Serayamotor
UPDATE - 22 Januari 2022
Rabu tgl 19 januari kmrn salesnya info kalau mobil sudah bisa diambil/delivery, agak kaget krn cepet prosesnya krn tidak sampai 2 minggu dari tanggal SPK.

, btw infonya ini CX5 Soul Red terakhir yang ada di jabodetabek
Kmrn sabtu, akhirnya ke dealernya utk ambil sendiri sekalian mau dibawa utk jalan2 keliling2.
Kelengkapan yg didapat standar sih, APAR, medical kit, dll.
Akhir serah terima kendaraan dan langsung di bawa jalan dan isi bensin dulu, lalu mampir ke ace hardware utk cari2 karpet, krn bawaan hanya dikasih bludru. Sekalian copot2 plastik kecuali plastik di konsol tengah dan power window, krn panel black glossynya gampang kegores, rencana mau dipasangin PPF aja (worth ga ya)
Impresi pertama nyetir ini mobil selain pas test drive.
Tenaga: Mesin 2.5 NA dgn transmisi 6AT nya sangat responsif dan halus sekali perpindahan giginya, hampir tidak terasa perpindahannya.
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
Diinjek pedal gas lsg ngacir mobilnya, tp krn ini baru keluar showroom jadi bawanya banyakan kalem2 aja tunggu 1000 km aja

, yaaa emang ini kontroversi sih ada yg bilang mobil skrg ga perlu inreyen, tp ga salah juga toh utk jaga2, lagipula masih sayang utk digeber2.
Suspensi: What to be expected from Mazda ? Pasti firm, that’s it. Tapi, bagi ane yg sehari2 pake CRV RE, CX5 KF ini lebih empuk dan enak suspensinya, di jalan gelombang jg mantep ga mantul2.
Handling: Blm coba hahaha, masih sayang, tp pas kmrn test drive di GIIAS udah coba jg cobain handlingnya dan asik utk diajak pindah2 jalur, mirip sama CRV RE.
Fitur: Mobil ini cukup banyak fiturnya utk dikelasnya di harga 550jtan, yang sangat berguna bagi ane so far itu kamera 360 & garis yang bergerak pada saat setir dibelokan, BSM, dan active driving display.
Fitur2 yang menurut ane agak mengganggu:
1. sensor depan, ada motor mepet pas lampu merah bunyi2 (awalnya keren tp lama2 annoying),
2. i-stop, ini agak ganggu kalo mobil berenti di lampu merah, jadi tiap starter mobil selalu ane matiin.
Sisanya spt EPB, auto hold, wiper & lampu otomatis, sunroof, electric tail gate, itu standar ya di mobil skrg.
BQ: As expected CBU Jepang tidak mengecewakan, semuanya bagus, presisi, dan finishingnya juga bagus, bener2 di atas mobil sekelasnya, walaupun desainnya sdh dr 2017, tp ttp aja masih terlihat modern.
NVH: Bisa dibilang one of the best di kelasnya, suara2 sekitar hanya masuk sedikitttt sekali, itupun hanya suara dr knalpot2 custom aja yang masuk, tp utk suara angin masih terdengar masuk saat di tol, road noise jg masih terdengar, ya namanya mobil monocoque, tp yang jelas diseparah honda.
Audio Bose: Well, menurut kuping kaleng ane, sudah lebih dari cukup. Apakah superior banget ? Enggak, ga sebagus itu kok, tapiii, utk ukuran speaker standar mobil, menurut sy audio di CX5 itu terbaik di kelasnya, tanpa harus modif2 tambah ini itu dll.
Entertainment System: Sayang tidak dapat yang 10 inch spt di luar sana atau unit facelift di tahun ini, tp sudah cukup kok, dan masih responsif utk dipakai, layarnya cukup besar 8 inch, dan pengoperasian lewat Mazda Connect yg “terinspirasi” bahasa kasarnya copas dari i-Drivenya BMW jg sangat mudah, posisi jg ergonomis utk dipakai dgn shorcut2 di sekeliling tuasnya, tidak lupa apple carplay & android auto sudah tersedia, ane pengguna apple, tidak tau utk android auto, tp apple carplaynya bisa wireless, atau pake kabel, ini unik, krn kalau baterai ane lg full ane pake bluetooth utk connectnya dan enak sekali pada saat starter mobil lsg nyambung ke HU tanpa harus setting2, tp kalau baterai lg habis bisa dicolok juga.
Tapi, dari bbrp hal positif di atas, menurut ane ada kekurangannya pasti, tp ga mengganggu kok, hanya mikir “agak sayang” tidak ada di mobil ini:
1. Auto rectract spion, lbh enak kalau pas kunci spion otomatis terlipat, tp tidak ada, hrs nambah modul lagi, walau di CRV pun hrs teken tombol lock 2x baru kelipet, tp minimal masih ada fitur itu.
2. Fitur menonaktifkan i-stop, ane pikir ada settingannya di HU, ternyata tidak, mungkin hrs nambah modul lagi kali ya. CMIIW.
3. Konsol boxnya kecil, dan tempat penyimpanan tidak banyak, jd kartu e-toll dan uang2 lbh berceceran.
4. Ane ngarepnya sih ada tinted glass di windshieldnya spt di CRV kalau pagi2 tidak silau krn sinar matahari, tp tidak ada.
Berikut foto2nya:
Depan
CF7301C2-D5A0-4F5F-A719-41A6A3E9F830.jpeg
Belakang
7B51D4B3-C059-4E02-82B9-98168512033C.jpeg
Interior
FFBEA30C-16E2-4D81-93E8-15CEE2787303.jpeg
HU
56765576-8CD3-4495-AC7C-EB91E4BD8A50.jpeg
Cockpit
13396158-8EB1-4E27-A741-5E5DA786E563.jpeg
Door Trim
C132A2A5-28A2-46C0-BA7B-52930A2DF120.jpeg
Sampai hari ini itu aja review first impressionnya, nanti ane update lg utk service 1000 dan seterusnya,

termasuk STNK yang dijanjikan 3 bulan, mungkin bisa jadi referensi utk yang mau ambil Mazda baru.
Oh iya, ane mau coating ini mobil, kmrn sempet browsing2 ada 2 yang ane sreg, clean & tidy, dan rmoda, kira2 menurut pengalaman agan2 disini mana yang better ? Atau ada rekomendasi lain boleh. Sama di rumah ane itu ada kucing2 liar, kira2 kalau dikasih cover apakah lebih baik atau diamkan saja ? takutnya kena cakar dan sampai tembus ke catnya

You do not have the required permissions to view the files attached to this post.