Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Suryaputra wrote: Tue Jan 25, 2022 3:40
scr teoritis,
tingkat penguapan maxduty 5w40 > 5w30
knp gak coba Q8 FT8800 5w30, mbah?
TBN 13
klo gak puas, ya buang aja @5K Km
Sumber: onesolution.pertamina.com ttg tbn bbm
Klo ngomongin teori, tbn 13 mgkn cocok klo bbm nya pake dexlite yg sulfur nya 1200ppm
Tp untuk biosolar yg sulfur nya 500ppm (kyk pertalite, pertamax), mending cari oli yg tbn 8-9
Nanti mulai thn 2025, biosolar sulfurnya 50 ppm, tentu cocoknya pake tbn yg lbh rendah lg, mgkn sekitar 5 doank
Jd kyk gas engine yg tipe oli nya low ash
Pertalite pertamax mah tbn 7 gak masalah, yang masalah biosolar 5150 , dexlite itu kalo tbn dibawah 10 kurang tahan dipake 10rb/1 tahun
Sebenernya TBN juga bukan segalanya dalam ketahanan suatu oli diesel, rate turunnya tbn juga beda oli beda.
Imo kalo Q8 yang seri Formula truck itu gak main-main kuatnya karena emang sudah di formulasi biar gak cepet degrade. Contohnya kita punya ft7000 aja gak kalah sama oli merek lain yang tbnnya 11-12 padahal secara nominal tbn kalah tinggi, tapi pas di tes akhirnya malah lebih tinggi tbnnya.
Agak gak nyambung sih ini..
Yg ane maksud biosolar 5150 itu sulfur nya rendah, mirip ama pertamax pertalite
Mesinanak wrote: Tue Jan 25, 2022 4:10
Klo ngomongin teori, tbn 13 mgkn cocok klo bbm nya pake dexlite yg sulfur nya 1200ppm
Tp untuk biosolar yg sulfur nya 500ppm (kyk pertalite, pertamax), mending cari oli yg tbn 8-9
Nanti mulai thn 2025, biosolar sulfurnya 50 ppm, tentu cocoknya pake tbn yg lbh rendah lg, mgkn sekitar 5 doank
Jd kyk gas engine yg tipe oli nya low ash
maaf mbah, biosolar kadar sulfurnya bukan lebih tinggi dibanding dexlite?
EDIT : habis liat di web pertamina, ditulis per 1 Januari 2021 kadar sulfur biosolar jadi maksimal 500ppm, sedangkan dexlite tetap di 1200ppm. koq jadi lebih bagus biosolar ya soal kadar sulfurnya? udah deket sama dex yang 300ppm.
Last edited by forzanetti on Tue Jan 25, 2022 4:52, edited 1 time in total.
Turboman wrote: Tue Jan 25, 2022 4:36
Kalp Biosol sulphur 400 - 600 ppm maka Dexlite sudah pasti Sulphur di bawah 400 ppm
Dexlite kan isinya = DEX 50 + Biosol 50
DEX yg skg kan 50 ppm
tinggal diihtung aja
om, kalau dexlite isinya = 50 DEX + biosol 50 artinya lbh baik beli bio sol sendiri dan dex sendiri terus dioplos y? karena jatuhnya lebih murah.
jadi drpd isi dexlite 40 ltr, better isi biosolar 20 ltr terus isi dex 20ltr krn bayarnya lbh murah. mohon pencerahan apakah komposisinya sama persis?
Turboman wrote: Tue Jan 25, 2022 4:36
Kalp Biosol sulphur 400 - 600 ppm maka Dexlite sudah pasti Sulphur di bawah 400 ppm
Dexlite kan isinya = DEX 50 + Biosol 50
DEX yg skg kan 50 ppm
tinggal diihtung aja
om, kalau dexlite isinya = 50 DEX + biosol 50 artinya lbh baik beli bio sol sendiri dan dex sendiri terus dioplos y? karena jatuhnya lebih murah.
jadi drpd isi dexlite 40 ltr, better isi biosolar 20 ltr terus isi dex 20ltr krn bayarnya lbh murah. mohon pencerahan apakah komposisinya sama persis?
Pertamina ga pernah ngmg secara gambalng sih om, tapi kalau dipikir iya ini campuran bio + dex secara spek.
Turboman wrote: Tue Jan 25, 2022 4:36
Kalp Biosol sulphur 400 - 600 ppm maka Dexlite sudah pasti Sulphur di bawah 400 ppm
Dexlite kan isinya = DEX 50 + Biosol 50
DEX yg skg kan 50 ppm
tinggal diihtung aja
om, kalau dexlite isinya = 50 DEX + biosol 50 artinya lbh baik beli bio sol sendiri dan dex sendiri terus dioplos y? karena jatuhnya lebih murah.
jadi drpd isi dexlite 40 ltr, better isi biosolar 20 ltr terus isi dex 20ltr krn bayarnya lbh murah. mohon pencerahan apakah komposisinya sama persis?
Klo mau lbh valid dan terukur, ya test lab, banding 2 jenis bbm:
Ambil sampel dr spbu langganan.
- pertadex mixed biosol 50:50
- dexlite 100%
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra wrote: Tue Jan 25, 2022 3:40
scr teoritis,
tingkat penguapan maxduty 5w40 > 5w30
knp gak coba Q8 FT8800 5w30, mbah?
TBN 13
klo gak puas, ya buang aja @5K Km
sy sdh tau dr sebelum ganti. bahwa penyusutan 5w40 lbh banyak by noack astm d5800 on paper. tp itu test nya dipanaskan 250°C selama 60 menit. nah dr yg ai cari tau kebanyakan penguapan di diesel justru ketika warming up period. cSt 40°C 5w30 72.3 vs 94.5 5w40 bedanya cukup jauh itu yg jd pertimbangan sy. ketika warming up oilnya masuk lewat PRL (piston-ring-liner) ke combustion chamber n got burned. dan extreme kedua ketika digeber rpm tinggi, kl yg ini kesedot vacuum tinggi dr turbo via breather hose (CCV), olinya ga langsung got burned di combustion chamber dan terbuang ke knalpot melainkan stuck dimana2 antara lain: charge hose, intercooler, TB, intake, dan sebagian masuk chamber n got burned juga.
makanya sy mau test real nya nih, bukan on paper mbah.
sebetulnya angka penyusutan yg sy post kemarin itu amat normal utk ukuran mesin dizel. secara performance pun ga ada komplen kecuali nvh. yg sy mau kejar adalah spy oli yg ada di catch tank dan di jalur2 sepanjang intake bisa jauh berkurang. ga ada alasan yg urgent juga krn dasarnya dizel kan memang oil burner dan krn grup iv intake sy jg dilihat borescope bersih secara olinya tdk meninggalkan residu terlalu banyak, even tercampur dgn exhaust particulate dr egr di bagian intake. kedua, sy pengen nvh lbh better aja.
kl utk coba 8800 itu ga perlu sebab ai kan full pertadex. justru 8900 yg lbh cocok. ada bedanya soft tbn vs hard tbn tuh coba dicari inpoh nya mbah. tbn tinggi juga punya efek samping, kl ga salah byproduct nya itu ash build-up.
soft tbn, initial tinggi tp depletes jg cepat. hard tbn initial sekitar 10an bahkan 8an tp depletes lambat. ss max duty itu tipe hard tbn.
melihat mesin dizel vs benzene emang cukup berbeda, dr segi desain PCV vs CCV aja udah beda. tingkat blowby nya beda krn high compression + ada turbo.
Screenshot_20220125_105235.jpg
Penjelasan dari expert memang beda ; detail, runut & gamblang ... memang, seharusnya teori diselaraskan dengan aplikasi
Suryaputra wrote: Tue Jan 25, 2022 3:40
scr teoritis,
tingkat penguapan maxduty 5w40 > 5w30
knp gak coba Q8 FT8800 5w30, mbah?
TBN 13
klo gak puas, ya buang aja @5K Km
sy sdh tau dr sebelum ganti. bahwa penyusutan 5w40 lbh banyak by noack astm d5800 on paper. tp itu test nya dipanaskan 250°C selama 60 menit. nah dr yg ai cari tau kebanyakan penguapan di diesel justru ketika warming up period. cSt 40°C 5w30 72.3 vs 94.5 5w40 bedanya cukup jauh itu yg jd pertimbangan sy. ketika warming up oilnya masuk lewat PRL (piston-ring-liner) ke combustion chamber n got burned. dan extreme kedua ketika digeber rpm tinggi, kl yg ini kesedot vacuum tinggi dr turbo via breather hose (CCV), olinya ga langsung got burned di combustion chamber dan terbuang ke knalpot melainkan stuck dimana2 antara lain: charge hose, intercooler, TB, intake, dan sebagian masuk chamber n got burned juga.
makanya sy mau test real nya nih, bukan on paper mbah.
sebetulnya angka penyusutan yg sy post kemarin itu amat normal utk ukuran mesin dizel. secara performance pun ga ada komplen kecuali nvh. yg sy mau kejar adalah spy oli yg ada di catch tank dan di jalur2 sepanjang intake bisa jauh berkurang. ga ada alasan yg urgent juga krn dasarnya dizel kan memang oil burner dan krn grup iv intake sy jg dilihat borescope bersih secara olinya tdk meninggalkan residu terlalu banyak, even tercampur dgn exhaust particulate dr egr di bagian intake. kedua, sy pengen nvh lbh better aja.
kl utk coba 8800 itu ga perlu sebab ai kan full pertadex. justru 8900 yg lbh cocok. ada bedanya soft tbn vs hard tbn tuh coba dicari inpoh nya mbah. tbn tinggi juga punya efek samping, kl ga salah byproduct nya itu ash build-up.
soft tbn, initial tinggi tp depletes jg cepat. hard tbn initial sekitar 10an bahkan 8an tp depletes lambat. ss max duty itu tipe hard tbn.
melihat mesin dizel vs benzene emang cukup berbeda, dr segi desain PCV vs CCV aja udah beda. tingkat blowby nya beda krn high compression + ada turbo.
Screenshot_20220125_105235.jpg
Penjelasan dari expert memang beda ; detail, runut & gamblang ... memang, seharusnya teori diselaraskan dengan aplikasi
haha bisa aja mbah, msh jauh dr sebutan expert, ini namanya nubie learning by doing. kl salah ya anggap aja beli pengalaman coba2in oli
sy sdh tau dr sebelum ganti. bahwa penyusutan 5w40 lbh banyak by noack astm d5800 on paper. tp itu test nya dipanaskan 250°C selama 60 menit. nah dr yg ai cari tau kebanyakan penguapan di diesel justru ketika warming up period. cSt 40°C 5w30 72.3 vs 94.5 5w40 bedanya cukup jauh itu yg jd pertimbangan sy. ketika warming up oilnya masuk lewat PRL (piston-ring-liner) ke combustion chamber n got burned. dan extreme kedua ketika digeber rpm tinggi, kl yg ini kesedot vacuum tinggi dr turbo via breather hose (CCV), olinya ga langsung got burned di combustion chamber dan terbuang ke knalpot melainkan stuck dimana2 antara lain: charge hose, intercooler, TB, intake, dan sebagian masuk chamber n got burned juga.
makanya sy mau test real nya nih, bukan on paper mbah.
sebetulnya angka penyusutan yg sy post kemarin itu amat normal utk ukuran mesin dizel. secara performance pun ga ada komplen kecuali nvh. yg sy mau kejar adalah spy oli yg ada di catch tank dan di jalur2 sepanjang intake bisa jauh berkurang. ga ada alasan yg urgent juga krn dasarnya dizel kan memang oil burner dan krn grup iv intake sy jg dilihat borescope bersih secara olinya tdk meninggalkan residu terlalu banyak, even tercampur dgn exhaust particulate dr egr di bagian intake. kedua, sy pengen nvh lbh better aja.
kl utk coba 8800 itu ga perlu sebab ai kan full pertadex. justru 8900 yg lbh cocok. ada bedanya soft tbn vs hard tbn tuh coba dicari inpoh nya mbah. tbn tinggi juga punya efek samping, kl ga salah byproduct nya itu ash build-up.
soft tbn, initial tinggi tp depletes jg cepat. hard tbn initial sekitar 10an bahkan 8an tp depletes lambat. ss max duty itu tipe hard tbn.
melihat mesin dizel vs benzene emang cukup berbeda, dr segi desain PCV vs CCV aja udah beda. tingkat blowby nya beda krn high compression + ada turbo.
Screenshot_20220125_105235.jpg
Penjelasan dari expert memang beda ; detail, runut & gamblang ... memang, seharusnya teori diselaraskan dengan aplikasi
haha bisa aja mbah, msh jauh dr sebutan expert, ini namanya nubie learning by doing. kl salah ya anggap aja beli pengalaman coba2in oli
Kalau konsumsi BBM gimana mbah?
Ane jg kepikiran mau coba buntut 40 di mobil ane, sebelumnya selalu buntut 30.
Cek2 PDS liat viscosity pas 40C sama 100C jadi keder, karena ane rute sehari2 jarak pendek terus paling dari rumah ke kerjaan cuma 4 km (7-8 menit), jadi mikir belom sampe operating optimal operating temperatur itu mesin sudah dimatiin, malah jadi metal wear. Hehe.
benzz89 wrote: Mon Jan 24, 2022 16:03
Hmm... Penasaran nih ama 5W-40 nya si ams ss max duty...
Pake 5W-40 sih sdh pst suara mesin lebih teredam (tidak garing) & vibrasi berkurang.
Ane pake ams ss max duty 5W-30 di 2KD itu jg sdh ganti thermo yg lebih dingin 76° asumsi spy mesin gak terlalu panas & berharap suara mesin tidak terlalu garing.
Awalnya berasa sih dr Schaeffer Supreme 5W-40 (jagoannya suara mesin halusss) pindah ke Ams ss md 5W-30... tetap garing suara mesin, lalu ane pakein SDT 2K lumayan agak sedikit teredam suaranya.
Lalu pas kemarin oci pake 5W-30 ams ss md lg + ceratec lebih teredam lg suara mesin & vibrasinya (berdasarkan butt-o-meter). Cold start jg enak gak ada suara tek, tek, tek atau aneh2 gitu.
5W-30 ngangenin sih, rpm naiknya cepat effortless gitu apalagi + ceratec makin enak. Cuman yah pas lg idle emang gak bohong 5W-40 lebih senyap & getaran mesin tetap lebih minim. Hanya Kl sdh jalan mah 5W-30 tetap halus sih suara mesinnya, enak, gak bohong emang ini oli.
Ams ss md 5W-30 + Ceratec so far sdh jalan 4 ribu KM/5 bulan msh enak. Ke jogja bio solar dpt 1:16 mentok, jalan santai sih 100-120 kpj aja, mau coba diatas 1:16 gak bs krn 4 speed jadul [emoji16]
Mau ganti ams ss md 5W-40 takut nyesel aja nih hahahah... pasti suara mesin & getaran jauh lebih enak, cuman trade off nya sensasi rpm naiknya cepet (rev happy) takut gak bisa lg [emoji1]
Nunggu wangsit dr mbah suhu Omnibus dulu aje deh.
om rahasianya bisa 1:16 apa? 2kd bisa dapet segitu bagus banget. apa sudah remap? denger2 di remap bisa lbh irit jg efek positifnya
Ane pake dastek sih om, oh yah biosolar kemarin waktu ke jogja ane kasih racun hot shot's secret EDT 30 ml + LX4 30 ml + 2EHN 50 ml sekalian tes ini racun buat jarak jauh...
Kedua, saringan udara ane baru ganti, ini pengaruh lumayan banyak ternyata, mesin lebih enteng. EGR dibersihin jg sgt membantu.
Lendir2 jg pengaruh sih om buat efisiensi mesin mobil kita, ntah kl ane pake 5w40 apakah msh bs dpt efisiensi bbm spt itu, terakhir yah kaki kita hrs sopan.
Sorry jd oot, back to topic, lendir mesin... [emoji120]
Penjelasan dari expert memang beda ; detail, runut & gamblang ... memang, seharusnya teori diselaraskan dengan aplikasi
haha bisa aja mbah, msh jauh dr sebutan expert, ini namanya nubie learning by doing. kl salah ya anggap aja beli pengalaman coba2in oli
Kalau konsumsi BBM gimana mbah?
Ane jg kepikiran mau coba buntut 40 di mobil ane, sebelumnya selalu buntut 30.
Cek2 PDS liat viscosity pas 40C sama 100C jadi keder, karena ane rute sehari2 jarak pendek terus paling dari rumah ke kerjaan cuma 4 km (7-8 menit), jadi mikir belom sampe operating optimal operating temperatur itu mesin sudah dimatiin, malah jadi metal wear. Hehe.
Kalo gitu coba oli yang kepala 0W aja om, lumayan lebih bagus proteksi saat masih dinginya.
Ane jg kepikiran mau coba buntut 40 di mobil ane, sebelumnya selalu buntut 30.
Cek2 PDS liat viscosity pas 40C sama 100C jadi keder, karena ane rute sehari2 jarak pendek terus paling dari rumah ke kerjaan cuma 4 km (7-8 menit), jadi mikir belom sampe operating optimal operating temperatur itu mesin sudah dimatiin, malah jadi metal wear. Hehe.
kl bbm dalkot pasti lebih boros mbah, tp kl lukot beti lah. kl sdh suhu normal cSt 100°C nya ss max duty 5w30 12.x vs 15.x 5w40 jadi cuma beda 3 point di diesel mungkin ga signifikan bbm cons nya.
beda cerita kl ganti ke 15w40 atau 20w50 hehehe. tp harap ingat ujung2nya kelas oli jg pengaruh mbah. sy mending 5w40 keraton drpd 5w30 kasta biasa.
Suryaputra wrote: Tue Jan 25, 2022 3:40
scr teoritis,
tingkat penguapan maxduty 5w40 > 5w30
knp gak coba Q8 FT8800 5w30, mbah?
TBN 13
klo gak puas, ya buang aja @5K Km
sy sdh tau dr sebelum ganti. bahwa penyusutan 5w40 lbh banyak by noack astm d5800 on paper. tp itu test nya dipanaskan 250°C selama 60 menit. nah dr yg ai cari tau kebanyakan penguapan di diesel justru ketika warming up period. cSt 40°C 5w30 72.3 vs 94.5 5w40 bedanya cukup jauh itu yg jd pertimbangan sy. ketika warming up oilnya masuk lewat PRL (piston-ring-liner) ke combustion chamber n got burned. dan extreme kedua ketika digeber rpm tinggi, kl yg ini kesedot vacuum tinggi dr turbo via breather hose (CCV), olinya ga langsung got burned di combustion chamber dan terbuang ke knalpot melainkan stuck dimana2 antara lain: charge hose, intercooler, TB, intake, dan sebagian masuk chamber n got burned juga.
makanya sy mau test real nya nih, bukan on paper mbah.
sebetulnya angka penyusutan yg sy post kemarin itu amat normal utk ukuran mesin dizel. secara performance pun ga ada komplen kecuali nvh. yg sy mau kejar adalah spy oli yg ada di catch tank dan di jalur2 sepanjang intake bisa jauh berkurang. ga ada alasan yg urgent juga krn dasarnya dizel kan memang oil burner dan krn grup iv intake sy jg dilihat borescope bersih secara olinya tdk meninggalkan residu terlalu banyak, even tercampur dgn exhaust particulate dr egr di bagian intake. kedua, sy pengen nvh lbh better aja.
kl utk coba 8800 itu ga perlu sebab ai kan full pertadex. justru 8900 yg lbh cocok. ada bedanya soft tbn vs hard tbn tuh coba dicari inpoh nya mbah. tbn tinggi juga punya efek samping, kl ga salah byproduct nya itu ash build-up.
soft tbn, initial tinggi tp depletes jg cepat. hard tbn initial sekitar 10an bahkan 8an tp depletes lambat. ss max duty itu tipe hard tbn.
melihat mesin dizel vs benzene emang cukup berbeda, dr segi desain PCV vs CCV aja udah beda. tingkat blowby nya beda krn high compression + ada turbo.
Screenshot_20220125_105235.jpg
Penjelasan dari expert memang beda ; detail, runut & gamblang ... memang, seharusnya teori diselaraskan dengan aplikasi
aplikasi nya lgs oli top of the line
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Kata kuncinya sih di kelas oli ya mungkin ya mbah.
Ane beratnya cuma di viscosity pas 40C sih mbah, lumayan banyak bedanya biar 5W40 vs 10W30, coba kalau yg 5W40 viskositas pas dituangnya mirip2 10W30 mungkin sudah nyoba. Hahaha.
Karena itu sampe skrg selalu nyoba 10W30 karena rute jarak pendek terus, ini mobil ga pernah keluar kota.
sintoni wrote: Tue Jan 25, 2022 7:44
Rasanya ga ada oli diesel yg 0W mungkin ya om?
Apalg ane cek2 beberapa PDS, angka di depan W ga pengaruh sama viscosity pas 40C, ane bandingin oli diesel 5W40 sama 15W40 rasanya kok mirip2 ya om?
Khusus diesel sih gak ada , paling yang bisa bensin/diesel seperti excel 0w40 , yang ane rasain sih cold start lebih halus dari yang 5w40 dan lebih cepet ke operating temp, tapi ini di mobil bensin ya. Kalo secara pds sih emang gak terlalu pengaruh soalnya biasanya temperatur minusnya baru beda banyak itu viscosity.
sintoni wrote: Tue Jan 25, 2022 7:44
Rasanya ga ada oli diesel yg 0W mungkin ya om?
Apalg ane cek2 beberapa PDS, angka di depan W ga pengaruh sama viscosity pas 40C, ane bandingin oli diesel 5W40 sama 15W40 rasanya kok mirip2 ya om?
Khusus diesel sih gak ada , paling yang bisa bensin/diesel seperti excel 0w40 , yang ane rasain sih cold start lebih halus dari yang 5w40 dan lebih cepet ke operating temp, tapi ini di mobil bensin ya. Kalo secara pds sih emang gak terlalu pengaruh soalnya biasanya temperatur minusnya baru beda banyak itu viscosity.
Oh ya bener jg sih om, tapi mungkin belum kepikiran sih kalau mau switch ke oli yg bisa bensin diesel, karena lebih nyari oli yg fokus ke diesel sih, biasa yg bisa bensin diesel kan dia comply stanndard masih CF. Hehe.
Turboman wrote: Tue Jan 25, 2022 4:40
Utk kondisi BioSol saat ini
olo Diesel dgn TBN 9 mg KOH sebetulnya udah cukup
ane test aneka macam / aneka merek oli Diesel jalan 8000 - 9000 km aja rata2 TBN cuman turun 2 angka
Pernah juga test oli bensin 10W40 API SP di Diesel purba jalan 7400 km dgn full Biosol, TBN cuman turun 2 - 2,5 angka, dari 7 sekian jadi 5 sekian aja
om, share dong kekurangan kelebihan kalau pakai oli yg bs untuk bensin-diesel jika dipakai untuk mobil diesel, mengingat saat ini TBN tdk lagi turun significant krn kandungan sulfur sudah relatif kecil.
biasanya kan oli bensin-diesel TBN diangka 8, anggap aja turun 3 angka berarti masih aman, kalau dulu kan sepenangkapan saya lebih baik oli khusus diesel dipakai di diesel krn TBNnya tinggi sehingga masih mampu menghalau sulfur, kalau pakai oli bensin diesel ngga lama TBNnya drop.
sintoni wrote: Tue Jan 25, 2022 7:44
Rasanya ga ada oli diesel yg 0W mungkin ya om?
Apalg ane cek2 beberapa PDS, angka di depan W ga pengaruh sama viscosity pas 40C, ane bandingin oli diesel 5W40 sama 15W40 rasanya kok mirip2 ya om?
Khusus diesel sih gak ada , paling yang bisa bensin/diesel seperti excel 0w40 , yang ane rasain sih cold start lebih halus dari yang 5w40 dan lebih cepet ke operating temp, tapi ini di mobil bensin ya. Kalo secara pds sih emang gak terlalu pengaruh soalnya biasanya temperatur minusnya baru beda banyak itu viscosity.
Oh ya bener jg sih om, tapi mungkin belum kepikiran sih kalau mau switch ke oli yg bisa bensin diesel, karena lebih nyari oli yg fokus ke diesel sih, biasa yg bisa bensin diesel kan dia comply stanndard masih CF. Hehe.
20220125_184349.jpg
Tuh oli khusus diesel SAE 0W20
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Khusus diesel sih gak ada , paling yang bisa bensin/diesel seperti excel 0w40 , yang ane rasain sih cold start lebih halus dari yang 5w40 dan lebih cepet ke operating temp, tapi ini di mobil bensin ya. Kalo secara pds sih emang gak terlalu pengaruh soalnya biasanya temperatur minusnya baru beda banyak itu viscosity.
Oh ya bener jg sih om, tapi mungkin belum kepikiran sih kalau mau switch ke oli yg bisa bensin diesel, karena lebih nyari oli yg fokus ke diesel sih, biasa yg bisa bensin diesel kan dia comply stanndard masih CF. Hehe.
20220125_184349.jpg
Tuh oli khusus diesel SAE 0W20
Disini gak ada, mungkin kurang juga demandnya. Paling diesel yang pake 0w20 Staria