya ga abis. Akhirnya bisa bikin oli cepet rusak jg. Kalo kondisinya udah keburu parah, mending di bersihin secara mekanikal seperti semprot dry ice/sandblast.
Sekarang banyak obat flushing yang oil based yang lebih aman tapi dari segi efektifitasnya kurang. IMO Cuma dijalanin 15 menit doang varnish gak banyak berubah, Mending dananya buat beli oli bagusan dikit/ oci diperpendek.
Malam om,oli 10w-40 yang murmer apa ya om?Buat jazz vtec 2005 km 121.[cencored] ,selama ini pake sh*ll sih cuma rencana kalo ada merk lain yang lebih murmer dan enak boleh juga
Btw,baca2 diatas oci itu apa ya om ?Saya gapernah ritual aneh2 dimobil soalnya selain ganti oli tiap goceng
Pernah sekali doang flush engine waktu kemaren ini ambil mobil second tapi gatau ngaruh atau ngga
Jan07 wrote: Sat Jan 29, 2022 17:54
Malam om,oli 10w-40 yang murmer apa ya om?Buat jazz vtec 2005 km 121.[cencored] ,selama ini pake sh*ll sih cuma rencana kalo ada merk lain yang lebih murmer dan enak boleh juga
Btw,baca2 diatas oci itu apa ya om ?Saya gapernah ritual aneh2 dimobil soalnya selain ganti oli tiap goceng
Pernah sekali doang flush engine waktu kemaren ini ambil mobil second tapi gatau ngaruh atau ngga
Pk 5w30 ajah
Cb cek manual booknya ajah.
Makin panjang umur mesin, oli kudu makin bagus.
Dgn oci (oil change interval) yg lbh pendek / <5rb km.
Dan radiator keep at best conditions (ganti coolant tiap 1-2 thn sekali)
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
pisangGoreng007 wrote: Sat Jan 29, 2022 13:47
Selamat malam semuanya
Saya ada rencana ambil xpander cvt. berhubung dpt free oli selama beberapa tahun, apakah oli resmi mitshubisi aman apabila dipakai sampai 10k km?
Krn harga per liter nya yg sangat murah, untuk saya kesannya terasa seperti full sintetic2an hehe..
Kalau saya mengganti oli bawaan setiap 5000km, sebaik nya diganti dengan oli level middle apa ya?
Nanti setelah ganti oli lain dan menempuh 5000km, saya ganti lagi di beres dengan oli bawaan nya.
Terima kasih untuk Om2 yg bersedia menjawab
engga, 5000 udah maksimal. sebenernya tergantung seberapa banyak jalan mobilnya, kalo mobil jalan terus ganti di 5000 aja, kalo jarang jalan tinggal ikutin interval free servicenya aja per 6 bulan
oli 0w20nya mitsubishi kalo beli di beres ga murah juga, sekarang udah 100rban per L
XPC saya km baru 9000an udah 3x ganti oli, pake oli bawaan beres pake interval 6 bulan. karena mobilnya jarang jalan jadi nikmatin dulu deh oli gratisan sampe abis
kalo mau nyobain oli lain, bisa cobain
-TQ9000 0w20 (udah nyetok tapi belum dipake)
-ptt 0w20
-q8
Slamat pagi semua…
Mau tanya utk inova reborn disel 2017 uda jalan 56rb km… ada saran oli yg oke diatas TMO?
Pemakaian biosol.. habis diputging… skr pake additiv edt….
Biasanya ganti oli tiap 6-7bulanan TMO
Sy ditawarin kixx 5w30… kira2 bagaimana ya kualitasnya?
Moho. Saran dan masukannya…
Jan07 wrote: Sat Jan 29, 2022 17:54
Malam om,oli 10w-40 yang murmer apa ya om?Buat jazz vtec 2005 km 121.[cencored] ,selama ini pake sh*ll sih cuma rencana kalo ada merk lain yang lebih murmer dan enak boleh juga
Btw,baca2 diatas oci itu apa ya om ?Saya gapernah ritual aneh2 dimobil soalnya selain ganti oli tiap goceng
Pernah sekali doang flush engine waktu kemaren ini ambil mobil second tapi gatau ngaruh atau ngga
Pk 5w30 ajah
Cb cek manual booknya ajah.
Makin panjang umur mesin, oli kudu makin bagus.
Dgn oci (oil change interval) yg lbh pendek / <5rb km.
Dan radiator keep at best conditions (ganti coolant tiap 1-2 thn sekali)
Saya nanya bengkel katanya jangan om,kalo udah tua pake 10-40 aja katanya..
Merk apa ya om kira" kalau 5w-30 dan 10w-40 yang masih affordable
Oalah kalau oci sih saya selalu di 5000 om biasanya..
Jan07 wrote: Sat Jan 29, 2022 17:54
Malam om,oli 10w-40 yang murmer apa ya om?Buat jazz vtec 2005 km 121.[cencored] ,selama ini pake sh*ll sih cuma rencana kalo ada merk lain yang lebih murmer dan enak boleh juga
Btw,baca2 diatas oci itu apa ya om ?Saya gapernah ritual aneh2 dimobil soalnya selain ganti oli tiap goceng
Pernah sekali doang flush engine waktu kemaren ini ambil mobil second tapi gatau ngaruh atau ngga
Pk 5w30 ajah
Cb cek manual booknya ajah.
Makin panjang umur mesin, oli kudu makin bagus.
Dgn oci (oil change interval) yg lbh pendek / <5rb km.
Dan radiator keep at best conditions (ganti coolant tiap 1-2 thn sekali)
Saya nanya bengkel katanya jangan om,kalo udah tua pake 10-40 aja katanya..
Merk apa ya om kira" kalau 5w-30 dan 10w-40 yang masih affordable
Oalah kalau oci sih saya selalu di 5000 om biasanya..
Btw kata bengkel resmi apa pinggir jalan?
Prnh ada penguapan?
Cb cek manual book, rentang visco nya sae brp?
Last edited by Suryaputra on Sun Jan 30, 2022 3:05, edited 3 times in total.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Gameover82 wrote: Sun Jan 30, 2022 1:45
Slamat pagi semua…
Mau tanya utk inova reborn disel 2017 uda jalan 56rb km… ada saran oli yg oke diatas TMO?
Pemakaian biosol.. habis diputging… skr pake additiv edt….
Biasanya ganti oli tiap 6-7bulanan TMO
Sy ditawarin kixx 5w30… kira2 bagaimana ya kualitasnya?
Moho. Saran dan masukannya…
Terima kasih ya
Innivi dijel ya.
Coba Start dari Q8 formula truck 7000 - 10w30.
100rb an seliter di tokpedd.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Turboman wrote: Sun Jan 30, 2022 4:02
Just sharing kalo Engine flush sebaiknya nggak dipake pada setiap ganti oli
Eng Flush berguna JIKA :
- Sudah muncul varnish pada logam jeroan mesin
- Sudah terbentuk sludge pada jeroan mesin
Sludge memang akan menganggu komponen mesin spt HLA misal (adjuster Katup hidrolik)
Jika jeroan mesin masih bersih ?
Cukup tuang 1 L Mesran Super saat oli lama tinggal netes2
Atau tuang oli skutik JASO MB yg 0,8 L boleh, merek bebas
Salam
IMG_20220130_091448.jpgIMG_20220130_090956.jpg
Ini cara yg ampuh emang mbah:
1. Ngejaga aditif oli sblmnya tetap nempel di jeroan mesin
2. Ngebuang oli lama (un-filtered) yg ngendap di oil pan
So far, ane pk q8 d1 g2 0w20 dah jalan 9rb KM / 5bln an, feel nya so good.
Trus kmrn ganti air filter pakai WIX made in south korea, makin enteng aksel nya. Wkwkwkw
Insya Allah.. sikat sampai 10rb Km.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Gameover82 wrote: Sun Jan 30, 2022 1:45
Slamat pagi semua…
Mau tanya utk inova reborn disel 2017 uda jalan 56rb km… ada saran oli yg oke diatas TMO?
Pemakaian biosol.. habis diputging… skr pake additiv edt….
Biasanya ganti oli tiap 6-7bulanan TMO
Sy ditawarin kixx 5w30… kira2 bagaimana ya kualitasnya?
Moho. Saran dan masukannya…
Terima kasih ya
Innivi dijel ya.
Coba Start dari Q8 formula truck 7000 - 10w30.
100rb an seliter di tokpedd.
Itu kalo beli online
Isiin di beres waktu service berkala apa bisa ya om?
triport13 wrote:
Sampai umur mobil 7 tahun/70.000 km saya oci 1 tahun/10rb km om aliran bengkel resmi dan pakai TMO 10w40 [emoji28], sempet ganti packing klep baru ketauan varnishnya mayan tebel.
Sejak itu baru deh pake oli mid-high dan maksimal oci 8-10 bulan/ 6-8 rb km
Kalo gejala gini diterusin tanpa dibetulin apakah bahaya om?
menurut saya justru mobil uda rada ada umur, kondisi begini jangan di flush gitu deh, ntar malah bikin pada rusak smua. ini dari yang saya paham feel mobilnya juga masih oke kan, bukan ada penurunan performa signifikan
mending pake oli bagus aja kyk ams signature buat mesin bensin om, ganti tiap 6-7 ribu km juga gamasalah
kadang kalo uda berumur, kotor di flush malah ngerusak seal, paking dll
belom lagi kalo abis di flush, nanti nguras cairan flushnya ga abis, malah bikin jadi masalah
Kalo bulenya Q8 paling anti flushing , kita pernah tanya knp Q8 gak keluarin produk buat flushing. Intinya bener seperti yang om bilang, salah satu yang sering terjadi nguras cairan flushnya ga abis. Akhirnya bisa bikin oli cepet rusak jg. Kalo kondisinya udah keburu parah, mending di bersihin secara mekanikal seperti semprot dry ice/sandblast.
Sekarang banyak obat flushing yang oil based yang lebih aman tapi dari segi efektifitasnya kurang. IMO Cuma dijalanin 15 menit doang varnish gak banyak berubah, Mending dananya buat beli oli bagusan dikit/ oci diperpendek.
Mantep cui q8.. akhirnya pake yg special G long life.. lumayan sih skg uda jalan 500an berasa smooth mesinnya, kayanya cocok ama mesin boxer.. cuma ntar tinggal diliat kl uda pake bbrp rb km ada nyusut banyak ngganya..
ctopher7 wrote: Sat Jan 29, 2022 15:06
menurut saya justru mobil uda rada ada umur, kondisi begini jangan di flush gitu deh, ntar malah bikin pada rusak smua. ini dari yang saya paham feel mobilnya juga masih oke kan, bukan ada penurunan performa signifikan
mending pake oli bagus aja kyk ams signature buat mesin bensin om, ganti tiap 6-7 ribu km juga gamasalah
kadang kalo uda berumur, kotor di flush malah ngerusak seal, paking dll
belom lagi kalo abis di flush, nanti nguras cairan flushnya ga abis, malah bikin jadi masalah
Kalo bulenya Q8 paling anti flushing , kita pernah tanya knp Q8 gak keluarin produk buat flushing. Intinya bener seperti yang om bilang, salah satu yang sering terjadi nguras cairan flushnya ga abis. Akhirnya bisa bikin oli cepet rusak jg. Kalo kondisinya udah keburu parah, mending di bersihin secara mekanikal seperti semprot dry ice/sandblast.
Sekarang banyak obat flushing yang oil based yang lebih aman tapi dari segi efektifitasnya kurang. IMO Cuma dijalanin 15 menit doang varnish gak banyak berubah, Mending dananya buat beli oli bagusan dikit/ oci diperpendek.
Mantep cui q8.. akhirnya pake yg special G long life.. lumayan sih skg uda jalan 500an berasa smooth mesinnya, kayanya cocok ama mesin boxer.. cuma ntar tinggal diliat kl uda pake bbrp rb km ada nyusut banyak ngganya..
Wow subaru
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Bengkel kl bukanya tengah jalan berarti pake sesajen nya kuat tuh mbah
Kl mnurut pnerawangan ai, minimal tiap malem kemis apa aj, wajip bakar menyan putih 2 kilo, sekeliling bengkel d kepret aer doa plus kembang melati, tjampur minyak wangi tjap bunga ros, trakir di tengah2 bengkel plafon nya d pantek paku emas biar smua nya pd slamet
Makin panjang umur mesin, oli kudu makin bagus.
Dgn oci (oil change interval) yg lbh pendek / <5rb km.
Dan radiator keep at best conditions (ganti coolant tiap 1-2 thn sekali)
Saya nanya bengkel katanya jangan om,kalo udah tua pake 10-40 aja katanya..
Merk apa ya om kira" kalau 5w-30 dan 10w-40 yang masih affordable
Oalah kalau oci sih saya selalu di 5000 om biasanya..
Btw kata bengkel resmi apa pinggir jalan?
Prnh ada penguapan?
Cb cek manual book, rentang visco nya sae brp?
Ada om sedikit penguapan sepertinya om soalnya kemaren ini dicek kurang cuma saya pikir sekalian emang mau ganti oli bentar lagi jadi saya diemin..
Kata bengkel temen sih om..
Btw,kalo oli daihatsu dibanding shell gimana ya om?Sama" 10w-40 bedanya 100 ribuan lagi ada promo liat di tokped..
Ada om sedikit penguapan sepertinya om soalnya kemaren ini dicek kurang cuma saya pikir sekalian emang mau ganti oli bentar lagi jadi saya diemin..
Kata bengkel temen sih om..
Btw,kalo oli daihatsu dibanding shell gimana ya om?Sama" 10w-40 bedanya 100 ribuan lagi ada promo liat di tokped..
Izin bantu jawab ya oom.
DGO setahu saya rebrand dari Fastron, bentuk botolnya sih mengatakan begitu. Product by Sadikun group.
Shell, ati-ati banyak banget palsunya apalagi kalo HX7/HX8 tapi harganya setara DGO. Saya pribadi sdh menghindari merk mainstream karena banyak banget palsunya.
Kalo mau 10W-40 yg ekonomis, mungkin bisa coba ini:
Hati2 beli oli merk mainstream, kecuali di official store/distributor resmi, bagi saya agak mahal lebih baik yang penting asli. Daripada harga miring tapi turun mesin hehehe
BTW, teman saya ada yg pakai Jazz 2004, terakhir 3x OCI masih pakai PTT 5W-30 aman oom. Tarikannya lebih enteng dari sblmnya pakai buntut 40. Cuma kalo merasa lebih tenang pakai buntut 40, lanjut aja gaakan rusak
Omnibus wrote:
wah ini lbh ribet urusannya om. actuator vvti dan/atau timing chain udah minta jajan. solenoid oil control vvti jg perlu dicek. ga sampai turun cyl head sih, cuma harga partsnya sptnya lumayan
sering oci 10k km kah om?
Sampai umur mobil 7 tahun/70.000 km saya oci 1 tahun/10rb km om aliran bengkel resmi dan pakai TMO 10w40 [emoji28], sempet ganti packing klep baru ketauan varnishnya mayan tebel.
Sejak itu baru deh pake oli mid-high dan maksimal oci 8-10 bulan/ 6-8 rb km
Kalo gejala gini diterusin tanpa dibetulin apakah bahaya om?
wahaha persis temen sy, mobilnya sama altis juga 2017. krn emang ga ngerti permesinan dia merasa kl bengkel resmi suruhnya 10k km itu sdh betul. sama pakenya 10w40 juga. masalahnya dia mobil beli second jd skrg kondisinya gimana sy jg ga tau. haha orgnya lucu jg, mobilnya mau sy bantu cek lihat trouble codes pake scanner aja udah ketakutan takut jd rusak n mogok krn dicolok obd
ok btt, kl diterusin nanti timing chain sama camshaft sprocket nya yg aus berlebihan. dan yg paling parah kl chain nya sdh aus bisa putus tiba2, n krn engine ini interference engine kl timing chain putus akibatnya piston bisa mentok sama valves. biayanya jd jauh lbh mahal.
kl ada dana n mobil msh mau dipake lama ya mending dibetulin om.
Nice info om thank you!
Soon akan saya cek deh ngeri juga kalo sampe knp knp, dan kebetulan temen ane alphardnya abis jebol mesinnya di transjawabahn karna actuatornya juga atau apa gitu penyakit khas mesin 2.4nya camry & alphard, betulin di bengkel non beres abis 20-30an jt kalo ga salah
Oia btw mobil saya Avanza 1.5 3SZ-VE om, apakah ttp riskan seperti mesin altis dgn kondisi suara yg seperti itu?