Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
dulu waktu msh suka ikutan balap liar motor King sy pompa olinya dilepas dan lbh memilih nyampur oli 2t ke bensin. asal oli 2t yg bagus pasti nyampur ama bensin
liat aja motor2 roadrace ga ada yg pake pompa oli krn pompa oli kadang2 telat responnya.
tp ga bagus klo buat harian. krn repot tiap isi bensin hrs siapin oli dulu trus ujung2nya tangan jd belepotan oli deh
tp klo utk pelumasan yg sempurna dimotor 2t bagusan oli campur bensin. dgn catatan bandingannya hrs pas. bandingannya 1:75
su_minson wrote:mungkin mesin 2-tak sebentar lagi punah karena teknologinya sudah mentok, saringan CC(catalitic converternya) mahal.
Dan masalah emisi yang standarnya sudah mau euro 4.
gak juga bro, cagiva mito di eropa juga masih produksi...belum skuter2 50cc, di jepang yamaha tz250 juga masih ada dibikin buat all japan championship, yg kecil2 kaya yamaha tz50 sama honda nsr50...
anak_singkong wrote:dulu waktu msh suka ikutan balap liar motor King sy pompa olinya dilepas dan lbh memilih nyampur oli 2t ke bensin. asal oli 2t yg bagus pasti nyampur ama bensin
liat aja motor2 roadrace ga ada yg pake pompa oli krn pompa oli kadang2 telat responnya.
tp ga bagus klo buat harian. krn repot tiap isi bensin hrs siapin oli dulu trus ujung2nya tangan jd belepotan oli deh
tp klo utk pelumasan yg sempurna dimotor 2t bagusan oli campur bensin. dgn catatan bandingannya hrs pas. bandingannya 1:75
uch wrote:Terang terus terus terang, dulu saya buat threads ini karena ada rencana mau mencampur premium 70 liter+oli mesin 2 tak 1 liter. Konon katenye di salah satu web, tarikan lebih maknyoss dan fuel pump yg terendam di tangki jauuuh lebih awet. Jadi sebelum realisasi, coba cari ngelmu dulu dari suhu2 mesin ttg olie 2 tak...
For sharing, itu "percobaan" udah dilaksanakan. 70 liter premium+0.5 liter oli 2 tak, kemudian naik lain plus 1 liter, ketiga kali naik lagi jadi 1.5 liter. Kalo soal tarikan, hasilnya cuman so-so. Alias tak terasa.
Tapi setelah baca2 threads, plus diskusi dgn orang yg lebih berpengalaman, kayaknya (masih kayaknya, belum yakin 100%) saya percaya bisa bikin awet fuel pump yg type kerendam di tangki bensin.
Udah dua kali dan Rencanaya "ritual" itu dilaksanakan 1 x 5000 km. Jgn ditanya darimana datangnya 5000km, itu "suka-suka" gw doang.. he..he..he..
EDIT:
Ini hanya sharing dan jg ungkapan terima kasih buat yg udah sharing ttg olie 2 tak, bukan ajakan untuk melakukan "ritual" yg sama.. .
Pasti yang dimaksud fuel pump injeksi? emang lebih awet kalo dikasih oli. tapi ingat, perbandingannya jangan terlalu banyak. kalo kebanyakan kemungkinan injector cepet kotor karena kerak di ujungnya. trus, gunakan oli yang mudah terbakar, dan yang bagus. ciri2 smokeless, kalo dipake di 2t biasa (kaya motor2 yg ada di sini) tidak ngebul, meski digas gedhe (perbandingan oli dengan bensin tepat, ato setelan pompa oli samping standar). dan yang bagus harus benar2 nyampur dengan bensin ato pertamax. Caranya, campur pertamax dengan oli samping, biarkan 2 ato 3 hari. Kalo terpisah (oli mengendap), jangan dipake, bisa terjadi akumulasi di tangki, suatu saat tersedot fuel pump, bisa bikin mesin cepat berkerak, ok?
o ya, fuel pump juga diset untuk bekerja dengan viscosity bensin, jadi kalo terlalu banyak pelumas viscosity akan naik, bikin kerja pompa lebih berat. mungkin bagian sentrifugal fin pompa awet, tapi kasihan motornya, bisa2 karena keberatan cepet rusak, ok?
fuel pump injeksi tuh yg kya gimana??
setau sy dimotor 2t ada yg namanya pompa oli gunanya ngalirin oli dr tangki/tabung oli samping ke blok mesin..pake pompa ini campurannya akurat soale diatur ama buka/tutup gas..klo gas digedein tembakannya makin banyak klo buka gas kecil ya campurannya jd dikit.
makanya utk motor harian lbh baik pompa oli ini ga dicopot..banyak faktornya selain ga ngerepotin hrs campur oli ke bensin jg konsumsi oli samping jd lbh irit.
Langkah I(Kompresi)
1.Piston menuju TC (Top Center) sehingga menutup lubang hisap/bilas dan juga lubang buang. Campuran gas dikompresi dalam silinder. Dalam waktu yang bersamaan campuran gas masuk ke crankcase.
2.Piston mendekati TC mulai langkah pembakaran.
Langkah II (Langkah kerja-buang-bilas-hisap)
3.Gas pembakaran mendorong piston menuju BC menghasilkan kerja. Dalam perjalanannya piston “membuka†lubang buang sehingga gas buang keluar.
4.Selanjutnya diikuti pembukaan lubang hisap sehingga campuran gas dari crankcase masuk ke silinder sekaligus mendorong/membilas gas pembakaran yang masih ada dalam silinder
------------*****---------------*****-----------------
Keuntungannya :
1.Secara teoritis untuk volume silinder yang sama daya 2 kali lipat mesin 4 tak
2.Konstruksi lebih sederhana, bobot ringan dan harga awal murah.
3.Momen putar lebih uniform.
4.Lebih mudah distarter.
Kerugiannya :
1.Bahan bakar boros karena pada saat pembilasan sebagian ikut terbuang .
2.Pembakaran tidak baik karena campuran baru terkontaminasi gas buang .
3.Rasio kompresi kecil, efisiensi termal rendah.
4.Butuh pelumas lebih banyak.
Btw, maaf gambarnya gak jelas..
gambar aslinya 2 MB, di dikompres maksimal.hehehehe
Maksudnya, pompa bukan untuk suplai oli ke silinder (yang sering dijumpai di mesin 2 tak, misal di rx atao f1zr yang ada di sebelah kanan mesin), tapi pompa untuk suplai bahan bakar di motor atau mobil injeksi. kan injeksi butuh tekanan besar? nah, pompa itu kerjanya terendam di dalam bensin, dan bekerja memompa bensin. jenis pompanya pada umumnya radial centrifugal, jadi kaya ada sirip2 gitu. nah, sirip2 tsb akan lebih awet jika diberi pelumasan. masalahnya, sirip2 tsb kerjanya mompa bensin, jadi pelumasannya gak ada, yang ada hanya pelumasan dari tekanan bensin itu sendiri.
Dengan ditambah oli, diharapkan pelumasan sirip dan housing jadi lebih bagus, sehingga umur pemakaian lebih lama, gitu.
Aneh juga, dari fungsi oli di bbm 2 tak kok malah jadi bahas oli untuk campuran bbm untuk mobil y?
Tapi ada juga yg kreatif, buat pemakai solar, kalo keabisan n kebetulan ada minyak tanah, bisa dipake. biar aman, kasih campuran oli samping dengan perbandingan 100 liter untuk 1 liter. lumayan, tenaga naik jauh (nilai kalor minyak tanah lebih tinggi dari nilai kalor solar). Tapi untuk sementara lo, misal di desa terpencil, gak ada yang jual solar. eh, tp sekarang minyak tanah malah langka ya?
Cloud wrote:Aneh juga, dari fungsi oli di bbm 2 tak kok malah jadi bahas oli untuk campuran bbm untuk mobil y?
Tapi ada juga yg kreatif, buat pemakai solar, kalo keabisan n kebetulan ada minyak tanah, bisa dipake. biar aman, kasih campuran oli samping dengan perbandingan 100 liter untuk 1 liter. lumayan, tenaga naik jauh (nilai kalor minyak tanah lebih tinggi dari nilai kalor solar). Tapi untuk sementara lo, misal di desa terpencil, gak ada yang jual solar. eh, tp sekarang minyak tanah malah langka ya?