bisa. dicek dulu performa motor fan nya dan kapasitas freonnya. soalnya kalo fan lemah juga bisa gitu, klo freon kurang juga bisa seperti itu tapi biasanya disertai suara2 mendesis dari grill2 ac nya.fajarrian wrote:kemuningauto wrote: Fri Oct 29, 2021 4:4730.000 KM boleh buat penggantian dryer.Peter10 wrote:selamat siang om, mo tanya?
klo umur dryer ac brapa lama ya?
terakhir service ac sebulan yang lalu, bersihin evap ma flasing oli tp dryer g di ganti.
di L15Z 2014
makasih
om mau nanya dong, kalo mobil lagi diem di lampu merah ato lagi parkir ac ga dingin, tapi kalo mobil jalan ac dingin
itu tanda2 kompresor udah lemah kah?
Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 549
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
IG: @kemuningauto
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 614
- Joined: Tue Dec 22, 2020 20:35
- Daily Vehicle: xpander cross - suzuki splash
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
wah kayanya freon juga nih, soalnya mendesis dari kisi2 ac.kemuningauto wrote: Fri Oct 29, 2021 11:27bisa. dicek dulu performa motor fan nya dan kapasitas freonnya. soalnya kalo fan lemah juga bisa gitu, klo freon kurang juga bisa seperti itu tapi biasanya disertai suara2 mendesis dari grill2 ac nya.fajarrian wrote:
om mau nanya dong, kalo mobil lagi diem di lampu merah ato lagi parkir ac ga dingin, tapi kalo mobil jalan ac dingin
itu tanda2 kompresor udah lemah kah?
makasi banyak om, bulan depan pas banget balik bekasi nanti sekalian mampir
IG :fabrycautocare.id
https://shopee.co.id/fabrycautocare.official
https://www.tokopedia.com/fabrycautocare-id
https://shopee.co.id/fabrycautocare.official
https://www.tokopedia.com/fabrycautocare-id
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 549
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
berarti ada bocor. tinggal dicek bocornya di mana.fajarrian wrote:wah kayanya freon juga nih, soalnya mendesis dari kisi2 ac.kemuningauto wrote: Fri Oct 29, 2021 11:27bisa. dicek dulu performa motor fan nya dan kapasitas freonnya. soalnya kalo fan lemah juga bisa gitu, klo freon kurang juga bisa seperti itu tapi biasanya disertai suara2 mendesis dari grill2 ac nya.fajarrian wrote:
om mau nanya dong, kalo mobil lagi diem di lampu merah ato lagi parkir ac ga dingin, tapi kalo mobil jalan ac dingin
itu tanda2 kompresor udah lemah kah?
makasi banyak om, bulan depan pas banget balik bekasi nanti sekalian mampir
IG: @kemuningauto
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1105
- Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
om mau nanya, mobil saya Vios 2007 ini pernah lewat banjir dan pas lewat banjir dengan ketinggian air kira2 setengah ban lebih dan saat itu saya lupa ga matiin AC sehingga lampu indikator Aki menyala, begitu AC saya matikan lampu indikator aki langsung mati.
Setelah kejadian lewat banjir itu, setiap lewat genangan yang tinggi diatas mata kaki dengan kondisi AC nyala lampu indikator akinya selalu menyala dan ketika AC dimatikan langsung lampu indikatornya mati. Sebelum kejadian lewat banjir itu, meskipun lewat genangan agak tinggi dengan AC menyala tidak pernah menyala lampu indikator akinya.
Saya sih curiganya ini dari magnetic clutch AC, karena kalau alternator posisinya cukup tinggi sedangkan kompresor AC letaknya di bawah. kira2 ada yg bisa dilakukan biar kalau lewat genangan si lampu indikator aki itu ga nyala? kalau lihat socket ke magnetic clutch sih masih bagus ya, tapi saya belum cek buka soketnya, dan untuk kabel negatifnya juga langsung dibaut ke ground mesin bukan pakai socket. atau magnetic clutchnya harus diganti? kondisinya sih saat ini masih bagus ya, dan tidak ada bunyi2 juga dari sekitar kompresor.
Setelah kejadian lewat banjir itu, setiap lewat genangan yang tinggi diatas mata kaki dengan kondisi AC nyala lampu indikator akinya selalu menyala dan ketika AC dimatikan langsung lampu indikatornya mati. Sebelum kejadian lewat banjir itu, meskipun lewat genangan agak tinggi dengan AC menyala tidak pernah menyala lampu indikator akinya.
Saya sih curiganya ini dari magnetic clutch AC, karena kalau alternator posisinya cukup tinggi sedangkan kompresor AC letaknya di bawah. kira2 ada yg bisa dilakukan biar kalau lewat genangan si lampu indikator aki itu ga nyala? kalau lihat socket ke magnetic clutch sih masih bagus ya, tapi saya belum cek buka soketnya, dan untuk kabel negatifnya juga langsung dibaut ke ground mesin bukan pakai socket. atau magnetic clutchnya harus diganti? kondisinya sih saat ini masih bagus ya, dan tidak ada bunyi2 juga dari sekitar kompresor.
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 549
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
kalo lampu aki nyala bukan dari magnet clutch. coba dicek alternatornya bisa aja ngga mengisi kalo harus nyalain AC atau perkabelan2nya mungkin ada yg digigit tikusazu wrote:om mau nanya, mobil saya Vios 2007 ini pernah lewat banjir dan pas lewat banjir dengan ketinggian air kira2 setengah ban lebih dan saat itu saya lupa ga matiin AC sehingga lampu indikator Aki menyala, begitu AC saya matikan lampu indikator aki langsung mati.
Setelah kejadian lewat banjir itu, setiap lewat genangan yang tinggi diatas mata kaki dengan kondisi AC nyala lampu indikator akinya selalu menyala dan ketika AC dimatikan langsung lampu indikatornya mati. Sebelum kejadian lewat banjir itu, meskipun lewat genangan agak tinggi dengan AC menyala tidak pernah menyala lampu indikator akinya.
Saya sih curiganya ini dari magnetic clutch AC, karena kalau alternator posisinya cukup tinggi sedangkan kompresor AC letaknya di bawah. kira2 ada yg bisa dilakukan biar kalau lewat genangan si lampu indikator aki itu ga nyala? kalau lihat socket ke magnetic clutch sih masih bagus ya, tapi saya belum cek buka soketnya, dan untuk kabel negatifnya juga langsung dibaut ke ground mesin bukan pakai socket. atau magnetic clutchnya harus diganti? kondisinya sih saat ini masih bagus ya, dan tidak ada bunyi2 juga dari sekitar kompresor.
IG: @kemuningauto
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 46
- Joined: Tue Mar 17, 2020 10:34
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Om Kemuning ijin tanya..
Mobil dengan heater apakah kalau menyalakan AC suhunya lebih baik di yg paling dingin? Karena akan membuat kompresor lebih awet? ( Info dr teknisi 2 bgkel AC yg berbeda ). Atau yg lebih baek gimana om..
Trims sebelumnya Om Kemuning..
Mobil dengan heater apakah kalau menyalakan AC suhunya lebih baik di yg paling dingin? Karena akan membuat kompresor lebih awet? ( Info dr teknisi 2 bgkel AC yg berbeda ). Atau yg lebih baek gimana om..
Trims sebelumnya Om Kemuning..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 549
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Kalo yg masih make Magnet Clutch dan ada sistem cut off lebih baik begitu. Karena kalo kita ngga set ke yg paling dingin, itu separator heater terbuka dan membantu menghangatkan udara yg keluar. Alhasil kedinginan di Evaporator jadi agak kurang karena terkena udara dari heater, kalo kurang otomatis lebih lama cut off Compressor.Junoz wrote:Om Kemuning ijin tanya..
Mobil dengan heater apakah kalau menyalakan AC suhunya lebih baik di yg paling dingin? Karena akan membuat kompresor lebih awet? ( Info dr teknisi 2 bgkel AC yg berbeda ). Atau yg lebih baek gimana om..
Trims sebelumnya Om Kemuning..
Tapi kalo Compressornya ngga ada cut off atau pake sensor CBV atau ECV buat kinerjanya ya ga masalah sih.
IG: @kemuningauto
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 398
- Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
- Location: bekasi
- Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
New ertiga kan ada heaternya berarti set ke yg paling dingin kah biar kompresor awet? Tapi saya gak bisa dingin2 juga orangnya.. Set 24-25 aja udh kedinginan, ac juga sudah auto climate.kemuningauto wrote: Sat Nov 20, 2021 10:34Kalo yg masih make Magnet Clutch dan ada sistem cut off lebih baik begitu. Karena kalo kita ngga set ke yg paling dingin, itu separator heater terbuka dan membantu menghangatkan udara yg keluar. Alhasil kedinginan di Evaporator jadi agak kurang karena terkena udara dari heater, kalo kurang otomatis lebih lama cut off Compressor.Junoz wrote:Om Kemuning ijin tanya..
Mobil dengan heater apakah kalau menyalakan AC suhunya lebih baik di yg paling dingin? Karena akan membuat kompresor lebih awet? ( Info dr teknisi 2 bgkel AC yg berbeda ). Atau yg lebih baek gimana om..
Trims sebelumnya Om Kemuning..
Tapi kalo Compressornya ngga ada cut off atau pake sensor CBV atau ECV buat kinerjanya ya ga masalah sih.
Apa lebih sering pergantian oli kompresor, freon & filter dryer aja kalo sering diset suhu kisaran 23-25 gitu biar lebih awet?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 549
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Kalo di 18-24 blm kebuka heater. Pas di 25 baru mulai kebuka dikit. Saran sih main di 20-24 amanwicaksono99 wrote:New ertiga kan ada heaternya berarti set ke yg paling dingin kah biar kompresor awet? Tapi saya gak bisa dingin2 juga orangnya.. Set 24-25 aja udh kedinginan, ac juga sudah auto climate.kemuningauto wrote: Sat Nov 20, 2021 10:34Kalo yg masih make Magnet Clutch dan ada sistem cut off lebih baik begitu. Karena kalo kita ngga set ke yg paling dingin, itu separator heater terbuka dan membantu menghangatkan udara yg keluar. Alhasil kedinginan di Evaporator jadi agak kurang karena terkena udara dari heater, kalo kurang otomatis lebih lama cut off Compressor.Junoz wrote:Om Kemuning ijin tanya..
Mobil dengan heater apakah kalau menyalakan AC suhunya lebih baik di yg paling dingin? Karena akan membuat kompresor lebih awet? ( Info dr teknisi 2 bgkel AC yg berbeda ). Atau yg lebih baek gimana om..
Trims sebelumnya Om Kemuning..
Tapi kalo Compressornya ngga ada cut off atau pake sensor CBV atau ECV buat kinerjanya ya ga masalah sih.
Apa lebih sering pergantian oli kompresor, freon & filter dryer aja kalo sering diset suhu kisaran 23-25 gitu biar lebih awet?
IG: @kemuningauto
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1930
- Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Roda Dua UW125 - 2007
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Kl model livina berarti diset di kanan mentok atau 1 strip sebelum mentok om?kemuningauto wrote: Sat Nov 20, 2021 10:34Kalo yg masih make Magnet Clutch dan ada sistem cut off lebih baik begitu. Karena kalo kita ngga set ke yg paling dingin, itu separator heater terbuka dan membantu menghangatkan udara yg keluar. Alhasil kedinginan di Evaporator jadi agak kurang karena terkena udara dari heater, kalo kurang otomatis lebih lama cut off Compressor.Junoz wrote:Om Kemuning ijin tanya..
Mobil dengan heater apakah kalau menyalakan AC suhunya lebih baik di yg paling dingin? Karena akan membuat kompresor lebih awet? ( Info dr teknisi 2 bgkel AC yg berbeda ). Atau yg lebih baek gimana om..
Trims sebelumnya Om Kemuning..
Tapi kalo Compressornya ngga ada cut off atau pake sensor CBV atau ECV buat kinerjanya ya ga masalah sih.
Krn livina khan pake MC dan sistem cut off juga plus ac nya jadul msh kenop kompor jd ngga ada pengsturan suhunya berapa pas nya.
Sebagian tukang ac bilang diset di 1 strip sebelum mentok aja, sama sisanya mainkan blower fan di speed 1 atau 2 sdh cukup. Benarkah begitu om spy awet?
nubie in all things - still need to learn
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 549
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
3 strip sblm mentok jg masih dingin bgt itu Livina kalo normal om.blloewy wrote:Kl model livina berarti diset di kanan mentok atau 1 strip sebelum mentok om?kemuningauto wrote: Sat Nov 20, 2021 10:34Kalo yg masih make Magnet Clutch dan ada sistem cut off lebih baik begitu. Karena kalo kita ngga set ke yg paling dingin, itu separator heater terbuka dan membantu menghangatkan udara yg keluar. Alhasil kedinginan di Evaporator jadi agak kurang karena terkena udara dari heater, kalo kurang otomatis lebih lama cut off Compressor.Junoz wrote:Om Kemuning ijin tanya..
Mobil dengan heater apakah kalau menyalakan AC suhunya lebih baik di yg paling dingin? Karena akan membuat kompresor lebih awet? ( Info dr teknisi 2 bgkel AC yg berbeda ). Atau yg lebih baek gimana om..
Trims sebelumnya Om Kemuning..
Tapi kalo Compressornya ngga ada cut off atau pake sensor CBV atau ECV buat kinerjanya ya ga masalah sih.
Krn livina khan pake MC dan sistem cut off juga plus ac nya jadul msh kenop kompor jd ngga ada pengsturan suhunya berapa pas nya.
Sebagian tukang ac bilang diset di 1 strip sebelum mentok aja, sama sisanya mainkan blower fan di speed 1 atau 2 sdh cukup. Benarkah begitu om spy awet?
IG: @kemuningauto
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 34
- Joined: Mon Mar 29, 2021 14:54
- Location: Sidoarjo
- Daily Vehicle: Grand livina matic 1_5 ultimate 2012
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Permisi om mau nanya..
Klo kaca mobil berembun pas lagi ngendarain mobil pas hujan, apa ada problem di AC juga ya? Suhu selalu di set paling rendah, tapi power nya di set kecil aja karena AC nya udh dingin bgt [emoji28]
Baru sebulan yang lalu service dan bersihin AC, isi freon dan ganti filter AC nya [emoji16]
Mohon pencerahannya oms, makasih [emoji120]
Klo kaca mobil berembun pas lagi ngendarain mobil pas hujan, apa ada problem di AC juga ya? Suhu selalu di set paling rendah, tapi power nya di set kecil aja karena AC nya udh dingin bgt [emoji28]
Baru sebulan yang lalu service dan bersihin AC, isi freon dan ganti filter AC nya [emoji16]
Mohon pencerahannya oms, makasih [emoji120]
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 439
- Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Malam om kemuning, mau tanya..
Kebetulan malam ini habis bongkar area dashboard dan Nemu di jalur housing AC ada seperti minyak. Apakah perlu dikuatirkan? Saya cek jalur sebelah sisi driver berminyak namun sebelah sisi penumpang depan lebih sedikit minyak. Mohon pencerahannya. Terima kasih
Kebetulan malam ini habis bongkar area dashboard dan Nemu di jalur housing AC ada seperti minyak. Apakah perlu dikuatirkan? Saya cek jalur sebelah sisi driver berminyak namun sebelah sisi penumpang depan lebih sedikit minyak. Mohon pencerahannya. Terima kasih
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 549
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Kaca samping? Kena hembusan angin blower yg terlalu lama aja mungkin om.yogaecho wrote:Permisi om mau nanya..
Klo kaca mobil berembun pas lagi ngendarain mobil pas hujan, apa ada problem di AC juga ya? Suhu selalu di set paling rendah, tapi power nya di set kecil aja karena AC nya udh dingin bgt [emoji28]
Baru sebulan yang lalu service dan bersihin AC, isi freon dan ganti filter AC nya [emoji16]
Mohon pencerahannya oms, makasih [emoji120]
IG: @kemuningauto
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 549
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Ini minyak dari parfum mobil. Jangan pake parfum mobil yg ditempel di grill2 AC, sering bocor masuk lewat saluran blower ini. Akhirnya evapnya bau, berlendir. Lumayan sering soalnya nemu kasus gini haha.zzzprince wrote:Malam om kemuning, mau tanya..
Kebetulan malam ini habis bongkar area dashboard dan Nemu di jalur housing AC ada seperti minyak. Apakah perlu dikuatirkan? Saya cek jalur sebelah sisi driver berminyak namun sebelah sisi penumpang depan lebih sedikit minyak. Mohon pencerahannya. Terima kasih
IG: @kemuningauto
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 439
- Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Kebetulan mobil tidak pernah pakai parfum AC grill om, selain California scent yg kaleng. Apakah berpengaruh jg?kemuningauto wrote:Ini minyak dari parfum mobil. Jangan pake parfum mobil yg ditempel di grill2 AC, sering bocor masuk lewat saluran blower ini. Akhirnya evapnya bau, berlendir. Lumayan sering soalnya nemu kasus gini haha.zzzprince wrote:Malam om kemuning, mau tanya..
Kebetulan malam ini habis bongkar area dashboard dan Nemu di jalur housing AC ada seperti minyak. Apakah perlu dikuatirkan? Saya cek jalur sebelah sisi driver berminyak namun sebelah sisi penumpang depan lebih sedikit minyak. Mohon pencerahannya. Terima kasih
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 549
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Mustinya aman kalo yg model California Scent gitu. Dulunya mungkin pernah pake parfum2 yg di grill AC? Ngevape? Tapi ngevape lebih cenderung ke Evaporator berlendir sih.zzzprince wrote:Kebetulan mobil tidak pernah pakai parfum AC grill om, selain California scent yg kaleng. Apakah berpengaruh jg?kemuningauto wrote:Ini minyak dari parfum mobil. Jangan pake parfum mobil yg ditempel di grill2 AC, sering bocor masuk lewat saluran blower ini. Akhirnya evapnya bau, berlendir. Lumayan sering soalnya nemu kasus gini haha.zzzprince wrote:Malam om kemuning, mau tanya..
Kebetulan malam ini habis bongkar area dashboard dan Nemu di jalur housing AC ada seperti minyak. Apakah perlu dikuatirkan? Saya cek jalur sebelah sisi driver berminyak namun sebelah sisi penumpang depan lebih sedikit minyak. Mohon pencerahannya. Terima kasih
IG: @kemuningauto
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 439
- Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Gak pernah sama sekali om, mobil dari baru saya yg pake, gak pernah pindah tangan. Agak kaget di funnel AC housing ada semacam Grease gitu. Bukan dari kondensor yg bocor ya om? Karna AC saat baru dinyalakan bunyi siul dan kadang saat kompresor ngangkat siul tipis.kemuningauto wrote:Mustinya aman kalo yg model California Scent gitu. Dulunya mungkin pernah pake parfum2 yg di grill AC? Ngevape? Tapi ngevape lebih cenderung ke Evaporator berlendir sih.zzzprince wrote:Kebetulan mobil tidak pernah pakai parfum AC grill om, selain California scent yg kaleng. Apakah berpengaruh jg?kemuningauto wrote:Ini minyak dari parfum mobil. Jangan pake parfum mobil yg ditempel di grill2 AC, sering bocor masuk lewat saluran blower ini. Akhirnya evapnya bau, berlendir. Lumayan sering soalnya nemu kasus gini haha.
Terima kasih
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 438
- Joined: Thu Dec 22, 2016 18:18
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Om,saya ada jazz gd3 2005 keluhan ac bau asem itu kenapa ya kira" om ?Saya udah sempet cuci evap yg promo di d*kt*r m*bil namun ga bertaham sebulan acnya bau asem lagi.Kira" permasalahannya dimana ya om ?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 549
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Oke siap. Kondensor ga pengaruh sih, soalnya komponen external ada di depan radiator. Kalo Evaporator bocor bisa, soalnya dia di dalem cabin. Kalo bunyi siul, ada kemungkinan freon kapasitas kurang (bocor).zzzprince wrote:Gak pernah sama sekali om, mobil dari baru saya yg pake, gak pernah pindah tangan. Agak kaget di funnel AC housing ada semacam Grease gitu. Bukan dari kondensor yg bocor ya om? Karna AC saat baru dinyalakan bunyi siul dan kadang saat kompresor ngangkat siul tipis.kemuningauto wrote:Mustinya aman kalo yg model California Scent gitu. Dulunya mungkin pernah pake parfum2 yg di grill AC? Ngevape? Tapi ngevape lebih cenderung ke Evaporator berlendir sih.zzzprince wrote:Kebetulan mobil tidak pernah pakai parfum AC grill om, selain California scent yg kaleng. Apakah berpengaruh jg?
Terima kasih
IG: @kemuningauto
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 549
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Pake disinfektan atau hand sanitizer di mobil? Kalo iya itu penyebab utamanya.Jan07 wrote:Om,saya ada jazz gd3 2005 keluhan ac bau asem itu kenapa ya kira" om ?Saya udah sempet cuci evap yg promo di d*kt*r m*bil namun ga bertaham sebulan acnya bau asem lagi.Kira" permasalahannya dimana ya om ?
IG: @kemuningauto
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Fri Jul 13, 2018 8:13
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Chevrolet Spin LTZ AT
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Ikutan nimbrung om, ada solusinya ga ini? mobil saya Safe 2019 juga bau asem 30 detik pertama nyala...kemuningauto wrote: Wed Jan 26, 2022 11:45Pake disinfektan atau hand sanitizer di mobil? Kalo iya itu penyebab utamanya.Jan07 wrote:Om,saya ada jazz gd3 2005 keluhan ac bau asem itu kenapa ya kira" om ?Saya udah sempet cuci evap yg promo di d*kt*r m*bil namun ga bertaham sebulan acnya bau asem lagi.Kira" permasalahannya dimana ya om ?

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 342
- Joined: Thu Sep 26, 2019 7:33
- Location: BSD-SBY
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
bantu jawab ya om, kalo salah minta maap.zzzprince wrote: Mon Jan 24, 2022 14:59Gak pernah sama sekali om, mobil dari baru saya yg pake, gak pernah pindah tangan. Agak kaget di funnel AC housing ada semacam Grease gitu. Bukan dari kondensor yg bocor ya om? Karna AC saat baru dinyalakan bunyi siul dan kadang saat kompresor ngangkat siul tipis.zzzprince wrote:Kebetulan mobil tidak pernah pakai parfum AC grill om, selain California scent yg kaleng. Apakah berpengaruh jg?
Terima kasih
itu yg basah2 itu baunya seperti oli ac atau parfum? diurut aja om itu yg mirip oli itu disekitar situ aja, atau sampek dalem hosenya.
kalo tes kebocoran bisa pake alat tes ini om smoga nemu ya om masalahnya.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 438
- Joined: Thu Dec 22, 2016 18:18
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Hah?beneran ini om?Soalnya justru saya akalin semprotin disinfektan biasanya kalo malemnya saya semprot disinfektan,paginya jd ga baukemuningauto wrote: Wed Jan 26, 2022 11:45Pake disinfektan atau hand sanitizer di mobil? Kalo iya itu penyebab utamanya.Jan07 wrote:Om,saya ada jazz gd3 2005 keluhan ac bau asem itu kenapa ya kira" om ?Saya udah sempet cuci evap yg promo di d*kt*r m*bil namun ga bertaham sebulan acnya bau asem lagi.Kira" permasalahannya dimana ya om ?

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 438
- Joined: Thu Dec 22, 2016 18:18
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Persis om,saya dulu 10-15 detik pertama nyala bau asem,terus solusinya tiap abis dipake malem saya semprotin disinfektan sambil ac nyala biasanya besok pas dinyalain ga gitu bau..Cuma kadang" sekarang lagi dijalan pun suka bau asemindiglow wrote: Thu Jan 27, 2022 5:00Ikutan nimbrung om, ada solusinya ga ini? mobil saya Safe 2019 juga bau asem 30 detik pertama nyala...kemuningauto wrote: Wed Jan 26, 2022 11:45Pake disinfektan atau hand sanitizer di mobil? Kalo iya itu penyebab utamanya.Jan07 wrote:Om,saya ada jazz gd3 2005 keluhan ac bau asem itu kenapa ya kira" om ?Saya udah sempet cuci evap yg promo di d*kt*r m*bil namun ga bertaham sebulan acnya bau asem lagi.Kira" permasalahannya dimana ya om ?![]()
