2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 482
- Joined: Sat Apr 18, 2015 2:06
Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)
Btw diskusi dikit dong soal busi. Sebetulnya belum saatnya ganti dan pengapian masih bagus, tapi mau tanya tanya dikit berhubung dulu om jos pernah cerita Brisk ga awet.
Kalo kita cek cross reference itu busi PE5R, ada alternatif merek tetangga ini:
Denso IXEH22TT
Denso VCH20
NGK 94124
Berhubung NGK 94124 nyari nya di Indo susah (di toped ad yg jual tp part numbernya beda, drpd masalah dan ngaruh ke coil yg katanya sensitif (meski katanya coil masalah karena oktan terlalu rendah), mungkin paling enak pake Denso ya.
OEM nya harganya agak kurang bersahabat soalnya.
Ad yg pernah pake Denso 2 tipe itu? Atau rekomen lain (seperti Bosch)?
Kalo kita cek cross reference itu busi PE5R, ada alternatif merek tetangga ini:
Denso IXEH22TT
Denso VCH20
NGK 94124
Berhubung NGK 94124 nyari nya di Indo susah (di toped ad yg jual tp part numbernya beda, drpd masalah dan ngaruh ke coil yg katanya sensitif (meski katanya coil masalah karena oktan terlalu rendah), mungkin paling enak pake Denso ya.
OEM nya harganya agak kurang bersahabat soalnya.
Ad yg pernah pake Denso 2 tipe itu? Atau rekomen lain (seperti Bosch)?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)
Kalau mau beli NGK04124 alias ILKAR7L11 alias OEM PE5R-18-11 bisa beli dari amazon. Saya pernah beli kok di link berikut:lawyerone wrote: Wed Jan 05, 2022 6:28 Btw diskusi dikit dong soal busi. Sebetulnya belum saatnya ganti dan pengapian masih bagus, tapi mau tanya tanya dikit berhubung dulu om jos pernah cerita Brisk ga awet.
Kalo kita cek cross reference itu busi PE5R, ada alternatif merek tetangga ini:
Denso IXEH22TT
Denso VCH20
NGK 94124
Berhubung NGK 94124 nyari nya di Indo susah (di toped ad yg jual tp part numbernya beda, drpd masalah dan ngaruh ke coil yg katanya sensitif (meski katanya coil masalah karena oktan terlalu rendah), mungkin paling enak pake Denso ya.
OEM nya harganya agak kurang bersahabat soalnya.
Ad yg pernah pake Denso 2 tipe itu? Atau rekomen lain (seperti Bosch)?
https://www.amazon.com/gp/product/B01DM ... UTF8&psc=1
Jeleknya ni busi alias busi bawaan, gap gampang berubah tiap 10-20k KM --> bikin brebet.
Saat ini (sudah jalan 30-40k KM), saya pake bosch vr7nii3x. Gap ga gampang renggang kek si NGK, mungkin karena sudah double iridium (firing pin dan ground electrode)

-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Sun Nov 21, 2021 22:44
- Daily Vehicle: M2sky
Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)
Numpang nanya om2 & suhu2,
Dapet hibahan oli dr sodara krn mobilnya dah dijual, oli Gulf Ultrasynth X 5W-30. Kira2 bisa masuk/cocok utk m2sky ga ya?
Dapet hibahan oli dr sodara krn mobilnya dah dijual, oli Gulf Ultrasynth X 5W-30. Kira2 bisa masuk/cocok utk m2sky ga ya?
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)
Bisa2 aja om. Walau si m2 ini lebih enak n enteng dikit akselerasinya pake buntut -20.masterpiece22 wrote: Thu Jan 06, 2022 7:04 Numpang nanya om2 & suhu2,
Dapet hibahan oli dr sodara krn mobilnya dah dijual, oli Gulf Ultrasynth X 5W-30. Kira2 bisa masuk/cocok utk m2sky ga ya?


-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 139
- Joined: Thu Oct 15, 2020 0:50
- Daily Vehicle: Mazda 2
Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)
Kalo ane busi bawaan PE5S part nya ZC20HPR11 (kalau gak keliru ini denso nya deh). Oem ada bikinan ngk ada bikinan denso info nya.lawyerone wrote: Wed Jan 05, 2022 6:28 Btw diskusi dikit dong soal busi. Sebetulnya belum saatnya ganti dan pengapian masih bagus, tapi mau tanya tanya dikit berhubung dulu om jos pernah cerita Brisk ga awet.
Kalo kita cek cross reference itu busi PE5R, ada alternatif merek tetangga ini:
Denso IXEH22TT
Denso VCH20
NGK 94124
Berhubung NGK 94124 nyari nya di Indo susah (di toped ad yg jual tp part numbernya beda, drpd masalah dan ngaruh ke coil yg katanya sensitif (meski katanya coil masalah karena oktan terlalu rendah), mungkin paling enak pake Denso ya.
OEM nya harganya agak kurang bersahabat soalnya.
Ad yg pernah pake Denso 2 tipe itu? Atau rekomen lain (seperti Bosch)?
ZC20HPR11 = IXEH22TT (kode aftermarket nya) lineup iridium twin tip
VCH20 itu upgrades series nya dr lineup iridium though, tp gada barang di sini dan nge cross reference nya ke VFXEH22 yg ada di lineup product yg sama dan masih ada sedikit toko yg jual d toped.
Ato bsa pilih bosch yg d pakai sm si bang jo itu, krn bosch sprti nya gak rawan product aspal, kalo denso sm ngk lebih besar potensi product aspal nya.
Kalo mau pake IXEH22TT bsa beli d OS denso nya d toped kalau ragu aspal d laen toko. Secara gak langsung sy make IXEH22TT dalam wujud part mazda nya, sejauh ini si belom pernah rasain brebet atau yg aneh2 si om, mungkin bsa jadi opsi buat si om selain bosch yg d pake bang joe.
Last edited by jsatriani on Sat Jan 08, 2022 4:36, edited 1 time in total.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 139
- Joined: Thu Oct 15, 2020 0:50
- Daily Vehicle: Mazda 2
Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)
Kemarin sy ganti jg om karet nya doank, non ori. Bentuk si beda gak kayak bawaan nya. Lebih pendek 1 ruas dan sedikit lbh keras, redaman nya bsa d blg sama dengan ori krn perbedaan kekerasan nya ini.josomba wrote: Wed Dec 08, 2021 7:11 20211208_114759.jpg
Edisi ada bunyi ngeplek2 di belakang. Ternyata stopper shock rear left dah jebol, yg rear right mulai retak tp belom sampe hancur jd pecahan2 besar. Seperti biasa ke garasi 58 dengan bawa part untuk dieksekusi.
Dc untuk part, 1 pcs 390rb di GT Motor tokped.
======
Lanjut dengan ganti semua karet gantungan knalpot, tapi pake universal punya (somehow dimensi lebi kecil dr oem tapi lebih rigid). Alasan ganti hanya karena vibrasi di exhaust tip kok makin hari makin terlihat jelas bergetarnya. Baru tahu juga karet exhaust oem ada color codingnya. Ada karet warna hitam, abu, biru.
Total exhaust hanger rubber ada 4 biji. Saya beli karet universal sahaja, sebiji harga 8 ribu.
Terima kasih kang mbah marmut!
Dust cover lama bsa d pake dan pnp ke mounting shock nya, bener2 fit pas d masukin jg susah dan gak melorot.
Awal nya ragu mau beli selain yg bang joe beli itu yg sebiji 390. Krn ada case d mazda tipe laen si seller tag judul barang nya bsa buat mazda tipe A dan B, pas liat review nya ternyata pas d pasang pada melorot dan ada yg sampe harus d lem mati stopper nya ke mounting shock nya.
Pas nemu yg ini sepasang seharga yg ori nya, seller nya juga mau d retur kalo pas d pasang melorot. Malah d suruh pake dlu 3 hr klau melorot retur aja dan d jamin gak melorot.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 482
- Joined: Sat Apr 18, 2015 2:06
Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)
Noted, thanks for info omjsatriani wrote: Sat Jan 08, 2022 4:02Kalo ane busi bawaan PE5S part nya ZC20HPR11 (kalau gak keliru ini denso nya deh). Oem ada bikinan ngk ada bikinan denso info nya.lawyerone wrote: Wed Jan 05, 2022 6:28 Btw diskusi dikit dong soal busi. Sebetulnya belum saatnya ganti dan pengapian masih bagus, tapi mau tanya tanya dikit berhubung dulu om jos pernah cerita Brisk ga awet.
Kalo kita cek cross reference itu busi PE5R, ada alternatif merek tetangga ini:
Denso IXEH22TT
Denso VCH20
NGK 94124
Berhubung NGK 94124 nyari nya di Indo susah (di toped ad yg jual tp part numbernya beda, drpd masalah dan ngaruh ke coil yg katanya sensitif (meski katanya coil masalah karena oktan terlalu rendah), mungkin paling enak pake Denso ya.
OEM nya harganya agak kurang bersahabat soalnya.
Ad yg pernah pake Denso 2 tipe itu? Atau rekomen lain (seperti Bosch)?
ZC20HPR11 = IXEH22TT (kode aftermarket nya) lineup iridium twin tip
VCH20 itu upgrades series nya dr lineup iridium though, tp gada barang di sini dan nge cross reference nya ke VFXEH22 yg ada di lineup product yg sama dan masih ada sedikit toko yg jual d toped.
Ato bsa pilih bosch yg d pakai sm si bang jo itu, krn bosch sprti nya gak rawan product aspal, kalo denso sm ngk lebih besar potensi product aspal nya.
Kalo mau pake IXEH22TT bsa beli d OS denso nya d toped kalau ragu aspal d laen toko. Secara gak langsung sy make IXEH22TT dalam wujud part mazda nya, sejauh ini si belom pernah rasain brebet atau yg aneh2 si om, mungkin bsa jadi opsi buat si om selain bosch yg d pake bang joe.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 482
- Joined: Sat Apr 18, 2015 2:06
Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)
Permisi2 mau nanya (lagi).
Kalo dari jalan pelan mau berhenti, mobil terasa getar.
Bahkan setelah full stop, kondisi masih di D, getarnya juga sangat terasa (seperti manual kopling kurang dalem).
Tapi getarnya langsung hilang setelah transmisi ke N.
Kalau dari N ke D ga ada gejala.
Ada yang tau kenapa?
Kalo dari jalan pelan mau berhenti, mobil terasa getar.
Bahkan setelah full stop, kondisi masih di D, getarnya juga sangat terasa (seperti manual kopling kurang dalem).
Tapi getarnya langsung hilang setelah transmisi ke N.
Kalau dari N ke D ga ada gejala.
Ada yang tau kenapa?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 212
- Joined: Wed Jan 25, 2017 16:43
Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)
Wah kalau ini dari baru punya saya jg gini. Kadang ada kadang nggaklawyerone wrote: Sat Jan 22, 2022 6:12 Permisi2 mau nanya (lagi).
Kalo dari jalan pelan mau berhenti, mobil terasa getar.
Bahkan setelah full stop, kondisi masih di D, getarnya juga sangat terasa (seperti manual kopling kurang dalem).
Tapi getarnya langsung hilang setelah transmisi ke N.
Kalau dari N ke D ga ada gejala.
Ada yang tau kenapa?

Kadang pas full stop nggak getar.
Pernah tanya ke beres mereka juga nggak tahu.

Kelihatannya "ciri khas" mobil ini. Oh ya ada satu lagi "ciri khas" nya, nggak tahu kalau di unit lain.
Sok sebelah kiri depan kalau dari posisi jalan datar ke arah nanjak, setir belok ke kanan selalu bunyi tek.
Kalau di jalan datar kalau ketemu jalan yg cekung ke dalam (bukan berlubang) kadang bunyi kadang nggak.
Kalau dari jalan datar ke arah nanjak ke kiri, sok belakang kiri yang bunyi kadang nggak.
Ini dari baru juga seperti ini, lama lama akhirnya terbiasa alias pasrah

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 75
- Joined: Mon Aug 14, 2017 0:56
Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)
Beberapa minggu yang lalu iseng mau coba hitung range boosted by i-stop (Pemakaian 90% Dalkot)
Pas odo 72189 range boosted by i-stop di HU 218.0 km
Pas odo 76436 range boosted by i-stop di HU 312.5 km
berarti dalam 4247 km i-stop ningkatin range 94.5 km atau 2.2%
teori nya kalo 50000 km range naik 1112 km (aki bawaan ganti pas KM 55000)
Kalau Konsumsi bahan bakar sekitar 14-15 km/l (anggep 14.5 km/l) dalam 50000 km hemat 76.7 L, kalau pakai pertamax berarti hemat Rp 690rb..
Pas odo 72189 range boosted by i-stop di HU 218.0 km
Pas odo 76436 range boosted by i-stop di HU 312.5 km
berarti dalam 4247 km i-stop ningkatin range 94.5 km atau 2.2%
teori nya kalo 50000 km range naik 1112 km (aki bawaan ganti pas KM 55000)
Kalau Konsumsi bahan bakar sekitar 14-15 km/l (anggep 14.5 km/l) dalam 50000 km hemat 76.7 L, kalau pakai pertamax berarti hemat Rp 690rb..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 435
- Joined: Mon Feb 15, 2021 3:17
Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)
Ini saya ngalamin di CX-3, sama. Cuma seringnya kalo ketemu polisi tidur kecepatan rendah tapi gak rendah2 banget. Sekitar 8-10 km/jam. Di jalan yg agak nanjak misal mau masuk ke tempat yang agak naik spt pertokoan yang lebih tinggi dari jalan raya, pas naiknya memang bunyi. Begitu pula turunnya.Mz175 wrote: Sat Jan 22, 2022 6:49 ............
Sok sebelah kiri depan kalau dari posisi jalan datar ke arah nanjak, setir belok ke kanan selalu bunyi tek.
Kalau di jalan datar kalau ketemu jalan yg cekung ke dalam (bukan berlubang) kadang bunyi kadang nggak.
Kalau dari jalan datar ke arah nanjak ke kiri, sok belakang kiri yang bunyi kadang nggak.
Ini dari baru juga seperti ini, lama lama akhirnya terbiasa alias pasrah![]()
Dibawa ke bengkel resmi, nyari bunyinya emg susah, sukanya nongol di saat yg gabisa diprediksi, belum tentu muncul di simulasi kondisi yg sama. Tapi akhirnya nongol meski ga sekenceng biasanya
Solusi dari bengkel resmi:
Awalnya semua sambungan shock dan chasis digrease ulang, termasuk steering system. Masih bunyi pas pulang dari dealer.
Maka solusi lanjutannya adalah claim Damper Set depan kanan kiri alias assembly suspensi depan diganti full. Sampe kaget baik bener Mazda atau emang susah cari sumbernya jadi diganti full aja

Tapi kok sy baca2 di grup CX-5 dan Mazda 2, bunyi2 seperti 'tek', 'kluk', 'klek' ketika kena jalan yg agak naik atau polisi tidur ini kebanyakan dari bearing support shock.
P5-VPS (SKYACTIV-G 1.5)
2GD-FTV
2ZR-FE
2GD-FTV
2ZR-FE
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 212
- Joined: Wed Jan 25, 2017 16:43
Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)
Hmmm. Bearing support shock ya. PR selanjutnya pas ganti sok breaker depan nih. Bearing support shock ini apa sama dengan karet support shock? Pernah liat youtu er malaysia, dia ganti karet support shock depan. Selisih tebal karet yang baru dan lama memang lumayan banyak. Umur mobil 5 atau 6 tahun.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 482
- Joined: Sat Apr 18, 2015 2:06
Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)
Loh?Mz175 wrote: Sat Jan 22, 2022 6:49Wah kalau ini dari baru punya saya jg gini. Kadang ada kadang nggaklawyerone wrote: Sat Jan 22, 2022 6:12 Permisi2 mau nanya (lagi).
Kalo dari jalan pelan mau berhenti, mobil terasa getar.
Bahkan setelah full stop, kondisi masih di D, getarnya juga sangat terasa (seperti manual kopling kurang dalem).
Tapi getarnya langsung hilang setelah transmisi ke N.
Kalau dari N ke D ga ada gejala.
Ada yang tau kenapa?. Saya biasanya kalau mulai getar pindahin ke N, tapi ya kadang pas geter saya lepas rem trus rem lagi hilang getarnya.
Kadang pas full stop nggak getar.
Pernah tanya ke beres mereka juga nggak tahu.![]()
Kelihatannya "ciri khas" mobil ini. Oh ya ada satu lagi "ciri khas" nya, nggak tahu kalau di unit lain.
Sok sebelah kiri depan kalau dari posisi jalan datar ke arah nanjak, setir belok ke kanan selalu bunyi tek.
Kalau di jalan datar kalau ketemu jalan yg cekung ke dalam (bukan berlubang) kadang bunyi kadang nggak.
Kalau dari jalan datar ke arah nanjak ke kiri, sok belakang kiri yang bunyi kadang nggak.
Ini dari baru juga seperti ini, lama lama akhirnya terbiasa alias pasrah![]()
Saya baru muncul skrg itu geter, masuk tahun ke 7.
Soal bunyi tek, itu dari intermediate shaft om. Kasih gemuk ulang intermediate shaft sama kaki2 nya. Tapi saya di jalan datar, bukan nanjak.
Dulu saya jg gt di tahun kedua. Gatau diapain sama Mazda Jakbar atau Mazda Puri, antara dua itu. Ilang suaranya.
Jadinya kalo servis di beres selalu minta di gemukin ulang.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)
Iya, saya dr awal piara dah ngalamin ini.Mz175 wrote: Sat Jan 22, 2022 6:49Wah kalau ini dari baru punya saya jg gini. Kadang ada kadang nggaklawyerone wrote: Sat Jan 22, 2022 6:12 Permisi2 mau nanya (lagi).
Kalo dari jalan pelan mau berhenti, mobil terasa getar.
Bahkan setelah full stop, kondisi masih di D, getarnya juga sangat terasa (seperti manual kopling kurang dalem).
Tapi getarnya langsung hilang setelah transmisi ke N.
Kalau dari N ke D ga ada gejala.
Ada yang tau kenapa?. Saya biasanya kalau mulai getar pindahin ke N, tapi ya kadang pas geter saya lepas rem trus rem lagi hilang getarnya.
Kadang pas full stop nggak getar.
Pernah tanya ke beres mereka juga nggak tahu.![]()
Kelihatannya "ciri khas" mobil ini. Oh ya ada satu lagi "ciri khas" nya, nggak tahu kalau di unit lain.
-cut-
Biasanya kalau abis dibuat N, istop nyala sekian waktu, istop mati, terus oper ke D jadi geter...

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 70
- Joined: Wed Oct 13, 2021 8:34
- Location: Jakarta
Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)
baru mau post hal yang sama ternyata udah ada yang post duluanjosomba wrote: Sat Jan 22, 2022 13:44Iya, saya dr awal piara dah ngalamin ini.Mz175 wrote: Sat Jan 22, 2022 6:49Wah kalau ini dari baru punya saya jg gini. Kadang ada kadang nggaklawyerone wrote: Sat Jan 22, 2022 6:12 Permisi2 mau nanya (lagi).
Kalo dari jalan pelan mau berhenti, mobil terasa getar.
Bahkan setelah full stop, kondisi masih di D, getarnya juga sangat terasa (seperti manual kopling kurang dalem).
Tapi getarnya langsung hilang setelah transmisi ke N.
Kalau dari N ke D ga ada gejala.
Ada yang tau kenapa?. Saya biasanya kalau mulai getar pindahin ke N, tapi ya kadang pas geter saya lepas rem trus rem lagi hilang getarnya.
Kadang pas full stop nggak getar.
Pernah tanya ke beres mereka juga nggak tahu.![]()
Kelihatannya "ciri khas" mobil ini. Oh ya ada satu lagi "ciri khas" nya, nggak tahu kalau di unit lain.
-cut-
Biasanya kalau abis dibuat N, istop nyala sekian waktu, istop mati, terus oper ke D jadi geter...

saya malah khawatirnya transmisinya yang dodol karena masih mencoba untuk creeping padahal kondisi stationary sambil ngerem (kondisi istop disabled). Saya selama ini sih selalu coba ngerem lebih dalem biar transmisinya "nyadar" kalo emang lagi posisi diem, abis itu baru deh hilang getarannya. kalo istop nyala, pas mesin on lagi kadang getarannya berasa untuk sepersekian detik aja abis itu hilang.
btw kondisi getar2 ini saya baru ngerasain setelah transmisinya kerasa mulai agak kurang smooth diajak jalan, terutama di gear 1 masuk ke 2 (posisi gear D). udah tune up, ganti oli, dan ganti atf di garasi58 mayan agak berkurang sedikit, tapi masih lumayan berasa untuk getar dan unsmoothness nya ini.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)
kalau gear 1 ke gear 2 emang gitu dia, ada sensasi dukkk plus bunyi siul dikit.susupanda wrote: Wed Jan 26, 2022 4:07
baru mau post hal yang sama ternyata udah ada yang post duluan![]()
saya malah khawatirnya transmisinya yang dodol karena masih mencoba untuk creeping padahal kondisi stationary sambil ngerem (kondisi istop disabled). Saya selama ini sih selalu coba ngerem lebih dalem biar transmisinya "nyadar" kalo emang lagi posisi diem, abis itu baru deh hilang getarannya. kalo istop nyala, pas mesin on lagi kadang getarannya berasa untuk sepersekian detik aja abis itu hilang.
btw kondisi getar2 ini saya baru ngerasain setelah transmisinya kerasa mulai agak kurang smooth diajak jalan, terutama di gear 1 masuk ke 2 (posisi gear D). udah tune up, ganti oli, dan ganti atf di garasi58 mayan agak berkurang sedikit, tapi masih lumayan berasa untuk getar dan unsmoothness nya ini.

-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Wed Jan 26, 2022 8:45
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: Mazda 2 Sky _ Mazda 8
Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)
Ijin sharing om.
Saya pakai mazda sky R 2015, sampe sekarang 175K KM, Alhamdulillah nyaman selalu. Masalah geter saat masuk D, sya jarang mengalami. Justru di kasus saya, geternya lebih sering saat masuk R dan ditahan rem. Mau coba flush matic dan ganti engine + trans mounting, semoga bisa berkurang. Nanti saya update lagi om.
Saya pakai mazda sky R 2015, sampe sekarang 175K KM, Alhamdulillah nyaman selalu. Masalah geter saat masuk D, sya jarang mengalami. Justru di kasus saya, geternya lebih sering saat masuk R dan ditahan rem. Mau coba flush matic dan ganti engine + trans mounting, semoga bisa berkurang. Nanti saya update lagi om.
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Sun Nov 21, 2021 22:44
- Daily Vehicle: M2sky
Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)
Numpang nanya (lagi) agan2,
M2sky sy plan utk ganti fan/vbelt, googling2 ternyata specnya 6pk952. Nah setelah cari2 merk after market di ecom sini adanya yg spek 6pk950 (lbh pendek 2mm) atau 6pk960 (lbh pjg 8mm), baiknya ambil yg mana ya dr 2 spek diatas?
Thx in advance..
M2sky sy plan utk ganti fan/vbelt, googling2 ternyata specnya 6pk952. Nah setelah cari2 merk after market di ecom sini adanya yg spek 6pk950 (lbh pendek 2mm) atau 6pk960 (lbh pjg 8mm), baiknya ambil yg mana ya dr 2 spek diatas?
Thx in advance..
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 70
- Joined: Wed Oct 13, 2021 8:34
- Location: Jakarta
Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)
kalo pas di gear 1 biasanya auto shifted ke gear 2 di kisaran RPM berapa om? seringan pas saya muter2 area parkiran dengan speed rendah masih ngeden di gear 1 sampe 1800-2000rpm baru pindah, padahal kalo di-shift manual langsung ke gear 2 di kisaran 1500an rpm udah bisa dan jauh lebih smoothjosomba wrote: Wed Jan 26, 2022 4:13
kalau gear 1 ke gear 2 emang gitu dia, ada sensasi dukkk plus bunyi siul dikit.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 139
- Joined: Thu Oct 15, 2020 0:50
- Daily Vehicle: Mazda 2
Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)
Kalau cek di belt finder nya gates si nongol nya 6pk950, sy pakai ini jg om.masterpiece22 wrote: Thu Jan 27, 2022 10:25 Numpang nanya (lagi) agan2,
M2sky sy plan utk ganti fan/vbelt, googling2 ternyata specnya 6pk952. Nah setelah cari2 merk after market di ecom sini adanya yg spek 6pk950 (lbh pendek 2mm) atau 6pk960 (lbh pjg 8mm), baiknya ambil yg mana ya dr 2 spek diatas?
Thx in advance..
Yg pendek nya sy pakai 3pk798 dari gates jg(harus nya spek rekomendasi nya 3pk790).
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 547
- Joined: Sat Dec 19, 2015 16:14
Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)
Halo..review lagi dikit nih
Kmren iseng ganti busi pake yg 25rb an merk denso hahaha
Ternyata bisa jalan loh geter ilang,tapi jdi ndut2an di jalan pas rpm rendah.gakuat ah ganti lg ke busi bekasnya..
Kayanya gejala getar ini bisa jadi dari busi yah seperti yg pernah dibahas disini..
Next mo coba ganti busi aja deh.sayang mobil mah enak bner dibawanya,tp ada aja aneh²nya wkwkwk
Kmren iseng ganti busi pake yg 25rb an merk denso hahaha
Ternyata bisa jalan loh geter ilang,tapi jdi ndut2an di jalan pas rpm rendah.gakuat ah ganti lg ke busi bekasnya..
Kayanya gejala getar ini bisa jadi dari busi yah seperti yg pernah dibahas disini..
Next mo coba ganti busi aja deh.sayang mobil mah enak bner dibawanya,tp ada aja aneh²nya wkwkwk
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)
Hari ini melipir kembali ke garasi-58 dengan membawa perlengkapan sebagai berikut
Aisin 0w20, ATE SL dot 4, Brake Pad depan Bendix GCT, dan 2 botol brake cleaner. Tidak lupa dapat hibah dodol garut dari salah satu mbah di mari. Tepatmya grease Omega untuk rack steer Pekerjaan dimulai dengan penggantian minyak rem dulu Pas dah sampe roda depan, sekalian ganti Birkens brake pad yg baru dipake kurang dr 10k KM. Belakangan merasa ga pede kalau hard braking dan somehow disc agak glazing lebih parah drpd biasanya. Singkat cerita terpasang lah si Bendix GCT.
Lanjut dengan oles2 dodol garut ke rack steer Terakhir tentu saja ganti oli aisin 0-20 yg baru dipake 6k KM dengan aisin 0-20 lagi. Jujur ga berani lama2 pake oli eco gini.
====
Setelah beres, mobil enteng lg dan ngerem jadi lebi pakem dengan pad baru.
Makasih atas bantuannya mbah suhu @marmut dan satu suhu lainnya yg tidak bisa disebutkan namanya karena sudah mau share omega greasenya
Aisin 0w20, ATE SL dot 4, Brake Pad depan Bendix GCT, dan 2 botol brake cleaner. Tidak lupa dapat hibah dodol garut dari salah satu mbah di mari. Tepatmya grease Omega untuk rack steer Pekerjaan dimulai dengan penggantian minyak rem dulu Pas dah sampe roda depan, sekalian ganti Birkens brake pad yg baru dipake kurang dr 10k KM. Belakangan merasa ga pede kalau hard braking dan somehow disc agak glazing lebih parah drpd biasanya. Singkat cerita terpasang lah si Bendix GCT.
Lanjut dengan oles2 dodol garut ke rack steer Terakhir tentu saja ganti oli aisin 0-20 yg baru dipake 6k KM dengan aisin 0-20 lagi. Jujur ga berani lama2 pake oli eco gini.
====
Setelah beres, mobil enteng lg dan ngerem jadi lebi pakem dengan pad baru.

Makasih atas bantuannya mbah suhu @marmut dan satu suhu lainnya yg tidak bisa disebutkan namanya karena sudah mau share omega greasenya
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 139
- Joined: Thu Oct 15, 2020 0:50
- Daily Vehicle: Mazda 2
Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)
Sharing mengenai ATF mazda
Sebelumnya uda bbrp kali open diskusi dengan om josomba perihal ini dan beliau adalah user Q8 auto mv.
Setelah sekian lama cari2 info dan compare2 paper spec ATF akhirnya kejadian sudah murtad ke non fz.
Dari sekian banyak compare2 jatuh pilihan lah ke unil opal matic dx 6 (120rb/L blm potong diskon2 dan kesbek di blibli) dengan pertimbangan hasil perbandingan paper dr produsen nya, spek paling mendekati dengan spek mazda fz, dalam hal ini pembanding sy paper oem mazda fz yg d produksi oleh total (om jo pernah sharing hasil test lab nya si maksim, dan kebetulan fz yg itu produksi total meskipun hasil test lab nya ada lumayan perbedaan dengan versi paper nya) juga sebagai penunjang dengan paper atf fz aftermarket punya avenol dan adrifol.
Metode kuras
Make cara yg d ajarin om josomba, drain n fill, pake jalan 2-3hr dan ulangi lagi sampe saat ini udah interval ke 4 dengan total 12L mengingat partial replacement itu butuh banyak interval untuk mendapatkan 100% new fluid yg sdh tdk ada kandungan old fluid nya.
Impresi
Feel nyaman saat pakai mazda fz masih terasa, namun berdasarkan feeling pribadi sy berasa jauh lebih smooth shifting dan nyaris tak terasa shifting nya.
Kendala
Untuk kendala nya kalau sy lihat2 unil opal ini ada arah atau gelagat sebagai merk yg akan gak panjang d indo, mungkin krn regulsi SNI dll nya mengingat produk nya tanpa SNI semua.
Terbukti barang yg d jual itu stok 2018, sepertinya kejar sold out barang stok lama yg sudah akan menuju 5th, untuk produksi lebih baru dr 2018 sy kurang faham apakah mereka punya atau tdk.
Next yg pengen d coba
Untuk next sy pengen coba opal matic m14 dengan spek paper nyaris sama banget sm Q8 mv denga harga yg masi d 120rb (d os d jual 480rb/4L kemasan)
Sharing selesai semoga bisa jadi masukan dan pertimbangan user lain nya yg bingung mau cari alternatif fz.
Sebelumnya uda bbrp kali open diskusi dengan om josomba perihal ini dan beliau adalah user Q8 auto mv.
Setelah sekian lama cari2 info dan compare2 paper spec ATF akhirnya kejadian sudah murtad ke non fz.
Dari sekian banyak compare2 jatuh pilihan lah ke unil opal matic dx 6 (120rb/L blm potong diskon2 dan kesbek di blibli) dengan pertimbangan hasil perbandingan paper dr produsen nya, spek paling mendekati dengan spek mazda fz, dalam hal ini pembanding sy paper oem mazda fz yg d produksi oleh total (om jo pernah sharing hasil test lab nya si maksim, dan kebetulan fz yg itu produksi total meskipun hasil test lab nya ada lumayan perbedaan dengan versi paper nya) juga sebagai penunjang dengan paper atf fz aftermarket punya avenol dan adrifol.
Metode kuras
Make cara yg d ajarin om josomba, drain n fill, pake jalan 2-3hr dan ulangi lagi sampe saat ini udah interval ke 4 dengan total 12L mengingat partial replacement itu butuh banyak interval untuk mendapatkan 100% new fluid yg sdh tdk ada kandungan old fluid nya.
Impresi
Feel nyaman saat pakai mazda fz masih terasa, namun berdasarkan feeling pribadi sy berasa jauh lebih smooth shifting dan nyaris tak terasa shifting nya.
Kendala
Untuk kendala nya kalau sy lihat2 unil opal ini ada arah atau gelagat sebagai merk yg akan gak panjang d indo, mungkin krn regulsi SNI dll nya mengingat produk nya tanpa SNI semua.
Terbukti barang yg d jual itu stok 2018, sepertinya kejar sold out barang stok lama yg sudah akan menuju 5th, untuk produksi lebih baru dr 2018 sy kurang faham apakah mereka punya atau tdk.
Next yg pengen d coba
Untuk next sy pengen coba opal matic m14 dengan spek paper nyaris sama banget sm Q8 mv denga harga yg masi d 120rb (d os d jual 480rb/4L kemasan)
Sharing selesai semoga bisa jadi masukan dan pertimbangan user lain nya yg bingung mau cari alternatif fz.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 139
- Joined: Thu Oct 15, 2020 0:50
- Daily Vehicle: Mazda 2
Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)
Wah gak sekalian pake ate dot 4 LV om? Kalo gasalah hrga nya mirip2.josomba wrote: Thu Feb 10, 2022 13:23 Hari ini melipir kembali ke garasi-58 dengan membawa perlengkapan sebagai berikut
Aisin 0w20, ATE SL dot 4, Brake Pad depan Bendix GCT, dan 2 botol brake cleaner.
20220210_143247.jpg
20220210_151203.jpg
Tidak lupa dapat hibah dodol garut dari salah satu mbah di mari. Tepatmya grease Omega untuk rack steer
20220210_163359.jpg
Pekerjaan dimulai dengan penggantian minyak rem dulu
20220210_145443.jpg
Pas dah sampe roda depan, sekalian ganti Birkens brake pad yg baru dipake kurang dr 10k KM. Belakangan merasa ga pede kalau hard braking dan somehow disc agak glazing lebih parah drpd biasanya. Singkat cerita terpasang lah si Bendix GCT.
Lanjut dengan oles2 dodol garut ke rack steer
20220210_163710.jpg
Terakhir tentu saja ganti oli aisin 0-20 yg baru dipake 6k KM dengan aisin 0-20 lagi. Jujur ga berani lama2 pake oli eco gini.
====
Setelah beres, mobil enteng lg dan ngerem jadi lebi pakem dengan pad baru.
![]()
Makasih atas bantuannya mbah suhu @marmut dan satu suhu lainnya yg tidak bisa disebutkan namanya karena sudah mau share omega greasenya
Sy pernah baca penjelasan om turboman kalau mobil yg sudah abs meskipun tetep bsa make dot 3, namun lebih bagus kalau pake dot 4 low visco (bsa Q8 dot 4 LV, ate dot 4 LV, MB dot 4+ atau BMW dot 4).
Kalau sy pribadi kmrn cobain pake bmw dot 4 (keterangan d kemasan nya sudah low visco). Sprti nya si isi nya ate juga mengingat masi se tanah air.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)
Iya om, ane salah mengira hahaha. Saya kirain ate sl itu dot 4 lv, eh ternyata harus sl.6 yang dot 4 LV. Dah terlanjur beli, baru tahu bedanya haha.jsatriani wrote: Thu Feb 10, 2022 19:20
Wah gak sekalian pake ate dot 4 LV om? Kalo gasalah hrga nya mirip2.
Sy pernah baca penjelasan om turboman kalau mobil yg sudah abs meskipun tetep bsa make dot 3, namun lebih bagus kalau pake dot 4 low visco (bsa Q8 dot 4 LV, ate dot 4 LV, MB dot 4+ atau BMW dot 4).
Kalau sy pribadi kmrn cobain pake bmw dot 4 (keterangan d kemasan nya sudah low visco). Sprti nya si isi nya ate juga mengingat masi se tanah air.
Anw, mantap om untuk DIY ganti oli matic n infonya.


